SITE STATUS
Jumlah Member :
485.567 member
user online :
2166 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - gusi bengkakbdan berdarah


gusi bengkakbdan berdarah
siang dok..
saya sedang hamil, di kehamilan pertama ini saya mengalami gusi bengkak dan sering berdarah, terutama saat gosok gigi dan bangun tidur..
saat bangun tidur biasanya air liur bercampur darah, sehingga berwarna merah kecoklatan ..
penyebab dan cara mengatasi hal tersebut bagaimana ya dok??
dan jika darahnya tertelan, apakah berpengaruh pada perkembangan dan kesehatan janin??
terima kasih, dok..
05 Dec 2017, 11:48
Dari : Anisa Mujahidah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi Saat Hamil " :


Kesehatan gigi dan gusi selama kehamilan harus diperhatikan. Perubahan aliran darah dan peningkatan hormon yang terjadi pada saat kehamilan berpengaruh besar pada kesehatan gigi dan gusi, diantaranya bisa meningkatkan resiko terjadinya radang gusi dan karies gigi.Bunda yang tengah hamil harus tahu bahwa memiliki infeksi di dalam mulut dapat menjadi ancaman bukan hanya untuk Bunda, namun juga bagi janin yang dikandung.

Menurut Jurnal of Obstetric Gynecology tahun 2010 menyatakan bahwa ibu hamil yang gusinya terinfeksi dapat menularkan infeksi pada janin melalui peredaran darah plasenta. Untuk itu sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk melakukan perawatan dan pembersihan gigi dan gusi. Paling tidak, selalu menyikat gigi 2-3 kali sehari.

Berikut ini beberapa hal yang yang perlu diperhatikan dalam merawat gigi dan gusi selama masa kehamilan:
- Pada trimester pertama Bunda kerap kali mengalami
morning sickness. Karena rasa mual dan muntah yang dialami menyebabkan Bunda enggan melalukan perawatan standar seperti menyikat gigi. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan pasta gigi yang aroma dan rasanya tidak terlalu tajam.
- Gunakan sikat gigi yang dengan bulu halus dan kepala sikat yang kecil untuk menghindari rasa mual dan ingin muntah pada saat menyikat gigi terutama gigi bagian belakang. Bunda juga bisa menggunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sisa makanan yang terselip diantara gigi.
- Beritahukan kepada dokter gigi bahwa Anda tengah hamil. Hal ini penting karena ada beberapa tindakan yang tidak boleh dilakukan pada kehamilan trimester pertama dan ketiga. Hindari juga pemeriksaan
rontgen pada trimester tersebut. Namun, jika kondisi mendesak boleh dilakukan dengan syarat Bunda harus terlindungi menggunakan apron.
- Beritahukan juga pada dokter gigi yang memeriksa Bunda nama semua obat yang sedang Bunda konsumsi, termasuk vitamin yang diberikan oleh dokter kandungan.
- Penuhi kebutuhan kalsium semasa hamil sesuai dengan anjuran dokter. Kalsium dibutuhkan juga untuk perkembangan gigi pada janin sejak trimester pertama.
- Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat yang mengandung vitamin C dan B12 karena baik untuk gusi.
- Kurangi makanan yang manis dan asam karena berpotensi merusak gigi.
- Bila ingin menggunakan obat kumur, periksa dulu label pada kemasan mengenai kontra indikasi pada ibu hamil. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " linda novi " dengan judul pertanyaan "Obat sakit gigi untuk ibu hamil" pada Tanya Bidan: Siang bu..sya sdg hamil 25 mnggu.sdh 2 hri ini gusi sya bengkak.rasanya sakit sekali.yang mau sya tanyakan obt apa ya yang aman untuk dokonsumsi ibu hamil?
Terima kasih..

Bidan menjawab
Dear bunda Linda Novi,
Akibat meningkatnya hormon saat hamil, resiko terjadinya inflamasi atau radang gusi menjadi lebih besar. Penyebabnya utamanya sebenarnya sama seperti bunda yang tidak hamil, yakni iritasi lokal seperti plak yang telah mengalami karang gigi, gigi berlubang, atau tambalan gigi yang kurang sempurna, atau sisa akar gigi yang belum dicabut. Untuk pereda nyeri yang aman untuk bunda konsumsi adalah paracetamol, selain itu bunda dianjurkan untuk berkumur selama 1 menit dengan larutan air garam ( selain dapat meringankan sakit gigi, juga dapat membantu membersihkan partikel atau sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi ). Apabila keluhan tidak membaik, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter Gigi, agar mendapatkan terapi serta tindakan yang tepat.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " bryna " dengan judul pertanyaan " GUSI BERDARAH SAAT HAMIL " pada Tanya Dokter: Di minggu ini gusi saya lebih sering berdarah, terutama ketika menggosok gigi. Apakah ini karena pengaruh hormon, atau kekurangan nutrisi tertentu? Terima kasih.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda byna, Kemungkinan anda sedang mengalami situasi yang didapat pada ibu hamil yaitu epulis gravidarum, yaitu kelainan pada gusi yang terjadi pada masa kehamilan. Hal ini dapat di kontrol dan dicegah agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut. Saran saya adalah segera mengunjungi dokter gigi anda untuk perawatan gusi, keluhan anda akan hilang dengan sendirinya setelah kehamilan anda selesai. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Terimakasih


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " linda novi " dengan judul pertanyaan " obat sakit gigi " pada Tanya Apoteker:Siang dok,, sya sdg hamil 25 minggu.sudah 2hari ini gusi sya bengkak.rsanya skt sekali..apalagi klo malam.ats saran bidan sya minun paracetamol.bahayakah dok? Sbenarnya obt apa yang pling aman untuk bumil dok?dan bgaimna dosisnya?terimakasih dok..

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Paracetamol 500 mg aman untuk dikonsumsi bunda. Obat ini dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit. Saya sarankan bunda untuk berkonsultasi dengan dokter gigi supaya dapat diketahui penyebab awal dan mengatasi sakit gusi tersebut.
Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu bunda
Terima kasih.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :