SITE STATUS
Jumlah Member :
462.278 member
user online :
1803 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Cara konsumsi Pil KB Andalan


Cara konsumsi Pil KB Andalan
Siang dok,
3 bulan lalu saya keguguran anak ke 3, setelah dikuret saya menggunakan kontrasepsi Pil KB andalan, saya pakai pertama kali pada haid pertama setelah kuret.
dibulan ke 2 saya haid ditanggal 15, tapi tgl 17 sudah bersih, saya tetap lanjutkan minum pilnya, tapi tanggal 20 saya haid lagi tapi hanya sedikit2 aja dok.
berbahaya gak ya dok?
Terimakasih
22 Dec 2016, 12:36
Dari : Debora Anggraeni

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Lebih Dekat dengan Menstruasi " :
1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.
2. Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.
3. Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Afi07 " dengan judul pertanyaan " Seputar Pil KB Andalan " pada Tanya Bidan: Selamat malam bu bidna,
saya mau tanya, rencana istri saya mau menunda kehamilanya dengan menggunakan pil KB Andalan, tapi setelah saya baca di beberapa artikel bahwa meminumnya pada saat hari pertama haid, tapi masalahnya sampai sekarang atau bulan ini istri saya belum haid,
yang saya tanyakan kalau misalnya KB andalan diminum tidak pada waktu haid pertama atau pada waktu haid itu bagaimana ??? apakah efektifkah dan apa ada resiko yg berbahaya atau bagaimana..mohon penjelasanya bu bidan.Terimakasih
Bidan menjawab
Dear bunda Afi,
Cara penggunaan pil KB memang diminum pada saat hari pertama haid dikarenakan untuk memastikan pada saat tersebut tidak dalam keadaan hamil. Apabila tidak diminum hari pertama haid kita tidak tahu apakah bunda dalam keadaan hamil atau tidak sehingga sebaiknya diminum pada saat tersebut agar lebih efekif diminum pada jam yg sama tiap harinya.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Delisa " dengan judul pertanyaan " Pil KB untuk gangguan hormonal " pada Tanya Dokter: Pagi dok... Saya mau tanya, saya belum punya anak, dan skrg saya mengalami gangguan hormon. Trs kt dokter saya harus mnum pil kb. Skrg saya udh 2 hri mnum pil kb. Dan 2 hari itu jg, saya jadi keluar darah haid banyak. Apkah itu pngaruh dari pil kb dok?
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Dalam kasus gangguan hormonal atau gangguan siklus menstruasi, dokter dapat memberikan terapi hormonal kepada pasiennya. Dari berbagai banyak pilihan jenis obat, salah satunya adalah penggunaan pil KB. Dokter dapat menggunakan pil KB untuk mengatur siklus menstruasi Bunda. Minumlah dengan teratur sesuai petunjuk yang dokter berikan. Jangan menghentikan pengkbatan kecuali atas persetujuan dokter Bunda agar hasil terapi tercapai dengan baik.
Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita