SITE STATUS
Jumlah Member :
492.687 member
user online :
1126 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: usg rahim yang berflek

New Topic :  
01-06-2016 14:03:45 "kista di indung telur"
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Adanya kista dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kista apakah yang Bunda alami?

Kista pada organ reproduksi dapat terjadi pada daerah ovarium yang terdiri dari jaringan-jaringan ovarium, kista ini umumnya diperngaruhi oleh perubahan hormonal dan siklus menstruasi serta tidak berbahaya.

Kista lainnya dapat terjadi pada ovarium yang disebabkan dari keadaan endometriosis. Kista coklat adalah kista yang terbentuk dari gumpalan darah dan terjadi dari endometriosis (endometriosis itu sendiri adalah adanya jaringan dari uterus atau rahim yang terletak di luar uterus, sehingga pada saat timbulnya menstruasi, daerah yang terdapat endometriosis itu juga mengalami perdarah selayaknya menstruasi) yang berlanjut menjadi kista, biasanya terletak pada daerah ovarium atau saluran tuba. Kista ini dikategorikan jinak. Untuk mengatasi kista ini bila masih dalam ukuran kecil kurang dari 5cm diameter, maka dengan cara hamil buatan (pemberian hormonal agar tubuh anda berada dalam situasi seperti hamil atau tidak menstruasi selama 9 bulan) atau dengan cara hamil kembali seperti yang di sarankan oleh dokter anda karena dalam keadaan ini hormone progesterone akan membantu meredakan keadaan endometriosis.

Ukuran kista bisa saja berubah dan belum terlihat pada pemeriksaan awal. Selain itu pemeriksaan menggunakan USG juga dipengaruhi oleh hal-hal seperti tebalnya lemak, tebalnya kulit, posisi pemeriksaan dan lain-lain.

Adanya gangguan haid juga bisa berhubungan dengan adanya kista pada ovarium. mengenai penanganannya tergantung pada ukuran dan jenis kista itu sendiri. Sebaiknya tidak meminum ramuan atau pengobatan tanpa saran dokter Kandungan Bunda. Jagalah gaya hidup  yang sehat seperti olahraga yang teratur, berat badan yang baiks esuai BMI, pola makan yang baik, sumber makanan yang segar dan manajemen stress yang baik.

   


Jumlah Posts : 38
Jumlah di-Like : belum ada like
kalo boleh aku kasih info dg apa yg pernah aku alami. 2010 aku hamil pertama semua hasil baik dari usg baby normal. tapi memasuki usia 20 weeks aku ngalami flek dan dokter bilang aku incompetence servicks maka ditindaki dg ngikat leher rahim yang mana harusnya dilakuin pada minggu ke 12-14. tapi sayang wkt itu hanya bertahan 3 hari baby ku lahir g bukaan lengkap. baby bertahan 15 menit dan meninggal.
beberapa bulan kemudian aku coba konsultasi dg dokter senior yg ada di kota Malang. kami tdk mengetahui apa sebab baby kami lahir pada thn 2010 dan dokterpun bilang banyak kemungkinan.
thn 2013 aku hamil dan dokter yg aku pakai yang senior. beliau mengikuti setiap perkembangan janinku. waktu minggu ke 10 beliau meminta aku soy test urine dg dikultur. beliau blg jika ada infeksi bisa segera diobati. bbrp hari kemudian hasil keluar dan positip ada infeksi. aku dan suami sempat cemas namun dokter menjelaskan sebab infeksi adalah bawaan kehamilan dan tdk semua bumil mengalami namun test urine harus dilakukan sebab jika tidak dan tdk tau ada infeksi akibatnya adalah terjadi kelahiran premature diusia 3 bulan atau 5 bulan secara tiba2.
selama aku hamil kemarin dokter selalu cek dlm utk ketahui leher rahimku memendek spt dokter yg terdahulu bilang atau tdk. sampai akhirnya aku ngerti bahwa sebab dulu kenapa terjadi kelahiran diusia 20 weeks adalah infeksi. memang dokter sebelumnya tdk pernah test urine dan cek dlm hanya usg saja.
so para bunda harap pengalamanku dijadikan pelajaran. kita pilih dokter yg bisa diajak konsultasi, mau dihubungi setiap wkt kita membutuhkan serta teliti. itu pengalamanku dan puji Tuhan anakku lahir 24 desember 2013 dg sehat.
   
10-02-2014 16:36:53 batuk pilek bikin susah nafas
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

HPHT dapat membantu dalam memperkirakan HPL bila siklus menstruasi Bunda terjadi secara teratur. USG juga bisa membantu memperkirakan HPL, dari kedua metode tersebut dapat terjadi perbedaan waktu. menurut saya ikuti perkiraan saran dari dokter atau Bidan yang nantinya akan membantu persalinan Bunda untuk kapan kembali melakukan pemeriksaan agar kehamilan Bunda selalu terpantau, meskipun HPL dari dua metode tersebut berbeda-beda.

Ketika batuk, terjadi mengejan (mengedan) sehingga tekanan di dalam rongga perut bertambah, air seni yang keluar saat Bunda batuk dapat dikarenakan tekanan yang tinggi ketika batuk ditambah dengan tertekannya kandung kemih oleh rahim yang mendesak kandung kemih. Bila batuk di rasa sangat mengganggu, maka Bunda sebaiknya memeriksakan diri pada dokter.

OBH umumnya diberikan pada ibu hamil, namun sebaiknya dilakukan pemeriksaan sebelum meminum obat tersebut (menurut saran dokter atau bidan).

   


07-01-2014 14:31:14 bingung
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Penghitungan hari perkiraan lahir menggunakan HPHT dapat membantu memperkirakan tanggal kelahiran, terutama bila siklus menstruasi Bunda terjadi secara teratur. Namun perhitungan ini dapat meleset jauh dari tanggal yang diperkirakan bila siklus menstruasi tidak teratur. Menggunakan USG dapat juga membantu memperkirakan usia kehamilan, namun metode ini juga memiliki keterbatasan misalnya karena tebalnya lemak ataupun posisi janin yang menyulitkan untuk melihat ataupun mengukur. Selain kedua cara ini, dapat juga mengukur perkiraan usia kehamilan dengan pengukuran tinggi fundus, sekali lagi metode ini dapat meleset karena tebalnya lemak ataupun banyaknya cairan ketuban.
Tinggi Fundus uteri adalah tinggi puncak tertinggi rahim yang dapat digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan. Pada bidang kebidanan, Tinggi Fundus Uteri (TFU) dipakai dengan berbagai metode untuk memperkirakan usia kehamilan. Dengan metode palpasi atau perabaan, sebagai contoh: Tinggi fundus uteri untuk usia kehamilan 12 minggu adalah 1/3 bagian di atas simfisi pubis. Sedangkan pada usia kehamilan 16 minggu diperkirakan setinggi antara simfisis pubis dengan pusar. Rajinlah memeriksakan kehamilan Bunda pada dokter atau bidan secara rutin.
 

   
19-06-2013 02:12:15 datang bulan stlh hamil bo
Jumlah Posts : 107
Jumlah di-Like : belum ada like
bo emng gk msti kuret jga bun yang pnting rahim bersih,,apkah stlah bo bnda sdah di usg rahim nya sdah brsih atau blm ???smga bnda cpt hmil lg dan tdk mngalmi bo lg amiien
   


16-04-2013 10:35:19 bisa normal g yard :
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
 Dear Bunda Iyank Rafalaz, 
Bila dilihat dari hasil USG terakhir yang menunjukkan ketebalan segmen bawah rahim kurang dari 0, 5 cm dan posisi janin sudah dalam dalam posisinya, persalinan pervaginam dapat dilakukan, asal syarat lain terpenuhi.
Beberapa syarat  untuk dapat melakukan persalinan normal dengan bekas SC adalah :
1. Jarak dengan persalinan sebelumnya lebih dari 2 tahun.
2. SC terdahulu dilakukan bukan karena indikasi panggul sempit, dan mempunyai penyakit bawaan.
3. Jumlah SC sebelumnya ( bila telah 2x berturut turut SC maka untuk terjadinya kejadian ruptur uteri sangat tinggi ).
4. Penyembuhan luka pada SC sebelumnya pada usia kandungan 37 mgg hasil USG menunjukkan ketebalan segmen bawah rahim 4, 5 mm ( petanda parut yg sembuh sempurna ), bila didapatkan hasil kurang dari 3, 5mm ( petanda parut tidak sembuh sempurna ).
5. Persalinan normal dilakukan di Rumah Sakit yang mempunyai fasilitas kamar operasi.
6. Posisi janin tidak sungsang.
7. Persalinan normal harus berjalan secara alami.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Selamat malam dokter,
saya ingin bertanya saat ini sya sedang hamil 19minggu,
dirumah sy banyak sekali kucing peliharaan sekitar 8ekor,
pada saat sy USG kehamilan sy baik, smua nya normal dan janin sy sehat,sy sudah bicarakan dg dokter nya tp kata dokter hasil dri dampak kucing itu belum bisa terdeteksi, tunggu saat kehamilan sy 24 minggu baru sy d suruh tes darah utk melihat ad virus kucing it atau tidak.?
karna ibu sy tidak mwu membuang jd sy hanya mencoba menjauhi kucing itu sendiri,

saat ini sy suka merasakan pusing dan lemas dok, terkdg perut sy nyeri d sebelah kiri tp hilang2an,, jg terasa kencang seperti ingin buang air kecil terus,
yg ingin sy tanyakan :
1. Bagaimana cra supaya idak terkena virus kucing it dok, wlpun masih ad kucing nya?
2, kenapa sy merasakan nyeri dan kencang it ya dok.? Ap itu tanda dok? Terimakasih dok.

Dari : Wulan

Jawaban:

Dear Bunda,

Untuk menghindari tertular penyakit dari binatang peliharaan, maka pastikan bahwa hewan-hewan tersebut diberikan vaksinasi dan rutin dilakukan pengecekan kesehatan oleh dokter hewan. Hindari kontak langsung dengan hewan ataupun kotoran hewan, selalu memakai sarung tangan atau meminta orang lain untuk membersihkan kotoran hewan ketika Anda sedang hamil dan tidak lupa untukm encuci tangan.


Kencang-kencang pada perut bawah seringkali terjadi pada kehamilan karena adanya perkembangan ukuran rahim yang semakin bertambah besar sesuai usia kehamilan. Hal tersebut bukanlah mejadi masalah bila tidak di sertai keluhan lain seperti adanya flek-flek darah ataupun gangguan buang air kecil. Ceritakan keluhan Anda pada dokter atau bidan Anda ketika melakukan kontrol kehamilan.

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Salam kenal, dok. Dikehamilan yg ketiga ini saya mengalami kesulitan. setelah di usg bayi dlm kandungan saya diiagnosa sungsang dengan kondisi frank breech dan terdapat lilitan tali pusar di lehernya. Hingga minggu 37 kondisi ini tidak berubah dan disarankan melahirkan secara SC. Pertanyaan saya, sebenarnya kondisi bayi saya yg seperti ini memungkinkan kelahiran normal? Berat bayi di minggu 37 sekitar 2,9 kg. Terimakasih

Dari : lani Noor

Jawaban:


Dear Bunda,



Posisi presentasi bokong Frank Breech (bokong pada jalan lahir dan kaki lurus ke atas atau disamping kedua telinga) memiliki resiko yang cukup tinggi untuk dilakukan persalinan normal.


Persalinan normal pada presentasi bokong dapat saja dilakukan bila terdapat kondisi-kondisi yang aman untuk dilakukan, seperti; usia kehamilan yang cukup umur (full term), tidak ada tanda-tanda distress pada janin, terdapat pembukaan mulut rahim yang lancar sesuai proses persalinan, ukuran bayi  tidak terlalu besar, tidak ada plasenta previa, panggul ibu tidak sempit, dekat dengan kamar operasi bila sewaktu-waktu persalinan pervaginam gagal dilakukan.


Sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter kandungan anda, untuk mendiskusikan kemungkinan yang dapat dilakukan berdasarkan keadaan kehamilan Anda.

   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Bunda,

Kandungan umur berapa kantung rahim baru terlihat yah..?

Aku terakhir mens awal Maret. April tgl 5 aku hanya keluar darah sedikit dan hanya 1 hari.
Tgl 23 April pagi, aku coba test pake testpack dan hasil positif (garis ke 2 samar).
Lalu aku cek ke dokter, kata dokter positif. Ketika di usg kantung rahim belum terlihat. Hanya ada penebalan di dinding rahim. Lalu aku dikasih vitamin Vitamam, obat penguat Duphaston dan obat buat kontraksi. Lalu aku disuruh balik lagi tgl 7 Mei.
Tapi belum sampai tgl 7, tgl 3 mei aku nge flek. Lalu aku balik lagi cek ke dokter, tapi begitu di usg lagi, knapa kantung rahimnya belum juga terlihat yah..? Kalau dihitung dari terlmabat mens, aku sudah telat 4 minggu. Dan sudah cek pake Trans-V tetap tidak terlihat, yang terlihat hanya penebalan di dinding rahim.
Yang buat saya down, dokternya bilang kalau minggu depan (tgl 10 mei) aku cek lagi belum terlihat juga kantung rahimnya, tandanya aku hamil diluar kandungan...
Dan sekarang aku disuruh bedrest 1 minggu

Minta share Bunda, biasanya kandungan umur berapa yah kantung rahim baru kelihatan?
Dan apakah kalau kita tidak hamil penebalan di dinding rahim akan luntur? meskipun kita sedang mengkonsumsi obat Cygest & Duphaston??

Terima kasih Bunda....
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dear dokter, hari selasa tgl 01 nov 2011 kmrn, saya coba2 periksa USG di salah satu klinik kesehatan terkemuka. saya didiagnosis menderita multiple kista di adnexa kanan kiri. saya sudah menikah 7 bulan dan sampai saat ini blm juga hamil. apakah ini pengaruh dari kista saya dok? dan apakah jalan satu2nya adalah dengan operasi? mohon informasinya. terima kasih..

Dari : cintaka puriningtyas

Jawaban:

Dear Bunda,

Kista coklat adalah kista yang terbentuk dari gumpalan darah dan terjadi dari endometriosis (endometriosis itu sendiri adalah adanya jaringan dari uterus atau rahim yang terletak di luar uterus, sehingga pada saat timbulnya menstruasi, daerah yang terdapat endometriosis itu juga mengalami perdarah selayaknya menstruasi) yang berlanjut menjadi kista, biasanya terletak pada daerah ovarium atau saluran tuba. Kista ini dikategorikan jinak.Untuk mengatasi kista ini bila masih dalam ukuran kecil kurang dari 5cm diameter, maka dengan cara hamil buatan (pemberian hormonal agar tubuh Anda berada dalam situasi seperti hamil atau tidak menstruasi selama 9 bulan).Mengenai masalah kesuburan yang berkaitan dengan belum tercapainya kehamilan sampai saatini, sebaiknya Anda beserta suami memeriksakan diri untuk menjalani tes kesuburan.Karena untuk menjadi hamil di perlukan keadan subur pada keduabelah pihak sang suami dan istri, maka itu perlu diperiksa lebih lanjut keadaan dan fungsi alat reproduksi dari kedua belah pihak.
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda Nella..,

aq juga kmrn seperti itu bund. terakhir haid aq 23 Jun trus pas telat 2 hari aq TP negatif, tp setelah 8 hari aq TP lagi Alhamdulillah positif. besoknya langsubg ke dokterdi USG biasa blm keliatan kantung kehamilannya. padahal sblm USG dokter dah memperkirakan usia kehamilanku 5 minggu. trus aq dlanjutin USG transV, eh masih belum keliatan juga. jadinya si dokter meragukan aq hamil karena aq ga bawa hasil TPnya,  aq disuruh test lab saat itu jg. dan hasilnya aq positif hamil. Akhirnya dokter punya 2 opini, yg pertama kemungkinan usia kehamilannku dibawah 4minggu jadi blm terlihat lewat USG. Kemungkinan yang kedua kehamilan di luar rahim, karna posisinya blm ketauhan istilahnya PUL (Pregnancy Unknow Location), tapi klo kemungkinan yg kedua ini si ibu akan mengalami sakit yang hebat di bagian perutnya. dan Alhamdulillah sampe sekarang aq tidak merasakn itu. Jadi dokternya ngasih aq vitamin, penguat rahim jg. ya pokonya diperlakukan seperti hamil deh. Aq sih berharap memang kemungkinan yang pertama yang terjadi padaku. Rencananya aq sih mo periksa lagi tgl 22 Agt. berharap si dede sudah menampakkan dirinya. amiin.. 
   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : 2
benar apa yang dikatakan bunda semua...

Aku jg pernah mengalami hal yang sama. Kalo aku keguguran spontan tanpa kuret.
Masa nifasku sekitar 1bln. Haidku pun tidak teratur...
Sama spt bundanya Marcel, aku dikasih vitamin dan obat ma dokter supaya sisa-sisa yang ada di dalam rahim keluar.
Aku juga USG Trasvaginal. Kata dokter aku harus kosong (tidak boleh hamil) selama 2bln untuk memulihkan rahim yang masih luka.

Truss kata temenku, kalo pgn cepet hamil lagi konsumsi kelapa muda. Airnya buat bunda, daging kelapanya buat suami bunda...
Saking pengen cepet hamil lagi, aku ikutin deh resepnya... mpir tiap hari aku dan suamiku kalo pulang kerja mampir buat beli kelapa muda.... hehehe

Alhmdlh... !!! setelah kosong 2bln, aku positive hamil dan melahirkan anakku yg pertama pada tgl 13 Nov 2005.
Sekarang aku sedang menantikan kelahiran anakku yang ke2...

Semoga sehat selalu...
   
Jumlah Posts : 362
Jumlah di-Like : 8
Hai bunda salam kenal...
Udah telat berapa minggu emangnya bund????
Just share ajah y bund...
Aku dulu ampe 3 merek ak TP trus hasilnya juga samar...satu garis jelas n satu garis berwarna pink n muda banget....klo kata temenku n berdasarkan keterangan yg tertera pada panduan alat TP itu gambar garis seperti itu menandakan kalo kita positif hamil....
Akhirnya aku periksa k dokter n ketika d USG baru terlihat dinding rahim yang menebal ajah, jadi kemungkinan bisa jadi n kemungkinan juga bisa enggak...Waktu itu usia kehamilanku 5 minggu dari HPHT..
Karena pernah riwayat keguguran akhirnya dokter ngasih penguat dan nyuruh 2 minggu lagi untuk periksa. Akhirnya aku periksa lagi 3 minggu kemudian n alhamdulillah udah terlihat kantung janinnya n bakal janinnya meskipun masih keciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiil banget berupa titik gitu bund...
Alhamdulillah sekarang udah jalan 32w bund...

Lha kata dokter gimana bund mengenai hasil USG yg baru kelihatan dinding rahim aja yg menebal????
Saranku sich di jaga aja, siapa tahu beneran hamil bund...^^...
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Sy menikah 15 bln yg lalu tp smp saat ini blm hamil jg, 1 bln yg lalu periksa k dokter kandungan kmdn d USG trnyt terdapat bnyk kista yg paling besar berdiameter 5 n 6 cm yg lainnya (sekitar 5 buah) kurang dr 3 cm. Saat ini sy sedang menjalani pengobatan dg minum perasan kunir putih (saran dokter trsbt) bulan depan sy diminta uk periksa lg. apakah kista dapat mempengaruhi kesuburan?. Krn kt dokter trsbt kista ny makan sel telur, pdhl stp bulan sy tetap mens, ttp memang stlh menikah siklusny mjd kacau...apakah memang krn pengaruh kista? terima kasih..

Dari : yuli sulistyowati puji rahayu

Jawaban:

Dear Bunda,

Kista pada alat reproduksi (ovarium ataupun tuba fallopi (saluran tuba) memang dapat menghambat terjadinya kehamilan. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya transportasi sel telur menuju rahim dimana sperma dapat bertemu dengan sel telur untuk terjadi pembuahan. Terjadinya menstruasi setiap bulannya menandakan regulasi hormonal anda tetap baik sehingga dinding rahim yang tidak dipakai untuk kehamilan digugurkan dan luruh melalui menstruasi. Kista dapat di obati dengan pengobatan maupun operasi sesuai dengan kondisi kista itu sendiri. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 362
Jumlah di-Like : 8
Iya bunda,,,,,sabar aja...
Coz aku dulu juga gitu waktu usia kehamilan 6w aku periksain ke dokter dan kata dokter belum terlihat kantung rahimnya tapi hanya rahim yang menebal tanda rahim mempersiapkan kehamilan atau bisa jadi nanti luruh....karena aku punya riwayat keguguran jadi aku dikasih penguat n 2 minggu lagi disuruh balik lagi...
Alhamdulillah setelaah aku n suami menunggu 3 minggu, kami USG dan alhamdulillah dah ada kantong kehamilannya n dah ada dedeknya meskipun baru setitik keciiiiiiiiiiiiiiiiiil bgt.....hihhi...
^^