SITE STATUS
Jumlah Member :
484.110 member
user online :
2568 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Berikan Bakteri Sebagai Hadiah Terindah Untuk Si Kecil

   

Berikan Bakteri Sebagai Hadiah Terindah Untuk Si Kecil



Mungkin bunda akan bertanya-tanya mengenai maksud dari pernyataan judul tersebut. Bagaimana mungkin bakteri akan menjadi hadiah terindah bagi si kecil, sementara setiap kali berbicara mengenai bakteri, hal yang langsung terlintas dalam pikiran yakni berbagai penyakit dan hal-hal yang merugikan kesehatan lainnya.

Namun, bunda tidak perlu merasa khawatir, karena bakteri yang dimaksud pada judul di atas yaitu bakteri baik atau lebih dikenal dengan sebutan probiotik.

Dikarenakan banyaknya manfaat bakteri tersebut, kerap kali dinyatakan bahwa bakteri baik adalah hadiah pertama yang diberikan oleh bunda pada si kecil sejak kelahirannya, baik melalui rahim, jalan lahir, maupun ASI.

Dimulai semenjak proses persalinan, saat buah hati berpindah dari rahim yang nyaris steril ke lingkungan luar melalui proses dan melibatkan kontraksi yang cukup memakan waktu. Saat itulah, ia melakukan kontak secara alami dengan mikroflora normal bunda dan kemudian mikrobiota itu mulai berkembang di ususnya.

Setelah terlahir dengan selamat, umumnya si kecil memiliki kondisi saluran cerna yang steril. Tangisan pertamanya merupakan pertanda awal kolonisasi bakteri. Bahkan pada proses persalinan normal, kolonisasi pada saluran cerna si kecil dapat terwujud berkat bakteri yang berasal dari kontak dengan jalan lahir.

Sementara itu, pada buah hati yang telah diberi ASI, kolonisasi bakteri dominan oleh bifidobacteria daripada oleh bakteri yang membahayakan.

Ungkapan selama ini yang menyatakan bahwa ASI itu steril, ternyata berhasil dipatahkan oleh hasil penelitian yang menemukan bahwa di dalam ASI terdapat probiotik yakni dari kelompok bifidobakterium dan laktobasilus, yang apabila dikonsumsi akan berkembangbiak dalam usus dan memberi dampak kesehatan.

Salah satu manfaatnya yaitu membantu si kecil membentuk flora dalam pencernaan sehingga dapat mengatasi berbagai bakteri merugikan yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan dan merangsang serta menjaga daya tahan tubuh. 

Tak hanya itu, probiotik pun dapat digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan diare akut yang disebabkan infeksi usus. Penelitian lain bahkan telah membuktikan probiotik bermanfaat pula untuk mencegah alergi kulit (dermatitis atopik) dan tidak tahan gula susu atau intoleransi laktosa.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman