SITE STATUS
Jumlah Member :
492.687 member
user online :
1023 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: nyeri pada bgian perut n belakang setela

New Topic :  
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok q mau tanya...kalau daerah vagina nyeri n bagian rahim jg nyeri apa itu pertanda hamil...nyerinya seperti kalau mau hamil...wkt q hamil anak pertma seperti itu...dan kalau mmg itu pertanda hamil q sngt syukur alhamdulillah

Dari : yayoek adhiah

Jawaban:

Dear Bunda,

Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG. Demikian jawaban saya.
   


Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

pemulihan pasca persalinan akan terjadi pada umumnya sampai sekitar 6 minggu. Perhatikan kebersihan luka Bunda, pelan-pelan mulailah melakukan olahraga ringan untuk melatih otot-otot panggul Bunda misalnya dengan senam kegel. Terkadang terasa nyeri pada bagian perut dan daerah vagina terutama di daerah luka jahitan episiotomy adalah hal yang wajar. Kurangi mengejan saat buang air besar dengan cara memakan makanan kaya serat agar BAB tidak keras dan konstipasi.

   
28-07-2015 10:45:08 olah raga dan hubungan intim
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Kebanyakan para wanita jadi ekstra hati-hati beraktifitas setelah tahu dirinya tengah hamil. Hati-hati tentu saja benar, tapi bukan berarti Bunda tidak boleh melakukan apa-apa termasuk berolahraga. Wanita hamil boleh saja kok melakukan olahraga, malah dianjurkan. dr. Martina Claudia, SpOG juga menyetujui pentingnya olahraga untuk wanita hamil. “Dengan berolahraga Bunda akan mendapat banyak keuntungan.” jelas dokter yang praktek di Siloam Hospital dan Eka Hospital.

Keuntungan berolahraga saat hamil :

  1. melenturkan otot, melatih pernapasan sehingga memudahkan saat persalinan normal nanti
  2. menambah daya tahan dan stamina selama hamil dan terhindar dari diabetes
  3. menstabilkan bobot tubuh supaya tidak terlalu banyak naik, bobot tubuh yang berlebihan bisa menyulitkan Bunda saat persalinan nanti
  4. menurunkan resiko penyakit jantung di mana kerja jantung dan darah wanita hamil lebih cepat dari biasanya
  5. terhindar dari resiko osteoporosis saat kehamilan mau pun menyusui

Dengan banyaknya manfaat berolahraga tentu Bunda rela berpeluh-peluh sedikit. tapi ingat, kondisi yang tengah hamil mengharuskan Bunda memilah-milah mana olahraga yang boleh dilakukan mana yang tidak.

Olahraga yang boleh dilakukan :

Untuk trimester pertama dan kedua Bunda masih boleh melakukan olahraga dengan pembebanan seperti jalan kaki (10-20 menit), senam dan treadmill. Yoga juga bisa jadi pilihan. Memasuki trimester ketiga lakukan olahraga tanpa beban seperti berenang atau sepeda statis. Kalau Bunda tidak bisa berenang cobalah berjalan-jalan di dalam air.

Jenis olahraga yang harus dihindari : 

Jangan sekali-sekali bersepeda di ruangan terbuka. Olahraga sepatu roda, ski air, menyelam, beladiri, atletik dan trampolin juga wajib Bunda jauhi untuk menghindari terjadinya cedera pada janin.

Hentikan olahraga bila :

  • terasa nyeri pada dada, perut dan kepala
  • detak jantung lebih cepat
  • tidak terasa gerakan janin
  • kontraksi
   


26-03-2015 08:38:04 HPL blan seftember 2015
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

Salam kenal Bunda semua, selamat yaa kehamilannya..
aku juga HPL awal Sept Bund, bisa di akhir Agustus juga sihh...

Kemarin kena masuk angin, trus rasanya nyeri juga di perut bagian belakang pusar. Apa Bunda2 yg lain juga ngerasain hal yang sama?

   
10-12-2014 18:19:38 masa subur
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Wa'alaykumussalam bunda Inggil,

Beberapa ciri bila wanita sedang dalam masa subur, antara lain adanya lendir yang menyerupai keputihan ( lendir ini biasanya berwarna bening, licin, serta mulur ) terjadinya perubahan suhu basal tubuh ( cenderung meningkat ), nyeri pada daerah perut bagian bawah. Bila siklus haid bunda 28 hari, bila dihitung dari hari pertama haid terakhir bunda tanggal 23 Oktober, maka masa suburnya adalah tanggal 2,3,4,5,6 & 7 November 2014. Bila ternyata siklus haid bunda lebih pendek atau tidak teratur, maka perhitungan ini tidak berlaku.

   


18-03-2014 14:21:10 apakan tanda2 hamil?
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 
Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG. Demikian jawaban saya.

   
13-03-2014 13:34:55 sakit dibawah perut
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bun aq jg uk.20 w kadang nyeri bg bwh perut n selangkangan... klu tdr kakinya ganjel bantal aj bun
   
09-03-2014 12:45:17 perut bwah skt ktka haid
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Shinta.i.Permatasari,

Apakah saat ini bunda menggunakan KB spiral / IUD ? Karena pada beberapa akseptor KB IUD, keluhan nyeri pada daerah perut bagian bawah saat haid memang kadang dirasakan, sebaiknya lakukan pemeriksaan USG untuk melihat apakah posisi IUD masih pada tempatnya, dan menilai keadaan alat kandungan, serta mencari penyebab lainnya.

   
Jumlah Posts : 447
Jumlah di-Like : belum ada like
kalau q dri uk 32 mg nyeri bun di bgian perut bawah...kta bidan si gpp bun krna kpla debay dah memasuki panggul skrg uk q udah 33 minggu.jd wjr bun lau mrasa nyeri di bgian perut bawah masih normal2 aj
   
10-12-2013 10:03:24 kram perut menjelang haid
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG.

 

   
05-10-2013 03:48:58 tanda kehamilan apa sih
Jumlah Posts : 158
Jumlah di-Like : belum ada like
salam knal bunda..
Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya
menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara,
berubahnya warna daerah sekitar puting
payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu
makan, cepat lelah dan terkadang terasa
kencang atau nyeri pada daerah perut bawah
karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya
tanda bervariasi pada masing-masing individu,
maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik
memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack
HCG.
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
tolong bantuanya... q sudah dnyatakan hamil6 minggu, tapi akhir2 ni slalu merasa nyeri d bgian perut bwah dan kluar lendir wrna coklat sedikit ketika mau pipis.. q sdah k dokter kandungan tp hanya d beri pnguat yang d masukan ke vagina.. dan hsil usg pun mlah baik sudah ada denyut jantung si debay nya... tp saya msih ragu apa itu bahaya? mengingat saya baru hamil setelah 2 th mnikah, sya g mau trjadi ap2 sama calon bayi sya.. mohon bantuanya ya trimakasih sblmnya
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7
 Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu

Rasa nyeri dari daerah pinggul yang menjalar ke kaki dapat juga di sebut low back pain, kemungkinan karena bertambah beratnya tubuh Anda, namun untuk jelas mengetahui keluhan anda ini, sebaiknya anda mengunjungi dokter kandungan Anda, dokter anda juga dapat memberikan obat anti nyeri untuk mengurangi keluhan Anda tersebut. Demikian jawaban saya.


   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7
 Dear Bunda, 

Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG. 
   
06-08-2010 16:44:09 senam hamil... perlu gak..?
Jumlah Posts : 139
Jumlah di-Like : 1
bunda bebila usia kehamilan kita sama, HPLnya juga sama nih.... sperti saran Xavier's mom dan beberapa bunda di thread terdahulu, saya mulai senam hamil sendiri dirumah sejak 26 minggu... Puji Tuhan, latihan pernafasannya bikin kita ga ngos2an klo naik tangga, n kadang klo perut lg kenceng gitu dgn nafas panting akan mengurangi rasa sesak... trus senam kakinya juga bikin kaki ga keram n ga bengkak...bobonya jg jadi nyaman lho bun, pokonya belum melahirkan aja aku udah ngerasain banget manfaatnya.... so, buat saya senam hamil penting bgt, saya ada beberapa artikelnya...silahkan bunda coba sendiri dirumah,jgn lupa. ciptakan perasaan serileks mungkin, buang jauh2 pikiran2 ttg sakitnya melahirkan...

kebetulan untuk senam massal dirumah sakit saya ga ada waktunya, karna saya bekerja pulang aga malam, dan jarak rumah sakit yg menyediakan fasilitas senam hamil aga jauh, so, saya lakukan sendiri dirumah, ditemani suami n bisa pasang musik favorit... selamat mencoba.....

Gerakan Dasar Senam Hamil

Bagaimana gerakan dasar senam hamil? Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti di rumah:

  • Duduk bersila dan tegak, kedua lengan mengarah ke depan dan santai. Lakukan sebanyak mungkin dalam posisi sehari-hari

  • Sikap merangkak, jarak antara kedua tangan sama dengan jarak antara kedua bahu. Keempat anggota tubuh tegak lurus pada lantai dengan badan sejajar lantai. Lakukan gerakan ini: Tundukkan kepala, lihat perut bagian bawah dan pinggang diangkat sambil mengempiskan perut dan mengerutkan lubang anus. Selanjutnya turunkan pinggang dengan mengangkat kepala sambil melemaskan otot-otot dinding perut dan otot dasar panggul. Lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali

  • Lakukan sikap merangkak dengan meletakkan kepala di antara kedua tangan lalu menoleh ke samping kanan/kiri, selanjutnya turunkan badan hingga dada menyentuh kasur dengan menggeser siku sejauh mungkin ke samping. Bertahanlah pada posisi tersebut selama 1 menit, kemudian tingkatkan menjadi 5-10 menit atau sesuai kekuatan ibu hamil

  • Berbaring miring ke kiri (lebih baik ke arah punggung bayi), lutu kanan diletakkan di depan lutut kiri (ganjal dengan bantal). Lengan kanan ditekuk di depan dan lengan kiri letakkkan di belakang

  • Berbaring miring, kedua lutut dan kedua lengan ditekuk, bawah kepala diberi bantal, demikian juga bawah perut agar perut tidak menggantung. Tutup mata, tenang, atur nafas dengan berirama.

  • Berbaring telentang, pegang kedua lutut dengan kedua tangan dan rileks. Lakukan kegiatan berikut: Buka mulut secukupnya, tarik nafas dalam semaksimal mungkin, ketupkan. Mengejanlah seperti buang air besar, gerakan badan ke bawah dan ke depan. Setelah tak dapat menahan lelah, kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini 3-4 kali dengan interval 2 menit.

Latihan Otot Kaki
1. Duduklah dengan posisi kedua lutut diluruskan, tubuh bersandar pada kedua lengan yang diletakkan di belakang pantat.
2. Tegakkan kedua telapak kaki dengan lutut menekan kasur. Kemudian tundukkan kedua telapak kaki bersama jari-jarinya. Ulangi beberapa kali.
3. Hadapkan kedua telapak kaki satu sama lain dengan lutut tetap menghadap ke atas, kembalikan ke posisi semula. Ulangi terus sebanyak beberapa kali.
3. Kedua telapak kaki digerakkan turun ke arah bawah, lalu gerakan membuka ke arah samping, tegakkan, kembali, dan seterusnya.
4. Kedua telapak kaki buka dari atas ke samping turunkan, hadapkan, kembali ke posisi semula, dan seterusnya.

Kegunaan: Memperlancar sirkulasi darah di kaki dan mencegah pembengkakan pada pergelangan kaki.

Latihan Pernafasan
1. Pernafasan perut
- Tidurlah terlentang dengan satu bantal, kedua lutut dibengkokkan dan dibuka kurang lebih 20 cm.
- Letakkan kedua telapak tangan di atas perut di sekitar pusat sebagai perangsang. Keluarkan napas dari mulut (tiup) sambil tangan menekan perut ke dalam.
- Tarik napas dari hidung dengan mulut tertutup, perut mengembang mendorong kedua tangan ke atas. Perhatikan bahwa gerakan pernafasan dilakukan dengan perut (jadi dada tidak ikut kembang kempis).

Kegunaan: Melemaskan dinding perut agar mudah diperiksa oleh dokter/bidan.

2. Pernafasan iga
- Tidur terlentang (seperti pada pernapasan perut), letakkan kedua tangan dalam posisi mengepal di iga sebagai perangsang.
- Bernapaslah seperti pada pernapasan perut, dengan pengecualian tangan menekan iga ke dalam dan iga mengembang mendorong kedua tangan ke arah samping luar.

Kegunaan: Mendapatkan oksigen sebanyak mungkin.

3. Pernapasan dada
- Tidur terlentang (seperti pada pernapasan perut), letakkan kedua tangan di dada bagian atas.
- Keluarkan napas dari mulut (tiup) dengan tangan menekan dada ke arah dalam.
- Tarik napas dari mulut dengan mulut terbuka, dada mengembang mendorong ke dua tangan ke atas.

Kegunaan: Mengurangi rasa sakit saat bersalin.

4. Pernapasan panting (pendek-pendek dan cepat)
Pernapasan ini menyerupai pernapasan dada, hanya saja irama pernapasan lebih cepat dengan gerakan napas dihentikan separuhnya (bernapas tidak terlalu dalam, pendek-pendek saja).

Kegunaan: Istirahat atau menghilangkan lelah sesudah mengejan. Juga dilakukan saat ibu sudah merasa ingin mengejan sementara pembukaan belum lengkap, supaya jalan lahir tidak bengkak atau sobek.

Semua gerakan latihan pernapasan di atas sebaiknya dilakukan enam kali sehari, di pagi hari sesudah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Latihan Otot Panggul
1. Tidur terlentang, kedua lutut dibengkokkan.
2. Letakkan kedua tangan di samping badan. Tundukkan kepala dan kerutkan pantat ke dalam hingga terangkat dari kasur.
3. Kempeskan perut hingga punggung menekan kasur. Rasakan tonjolan tulang panggul bergerak ke belakang.
4. Lemaskan kembali dan rasakan tonjolan tulang bergerak kembali ke depan. Ulangi gerakan ini 15-30 kali sehari.

Kegunaan: Mengembalikan posisi panggul yang berat ke depan, mengurangi dan mencegah pegal-pegal, sakit pinggang dan punggung serta nyeri di lipat paha.

Latihan Otot Betis
1. Berdiri sambil berpegangan pada benda yang berat dan mantap.
2. Posisikan ibu jari dan jari-jari lain menghadap ke atas.
3. Regangkan kaki sedikit dengan badan lurus dan pandangan lurus ke depan.
4. Tundukkan kepala seraya berjongkok perlahan sampai ke bawah tanpa mengangkat tumit dari lantai.
5. Setelah jongkok, lemaskan bahu. Kempeskan perut, kemudian perlahan kembalilah berdiri tegak, lepaskan kerutan. Lakukan enam kali dalam sehari.

Kegunaan: Mencegah kejang di betis.

Latihan Otot Pantat
1. Tidur terlentang tanpa bantal, kedua lutut dibengkokkan dan agak diregangkan.
2. Dekatkan tumit ke pantat dengan kedua tangan di samping badan.
3. Kerutkan pantat ke dalam sehingga lepas dari kasur, angkat panggul ke atas sejauh mungkin.
4. Turunkan perlahan (pantat masih berkerut), lepaskan kerutan, dsb. Ulangi enam kali sehari.

Kegunaan: Mencegah timbulnya wasir saat mengejan.

Latihan Anti Sungsang
1. Ambil posisi merangkak, kedua lengan sejajar bahu, kedua lutut sejajar panggul dan agak diregangkan.
2. Kepala di antara kedua tangan, tolehkan ke kiri atau ke kanan.
3. Letakkan siku di atas kasur, geser siku sejauh mungkin ke kiri dan ke kanan hingga dada menyentuh kasur. Lakukan sehari 2 kali selama 15 – 20 menit/kali.

Kegunaan: Mempertahankan dan memperbaiki posisi janin agar bagian kepala tetap di bawah. (berbagai sumber)