SITE STATUS
Jumlah Member :
493.641 member
user online :
1231 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: tali pusar yang menggembung pada kehamil

New Topic :  
18-03-2011 09:45:29 tali pusat melilit di leher
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Semoga Artikel ini bisa membantu ya, bunda sekalian ....

Tindakan dini apa untuk bisa mencegah bayi kelilit tali pusar?
 

Sebenarnya lilitan tali pusat yang terjadi pada janin dalam kandungan tidak selalu

membahayakan, selama aliran darah dari ibu tetap dapat dialirkan kepada janinnya,

sehingga janin tetap mendapatkan asupan makanan. Tidak ada satupun tindakan yang

dapat dilakukan untuk menghidari lilitan tali pusat, karena lilitan tali pusat terjadi akibat

tali pusat yang terlalu panjang (panjang tali pusat setiap bayi berbeda-beda) dan akibat

gerakan-gerakan janin di dalam kandungan sehingga menyebabkan tali pusat

mengelilingi leher janin. Biasanya lilitan tali pusat ini terdeteksi melalui pemeriksaan

USG pada kehamilan di trimester ketiga, dimana tali pusat sudah tumbuh semakin

panjang. Dengan pemeriksaan kehamilan yang teratur, anda dapat mendeteksi adanya

lilitan tali pusat pada janin anda secara dini. Jika terdapat lilitan tali pusat pada bayi

anda, segeralah berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan

sehingga dokter dapat memutuskan tindakan terbaik yang dapat dilakukan untuk

anda dan bayi anda saat proses persalinan tiba, sehingga bayi dapat dilahirkan

dengan selamat.



By: *Ayu Andhika*


   


Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : 1

hallo bun,
ini saya punya artikelnya semoga bermanfaat. Btw, umur kehamilan kita sama lho ;-)
Sumber: http://bayidananak.com/2008/11/20/tanda-tanda-akan-melahirkan/

Tanda-Tanda Akan MelahirkanNyeri, tegang, mulas…. Ups! Jangan-jangan saat persalinan sudah dekat. Punya pengetahuan tentang tanda serta tahap persalinan jelas sangat membantu, meski tidak berarti setiap wanita hamil akan melewati rasa dan pengalaman yang sama saat melahirkan.

Diawali kontraksi

Normalnya, di minggu ke 38-40 kehamilan, kepala janin sudah mulai turun ke rongga panggul. Bersamaan dengan itu, otot-otot rahim pun mulai melakukan gerakan mengerut dan meregang secara bergantian, terus-menerus secara teratur. Nah, gerakan otot rahim seperti inilah yang disebut kontraksi.

Seperti apa rasanya? Ada yang mengatakan nyeri seperti diperas, kaku dan tegang di perut, khususnya bagian bawah, atau mulas seperti ingin buang air besar.

Yang pasti, frekuensi terjadinya kontraksi semakin lama semakin meningkat, begitu juga dengan kekuatannya. Awalnya, jarak waktu antara kontraksi yang satu dan selanjutnya cukup panjang, biasanya selang satu jam. Lalu, semakin memendek, bisa tiap 30 menit, 15 menit, dan menjelang waktunya bayi lahir, jarak kontraksi bisa mencapai 2 atau 1 menit sekali.

Sewaktu jarak antar-kontraksi masih jauh, mungkin rasa nyeri terasa hanya pada bagian atas perut. Namun seiring dengan kemajuan proses awal ini, rasa nyeri semakin menjalar ke bagian bawah perut, bahkan ke arah bawah punggung dan belakang pinggang. Saat mulut rahim sudah membuka sempurna, rasa nyeri yang hebat di daerah tadi akan terasa sangat kuat.

Dr Erick, spesialis kandungan menuturkan, proses setiap wanita saat persalinan berbeda. Tetapi tanda-tandanya sama.

”Biasanya saat akan melahirkan, ibu akan merasa adanya kontraksi rahim yang teratur. Dan ini merupakan salah satu tanda yang akan dialami semua ibu yang akan melahirkan,” terangnya.

Tidak seperti kontraksi Braxton hick, kontraksi timbul secara teratur, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang atau berkurang dengan istirahat atau elusan saja.

Bagi ibu yang akan melahirkan dan mulai terasa kontraksi yang nampak teratur, mulailah untuk menghitung waktunya. Biasanya, persalinan hanya terjadi bila kontraksi menjadi semakin dekat 40 detik antara kontraksi lainnya. Persalinan pertama kali akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik anda menunggu dirumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit anda dapat pergi ke rumah sakit.

‘”Setelah tanda kontraksi teratur, maka akan keluar darah bercampur lendir, ini merupakan tanda kedua akan terjadinya persalinan,” ujarnya.

Ia menerangkan, darah bercamur lendir ini terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas. Sehingga menyebabkan lendir yang berwarna kemerahan. Karena bercampur darah.

Jalan lahir membuka

Saat otot rahim mengerut, ukuran rahim akan mengecil, sehingga kepala janin semakin terdorong ke arah bawah (jalan lahir). Bersamaan dengan itu, mulut rahim sedikit demi sedikit mulai membuka.

Perlu Anda tahu, sejak terjadinya kehamilan, secara alami mulut rahim tertutup oleh semacam sumbat berupa lendir kental. Sumbat lendir ini bertugas menjaga agar kehamilan bisa terus berjalan sekaligus melindungi janin dari kuman. Nah, pada awal tahap pembukaan mulut rahim, sumbat lendir itu terbuka dan lendir (yang berwarna merah muda) keluar melalui vagina.

Mulut rahim yang semula hanya membuka sedikit, seiring dengan datangnya kontraksi yang semakin kuat, akan terus melunak dan terbuka semakin lebar. Lama-kelamaan, mulut rahim akan terlihat semakin datar dan menyatu dengan rahim bagian bawah. Saat inilah pembukaan lengkap terjadi.

Pembukaan mulut rahim biasanya dihitung dengan satuan sentimeter (cm). Bila dokter mengatakan mulut rahim Anda sudah pembukaan 8, artinya jalan lahir sudah membuka sepanjang 8 cm. Pembukaan mulut rahim dikatakan lengkap bila sudah mencapai pembukaan 10, atau 10 cm.

Lamanya tahap pembukaan jalan lahir dari awal hingga sempurna, bervariasi pada setiap kehamilan. Namun, secara gamblang tahap persalinan dibagi atas:

* Kala/tahap I laten: di mulai dari tanpa pembukaan sampai pembukaan 2, yang bisa berlangsung 24-48 jam,

* Kala I aktif: dimulai dari pembukaan 3-10, yang berlangsung sekitar 7 jam pada persalinan anak pertama, 3 1/2 jam pada persalinan bukan pertama.

* Kala II: disebut fase mengejan, pada pembukaan 10/lengkap yang bisa berlangsung maksimal 1 jam.

* Kala III: adalah fase melahirkan plasenta, hanya berlangsung sekitar 15 menit.

Penting diingat, menjelang akhir kala I, meski Anda merasakan mulas yang luar biasa, Anda masih belum boleh mengejan. Sebab, saat ini mulut rahim belum membuka sempurna. Bila Anda mengejan saat ini, bisa mengakibatkan jalan lahir membengkak dan terjadi perobekan.

Jadi, harus bagaimana? Bernapaslah dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Lakukan hal ini berulang-ulang setiap kali rasa nyeri yang luar biasa itu datang.

Bila mulut rahim sudah membuka sempurna, artinya Anda sudah melewati tahap pertama dari proses persalinan, dan siap menuju tahap kedua, yaitu kelahiran bayi.

Siap lahir

Bila tidak ada hambatan, misalnya tali pusar yang melilit anggota tubuh janin, maka tahap yang dikenal dengan kala II ini berlangsung jauh lebih cepat dibanding tahap sebelumnya. Ada yang melewatinya tidak lebih dari 30 menit, meski ada juga yang lebih.

Pada tahap ini, kepala janin yang memang sudah tepat berada di mulut rahim akan terus mendesak. Bersamaan dengan itu, secara alamiah, rahim dan vagina akan membentuk semacam cekungan yang menjadi jalur untuk dilewati bayi. Saat ini, Anda akan merasakan tekanan yang sangat kuat di daerah perineum (daerah antara vagina dan anus).

Saat kepala janin sudah di ambang pintu dan siap keluar, lendir dan darah yang keluar dari vagina semakin bertambah. Selain itu, desakan kuat kepala janin akan menyebabkan kantung ketuban pembungkus janin pecah lebih awal atau saat pembukaan lengkap, sehingga cairan ketuban keluar membasahi daerah vagina. Cairan ini sekaligus membuat jalan lahir semakin licin yang justru memudahkan bayi meluncur keluar dengan mulus. Setelah pembukaan benar-benar lengkap dan kepala bayi sudah terlihat di pintu lahir, saat inilah Anda diijinkan mengejan.

Apa yang harus dilakukan? Ikuti saja baik-baik panduan penolong persalinan Anda. Ikuti aba-abanya, kapan Anda menarik napas dan kapan waktunya mengeluarkan napas sambil mengejan, Mengapa harus demikian? Sebab, saat mengejan harus dilakukan berbarengan dengan saat kontraksi datang, sehingga bayi akan lebih mudah meluncur di jalan lahirnya.

Saat kepala bayi berhasil keluar dari mulut vagina, bagian tubuh bayi yang masih di dalam secara alami akan berputar dengan sendirinya. Kondisi ini memungkinkan bagian bahu dan seluruh tubuh bayi keluar.

Nah, kini sambutlah kehadiran buah hati Anda di dunia dengan penuh cinta dan syukur. Anda bisa meminta penolong persalinan untuk membawakan bayi Anda sesaat dalam dekapan Anda.

Plasenta selesai bertugas

Dengan lahirnya sang buah hati, selesai pula tugas plasenta atau ari-ari yang selama ini menemaninya di dalam rahim. Plasenta yang selama 9 bulan lebih bertugas mensuplai nutrisi dan oksigen, mengeluarkan sisa metabolisme serta sebagai organ yang menyalurkan antibodi ke tubuh janin, juga harus dilahirkan. Proses yang terjadi dalam tahap ketiga ini biasanya berlangsung tidak lebih dari 15 menit.

Alam sudah mengatur, setelah bayi keluar, kontraksi masih terus berlangsung, meski tidak sehebat sebelumnya. Tujuannya untuk membantu melepaskan plasenta dari tempat menempelnya di dinding rahim. Hampir sama seperti proses kelahiran bayi, Anda akan diminta mengejan bersamaan dengan datangnya kontraksi.

Untuk memeriksa apakah seluruh plasenta sudah terlepas dari dinding rahim atau belum, penolong persalinan akan menekan perut Anda. Setelah itu, ia akan menarik perlahan-lahan tali pusar agar plasenta bisa keluar. Setelah seluruh plasenta beserta tali pusar keluar, barulah tubuh Anda dibersihkan.

Nah, kini selesailah sudah seluruh tahap proses persalinan. Anda pun memasuki babak baru dalam hidup Anda, yakni jadi seorang ibu. Sebuah peran yang luar biasa indahnya!

   
Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : belum ada like
halo bunda, putri pertamaku lahir tgl 23 agustus 2013 dg berat 2,980 kg , panjang 50 cm dg cara sc. kasusnya sama dg bunda niken, kepala blm masuk panggul, plus ada lilitan tali pusar. yang bikin makin galau, ketika mengetahui dokter akan ke luar kota menjelang hpl debay. So kami putuskan utk sc saja utk meminimalkan resiko, dan krn klo hrs ganti dokter jg butuh penyesuaian dan pendekatan lg. Buat bunda yg menanti debay tetap tenang dan semangat ya.. gak usah pusing mikir normal ataupun sc yg penting sehat keduanya. doain semoga asi ku cepet lancar ya..
   


Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like

salam kenal bunda felicia ..

iyaa ibuku juga bilang kalo memang tba saatnya lahir juga lahir cuma bunda tau sendiri biasanya dokter2 sekarang tidak mau ngambil resiko jadi sedikit2 pasti di suruh atau di paksa untuk menjalani caesar padahal dulu ibuku dulu mengandung hampir sampai 10bulan tidak pernah ada kata2 dari dokter untuk menjalani caesar ..

yaa mungkin saia saja yang terlalu khawatir , maklum sekarang saia hamil & ingin melahirkan anak pertama jadi kekhawatiran agak berlebihan takut bayi kenapa2 ..

makasii yaa bun sarannya ..





salam kenal juga bunda ..

waktu itu dokter saia juga bilang untuk sekali lagi di usg ingin di lihat kenapa si bayi tidak mau masuk2 kejalan lahir apakah bayi saia yang kebesaran / panggul saia yang kekecilan / terlilit tali pusar yang bunda dulu alami & sekalian katanya ingin dilihat aer ketuban serta ari2nya masih bagus apa tidak .. semoga saja nanti di usg akan normal2 saja . amin

makasii yaa bun atas doa & semangatnya ,,

oiaa .. bun mau tanya sedikit saat bunda di induksi itu si bayi sudah dalam keadaan masuk jalan lahir apa belum ??
   

   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda felicia ..

iyaa ibuku juga bilang kalo memang tba saatnya lahir juga lahir cuma bunda tau sendiri biasanya dokter2 sekarang tidak mau ngambil resiko jadi sedikit2 pasti di suruh atau di paksa untuk menjalani caesar padahal dulu ibuku dulu mengandung hampir sampai 10bulan tidak pernah ada kata2 dari dokter untuk menjalani caesar ..

yaa mungkin saia saja yang terlalu khawatir , maklum sekarang saia hamil & ingin melahirkan anak pertama jadi kekhawatiran agak berlebihan takut bayi kenapa2 ..

makasii yaa bun sarannya ..





salam kenal juga bunda ..

waktu itu dokter saia juga bilang untuk sekali lagi di usg ingin di lihat kenapa si bayi tidak mau masuk2 kejalan lahir apakah bayi saia yang kebesaran / panggul saia yang kekecilan / terlilit tali pusar yang bunda dulu alami & sekalian katanya ingin dilihat aer ketuban serta ari2nya masih bagus apa tidak .. semoga saja nanti di usg akan normal2 saja . amin

makasii yaa bun atas doa & semangatnya ,,

oiaa .. bun mau tanya sedikit saat bunda di induksi itu si bayi sudah dalam keadaan masuk jalan lahir apa belum ??
   


18-06-2010 10:59:58 janin terlilit tali pusar
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : 2
Para bunda, mau nanya nih.. ada seorang teman yg istrinya br kehilangan janin yg dikandung sdh lebih dari 4 bln, krn janinnya terlilit tali pusar.  Yang mau saya tanya, apa yg menyebabkan janin bisa terlilit tali pusar.  Apa karena janinnya terlalu aktif? terima kasih atas sharingnya...


salam..
   
28-01-2015 15:02:57 Obat Pasca Operasi Caesar
Jumlah Posts : 38
Jumlah di-Like : belum ada like

Menderita Luka Pasca Di Operasi Caesar, Inilah Obat Pasca Operasi Caesar Yang Cepat Dan Aman Tanpa Adanya Efek samping Apapun. Nama Obat Herbalnya Adalah Jelly Gamat Gold G, Ingin Tahu Kenapa Kami Merekomendasikan Jelly gamat Gold G Sebagai Solusi Tepat Dan Ampuh Untuk Anda ?

Jelly Gamat Gold G Sembuhkan Luka Caesar

Perasaan berseberangan itu menghinggapi benak Suci Nurhayati. Ia bahagia ketika dokter menyatakan dirinya hamil anak ke-3. Namun, ia juga waswas bila melahirkan jabangbayi dengan operasi caesar seperti pada kelahiran anak sebelumnya.Ia ingat persis ketika melahirkan Alexander Wijaya Kusuma, anak keduanya pada 22 Desember 2001. Kepala sang jabangbayi terlilit tali pusar sehingga berakibat nyaris mati lemas. Pasca operasi ia berharap dapat menjalani hari-hari seperti biasa sebagai karyawan di perusahaan otomotif dari Jerman. Namun, bekas operasi caesar yang membelah perutnya menyisakan nyeri berkepanjangan akibat bengkak dan lama mengering.Perubahan itu disertai siklus menstruasinya tak teratur. Berjalan di pusat perbelanjaan untuk membeli kebutuhan sehari-hari akan dirasakan sebagai sebuah siksaan. Sebab, kerap kali ia merasa lemas dan kakinya bengkak. Selain itu daya tahan tubuhnya lemah. Ia kerap mengalami flu, demam, dan mudah lelah. Ketika gangguan kesehatan itu belum pulih, dokter menyatakan ia hamil pada Maret 2005.

Kecemasannya terbukti. Dokter menyarankan agar ia menjalani operasi caesar untuk melahirkan anak ketiganya. Alasan dokter lantaran usia Suci cukup rawan untuk melahirkan secara normal. Perempuan kelahiran Kuningan, Jawa Barat,

17 Juli 1968 itu menuruti saran dokter. Saat pemeriksaan itu dokter menyatakan cara ?menutup? bekas potongan kulit perut pada operasi caesar sebelumnya tidak rapi. Dampaknya luka lama mengering dan bengkak. Selain itu lemak dan varises menutupi rahim sehingga siklus menstruasinya terganggu. Oleh karena itu dokter yang membantu persalinan menawarkan 2 operasi sekaligus: operasi caesar ke 2 dan operasi membersihkan bekas operasi sebelumnya. Ia mengkombinasikan obat asal Tiongkok untuk mempercepat kesembuhan sekaligus obat yang diresepkan dokter.

Namun, hingga 7 bulan luka bekas operasi itu tak kunjung pulih. Ia kerap merasa nyeri. Daya tahan tubuh juga acap anjlok, terbukti dengan tingginya frekuensi Suci menderita demam, flu, dan gampang lelah. Dalam kondisi luka belum pulih, ia hamil anak ke-4 pada Desember 2006. Pada kehamilan ke-4 itulah ia rutin mengkonsumsi 2 sendok makan ekstrak teripang setiap hari.

Usianya 39 tahun ketika Suci menjalani operasi caesar yang ke-3. Ia menjalaninya dengan percaya diri. Konsumsi ekstrak teripang terus dilanjutkan setelah ia menjalani operasi. Hasilnya sungguh mengagumkan. Hanya sepekan pasca operasi, luka bekas operasi mengering dan hampir tak berbekas. Ia juga merasa lebih fit dan daya tahan tubuhnya meningkat sehingga tetap bugar meski pekerjaan bertumpuk dan mengurusi keempat anaknya yang membutuhkan tenaga ekstra.

Sms Ke 085317668623 Dan 087826012364 Dengan Format :
GMT : Jumlah Pesan : Nama Lengkap : Alamat lengkap Pengiriman : No.Hp/Telpon

Harga 175.000/botol Isi 320ml ( Harga Blm Ongkir). Pesan Sekarang Barang Sampai Baru Di Bayar ( berlaku Untuk 1 Dan 2 botol ).

   
10-02-2014 09:33:38 Jika janin pingsan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Saya turut berduka engenai hal yang Bunda alami sebelumnya.

Kejadian seperti terlilit tali pusar sulit untuk di prediksi dan pada umumnya diketahui pada saat pemeriksaan USG, karena tidak menimbulkan tanda dan gejala yang jelas dirasakan pada sang Bunda.

Rasa sedih dan trauma wajar saja timbul pada diri Bunda, namun perlu diingat bahwa kejadian tersebut sudah lama berlalu, dan Bunda hidup pada masa kini juga sedang mengandung kembali. Rajin memeriksa kandungan dan memakan dan minum makanan yang bergizi tinggi, menjaga kesehatan dengan baik serta bersosialisasi dapat membantu Bunda untuk tetap semangat dan tidak terlalu memikirkan hal yang sudah berlalu tersebut.

   
05-01-2014 23:25:43 granuloma
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
GRANULOMA : si ?Daging? tumbuh pada Pusar. dr. Hemanto SpB, SpBA untuk RFC Sering pada praktek sehari hari, seorang ibu membawa anaknya ke dokter dengan keluhan adanya semacam "daging" pada pusarnya setelah tali pusat terlepas. Pada Room For Childrenjugabeberapa ibu menanyakan masalah ini. Berikut ini saya akan memberikan gambaran mengenai penyakit Granuloma umbilikalis baik yang didapat ( granuloma biasa, omphalitis/infeksi) dan yang bawaan ( sisa saluranomphalomesenteric/ saluran antara usus janin ke tali pusat, serta sisa saluran Urachus yang tidak menutup/ saluran antara pusar dan kandung kemih) Apakah yang dimaksud ?daging? tumbuh pada pusar ? ?Daging? tumbuh pada pusar, sebenarnya bukan daging semacam otot di badan kita, tapi merupakan jaringan dibawah kulit yang tidak tertutup lapisan epitel (kulit ari), setelah lepasnya tali pusat. Istilah medisnya dinamakan Granuloma umbilikalis. Bagaimana terjadinya Granuloma umblikalis ? Setelah lepasnya tali pusat, akan terdapat sedikit daerah di pusar yang terbuka dan belum tertutup kulit. Kadang kadang akan tumbuh jaringan granuloma yang mengandung jaringan ikat fibroblas dan pembuluh darah kapiler. Ukuran granuloma mulai 1 milimeter sampai dengan sekitar 10 miliimeter, seperti bertangkai (gambar*) Bagaimana mengobati granuloma ? Granuloma umbilikalis diobati dengan cara kauterisasi yaitu mengoleskan cairan yang mengandung ?silver nitrat? yang mempunyai efek ?membakar?. Bisa juga dengan obat luar lainnya yang berfungsi menciutkan granuloma. Bila granulomanya panjang bisa dilakukan pemotongan dan diikat dengan benang yang diserap tubuh. Mengapa granuloma ?bandel? sering kambuh lagi ? Apabila diobati dengan cairan yang mengandung silver nitrat, dan sudah dipotong tumbuh lagi atau tidak ada respon sama sekali, dipikirkan adanya hubungan dengan usus dibawahnya. Apa yang disebut Omphalitis ? Omphalitis adalah infeksi didaerah pusat, akibat adanya bakteri Staphylococcus aureus , Streptococcus atau Clostridium tetani pyogenes, dan juga bakteri gram negatif. Manifestasi omphalitis adalah adanya nanah di pusar dan sekitarnya ditandai kulit sekitarnya kemerahan. Bagaimana cara mengobati omphalitis ? Selain bayi harus dirawat, diberikan obat antibotik, bila terjadi kantung nanah harus dikeluarkan (drainase). Apa penyebab granuloma yang tidak bisa hilang, setelah diobati ? Apabila granoloma bandel tidak bisa hilang, granuloma disebabkan kelainan bawaan lahir akibat adanya sisa saluran omphalomesenteric (saluran yang menghubungkan usus janin ke talipusat ). Lihat gambar* Bagaimana cara mengobati granuloma akibat sisa saluran omphalomesnteric ? Harus diputus ?akarnya? dengan operasi.Apa artnya granuloma berbau feses ?Granuloma yang keluar cairan bebau feses, artinya ada hubungan antara usus dan pusat.Apa artinya grnuloma berbau pesing ?Artinya ada hubungan antara kandung kemih ke pusar, terdapat sisa saluran Urachus yang tidak menutup. sama seperti granuloma akibat sisa saluran omphalomesenteric, salurannya mesti ditutup.
   
15-12-2013 09:07:06 sperma keluar lg
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Kehamilan terjadi ketika sel sperma yang masuk ke dalam rahim seorang perempuan membuahi sel telur yang telah matang(siap untuk dibuahi).Seorang laki-laki ketika ejakulasi rata-rata mengeluarkan air mani atau cairan semen sebanyak 3 cc, dan setiap 1 cc air mani yang normal akan mengandung sekitar 100 juta hingga 120 juta buah sel sperma. Setelah air mani ini terpancar (ejakulasi) ke dalam pangkal saluran kelamin istri, jutaan sel sperma ini akan berlarian melintasi rongga rahim,saling berebut untuk mencapai sel telur matang yang ada pada saluran tuba di seberang rahim.Namun,hanya satu sel sperma yang dapat membuahi satu sel telur yang telah matang.

Pada saat ovulasi, lapisan lendir di dalam serviks (leher rahim) menjadi lebih cair, sehingga sperma mudah menembus ke dalam rahim. Sperma bergerak dari vagina sampai ke ujung tuba falopii yang berbentuk corong dalam waktu 5 menit. Sel yang melapisi tuba falopii mempermudah terjadinya pembuahan dan pembentukan zigot (sel telur yang telah dibuahi).

Pembuahan hanya terjadi jika sel sperma yang subur membuahi sel telur yang sudah matang.Jadi ketika sel sperma bertemu dengn sel telur matang maka akan terjadi kehamilan.Pada proses pembuahan, hanya bagian kepala sperma yang menembus sel telur dan bersatu dengan inti sel telur.Bagian ekor yang merupakan alat gerak sperma akan melepaskan diri. Sel telur yang telah dibuahi akan mengalami pengerasan bagian luarnya. Ini menyebabkan sel telur hanya dapat dibuahi oleh satu sperma.

Setelah adanya pembuahan ini,30 jam kemudian maka inti sel telur akan mengalami pembuahan menjadi dua bagian. 20 jam kemudian inti sel telur ini kembali membelah menjadi empat bagian.Tiga sampai empat hari setelah pembuahan, sel akan sampai di bagian uterus.Dalam jangka waktu satu minggu setelah perubahan, akan dihasilkan suatu massa sel yang berbentuk ola sebesar pentol jarum, yang disebut (blastocyt). Dalam proses selanjutnya, yaitu sekitar 5 hari berikutnya, blastosis akan menempel dan terimplantasi kedalam endometrium.

Selama dua hingga empat minggu pertama perkembangan, blastosis medapatkan nutrien dari endometrium. Pada masa perkembangan ini, akan berbentuk plasenta. Plasenta merupakan organ berbentuk cakram yang mengandung pembuluh darah maternal (ibu) dan embrio. Melewati plasenta inilah, embrio akan mendapatkan nutrisi dari maternal. Melalui plasenta ini juga terjadi pertukaran gas-gas respirasi dan pembuangan limbah metabolisme embrio. Darah dari embrio mengalir ke plasenta melalui arteri tali pusar dan kembali melalui vena pusat dan melewati hati embrio.

Anatomi uterus wanita memiliki peran vital dalam proses terjadinya kehamilan.Uterus wanita terdiri dari beberapa bagian yang sangat penting,yaitu uterus,ovarium,cervix,vulva,dan vagina.Setiap bagian tersebut memiliki peran masing-masing yang sangat penting dalam proses pembuahan.
   
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : 3

selamat siang juga bunda2... saya juga mau menceritakan seputar kelahiran anak saya yang kebetulan lahir pada tgl 27 juni 2009. Waktu itu dia lahir sesuai dengan perkiraan bidan, dari jam 06 sore (tgl 26 juni) sudah mulai keluar tanda,, setelah datang ke bidan ternyata sudah pembukaan 3. Lalu kata bidan suruh pulang dulu aja. Sudah dilalui pembukaan demi pembukaan dan untung saja rumah bidan nya dekat dengan rumah jadi bisa dipanggil aja bidannya. Waktu itu dari pembukaan satu ke pembukaan berikutnya kontraksinya lama sampai esok harinya (tgl 27 juni) jam 14.00 sudah genap pembukaannya. Sama yg dialami bunda rizky saya kurang bisa mengejan.... sampai pecah air ketubannya. Kata bidannya kalau sudah sampai dengan jam yg ditentukan tidak lahir terpaksa di bawa ke rumah sakit untuk diambi tindakan, mungkin bisa ceasar. Saya terus berdoa dan berusaha sekuat tenaga saya dan akhirnya keluarlah bayi mungil pada jam 16.30 dengan normal dan terlilit tali pusar sebanyak 2 kali. Sekarang bayi itu sudah menjadi seorang anak yang sehat dan perkembangannya pun bagus. Sekarang dia sudah sekolah di taman kanak-kanak.

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
saya sedang hamil anak ke 2, umur kehamilan saya masuk 8 bulan dan perkiraan lahiran akhir bulan ini. kebetulan kehamilan kedua ini berbarengan dengan adik saya yang kini udah melahirkan pada awal juni lalu.melihat riwayat proses kelahiran adik saya yang juga sama melahirkan anak yang kedua saya jadi sedikit was-was karena ade saya ini mengalami proses persalinan yang cukup menegangkan dan penuh kendala. adik saya melahirkan pada umur kandungan 43 minggu dan tidak mengalami mules dan pembukaanya pun tak ada sehingga dokter yang menanganinya memberikan induksi/perangsang sebagai tindakan awal, tindakan ini diberikan karena dilihat dari hasil USG tali pusar/tali ari-ari penghubung ibu dan anak terlihat bolong-bolong dan hampir putus menurut dokter. Yang ingin saya tanyakan kenapa masalah persalinan ade saya bisa seperti ini apakah pengaruh dari makanan atau kurang olahraga atau stress atau apa?? padahal pada kelahiran anak pertama tak ada masalah baik pada kehamilan dan persalinannya?

Dari : Reka MalvaZira

Jawaban:

Dear Bunda,
Tidak majunya persalinan dapat terjadi karena multifaktoral seperti faktor his atau kontraksi uterus, proporsi panggul, posisi janin, faktor psikologi dan faktor plasenta. Dalam kasus yang Bunda ceritakan bahwa tidak ada mules dan pembukaan. dapat diduga ada masalah pada faktor kontraksi uterus. Kemungkinan yangterjadi adalah lemahnya kontraksi, kontraksi tidak simetris terjadi pada dua sisi uterus ataupun tidak adanya kontraksi atau sangat lemah (inersia uteri). Keadaan ini dapat disebabkan oleh lemahnya tenaga ibu karena kurangnya asupan makanan dan minuman serta elektrolit, Psikologis ibu seperti rasa takut atau khawatir, kondisi uterus itu sendiri seperti adanya infeksi, terlepasnya plasenta terlalu dini dan lain-lain.
Untuk mencegah hal ini terjadi pada Bunda, makan lah asupan dengan gizi seimbang, monitor selalu kehamilan Bunda dan menuruti perintah atau aba-aba yang diberikan oleh dokter atau bidan dengan baik.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Salam kenal, dok. Dikehamilan yg ketiga ini saya mengalami kesulitan. setelah di usg bayi dlm kandungan saya diiagnosa sungsang dengan kondisi frank breech dan terdapat lilitan tali pusar di lehernya. Hingga minggu 37 kondisi ini tidak berubah dan disarankan melahirkan secara SC. Pertanyaan saya, sebenarnya kondisi bayi saya yg seperti ini memungkinkan kelahiran normal? Berat bayi di minggu 37 sekitar 2,9 kg. Terimakasih

Dari : lani Noor

Jawaban:


Dear Bunda,



Posisi presentasi bokong Frank Breech (bokong pada jalan lahir dan kaki lurus ke atas atau disamping kedua telinga) memiliki resiko yang cukup tinggi untuk dilakukan persalinan normal.


Persalinan normal pada presentasi bokong dapat saja dilakukan bila terdapat kondisi-kondisi yang aman untuk dilakukan, seperti; usia kehamilan yang cukup umur (full term), tidak ada tanda-tanda distress pada janin, terdapat pembukaan mulut rahim yang lancar sesuai proses persalinan, ukuran bayi  tidak terlalu besar, tidak ada plasenta previa, panggul ibu tidak sempit, dekat dengan kamar operasi bila sewaktu-waktu persalinan pervaginam gagal dilakukan.


Sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter kandungan anda, untuk mendiskusikan kemungkinan yang dapat dilakukan berdasarkan keadaan kehamilan Anda.

   
17-05-2012 16:35:01 (ask) tentang plasenta bayi
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : 1
Hallo para bunda2.. saya mau menanyakan tentang plasenta (tali pusar)bayi,yang katanya kalo di masukkan dalam segelas air dan di minumkan bisa menyembuhkan demam tinggi pada sang bayi,apakah itu betul ato hanya mitos semata? apakah tidak berbahaya takutnya banyak kuman yang menempel pada plasenta beby tersebut..?
   
16-12-2011 17:27:48 lilitan tali pusat
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok, ini adalah kehamilan saya yang pertama, dan usia kehamilan saya saat ini sudah memasuki minggu ke 36, dan hasil USG menurut dokter saya menunjukkan tali pusat janin melilit di leher. Yang ingin saya tanyakan adalah seberapa berbahaya terhadap kesehatan janin saya ? Bisakah tali pusat yang melilit tersebut terlepas dari leher janin ? Sekian dan Terima kasih......

Dari : bungapertiwi

Jawaban:

Dear Bunda,

Lilitan tali pusat kerap terjadi dan kadang terjadi hingga saatnya waktu persalinan tiba.Walaupun keadaan ini dapat berakhir dalam persalinan dengan operasi SC, namun banyak juga kasus persalinan normal pada bayi dengan lilitan tali pusar pada leher yang berhasil lahir dengan baik.
Pergerakan bayi dapat dideteksi pada umumnya sejak minggu 16 – minggu 20 kehamilan.Hitunglah gerakan bayi anda (kick counting) yang umumnya terjadi sekitar 10 kali gerakan dalam waktu 2 jam.Apabila anda mendapatkan rendahnya hitungan gerakbayi, berkonsultasilah dengan dokter kandungan anda.