SITE STATUS
Jumlah Member :
465.475 member
user online :
338 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Pemilihan Sufor


Pemilihan Sufor
Siang dokter, anak saya usia 3 bulan, waktu usia 2 minggu harus diberi sufor karna ASI sedikit jadi anak belum kenyang.saya bingung dok untuk pemilihan sufor yang cocok dengan anak saya karna sdh ganti-ganti tapi anak masih belum mau minum sufor. Saat ini masih asi dan sufor diberi saat anak saya sudah tertidur, apakah secara paksa minumkan sufor keanak tidak akan berpengaruh dok? Mohon saran nya dok untuk pemilihan sufor bayi
08 Dec 2016, 7:46
Dari : fitririy

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda sajid Dengan judul pertanyaan "Bayi 4 bulan dan susu formula" pada tanya dokter: Dokter saya mau tanya : Saya punya bayi usia 4 bulan susah untuk menyusu di botol,asi saya tidak keluar lagi jd nya saya kasih susu formula tp knp bayi saya tidak mau mengisap dot susu tapi klau saya kasih air putih dot nya langsung di isap.bagai mana cara nya agar bayi saya mau isap botol susu ? vitamin apa yg bisa membantu saya agar bayi saya mau mengisap botol susu dan badan nya menjadi keras dan sekel. tolong di balas secepat nya ya dokter dan saya ucapkan terima kasih banyak.
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,
Bayi berumur 0-6 bulan hanya diperbolehkan untuk meminum Air Susu Ibu (ASI), apabila karena suatu hal terpaksa untuk meminum susu formula, maka dapat diberikan susu formula berdasarkan usia bayi tersebut. Mintalah rekomendasi jenis susu formula yang tepat pada dokter Spesialis Anak . Apabila anak Anda tidak mau menyusu menggunakan dot dan botol, dapat menggunakan sendok, suapi anak Anda secara perlahan , berhati-hatilah agar tidak tersedak. Jangan memberikan air putih sebelum bayi berusia 6 bulan. Vitamin sebaiknya diberikan untuk anak diatas 1 tahun. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda Aufa Faith Dengan judul pertanyaan "Asi dan Sufor" pada tanya dokter: boleh gak bayi berumur 1 minggu minum sufor soalnya ASI belum lancar/sedikit
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,
Makin banyak ASI yang dikeluarkan dari gudang ASI (sinus laktiferus), makin banyak produksi ASI. Dengan kata lain, makin sering bayi menyusui makin banyak ASI diproduksi. Sebaliknya, makin jarang bayi menghisap, makin sedikit payudara menghasilkan ASI.Jika bayi berhenti menghisap maka payudara akan berhenti menghasilkan ASI. Apabila Bunda memiliki masalah atau luka pada puting payudara, Bunda dapat menggunakan cream payudara yang mengandung lanolin untuk mengatasi masalah puting payudara saat menyusui atau dapat berkonsultasi dengan dokter obsgyn Anda. Sebaiknya Anda menyusui ASI dengan tehnik yang benar, maka akan tercapai hasil yang maksimal, silahkan membaca beberapa cara menyusui ASI yang baikpada home page kami. Demikian jawaban saya.

Berikut ini jawaban bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda nur fadhillah dengan judul pertanyaan "Bayi tidak mau minum asi, lebih suka sufor" pada tanya bidan: Anak saya berumur 3 bulan. Dari umur 2 bulan anak saya tidak mau menyusu dan bila diberikan asi selalu dilepehkan, dia lebih suka dengan susu formula. Pertanyaan saya apa yang harus saya lakukan agar anak saya kembali menyusu dan tidak tertarik dengan susu formula??? dan apa penyebabnya jika anak saya tidak minum asi????
Bidan menjawab:
Dear bunda Nur Fadhillah,
Memang perlu kesabaran extra untuk mengembalikan bayi agar mau mengkonsumsi ASI kembali. Coba bunda berikan ASI bunda dengan cara diperah dan diberikan seperti pemberian susu formula, usahakan selalu memberikan ASI terlebih dahulu bila bayi lapar, berikan ASI saat akan tidur. Awalnya bayi akan menolak, tetapi bunda tidak boleh berputus asa, tetap lakukan terus menerus, sehingga bayi akan terbiasa.

ASI merupakan nutrisi terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi, selain itu dalam ASI juga terkandung antibodi yang mampu menjaga kekebalan tubuh bayi. Bila terpaksa bayi tidak mendapatkan ASI, maka pemberian susu formula harus tepat, agar tumbuh kembangnya tetap optimal.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter