SITE STATUS
Jumlah Member :
493.861 member
user online :
1011 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: obat jerawat peter chung

New Topic :  
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
  • Periksa ke Dokter

Calon bunda mungkin merasa baik-baik saja, tapi jangan sampai melewatkan jadwal kontrol ya! Sebagian bunda sudah sangat menonjol perutnya di bulan ini, sementara lainnya masih hamil muda. Perbedaan itu dipengaruhi oleh bentuk tubuh, berat badan, kekuatan otot-otot dinding perut, ukuran janin dan jumlah janin, jadi tenanglah Bunda J

  • Ujung Rambut ke Ujung Kaki

Trik Kosmetik untuk Calon Bunda

  1. Waspada Bahan Kimia di kosmetika karena bisa membahayan kehamilan dan janin. Misalnya steroid dan merkuri di krim pemutih yang dapat meningkatkan risiko berat plasenta rendah dan mencetus kanker.
  2. Pilih kosmetik berbahan dasar air atau alami yang terbukti lebih aman.
  3. Konsultasikan kosmetik perawatan maupun dekoratif ke dokter kandungan Anda atau dokter kulit Anda dan gunakan yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan RI
  • Gangguan Kulit

Terjadi akibat faktor fisiologis kehamilan. Tingkat keparahannya dipengaruhi oleh jenis kulit, faktor hormonal dan bakat ibu hamil. 3 Golongan Masalah Kulit selagi hamil adalah masalah akibat faktor hormonal antara lain jerawat, perubahan warna kulit dan jaringan sekitar kulit; kedua masalah yang sudah ada sejak sebelum hamil misalnya jamur dan eksim; dan ketiga adalah masalah yang baru terjadi saat hamil di antaranya munculnya stretchmark dan linea negra (garis kehamilan)

  1. Jerawat

Penyebabnya produksi minyak tubuh berlebih akibat hormon androgen selama hamil meningkat. Kelebihan minyak bereaksi dengan kotoran dan bakteri. Lakukan pembersihan kulit dengan baik, mandi 2 kali sehari bersihkan wajah 3 kali sehari dan konsumi makanan bergizi seimbang. Hindari meraba dan memencet serta memakai obat jerawat sembarangan. Samarkan jerawat dengan concealer (alas bedak) dan kenakan rias tipis.

  1. Topeng Kehamilan dan pigmentasi

Penyebabnya rangsangan melanocyte stimulating hormone yang kelewat aktif dari kelenjar endokrin di otak dan bisa semakin parah bila terpapar sinar matahari. Pigmentasi terjadi akibat meningkatnya hormon estrogen. Gunakan topi atau paying bila panas, pakai tabir surya. Samarkan dengan concealer.

  1. Stretchmarks

Penyebab pertambahan berat badan dan membesarnya janin. Meningkatnya hormone kehamilan yang membuat kulit lebih tipis. Jaga kelembapan kulit perut serta bagian lainnya yang mengering dengan olesan pelembab. Oles krim anti-stretchmarks sejak awal dan konsultasikan dengan dokter. Kenakan baju longgar dari bahan yang menyerap keringat. Hindari kenaikan berat badan berlebihan dan menggaruk perut saat gatal.

  1. Varises dan spider veins (jaring laba-laba)

Penyebab tidak normalnya peradaran darah dan melemahnya dinding pembuluh vena. Peningkatan hormon estrogen. Jaga kenaikan berat badan, sering ubah posisi tubuh saat beraktivitas.

  1. Skin Tags

Penyebab perubahan hormon-hormon, tidak perlu diatasi dengan diutak-atik karena bisa berdarah dan terinfeksi. Umumnya hilang setelah melahirkan. 

Selangkapnya bisa disimak di link berikut: Bulan Keenam Kehamilan: Bunda harus Tetap Cantik dan Terawat ~ RSI Cahaya Giri

Semoga bermanfaat bagi bunda 
Kabar gembira bagi bunda dan calon bunda! 
Telah dibuka Poliklinik Pagi 
Spesialis Obgyn RSI Cahaya Giri dengan
dr. Nurlaella Iswan Nusi, Sp.OG
Setiap Rabu-Kamis
Pukul 09.00-11.00 WIB

 

   


Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like
Pagi bun..
saya mau nanya...saya kan lagi menyusui ni bun boleh ga sih minum obat jerawat semacem nourishkin gtu...berpengaruh k.asi ga ya bun?
yang tau share yaa bun...
   
Jumlah Posts : 29
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 aq mo tanya,,bunda2 ada yg tau gak wardah itu aman g buat bumil,,,soalnya aq mo gnt pke wardah aja,sebelumnya pke obat jerawat yg ada retinoidnya....kan slm hamil g boleh...makasih
   


10-08-2015 10:04:37 skin care bu hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Meskipun tengah hamil, Bunda pasti ingin tetap terlihat cantik dan terawat. Karenanya, wajar bila Bunda tetap memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, berhati-hatilah dalam memilih kosmetik dan produk perawatan kulit. Pasalnya, beberapa jenis kosmetik mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi perkembangan janin. 

Bagaimana cara perawatan kulit yang aman bagi ibu hamil? Berikut tipsnya:

1.  Banyak konsumsi air putih agar kelembaban kulit tetap terjaga. Minumlah air putih  6-8 gelas sehari.

2.  Bunda bisa melakukan spa khusus ibu hamil. Saat ini banyak tempat spa yang khusus ibu hamil dan pasca melahirkan. 

3.  Gunakan body butter atau minyak zaitun untuk mengurangi stretch mark. Pilih yang free Parabens.

4.  Perbanyak juga konsumsi buah-buahan dan sayuran. Terutama buah yang banyak mengandung vitamin C, karena dapat meningkatkan produksi kolagen.

5.  Bunda dapat membuat masker wajah sendiri. Gunakan buah-buahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit, misalnya buah irisan lemon untuk kulit wajah yang cenderung berminyak.

6.  Kebersihan tubuh juga perlu dijaga. Mandilah 2-3 kali sehari karena tubuh ibu hamil lebih mudah berkeringat dan berminyak. Pastikan juga untuk rajin mengganti baju.

7.  Bunda dapat menjaga pH kulit selama hamil. Gunakan pelembab ekstra dengan pH seimbang. Hal ini dapat menjaga kecerahan kulit semasa kehamilan.

8.  Kulit kering dan gatal umum terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab saat mencuci wajah. Hindari produk anti gatal yang mengandung kartison atau hidrokartison.

Hindari penggunaan produk kecantikan  yang mengandung  bahan-bahan seperti:

1.   Mercury

Produk kecantikan  yang mengandung mercury biasanya lebih cepat bekerja. Dalam waktu yang singkat kulit Bunda akan terlihat lebih putih cerah. Namun, zat ini sangat berbahaya untuk kesehatan. Bagi janin yang dikandung, zat ini dapat menyebabkan kerusakan otak, gangguan pada pencernaan, dan ginjal.

2.   Ftalatat (Phthalases)

Zat ini biasanya ada pada produk pewangi atau produk kecantikan yang memiliki aroma wangi yang cukup kencang. Contohnya body lotion, parfum, deodoran, cat kuku. Sebaiknya gunakan produk alami tanpa aroma pewangi.

3.   Retonoid

Zat ini merupakan turunan dari vitamin A yang berfungsi mempercepat regenerasi sel. Penggunaan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan cacat pada janin.

4.   Accutane

Hindari obat jerawat yang mengandung accutane. Pemakaian produk yang mengandung zat ini dapat menyebabkan keguguran.

5.   Parabens

Hindari menggunakan produk kecantikan yang mengandung pengawet parabens. Meskipun masih dalam perdebatan kebenarannya bahwa senyawa ini dapat menyebabkan gangguan pada alat reproduksi janin laki-laki.

Catatan:

-     Perhatikan label kandungan produk kecantikan sebelum memakainya. Pastikan produk tersebut tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi janin yang Bunda kandung. Konsultasikan pula pada dokter mengenai produk perawatan kecantikan yang aman untuk digunakan.

   
Jumlah Posts : 945
Jumlah di-Like : belum ada like
ga boleh pakai obat jerawat bun,, sama saya juga jerawatnya bertambah semenjak hamil,, sampe ke leher,, sblm hamil suka pke obat jerawat tp smenjak hamil udah ga pernah
   


Jumlah Posts : 77
Jumlah di-Like : belum ada like
siang bunda2 semua...
Aq mau tanya nih bumil boleh gk pake obat jerawat??
kaya veril atau yg lainnya...
coz dri hamil pertama sampai menginjak usia 6bulan inih jrawatku bertambah parah bunsaiii... hiks...
malah sampai di dada dan punggung kcil2 bruntusan....
gk nyaman buanget bund...
yg di muka gede2 malah di jidat pipi dan dagu...
klo mo shalat tuh kdang suka ga napak sujudnya krna sakit nahan jerawat di jidat...
gimana yah bunda ngatasin nya...
pusing aku bun,,, di samping gk nyaman juga bikin aku gk pede klo mo kmana2...
tolong ya bundaaaaaaa.... ??????????
   
07-02-2015 14:50:01 cream wajah
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Menuk,

Terima kasih atas pertanyaannya,

Hindari penggunaan obat jerawat yang mengandung asam salisilat dan triclosan.

Cuci muka secara teratur dan hindari pelembab dengan kandungan minyak tinggi.

Minum air putih yang cukup serta hindari makanan goreng-gorengan.

   
Jumlah Posts : 14
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda debby: iya nich sama bund..
fisikq berubah total... dari yang item2,gendut sana sini,bengkak2,pegel2 smua,muka kusam,berminyak,jerawatan di muka&punggung..
itu dari awal hamil smpe skrg... tp skrg udah mulai berkurang,soalnya pake obat jerawat yg oles bund.. punya la***lip acne lotion. lumayan bund udah kering jrwtnya dan mulai ilang.. tp yg di muka gak bisa ilang.. mati satu tumbuh seribu..hikz
   
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Mas Dedek,

Terima kasih atas pertanyaannya. 

Folamil Genio mengandung Folic acid
1 mg
Betacarotene  10.000 IU
Vitamin B1  3 mg
Vitamin B2  3,4 mg
Nicotinamide  20 mg
Vitamin B6  2 mg
Calcium D-pantothenate  7,5 mg
Calcium-carbonate  100 mg
Vitamin B12  4 mcg
Vitamin D3  400 IU
Vitamin K1  50 mcg
Biotin  30 mcg
Copper gluconate  0,1 mg
Iron Polymaltose Complex (IPC)  30 mg
DHA (docahexaenoic acid) dare algae  40 mg
ARA (arachidonic acid)  8 mg

Jumlah beta caroten yang dibutuhkan wanita hamil sekitar 2.500 IU dan saat menyusui sekitar 4.000 IU. Jumlah maksimal yang dapat dikonsumsi adalah 10,000 IU setiap harinya. 

Saat kehamilan tidak disaranka asupsi vitamin A yang terlalu tinggi karena dapat menyebabkan gangguan janin. 

Hindari juga obat jerawat yang mengandung vitamin A seperti Accutane.

Demikian jawaban saya, semoga mambantu.

Terima kasih

   
Jumlah Posts : 50
Jumlah di-Like : belum ada like
slm kenal bunda zhe,, boleh2 aj bun make up., asal ddlm make up itu jgn ada kandungan mercury,hidroquinon,paraben,n sejenis obat jerawat atau komedo,, itu yg g boleh bun,,,
   
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
Beberapa bahan ini memBAHAYAkan janin bahkan ?#?IbuHamil?:

?#?no1? Merkuri
salah satu kandungan pada kosmetik yang HARUS DIHINDARI bahkan saat TIDAK HAMIL sekalipun.
Dampak merkuri kerusakan saraf permanen dan gangguan perkembangan janin.
Walaupun peredaran merkuri telah dilarang, waspada tetap perlu terutama terhadap kosmetik yang tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tidak jelas produsennya, atau kosmetik merek palsu.
INGAT! BIASAnya MERKURI terdapat pada PRODUK2 KOSMETIK PEMUTIH/WHITENING.

????????.???? Cantik itu Bukan PUTIH, Tapi CERAH MERONA

?#?no2?. Retinoid
Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang fungsinya untuk MEMPERCEPAT PERGANTIAN (regenerasi) sel.
BIASANYA terdapat pada KRIM untuk mengatasi JERAWAT / ANTI ACNE.
Penggunaan retinoid dapat menyebabkan efek teratogenik atau CACAT PADA JANIN.

?#?no3? Salicylic Acid (BHA)
Salicylic Acid (BHA) biasanya terdapat dalam PRODUK ANTI JERAWAT / ANTI ACNE, dapat berupa krim bahkan sabun.
Walaupun pemakaian dalam konsentrasi kurang dari 2% dikategorikan aman, sebaiknya pilihlah obat jerawat yang benar-benar berkategori aman untuk ibu hamil alias tidak mengandung bahan ini.

?#?no4?. Hydroquinone
Hydroquinone merupakan bahan PEMUTIH pada kosmetik yang sebaiknya dihindari selama hamil. Ibu kadang tergoda menggunakan kosmetik pemutih untuk menghilangkan bercak-bercak cokelat (pigmentasi) pada kulit wajah akibat kehamilan. Namun, mengingat penggelapan warna kulit pada ibu hamil bersifat sementara (akan spontan hilang setelah melahirkan), sebaiknya hindari kosemetik tersebut. Selain itu hydroquinone dalam konsentrasi maksimal justru bisa membuat kulit kemerahan dan menimbulkan bercak hitam sebagai efek sampingnya.
????????.???? Cantik itu Bukan PUTIH, Tapi CERAH MERONA

?#?no5?. Benzoil Peroxyde
Benzoil Peroxyde dapat diserap melalui kulit sekitar 5% pada pemberian topikal (oles). Biasa terdapat pada produk untuk jerawat. Meski belum ada penelitian tentang cacat janin akibat penggunaan benzoil peroxyde pada manusia, sehingga risikonya belum diketahui, akan lebih bijak jika ibu hamil tidak menggunakan kosmetik yang mengandung bahan ini.

?#?no6?. Soy
Soy biasa terdapat pada produk PELEMBAB ato SABUN.
Soy atau kedelai merupakan FITOESTROGEN yang justru dapat memPERBERAT EFEK BERCAK HITAM pada ibu hamil.

?#?no7?. PABA
PABA merupakan singkatan dari Para Amino Benzoic Acid yang terdapat pada kosmetik TABIR SURYA/sunblock. Asal tahu saja, bahan ini justru membuat KULIT LEBIH BANYAK MENYERAP lebih banyak SINAR UV sehingga menyebabkan pencokelatan/FLEK FLEK.
PABA sangat disukai oleh mereka yang ingin mendapatkan efek tanning/kecokelatan dengan mandi matahari.

?#?no8?. Benzophenone-3
Benzophenone-3 (Oxybenzone) juga terdapat pada beberapa TABIR SURYA/SUNBLOCK dan memiliki aktivitas seperti yang dilakukan hormon estrogen, juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

?#?no9?. Rhodamin
Rhodamin biasa terdapat pada MAKE UP dengan warna mencolok.
PEWARNA ini sebetulnya TERLARANG bagi kosmetik tetapi ada saja produsen yang nakal.
Rhodamin hanya boleh dipakai sebagai PEWARNA TEXTIL.
Pemakaian rhodamin pada kosmetik dapat menyebabkan KANKER KULIT pada Ibu Hamil dan KECACATAN pada JANIN.

Nah mulai sekarang di cek kembali perlengkapan kosmetik ?#?BuMiL? agar terhindar dari zat yang berbahaya ya!
sumber : Nakita

Sehat Baby.. Cantik cerah merona #IbuHamil tanpa kosmetik, apa bisa yaa??

????????.???? JAMIN, BISA Bingits!! AMAN JAYA!
Kan ada ?#?NanoSprayMCI? ?#?MagicStickMCI? plus kombinasi dengan ?#?BioGlassMCI? (minum & isian ?#?NanoSpray?)

Cantik merona segar sehat sepanjang hariiii!!
Wanna??

invite pin aq yaa utk order 74B686D3 or sms/wa 081291126686. Mau cpt dpt barang ? CASH. Mau ringan byrnya? bisa ARISAN .

Ditunggu y ordernya bunda2 cantiq
   
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
Beberapa bahan ini memBAHAYAkan janin bahkan ?#?IbuHamil?:

?#?no1? Merkuri
salah satu kandungan pada kosmetik yang HARUS DIHINDARI bahkan saat TIDAK HAMIL sekalipun.
Dampak merkuri kerusakan saraf permanen dan gangguan perkembangan janin.
Walaupun peredaran merkuri telah dilarang, waspada tetap perlu terutama terhadap kosmetik yang tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tidak jelas produsennya, atau kosmetik merek palsu.
INGAT! BIASAnya MERKURI terdapat pada PRODUK2 KOSMETIK PEMUTIH/WHITENING.

????????.???? Cantik itu Bukan PUTIH, Tapi CERAH MERONA

?#?no2?. Retinoid
Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang fungsinya untuk MEMPERCEPAT PERGANTIAN (regenerasi) sel.
BIASANYA terdapat pada KRIM untuk mengatasi JERAWAT / ANTI ACNE.
Penggunaan retinoid dapat menyebabkan efek teratogenik atau CACAT PADA JANIN.

?#?no3? Salicylic Acid (BHA)
Salicylic Acid (BHA) biasanya terdapat dalam PRODUK ANTI JERAWAT / ANTI ACNE, dapat berupa krim bahkan sabun.
Walaupun pemakaian dalam konsentrasi kurang dari 2% dikategorikan aman, sebaiknya pilihlah obat jerawat yang benar-benar berkategori aman untuk ibu hamil alias tidak mengandung bahan ini.

?#?no4?. Hydroquinone
Hydroquinone merupakan bahan PEMUTIH pada kosmetik yang sebaiknya dihindari selama hamil. Ibu kadang tergoda menggunakan kosmetik pemutih untuk menghilangkan bercak-bercak cokelat (pigmentasi) pada kulit wajah akibat kehamilan. Namun, mengingat penggelapan warna kulit pada ibu hamil bersifat sementara (akan spontan hilang setelah melahirkan), sebaiknya hindari kosemetik tersebut. Selain itu hydroquinone dalam konsentrasi maksimal justru bisa membuat kulit kemerahan dan menimbulkan bercak hitam sebagai efek sampingnya.
????????.???? Cantik itu Bukan PUTIH, Tapi CERAH MERONA

?#?no5?. Benzoil Peroxyde
Benzoil Peroxyde dapat diserap melalui kulit sekitar 5% pada pemberian topikal (oles). Biasa terdapat pada produk untuk jerawat. Meski belum ada penelitian tentang cacat janin akibat penggunaan benzoil peroxyde pada manusia, sehingga risikonya belum diketahui, akan lebih bijak jika ibu hamil tidak menggunakan kosmetik yang mengandung bahan ini.

?#?no6?. Soy
Soy biasa terdapat pada produk PELEMBAB ato SABUN.
Soy atau kedelai merupakan FITOESTROGEN yang justru dapat memPERBERAT EFEK BERCAK HITAM pada ibu hamil.

?#?no7?. PABA
PABA merupakan singkatan dari Para Amino Benzoic Acid yang terdapat pada kosmetik TABIR SURYA/sunblock. Asal tahu saja, bahan ini justru membuat KULIT LEBIH BANYAK MENYERAP lebih banyak SINAR UV sehingga menyebabkan pencokelatan/FLEK FLEK.
PABA sangat disukai oleh mereka yang ingin mendapatkan efek tanning/kecokelatan dengan mandi matahari.

?#?no8?. Benzophenone-3
Benzophenone-3 (Oxybenzone) juga terdapat pada beberapa TABIR SURYA/SUNBLOCK dan memiliki aktivitas seperti yang dilakukan hormon estrogen, juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

?#?no9?. Rhodamin
Rhodamin biasa terdapat pada MAKE UP dengan warna mencolok.
PEWARNA ini sebetulnya TERLARANG bagi kosmetik tetapi ada saja produsen yang nakal.
Rhodamin hanya boleh dipakai sebagai PEWARNA TEXTIL.
Pemakaian rhodamin pada kosmetik dapat menyebabkan KANKER KULIT pada Ibu Hamil dan KECACATAN pada JANIN.

Nah mulai sekarang di cek kembali perlengkapan kosmetik ?#?BuMiL? agar terhindar dari zat yang berbahaya ya!
sumber : Nakita

Sehat Baby.. Cantik cerah merona #IbuHamil tanpa kosmetik, apa bisa yaa??

????????.???? JAMIN, BISA Bingits!! AMAN JAYA!
Kan ada ?#?NanoSprayMCI? ?#?MagicStickMCI? plus kombinasi dengan ?#?BioGlassMCI? (minum & isian ?#?NanoSpray?)

Cantik merona segar sehat sepanjang hariiii!!
Wanna??

invite pin aq yaa utk order 74B686D3 or sms/wa 081291126686. Mau cpt dpt barang ? CASH. Mau ringan byrnya? bisa ARISAN .

Ditunggu y ordernya bunda2 cantiq
   
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : belum ada like
mf bun netty aq gk ngerti blh ato gk,, sp tau bunda2 yg lain bs jawab :)

iyaa sm bun henny aq jg jerawatn,,udh gk brani ngobatin lg pke obat jerawat :(
   
07-04-2014 13:57:05 pake krim muka
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Meskipun tengah hamil, Bunda pasti ingin tetap terlihat cantik dan terawat. Karenanya, wajar bila Bunda tetap memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, berhati-hatilah dalam memilih kosmetik dan produk perawatan kulit. Pasalnya, beberapa jenis kosmetik mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi perkembangan janin. 

Bagaimana cara perawatan kulit yang aman bagi ibu hamil? Berikut tipsnya:

1.  Banyak konsumsi air putih agar kelembaban kulit tetap terjaga. Minumlah air putih  6-8 gelas sehari.

2.  Bunda bisa melakukan spa khusus ibu hamil. Saat ini banyak tempat spa yang khusus ibu hamil dan pasca melahirkan. 

3.  Gunakan body butter atau minyak zaitun untuk mengurangi stretch mark. Pilih yang free Parabens.

4.  Perbanyak juga konsumsi buah-buahan dan sayuran. Terutama buah yang banyak mengandung vitamin C, karena dapat meningkatkan produksi kolagen.

5.  Bunda dapat membuat masker wajah sendiri. Gunakan buah-buahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit, misalnya buah irisan lemon untuk kulit wajah yang cenderung berminyak.

6.  Kebersihan tubuh juga perlu dijaga. Mandilah 2-3 kali sehari karena tubuh ibu hamil lebih mudah berkeringat dan berminyak. Pastikan juga untuk rajin mengganti baju.

7.  Bunda dapat menjaga pH kulit selama hamil. Gunakan pelembab ekstra dengan pH seimbang. Hal ini dapat menjaga kecerahan kulit semasa kehamilan.

8.  Kulit kering dan gatal umum terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab saat mencuci wajah. Hindari produk anti gatal yang mengandung kartison atau hidrokartison.

Hindari penggunaan produk kecantikan  yang mengandung  bahan-bahan seperti:

1.   Mercury

Produk kecantikan  yang mengandung mercury biasanya lebih cepat bekerja. Dalam waktu yang singkat kulit Bunda akan terlihat lebih putih cerah. Namun, zat ini sangat berbahaya untuk kesehatan. Bagi janin yang dikandung, zat ini dapat menyebabkan kerusakan otak, gangguan pada pencernaan, dan ginjal.

2.   Ftalatat (Phthalases)

Zat ini biasanya ada pada produk pewangi atau produk kecantikan yang memiliki aroma wangi yang cukup kencang. Contohnya body lotion, parfum, deodoran, cat kuku. Sebaiknya gunakan produk alami tanpa aroma pewangi.

3.   Retonoid

Zat ini merupakan turunan dari vitamin A yang berfungsi mempercepat regenerasi sel. Penggunaan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan cacat pada janin.

4.   Accutane

Hindari obat jerawat yang mengandung accutane. Pemakaian produk yang mengandung zat ini dapat menyebabkan keguguran.

5.   Parabens

Hindari menggunakan produk kecantikan yang mengandung pengawet parabens. Meskipun masih dalam perdebatan kebenarannya bahwa senyawa ini dapat menyebabkan gangguan pada alat reproduksi janin laki-laki.

Catatan:

-     Perhatikan label kandungan produk kecantikan sebelum memakainya. Pastikan produk tersebut tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi janin yang Bunda kandung. Konsultasikan pula pada dokter mengenai produk perawatan kecantikan yang aman untuk digunakan.

   
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Ade,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Saya sangat mendukung kesadaran bunda dalam penggunaan skincare yang aman saat kehamilan. Dari kandungan tersebut, aman digunakan untuk digunakan. :)

Gunakan hanya yang sudah terdaftar di BPOM dan juga hindari yang mengandung :

- Retinoid
- Asam salisilat dan turunannya
- Beta hydroxy acid
- Lethicin
- Phosphatidylcholine
- Soy
- Textured vegetable protein 
- Obat jerawat (konsultasi terlebih dahulu dengan dokter)
- Depilatori

Selamat atas kehamilannya bunda!