SITE STATUS
Jumlah Member :
492.666 member
user online :
1205 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: puskesmas mampang bisa test kehamilan tidak

New Topic :  
20-06-2016 15:39:20 Msalh kehamilan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda Fadhillah Rahimi Irda(0),

Bunda bisa memeriksa kembali urin nya dengan test kehamilan beberapa hari mendatang untuk memastikan.

Bunda Ovha Imnida

Test pack saja terlebih dahulu agar tidak menerka. Perubahan puting payudara dan sekitarnya yang lebih menggelap bisa menjadi salah satu tanda kehamilan.

   


27-10-2015 14:46:27 masalah tentang haid
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

   Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak; suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun.  Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini.
   Untuk bisa mendapatkan kehamilan, maka hubungan intim dilakukan terutama pada masa subur. Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Para bunda pada umumnya memiliki siklus setiap 28 hari.
Secara teori, ovulasi dapat terjadi pada hari ke-14 di dalam siklus menstruasi yang teratur. Namun tidak ada yang bisa memastikan secara tepat apakah ovulasi terjadi pada hari ke-14 atau di hari lain, maka itu di perkirakan rentang masa subur. Pada siklus yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Rentang masa subur dapat terjadi di antara hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.

Namun ada juga yang siklus menstruasinya tidak teratur bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.


Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur.

Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Untuk mengetahui hamil atau tidak, bisa cek test kehamilan dengan tetst pack setelah telat menstruasi.

   
30-09-2014 15:20:38 pengen hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bila siklus menstruasi Bunda teratur maka kemungkinan besar ovulasi pun terjadi dengan teratur di setiap siklusnya. Interval atau perkiraan masa subur berguna untuk berjaga-jaga menandai bahwa ovulasi bisa terjadi sewaktu-waktu di antara hari-hari tersebut. Meskipun ovulasi terjadi pada 1 hari, namun sel ovum dapat bertahan kira-kira sampai 72 jam. Maka bila ada sperma pada masa-masa tersebut, maka dapat terjadi kemungkinan hamil. Pemeriksaan test kehamilan dengan urin dapat dilakukan  2 minggu setelah masa subur. Bila negatif tetapi Bunda tidak menstruasi, mungkin ada gangguan pada siklus menstruasi Bunda. perlu diketahui, menghitung siklus menstruasi sebaiknya bukan berdasarkan tanggalan atau kalender masehi yang Bunda gunakan (misalnya setiap tanggal 3 setiap bulannya dsb) tetapi gunakan hitungan hari dari hari menstruasi pertama sampai terjadi menstruasi berikutnya, itu ada berapa hari. Itu di namakan jumlah hari siklus menstruasi, dengan begitu Bunda tidak menandai hari menstruasi berdasarkan kalender tanggal, tetapi berdasarkan jumlah hari pada siklus. Bisa berbeda satu atau dua hari tetapi masih teratur, itu dianggap normal. 

   


Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda-Bunda,

Bila siklus menstruasi Bunda teratur maka kemungkinan besar ovulasi pun terjadi dengan teratur di setiap siklusnya. Interval atau perkiraan masa subur berguna untuk berjaga-jaga menandai bahwa ovulasi bisa terjadi sewaktu-waktu di antara hari-hari tersebut. Meskipun ovulasi terjadi pada 1 hari, namun sel ovum dapat bertahan kira-kira sampai 72 jam. Maka bila ada sperma pada masa-masa tersebut, maka dapat terjadi kemungkinan hamil. Pemeriksaan test kehamilan dengan urin dapat dilakukan  2 minggu setelah masa subur. Bila negatif tetapi Bunda tidak menstruasi, mungkin ada gangguan pada siklus menstruasi Bunda. perlu diketahui, menghitung siklus menstruasi sebaiknya bukan berdasarkan tanggalan atau kalender masehi yang Bunda gunakan (misalnya setiap tanggal 3 setiap bulannya dsb) tetapi gunakan hitungan hari dari hari menstruasi pertama sampai terjadi menstruasi berikutnya, itu ada berapa hari. Itu di namakan jumlah hari siklus menstruasi, dengan begitu Bunda tidak menandai hari menstruasi berdasarkan kalender tanggal, tetapi berdasarkan jumlah hari pada siklus. Bisa berbeda satu atau dua hari tetapi masih teratur, itu dianggap normal. Tunggulah sampai siklus berikutnya apakah masih tidak mendapatkan menstruasi? maka Bunda dapat memeriksakan diri pada dokter. tetapi Bila Bunda ragu, maka bisa periksa ke dokter sebelum siklus berikutnya.

   
01-09-2014 15:31:35 telat haid tp megatif
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

berarti setelah kuretase, selanjutnya menstruasi terjadi dengan baik dan lancar ya? Bila memang kali ini tidak menstruasi dan hanya flek, sedangkan di test kehamilan menghasilkan negatif, bisa jadi Bunda tidak hamil dan ada gangguan terhadap siklus menstruasi. Namun, Budna sebaiknya tetap meminum nutrisi pre kehamilan terutama asam folat dan zat besi, untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu mengalami kehamilan. Bunda dapat menunggu sampai menstruasi berikutnya, bila tidak menstruasi maka periksakan pada dokter Anda. Namun bila bunda merasa sangat khawatir dapat periksa pada dokter secepatnya. Jagalah keseimbangan nutrisi Bunda, olahraga dan istirahat dengan baik, agar kesehatan dan hormonal Bunda terjaga dengan seimbang.

   


Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, cara termudah yang bisa Bunda lakukan di rumah untuk mengetahui keadaan hamil atau tidak adalah dengan menggunakan test kehamilan test pack urine. Bila hasilnya meragukan, sebaiknya cek langsung pada dokter, dapat dilakukan pemeriksaan USG agar lebih jelas lagi. Bila tidak ada gangguan pada organ setelah dilakukan pemeriksaan, terganggunya siklus menstruasi dapat juga dikarenakan ketidakstabilan hormonal, tanda dan gejalanya dapat berupa nyeri pada payudara, gangguan mood, dan tidak adanya menstruasi.

   
10-03-2014 21:05:48 Ladyfem
Jumlah Posts : 249
Jumlah di-Like : belum ada like
Testimonial Konsumen LADYFEM Saya Benny Adi Prayoga, suami dari Dhyan Natasha. Kami sudah menikah sekitar 10 thn, dan belum dikaruniai seorang momongan oleh Allah SWT. Usia saya 33 thn, sedangkan usia istri saya 32thn. 4 bulan yang lalu kita memulai program kehamilan lagi setelah sekian lama kita berhenti. Telah berkali-kali kita mengganti dokter specialis, namun tidak juga membuahkan hasil. Kali ini kami mencoba kembali untuk check keadaan saya bersama istri untuk memulai kembali program kehamilan kami, pergi ke dokter spesialis kandungan di salah satu rumah sakit di Denpasar. Namun alangkah terkejutnya kami, ketika dokter tersebut mengatakan bahwa istri saya terkena kista ovarium, dengan ukuran sudah mencapai 9,8 cm. Dan dokter tersebut menganjurkan untuk operasi. Karena berhubung antara percaya dan tidak percaya, kami biarkan kista tersebut. Di bulan yang sama, entah karena mukjizat Allah SWT, istri saya telat bulan sekitar 7 minggu, dan setelah di test pack ternyata positif hamil. Namun kandungan istri saya tidak bertahan lama, hanya kira-kira usia kandungan 7 minggu, istri saya mengalami keguguran. Kami mengunjungi dokter yang pernah kami berkonsultasi, dia mengatakan bahwa penyebab dari keguguran tersebut adalah karena adanya kista di ovarium istri saya. Karena janin di usia 0 sampai 3 bulan akan mendapatkan asupan makanan dari ovarium, sehingga jika ovariumnya terserang kista, maka asupan makanan akan terganggu terhadap bakal janin sehingga akan mudah mengalami keguguran. Dokter tetap menyarankan operasi pengangkatan kista sebelum kembali melakukan program kehamilan lagi. Akhirnya pada malam itu, saya berfikir dan berfikir terus, sambil browsing-browsing internet tentang kista, hingga akhirnya saya membaca tentang artikel Ladyfem. Kemudian saya coba kontak bapak Hadi Muljono sebagai distributor Ladyfem. Setelah konsultasi dengan beliau akhirnya kita pesan Ladyfem pertama sebanyak 4 box. Setiap hari istri saya rutin minum Ladyfem, setelah menghabiskan 2 box, kami pergi mengunjungi dokter kandungan kami untuk USG mengecheck ukuran kista istri saya. Dan Alhamdulillah, ternyata ukurannya menjadi 8 cm. Kemudian kita pulang dan tambah yakin kalo Ladyfem adalah cara yang terbaik untuk menyembuhkan kista. Akhirnya istri saya pun terus melanjutkan konsumsi Ladyfem yang tinggal tersisa 2 box lagi. Setelah habis, tetap kami pergi ke dokter kandungan kami untuk USG, dan hasilnya sungguh mengherankan, ukuran kista istri saya menjadi sekitar 5,9cm. Kemudian kami pesan 2 box lagi ke pak Hadi, box pertama sudah di konsumsi, dan Alhamdulillah, ukuran kista istri saya menjadi 3,9cm. Dan dokter menyatakan bahwa kita bisa melakukan program kehamilan kembali, namun kami tidak puas begitu saja, istri saya tetap mengkonsumsi Ladyfem yang terakhir. Dan kemarin, 16 mei 2012, jam 11.00 wita, kami mendatangi dokter kandungan kami lagi untuk USG, dan syukur Alhamdulillah, istri saya di nyatakan sudah tidak ada lagi kista di ovariumnya. Syukur Alhamdulillah. Terima kasih Ladyfem, terima kasih Pak Hadi Muljono. Sekarang kami bisa program kehamilan kembali, Insyaallah Allah akan menurunkan anugerahnya kepada kami. Amin. Pesan kami , jangan pernah putus asa dalam mencari kesembuhan, apalagi khususnya para wanita yang menderita kista, cukup konsumsi Ladyfem dengan rutin dan hindari makan ayam broiler, kacang-kacangan seperti tempe tahu. Perbanyak seafood sayur dan buah. (Benny Adi Prayoga dan Dhyan Natasha -Jimbaran, Badung, Bali) Saat di rumah saya sering mengkonsumsi buah yang mengandung air seperti semangka, ketimun dan bangkuang karena udara di Palu yang panas. Akibatnya organ intim (V) banyak cairan dan becek jadi terasa tidak kesat. Jika berhubungan dengan suami (maaf) tidak fresh, tidak enak dan tidak orgasme. Akhirnya saya mencoba untuk mengkonsumsi Ladyfem, hasilnya selama 3 minggu sudah terasa kasiatnya. Organ intim (V) tidak becek lagi bahkan menjadi sempit dan tidak berbau, selain itu badan menjadi fress juga tidak cepat capek walaupun bekerja cukup lama. Buah kesukaan saya tetap saya konsumsi namun tidak lagi becek di karenakan minum Ladyfem. (Ibu. Tetty Raharjo - Palu) Saya mengalami kista dan mentruasi yang berlebihan selama 3 bulan dan berbagai upaya saya lakukan baik obat-obat tradisional maupun medis. Selama 2 tahun rasa tersiksa saya harus makan obat dari dokter tanpa hasil yang memuaskan. Lalu saya disaran oleh paman saya sebagai distributor ABE untuk mengkonsumsi Lady Fem dan bersamaan dengan Tissu Double Majakani. Setelah saya mengkonsumsi 1 kotak Lady Fem dan Tissu Double Majakani (TDM) ukuran kista telah mengecil dengan ukuran 2,6 cm dan bulan kedua kista saya mengalami perubahan, bulan pertama dengan mentruasi saya mulai tertatur. Saya lanjutkan kembali mengkosumsi bulan kedua dan hasilnya ternyata pada bulan ketiga saya periksa kembali pada dokter bahwa kista saya sudah tidak ada lagi. Terima kasih ABE. (Ibu Susi Megarinti - Pontianak) "Ada pelanggan toko saya org pakistan seorg ibu usia 58th,.domisili di lampung. namanya mrs.Khamil...,pd waktu dtg bulan selalu mengeluarkan cairan mens sangat sedikit, bahkan terkadang sama sekali tidak keluar. Rekan saya bpk julius menawarkan Lady Fame,saya coba dgn minum 2 kapsul x2/ hari,.stlh 6 hari pemakaian saya mengeluarkan banyak lendir & gumpalan darah berwarna merah kehitaman (pekat),..setelah 1 minggu darah kotor sdh bersih & saya tetap meneruskan minum sampai 3 box lasd fame & pd waktu datang bulan...sekarang banyak sekali cairan mens yg keluar spt waktu saya gadis dahulu,... badan jadi terasa lebih Fit. Dan bln berikutnya datang bulan sangat lancar & teratur. Utk kesehatan Sampai skg saya tetap konsumsi lady fame 1x1/hr. Setelah 1 bln minum Lady Fame (usia 58 th) suami saya komentar bahwa ternyata kulit saya berangsur menjadi lebih halus spt waktu saya usia 30th pada hal usia saya skg 58th." (mrs Khamil - Pakistan - Lampung) "Saya ibu ani usia 35th, domisili di lampung. Setelah 1 box saya minum lady fame, keluar cairan lendir+darah pekat bergumpal selama 4 hari & berangsur bersih. Secara tdk sadar ternyata kulit jadi lebih halus, keluhan pusing & nyeri pd waktu mens hilang & luar biasa pd waktu hub intim saya merasakan..maaf di vagina saya merasa seperti di vacum (empot2)...rasanya...waduuh sulit diceritakan...bikin mabuk kepayang...jadi spt pengantin baru..jadi maunya tiap hari saja..terima kasih buat pa yulius sdh mengenalkan produk yg sangat bagus buat kami di rumah tangga." (ibu Ani - Lampung) "saya mengidap kista, saya sudah ketakutan, saya mencari-cari cara untuk menyembuhkan saya, akhirnya saya ditawari ladyfem & saya konsumsi rutin sampai habis 3 box... lalu setelah 1 bln lebih ada bagian saya membengkak, saya kawatir lalu saya tanyakan ke agen ladyfem & diktakan bahwa itu pertanda baik kista "sudah hampir lepas" sy diminta meneruskan minum tapi saya "tidak percaya" karena saya takut terjadi apa-apa lalu saya memutuskan operasi, tapi yang mengejutkan dokter yang mengoperasi saya bilang kistanya sudah lepas sebetulnya tidak perlu operasi tinggal menstruasi berikutnya pasti keluar... wahh... tau gitu nggak perlu operasi... pak dokternya tanya ibu minum apa? saya jawab ladyfem dok... ehhh pak dokter malah ikutan join bisnisnya hehehe... dahsyat!!!" (ibu Eni -Sukabumi) "saya tahu laydem tidak bisa untuk mengobati menopouse & memang sepengetahuan saya menopuse tidak bisa dicegah karena merupakan kodrat alami wanita, tapi ladyfem bisa memperlambat terjadinya menopouse karena menurut distributor ABE kandungan herbal di ladyfem menyeimbangkan hormon kewanitaan, sehingga saya menjadi lebih percaya diri dimana usia saya yang sudah kepala 4... selain itu saya konsumsi ladyfem tubuh saya menjadi energik tidak mudah lelah... " (ibu Helen -Tangerang) "minum ladyfem membuat badan saya lebih fit sehingga saya bisa melakukan aktifitas extra yang butuh tenaga & pikiran mengingat saya wanita karir, saya juga mengalami keputihan, sejak minum ladyfem kondisi menjadi jauh lebih baik, tentunya saya juga lebih pede melakukan kewajiban saya sebagai istri untuk suami tercinta..." (ibu Sania - Jakarta) "saya saat datang bulan, selalu keluar sedikit & bercak-bercak kecokklatan, itu membuat kepala saya sakit sekali, saya dianjurkan minum ladyfem yang memang dibuat khusus untuk wanita (saya tidak suka "obat dewa" yang menyembuhkan segala penyakit, saya lebih suka yang memang dibuat khusus untuk kebutuhan khusus wanita), baru minum 2 kapsul malam hari, esok paginya keluar mens yang sangat banyak & kepala plong rasanya tidak sakit lagi... terimakasih yaaaa... " (ibu Noor - Jakarta) "sejak minum LADYFEM hubungan pasutri saya luar biasa harmonis.... kata suami "denyutan"nya bikin ketagihan hihihi... suami jadi makin sayang dehhhh... sayapun memutuskan menjadi distributornya karena begitu diceritakan ke temen-temen kantor langsung banyak yang mau pesan padahal saat itu saya belum jadi member ABE... semoga menjadi solusi kesehatan wanita & membantu menambah penghasilan keluarga... amin..." (ibu Shinta - Surabaya) *) Hasil berbeda pada tiap wanita karena kondisi tubuh yang juga berbeda. **) Ada banyak sekali testimonial kepuasan dari pelanggan kami yang kami terima, testimonial memakai nama samaran untuk privacy pelanggan.
   
10-02-2014 10:08:13 haid tidak lancarkah?
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda- bunda sekalian sebenarnya bisa dengan mudah melakukan test pack kehamilan di rumah. 2 minggu setelah masa subur atau setelah telat menstruasi dapat memeriksa urine dengan test kehamilan. Bila saat ini telah mendapatkan perdarahan atau adanya gumpalan darah, sebaiknya periksa pada dokter bila ada keragu-raguan apakah hamil atau tidak, bisa juga dilakukan pemeriksaan USG.

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat malam dok,

saya terakhir berhubungan tgl 9 nov, lalu tgl 25 nov saya test pack dan hasil nya negatif dok lalu tgl 27 nov saya kembali test pack hasil nya pun masih negatif, tgl 28 nov saya menstruasi sampai tgl 2 des, tetapi setelah itu hingga tgl 9 jan 2014 saya blum menstruasi dok sebelumnya tgl 2 jan dan 4 jan saya test pack hasil nya pun masi negatif,lalu tgl 4 jan sore saya ke dokter kandungan katanya tidak ada apa2 di rahim saya lalu saya di beri obat gynaecosid 2 tablet katanya untuk memperlancar haid saya minum tgl 4 dan 5 jan tetapi hingga saat ini tgl 9 jan blum ada tanda2 haid dok yang ada malah kepala pusing dan mual2 sebelum meminum obat itu kepala saya tidak pusing dan tidak mual2,sebelum nya saya tidak pernah telat menstruasi, pertanyaan saya,
1. apakah saya bisa di pastikan tidak hamil ?
2. apakah test pack dan usg bisa memberikan hasil negatif palsu ?
3. apakah saya harus melakukan test pack ulang ?

Dari : wenni anggraini

Jawaban:

Dear Bunda,



Pada wanita yang mengalami gangguan siklus menstruasi, bisa terjadi gangguan keseimbangan hormonal. Bila terjadi masalah ini, kerap dijumpai gejala seperti nyeri kepala, mual, nyeri payudaran dan tidak teraturnya menstruasi. Bila Bunda diberikan terapi namun belum ada perubahan, sebaiknya cek kembali pada dokter tersebut untuk follow up keadaan Anda. Metode USG dapat membantu mengetahui adanya masalah pada organ reproduksi maupun melihat apakah ada kantung kehamilan pada rahim serta perkembangan kehamilan.


   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Salam dok, saya sudah telat mens 10 hari dr tanggal yg seharusnya.. tp saya sudah test pack 3x tetap hasilnya negatif.. sebelumnya saya memang tidak pernah telat mens, & klau berhubungan dengan suami pun selalu ejakulasi di luar.. apa mungki test pack belum bisa mendeteksi kehamilan saya atau memang saya tidak hamil, karena saya pun blm sempat cek ke dokter kandungan langsung.. 2 tahun lalu saya memang sempat keguguran, & memang blm merencanakan punya momongan!! Tolong solusi nya jika memang telat mens apa kira2 yg terjadi.. terima kasih dok!!

Dari : Lun Lun Chy

Jawaban:

Dear Bunda,



Bila tidak memakai metode kontrasepsi KB, resiko terjadinya kehamilan tentu akan lebih besar. Bunda dapat memeriksakan urine dengan test pack kehamilan 2 pekan setelah masa subur. Kehamilan terjadi ketika sel telur bertemu dengan sel sperma pada masa subur. Test pack kehamilan dapat dengan baik mendeteksi kehamilan melalui urine HCG pada 2 minggu setelah terjadinya konsepsi pada masa subur. Bila Bunda ragu, maka dapat memeriksakan diri kepada dokter, dapat juga dilakukan pemeriksaan USG. Bila ternyata tidak hamil, maka bisa jadi tidak adanya menstruasi yang disebabkan oleh faktor hormonal, maupun sebab lainnya yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.


   
01-07-2013 06:00:20 telat datang bulan
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda
saya ingin tanya ,,
saya terakhir datang bulan tgl 14 mei 2013 dan bulan juni saya tidak datang bulan ,skrg tanggal 1 july saya check dengan test kehamilan hasilnya belum kelihatan hamil apa gk nya ,karna hasilnya samar2 ,,
dokter tolong jelaskan apa yg harus saya lakukan ntuk mengetahui kehamilan saya ,saya jadi bingung karna keluarga sudah pada seneng mendengar saya telat dtg bulan apa lagi suami saya dia begitu bahagia sedangkan saya blm bisa memastikan kehamilan saya dok ..tolong dijawab ea
,terimakasih banyak dok
   
27-07-2012 13:14:44 curiga keguguran
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Yang Terhormat Dr. Tanti,

Saya baru menikah 3 bulan dan semalam saya melakukan hubungan intim setelah 4 hari tidak melakukannya. Pagi hari saya melakukan pekerjaan rumah tangga, saat siang hari saya merasakan ada cairan yang keluar, saat saya cek ternyata gumpalan kecil berwarna merah kehitaman. Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah itu adalah calon janin yang tidak jadi karena semalam berhubungan?
2. Jika iya, apakah saya mengalami keguguran awal?
3. Bagaimana saya bisa mengetahui dalam waktu singkat (2-3 hari) saya hamil/tidak?
Mohon saran dari dokter. Terima kasih.

Salam Hormat,
Welly Suzana

Dari : Welly Suzana

Jawaban:

Dear Bunda Welly.

Dari keterangan bunda tersebut, hal termudah yang dapat Bunda lakukan adalah dengan memeriksa kadar HCG urine anda. Bunda dapat memeriksa urine anda dengan alat test kehamilan (urine pregnancy test pack) yang dapat di beli di apotik. Apabila hasilnya negative maka kemungkinan besar, Anda tidak mengalami kehamilan. Apabila hasilnya positif atau anda merasa ragu-ragu , maka anda dapat memeriksakan diri anda kepada dokter Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan dapat dilakukan pemeriksaan USG. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.
   
29-04-2011 10:40:44 Kehamilan Palsu / pseudocysis
Jumlah Posts : 127
Jumlah di-Like : belum ada like
 

Seputar Kehamilan Palsu / Pseudocysis

Dokter Sehat - Sering kali saat seorang ibu sedang sangat berharap memperoleh buah hati akan merasa dirinya sedang mengandung. Pusing, mual, dan rasa lelah yang cepat hinggap, membuatnya teryakinkan bahwa sudah ada jabang bayi dalam rahimnya, apalagi haidnya pun sudah tak datang.

Tapi, apa yang terjadi jika hal itu ternyata palsu? Kehamilan palsu atau Pseudocysis ( berasal dari bahasa Yunani dimana pseudes = false dan kyesis = pregnancy) adalah suatu kondisi dimana seorang perempuan merasa hamil, namun sebenarnya dia tidak hamil. Dalam keadaan ini, seorang perempuan akan merasakan gejala-gejala umum sama seperti yang dialami ibu hamil. Misalnya saja, tidak haid, perut semakin besar, mual, pusing dan payudara membesar. Tapi jika diperiksa secara medis, misalnya tes urin, akan diketahui bahwa anda tidak hamil. Adanya tiga hal yang tidak ditemukan dalam kehamilan palus: denyut jantung janin tidak terdengar, USG tidak memperlihatkan adanya bayi dan yang terakhir jelas saja nggak bakalan melahirkan bayi. biggrinbiggrinbiggrin Frekuensinya sangat jarang yaitu 1-6 per 22.000 persalinan.

Kejadian yang paling terkenal untuk contoh kehamilan palsu adalah Marie Tudor, anak perempuan Henry ke VII dan Isteri dari Louis ke XII . Merupakan kasus hamil palsu yang terkenal dalam sejarah. Hal ini terjadi karena Marie Tudor sangat ingin punya anak untuk menyelamatkan muka ayahnya yang memancung semua selirnya yang tidak dapat mempunyai anak.

Penyebabnya diduga gangguan psikologis, dimana seorang wanita mempunyai keinginan yang kuat untuk hamil, menterjemahkan perubahan2 kecil pada dirinya sebagai suatu kehamilan. Hebatnya lagi test kehamilan bisa positf (false positif=positif palsu). Air susu juga bisa keluar. Keduanya terjadi lewat jalur hypothalamus-hypofise. Perut membesar akibat penumpukan lemak didinding perut. Gerakan gas dalam perut disangka gerakan bayi. Karena secara fisik kondisinya normal maka tidak dibutukan obat2an kecuali jika ingin memancing haidnya muncul kembali. Pengobatan hanya dilakukan konseling dengan psikoterapist.

Hal ini disebabkan karena pseudocyesis bisa memicu kelenjar di dalam otak untuk menghasilkan hormon kehamilan, oxytocin. Meski penelitian mengenai masalah ini masih sangat sedikit, sejumlah pakar medis berkeyakinan, pseudocyesis akut bisa meningkatkan hormon estrogen dan prolactin yang dapat mempengaruhi perubahan fisik menjadi seolah wanita hamil seperti perut membuncit, dan payudara mengeras karena peningkatan hormon tersebut.

Wanita yang  memiliki risiko untuk mengalami kelainan ini :

  1. wanita yang belum dapat anak pada usia akhir 30 atau awal 40 tahun.
  2. Wanita dengan kondisi emosi yang tidak stabil, terutama yang berhubungan dengan kehamilan.
  3. Wanita dengan riwayat abortus ataupun kematian janin sebelumnya.

Yang menarik mengenai kehamilan palsu ini dapat juga dialami oleh pria (penderita Couvade syndrome / sympathetic pregnancy), biasanya terjadi pada para suami yang sangat dekat dengan istrinya dan mempunyai simpati yang berlebihan sehingga mengalami tanda-tanda buy medicine online yang sama dengan kehamilan: morning sickness, emosi yang tidak menentu, NGIDAM, gangguan pencernaan, perubahan nafsu makan, berat badan, diare, sembelit, sakit kepala, sakit gigi, ketagihan, mual, pembesaran payudara, pengerasan puting dan insomnia . Dalam beberapa kasus ekstrim, ayah dapat tumbuh perut mirip dengan wanita hamil bulan-7.

[dari berbagai referensi medis]



Read more: http://doktersehat.com/2010/04/08/kehamilan-palsu-pseudocysis/#ixzz1KsaokrLV
   
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda conny thanks infonya...

gini ceritanya,aku dinyatakan positif hamil tgl 23 november dengan usia kandungan menurut USG 4w. nah5 desember  pas keguguran lepas gitu aja,tanpa menjalani proses kuret. karna kata dokter rahim sudah dalam keadaan bersih (pendarahan 1 minggu lamanya).

wah kalo kedokter setelah keguguran  sih rasanya sering banget!!! hehehe...... waktu 21 februari kemarin cek kedokter,sempet khawatir loh bunda soalnya menurut yg aku baca, pasca keguguran harus diistirahatkan dulu. +- 6 bulan baru boleh hamil. setelah konsultasi kedokter,kata dokter tidak masalah,bla bla bla....jangan dibawa khawatir katanya.ibu harus relax. wah bunda waktu aku test kehamilan,mlmnya aku mimpi buruk loh,benar2 gelisah sm keadaan janinku. tp saran dokter bisa menenangkanku.

sekarang blm cek dokter lg nih, usia kandunganku kira2 sudah 8 w. rencana si tgl 21 besok mau ke dokter lg.....

oke deh, tetap share ya para bunda....

:) :)
   
Jumlah Posts : 44
Jumlah di-Like : 1

hi bunda peach....

kalo untuk masalah darah yang keluar, maaf aquw gag begitu paham... coz alhamdulillah sampai kehamilan 20 minggu ini aquw gag mengalami kejadian ithue... mungkin saran aquw lebih baik bunda langsung check-up ke dokter kandungan mana aja saat ini, gag musti yang praktek nanti malam, untuk pertolongan pertama.... kalau nanti malam bunda mau check up lagi untuk compare tidak apa-apa...

kalo untuk hasil test kehamilan dua strip yang satu samar, aquw juga waktu dulu begitu bun… trus aquw cek kebidanan rumah sakit juga dua strip samar, trus bidan rumah sakit itu bilang positif, lalu aquw tegaskan lagi nanya apakah walaupun samar tetap positif, eh malah bidan itu bilang nanti test lagi dua minggu lagi… sungguh jawaban yang kurang memuaskan buat aquw bun… awalnya dya bilang positif pas aquw minta ketegasan malah suruh nunggu dua minggu lagi…

akhirnya karena aquw kurang puas, aquw check-up ke dokter kandungan rumah sakit lain, nah pas check-up ithue pakai USG Transvaginal, walaupun biayanya agak lumayan tapi aquw puas dengan hasilnya, karena setelah di check pake USG Transvaginal kantung janin aquw udah keliatan, dan setelah diukur ternyata udah berumur 4 minggu 6 hari… subhanallah….

cuma ithue aja bun yang bisa aquw share, semoga memberikan manfaat ya…