SITE STATUS
Jumlah Member :
493.787 member
user online :
1049 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: pangkal paha terasa sakit ali di saat ha

New Topic :  
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9
Awal-awal perut akan terasa mengembang dan sakit. Kontraksi adalah rasa sakit yang diakibat oleh rahim yang berkontraksi (menekan). Bila bayi telah bersiap untuk lahir, rahim akan berkontraksi secara periodik dan berulang-ulang untuk mendorong keluar sang bayi. Awalnya perut serasa menggembung dan ada rasa sakit seperti menstruasi yang ringan dan periodenya tidak menentu. Ini disebut “Kontraksi premonitori”, yang merupakan gejala awal kontraksi yang sesungguhnya. Setelah itu perlahan-lahan akan muncul rasa sakit yang sangat jelas dan menekan, interval antara rasa sakit yang satu dan berikutnya menjadi teratur 30 menit sekali, kemudian 20 menit sekali dan semakin lama semakin pendek. Bila kontraksi terjadi secara teratur, proses kelahiran akan segera dimulai. Biasanya secara bersamaan mulut rahim akan membuka menjadi lunak dan sedikit demi sedikit mulai membuka. Walaupun pada kontraksi premonitori anda mungkin tidak menyadarinya, namun pada kontraksi yang sesungguhnya, siapapun akan sadar dan merasakannya.

Rasa sakit yang ada saat kontraksi

  • Perut terasa sakit

        Perut bawah terasa sakit seperti sakit menstruasi, sakit -> hilang -> sakit -> hilang terus berulang-ulang. Merupakan rasa sakit akibat kontraksi rahim. Rasa sakit perlahan-lahan bertambah kuat.

  • Pinggang dan pangkal paha terasa sakit

        Tertekannya tulang pinggul mempengaruhi tubuh daerah bawah. Bayi mulai semakin turun dan menekan daerah tulang pinggul dan saraf sehingga pinggang dan pangkal paha akan terasa sakit.

  • Vagina terasa sakit

        Bayi telah turun, dan sebentar lagi kepala bayi mulai terlihat. Rasa sakit di sekitar vagina luar dan ada rasa seperti mau buang air besar (BAB) yang keras dan berukuran besar.

BIla kontraksi telah teratur, proses persalinan akan dimulai. Bila frekuensinya masih 20-30 menit, tidak perlu tergesa-gesa. Telepon ke rumah sakit kemudian jelaskan kondisinya. Tenangkan diri dan anda bisa mengambil waktu sebentar untuk mandi/shower, makan dan periksa barang2 yang akan dibawa ke rumah sakit. Biasanya beberapa jam pertama frekuensi kontraksi panjang dan maju perlahan, namun berbeda pada setiap orang. Terkadang bisa juga tiba-tiba frekuensinya menjadi 10 menit atau 5 menit sekali, karena itu perhatikan. Umumnya pada kehamilan pertama bila frekuensinya telah 10 menit, segera ke rumah sakit, untuk kehamilan berikutnya biasanya proses berjalan lebih cepat, sehingga bila frekuensinya telah 15 menit, segera ke rumah sakit. Hitunglah waktu (dengan melihat jam) untuk melihat frekuensi kontraksi.


   


Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
pengalaman aku sih bun klo pinggang n pangkal paha nya sakit kmrin disaranin pke param...alhamdllh sakit pinggang n pngkal paha yg dh diderita selama 4hr kmrin hilang..timbul lg klo aq nya dah kbykn aktifitas dduk n berdiri2..mlm mo tdur di olesin param lg insya allah besok mendingan.
   
09-11-2014 20:54:08 Forum tanya dokter
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

Dok, saya mau bertanya, usia kehamilan sy baru 5bln, tp koq tulang kemaluan dan selangkangan sering terasa sakit?,,,,padahal di kehamilan yg dulu,,sakitnya baru terasa saat usia kehamilan 9 bulan.

   


17-06-2014 10:34:42 Mens tidak Teratur
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Pertanyaan dari Bunda Syakila Poutri :

bu bidan.. aku mau nanya niih....
aku udah 6 tahun menikah.. tapi blum ada momongan nii....
yg buat aku heran bulan2 sebelumya haidku lancr2 aja... biasanya hanya telat 1 hari, atau maju 2 hari.
pada bulan april kmarn jdwal haidku tanggal 19, dan seharusya pada bulan may harusnya dtang lbih awal, atau telat sehari sja. tapi buu.... setelah di tunggu 4 hari telat.. sya tespek hasilnya 2 garis, tapi garis satunya sperti titik 2 saja yg terputus2, ( SAMAR )
lalu tanpa di sadari aku datang haid pda tanggal 26 May, telatx seminggu. tapi tdk ada sya rasakan tanda2 mau dtang haid, tdk sperti biasanya,, dan yg anehya darah pertamax warna coklat ( dapat Mx Malam ni..) 
dan setelah mau tdur gnti pmbalut.. dan keesokan hari aku liyat kok, darahya berubah pink yaa,,,? dan. setelah di ganti lagi pmblutx hax berupa flek saja kluar warnanya cklat tua gituu.... dan hax kadang2 saja kluar.. bersihx dua hari saja, 

yang saya pertanyakan bu... skarang nii... tanda2 kehamilan sya rasakan, seperti pusing, sakit kpala, sering buang air kcil, rasa lapar yg mengganggu pda jam 4 atau 5 subuh.. napsu mkan bertmbah, dan pangkal paha saya sakit, dan klu mlam demam. dan perut sya bagian kiri bawah biasanya klu tdur berbalik kiri. kaya ada yang nganjal, rasa geli. tapi tdk sakit.. 
ada apa yaah buu.... 

pengen tespeck... takuuuuttt... nanti kcewa lagi sperti biasanya... 6 thun menunggu beybi nii.... hsilnya kecewa melulu...
mohon jawabanya...
terima kasiiihh......

   
11-11-2011 09:05:22 pengen cepet hamil..
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like

Kenali 15 Tanda Kehamilan

Lifestyle + / Senin, 26 Juli 2010 11:17 WIB BANYAK perempuan yang merasa bingung apakah dirinya sudah hamil atau belum setelah sepekan atau dua pekan melakukan hubungan intim dengan pasangan. Apakah Anda termasuk di antaranya?

Berikut adalah 15 tanda-tanda kehamilan pada diri Anda:

1. Payudara terasa sakit atau nyeri
Menggunakan bra setelah bangun pagi akan menjadikan derita tersendiri. Payudara juga akan terasa sakit dan nyeri saat dipegang. Payudara akan membesar, hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Dalam hal ini, disarankan wanita hamil menggunakan bra yang nyaman atau berukuran lebih besar pada saat tidur yang dimaksudkan untuk memberi kenyamanan bergerak.

2. Rasa lelah yang berlebih
Rasa lelah yang berlebih akan membuat Anda cepat tertidur. Hal ini disebabkan dari perubahan hormon dan juga akibat dari kinerja organ-organ vital untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Biasanya rasa lelah ini hanya pada trimester pertama dan akan hilang saat memasuki trimester kedua.
3. Mual
Ini merupakan tanda-tanda yang paling dikenal oleh para wanita hamil. Pemicunya adalah adanya peningkatan hormon secara tiba-tiba pada aliran darah. Gejala mual ini biasanya terjadi selama enam minggu saat anda dinyatakan hamil. Biasanya mual akan datang pada pagi, siang dan malam hari. Rasa mual ini biasanya akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasi mengenai hal ini ke dokter Anda, karena akan mengganggu kehamilan.

4. Sering buang air kecil
Jika Anda tidak bisa tidur akibat seringnya bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, mungkin ini adalah tanda anda sudah hamil. Selama kehamilan, tubuh Anda memproduksi cairan tambahan untuk janin anda. Walaupun buang air kecil ini sering, jangan sampai membatasinya atau menahannya. Selain itu hindarkan dehidrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh.

5. Sakit kepala
Memang terdengar aneh, karena sakit kepala sering dialami juga oleh orang yang tidak hamil. Namun akibat dari banyaknya perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga disertai juga dengan perubahan hormon yang ada di kepala. Jika Anda terbukti hamil dan mengalami sakit kepala, gunakan pg-safe acetaminophen dibandingkan dengan ibuprofen.

6. Sakit punggung
Sakit punggung yang dirasakan saat hamil dikarenakan beberapa ligamen di punggung Anda sudah tidak ada. Sakit ini akan terus berasa saat berat badan anda bertambah dan selama masa kehamilan.
7. Kram
Apakah ini PMS atau hamil. Memang kram akan dialami oleh wanita hamil karena rahim yang akan membesar dan merenggang untuk menyiapkan tempat bagi bayi Anda.

8. Ngidam
Sudah tidak asing lagi mendengar kata ini saat ada seseorang yang sedang hamil. Mau ini, mau itu lalu tiba-tiba Anda ingin makan buah-buahan yang rasanya asam, padahal sebelumnya sangat benci terhadap buah yang rasanya asam. Jika Anda menjadi pemerhati masalah makanan, mungkin ini adalah tanda-tanda sedang hamil.

9. Sembelit
Sembelit ini terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

10. Moody
Sering marah-marah pada suami, cepat mengalami perubahan pada tingkah laku. Hal ini disebabkan dari banyak munculnya hormon-hormon baru di tubuh Anda. Yakinkan pada suami Anda bahwa ini hanya terjadi selama masa kehamilan.

11. Peningkatan temperatur tubuh
Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

12. Bau Badan
Mungkin tanda ini jarang ditemui pada wanita hamil. Namun jika memang muncul bau badan, maka adanya peningkatan hormon yang berlebih sehingga menyebabkan kelenjar keringat meningkat.
13. Pusing atau pingsan
Mungkin Anda sering menonton adegan wanita hamil yang pingsan. Namun faktanya ini dapat terjadi karena kadar jumlah gula di tubuh yang rendah. Oleh karena itu, pastikan anda cukup makan dan tentunya banyak minum supaya tidak kekurangan cairan tubuh.

14. Munculnya bercak darah
Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio.

15. Hasil positif pada tes kehamilan
Anda tidak akan tahu pasti apakah anda menjadi seorang ibu sampai anda melakukan tes kehamilan. Jika Anda mendapatkan hasil negatif dan masih belum mendapatkan haid, mungkin itu hanya saja anda terlalu dini untuk melakukan tes kehamilan.

di ambil dr www.metrotvnews.com
   


26-01-2011 10:56:31 perut terasa sakit
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai bun salam kenal y............

Alhamdulillah saat ni aq hamil anak pertama usia kandungan qu 12w, hal yang aq alami juga sama dg bunda Shintia , perut aq suka terasa sakit/keram di bagian perut bawah sebelah kiri tapi yang paling sering aq alami di ulu hati aq sering terasa sakit smpai2 aq ga kuat untuk berdiri... tapi klo aq berbaring / tiduran sakit nya berkurang dan lama2hilang.. knp ya? apa karna maag ? please sharring y.....

   
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like

@Bunda Rasya :anastesi sblm oprasi itu klo ga salah bertahan sampe lbh dari 12  jam deh..aku wkt sesar ptama di anastesi jam 23.30 wib, trus sore besokan harinya baru terasa hilang efek anastesinya, krn kaki uda mulai bs di gerakin. Tp bagian jahitannya cm berasa tegang ajaa, tp ga sakit..Mgkn bs juga pengaruh obat penahan rasa sakitnya yg ga paten mgkn..??makanya bs terasa sakit bgt di jahitannya..

   
08-06-2016 04:42:09 hpl juli 2016
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda citra, sma aq jg hpl 26 juli, vagina sudah terasa sakit, susah di buat jalan, tp msh ku paksaiin masuk kntor blm ambil cuti
   
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
bun aku menjelang 38w, tapi udh seminggu kaki sakit karena Luka gigitan serangga. jadi kurang olahraga gitu, tubuh smua terasa sakit dan kaku saat gerak, jadi worry nih bund, apa bisa melahirkan Normal klo kondisi kyak gini yah (T_T). Trus kalo mau periksa luka apa didokter umum atau ttap didokter kandungan yah bund ?? soalnya luka dikaki udh mulai membengkak.
   
Jumlah Posts : 72
Jumlah di-Like : belum ada like
aqw kmrn kyak gthu bun..
mertua ku nyuru ikat kdua jempol pke daun lontar, trus pijat pangkal paha, pas tidur kaki di angkat ke tembok..
lakukan trus menerus..
alhamdulillah ilang bun...
   
01-04-2015 15:23:40 sakit saat brhubungan
Jumlah Posts : 477
Jumlah di-Like : belum ada like
pengantin baru nih bun,butuh info :) suami saya biasa minta 2-3 kali bun,setiap brhubungan yg prtama tuh biasa aja tp pas yg ke2 atau ke3 itu terasa sakit banget di miss v.apa itu normal bun?? mohon infonya dongg ;)
   
29-03-2015 11:34:14 uk 35w,punggung sakit
Jumlah Posts : 166
Jumlah di-Like : belum ada like
siang bunda,bunda2 pernah ngalami ngak uk 35w,tp terasa sakit sekali di bagian pungung bawah bun...apa itu uda ada tnd2 mau melahirkan ya...mohon bagi pengalamanx bunda2 cantik
   
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
Dok apakah mual dan pusing saat kehamilan terjadi bisa membuat perkembangan janin dengan baik? tapi punggung pun terasa sakit dan nyeri saat duduk lama ataupun sebentar ?
itu kenapa yaa dok apakah itu wajar ?
   
10-04-2014 01:07:44 Kelahiran Pada Bulan Mei 2014
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
sama ky bunda Syifa.. pangkal paha kiri sakit bgt.. susah jalan.. emang klo usia kandungan d atas 34w suka gtu ya?
   
10-02-2014 17:50:38 keputihan
Jumlah Posts : 140
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bunda karena kepala babynya mau masuk ke panggul jd terasa sakit bund di perut bwh tp gpp kox , kalau ampe keluar flek baru ke dokter . . kalau pinggang sakit itu karena berat baby yg smkin bertmbh . .