SITE STATUS
Jumlah Member :
487.848 member
user online :
1520 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Kehamilan


Kehamilan
Bu saya mau tanyak , saya sudah 3 hari sakit gigi , di obatin sudah bahkan pergi ke spesialis dokter pun sudah , ini kenapa ya?
apa ini bawaan bayi?
11 Jan 2018, 18:56
Dari : Aisyatun Nafisa

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Bolehkah ke Dokter Gigi Saat Hamil? " :Bunda hamil mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi. Tetapi beberapa wanita hamil kuatir untuk dokter gigi karena takut tindakan-tindakan di dokter gigi dapat membahayakan janin. Yuk, simak tulisan berikut, perawatan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat hamil :
1. Tambal gigi
Tambal gigi boleh dilakukan saat hamil. Saat ini dokter sudah menggunakan komposit untuk menambal gigi. Tambalan amalgam sudah tidak lagi digunakan dokter karena mengandung merkuri. Jika tambalan amalgam terlepas, uapnya bisa merusak sistem syaraf, kekebalan tubuh, peredaran darah dan system reproduksi yang dapat diteruskan ke plasenta dan ke janin. Jika Bunda ingin menambal gigi, sebaiknya di trimester kedua kehamilan, karena janin sudah lebih kuat.

2. Cabut gigi
Bila memang gigi sudah rusak dan harus dicabut, sebaiknya tindakan pencabutan dilakukan di akhir trimester kedua, menjelang trimester ketiga. Mengapa? Karena jika terjadi kontraksi saat pencabutan berlangsung, kandungan sudah cukup kuat. Pastikan dokter gigi akan mengupayakan perdarahan yang minimal dan penanganan yang lembut. Jangan lupa untuk meminta obat yang aman untuk ibu hamil.

3. Rontgen gigi
Sebaiknya Bunda menunda melakukan rontgen gigi sampai si kecil lahir. Kecuali bila keadaan gigi yang sudah parah dan harus mendapat penanganan segera, rontgen gigi boleh dilakukan tetapi hanya sebatas pada bagian rongga mulut saja. Biasanya dokter akan menggunakan proteksi selama proses rontgen.

4. Obat sakit gigi
Pada dosis yang tepat, obat pereda senut-senut pada gigi boleh diberikan pada ibu hamil. Dokter akan memberikan obat yang aman untuk meredakan sakit gigi.

5. Memutihkan gigi
Bahan pemutih gigi mengandung zat karbamid peroksida yang dapat membahayakan janin. Bila Bunda ingin memutihkan gigi, sebaiknya tunggu hingga Bunda melahirkan si kecil. Karena memutihkan gigi bukanlah sesuatu yang mendesak, disarankan untuk memutihkan gigi setelah masa menyusui.

6. Pasang behel
Meski tidak terlalu berbahaya, sebaiknya tunda dulu pemakaian behel. Gangguan hormonal yang dialami ibu hamil kadang menimbulkan gusi berdarah. Untuk menghindari infeksi ibu hamil harus melakukan perhatian ekstra pada behel yang bisa saja mempersulit ibu hamil.

Kesimpulannya, selama pengobatan dan perawatan gigi bersifat fungsional, untuk mengunyah, menghindari infeksi dan menghindari rasa sakit berlebihan, tindakan dokter gigi dibolehkan, tetapi bila sifatnya tidak terlalu urgent, ada baiknya ditunda sampai si kecil lahir atau hingga masa menyusui selesai.

Tips:
- Gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.
- Usahakan jangan sampai menelan pasta gigi, karena pasta gigi mengandung detergen, formaldehyde, paraffin, menthol, kapur dan titanium dioxide.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " linda novi " dengan judul pertanyaan " Obat sakit gigi untuk ibu hamil " pada Tanya Bidan:Siang bu..sya sdg hamil 25 mnggu.sdh 2 hri ini gusi sya bengkak.rasanya sakit sekali.yang mau sya tanyakan obt apa ya yang aman untuk dokonsumsi ibu hamil?
Terima kasih..

Bidan menjawab
Dear bunda Linda Novi,
Akibat meningkatnya hormon saat hamil, resiko terjadinya inflamasi atau radang gusi menjadi lebih besar. Penyebabnya utamanya sebenarnya sama seperti bunda yang tidak hamil, yakni iritasi lokal seperti plak yang telah mengalami karang gigi, gigi berlubang, atau tambalan gigi yang kurang sempurna, atau sisa akar gigi yang belum dicabut. Untuk pereda nyeri yang aman untuk bunda konsumsi adalah paracetamol, selain itu bunda dianjurkan untuk berkumur selama 1 menit dengan larutan air garam ( selain dapat meringankan sakit gigi, juga dapat membantu membersihkan partikel atau sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi ). Apabila keluhan tidak membaik, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter Gigi, agar mendapatkan terapi serta tindakan yang tepat.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Larasliza " dengan judul pertanyaan " Obat Sakit Gigi untuk Orang Hamil " pada Tanya Dokter:Dear Dokter Tannti, Selamat pagi dok, saya wanita hamil 25 minggu, ini adalah kehamilan pertama saya, saat ini saya sedang sakit gigi dok.. obat yang aman untuk diminum apa yah dok? (merk apa) karena setau saya orang hamil gak boleh minum obat sembarangan.. mohon infonya dok.. Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada ibu hamil dapat ditemui masalah gusi yaitu epulis gravidarum, selain itu dapat juga terjadi kelainan lainnya seperti gigi berlubang. Janganlah takut untuk mengunjungi dokter gigi karena memelihara kesehatan gigi dan mulut anda sangatlah penting dilakukan meskipun pada masa kehamilan. Apabila ada infeksi, dapat menyebabkan bakteri tersebut masuk dan terbawa melalui darah keseluruh tubuh anda bahkan janin. Maka itu periksakan kesehatan gigi dan mulut anda. Dokter gigi telah berkompeten dalam menangani situasi pada kehamilan, dan akan memberikan terapi dan tindakan yang sesuai dengan keadaan anda.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :