SITE STATUS
Jumlah Member :
493.802 member
user online :
1372 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ng sama keponakan berumur sebelas tahun

New Topic :  
27-04-2015 15:52:17 Hamil diusia 38 ahun
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like

Sore Bunda Semua... Salam kenal dari saya..

Saya mo nanya2 nih, ada nggak yg pernah hamil di usia 38 tahun.... Kebetulan ini kehamilan saya yang  ke4, anak pertama saya 12 tahun, yg kedua BO karena toxo, dan yg ketiga putri saya berumur 3 tahun mei ini.

Dikehamilan kedua saya harus dikuret karena BO, dan kehamilan ketiga saya tiap bulan harus minum obat anti virus dan antibiotik karena toxo... Alhamdulillah dia lahir dalam keadaan sehat, dan kehamilan yang sekarang ini saya agak was2 karena usia saya sdh diatas 38 tahun Bun... ya, memang gak direncana..... Sama dokter seperti dulu saya harus minum antibiotik sama obat virus seperti kehamilan yang lalu....

Sharing dong Bun ada yang pernah mengalami kasus kehamilan seperti saya nggak... terus terah saya dag dig dug nih kehamilan saya masuk minggu kw 7,

   


Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like

STROKE adalah salah satu penyakit kronis yang umum

Menurut hasil penelitian kementrian kesehatan Malaysia diantara tahun 2000 dan 2003, mereka telah mendapati bahwa banyak lelaki yang berumur 29 tahun ke bawah dirawat di Rumah Sakit karena serangan jantung dan stroke.

Setiap hari, 110 rakyat Malaysia terserang stroke. Stroke adalah pembunuh ke 3 tertinggi setelah kanker dan penyakit jantung. Lebih dari 40.000 kasus baru dijumpai setiap tahunnya.

Sumber : Malaysia Medical Resources 17/10/2005

Sayangi Pembuluh Darah ANDA !

Manfaat Minyak Ikan Omega 3 Deep Sea terhadap pencegahan penyakit jantung koroner diketahui dari pengamatan terhadap orang-orang Eskimo. Mereka selalu mengkonsumsi ikan yang kaya akan Omega 3 dan ternyata mereka mempunyai resiko yang rendah terhadap penyakit jantung.

Manfaat utama Deep Sea Sun Hope Omega 3 adalah mencegah timbulnya penyakit jantung koroner (PJK), yang dapat mengarah pada gagal jantung, PJK disebabkan terganggunya suplai darah menuju jantung, yang dapat disebabkan dua hal, yaitu :

- Terjadinya pengapuran dinding pembuluh darah jantung yang disebut ateriklosklerosis

- Sumbatan pembuluh darah jantung oleh gumpalan darah yang disebut trombosis. Terjadinya pengapuran dinding pembuluh darah, sangat dipengaruhi oleh kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Kolestrol terdiri dari dua jenis kolestrol yaitu HDL (baik) dan LDL (jahat). Pembentukan kolestrol dan trigliserida darah, serta kaitannya dengan tingginya konsumsi lemak jenuh. Sebaliknya lemak tidak jenuh seperti Deep Sea omega 3 dapat menurunkan pembentukan kolestrol dan trigliserida, serta mengurangi kecenderungan penggumpalan darah (trombosis).

Sun Hope Deep Sea berfungsi :

- Menurunkan LDL kolestrol (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan HDL kolestrol  (High Density Lipoprotein) menurunkan kadar kolestrol total dan trigliserida darah

- Mencegah aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) yang merupakan pencetus utama penyakit jantung koroner dan stroke. Konsumsi Deep Sea omega 3 dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah hingga 52% dan menurunkan resiko kematian akibat serangan jantung hingga 81%.

- Mengurangi kecenderungan penggumpalan darah. Deep Sea Omega 3 sama efektifnya dengan aspirin (obat anti penggumpalan darah) dalam mengurangi resiko stroke, tapi tanpa efek samping.

Gimana cara mendapatkan Deep Sea ini ???
Saatnya belanja dengan cara CERDAS !
Sambil jaga anak, sambil dandan, sambil masak, tidak perlu repot bepergian, cukup PM/WA dan konfirmasi transfer paket dikirim langsung ke alamat.
Mudah, Murah, bebas Macet, Privacy pun terjaga :)

www.feliceeholics.com

   
Jumlah Posts : 92
Jumlah di-Like : belum ada like
Putri kedua ku lahir ditahun 2008 alhamdulillah tumbuh kembangnya tdk ada hambatan namun saat dia berumur 2 tahun dia punya penyakit alergi terhadap protein tinggi, g bisa makan telur langsung bisulan dibagian wajahnya dan kepalanya namun penyakitnya ini sembuh sendiri sejak saya menghindarkan makanan yg berprotein tinggi, namun kemudian sejak umur 4 tahun hingga skg kadang klu bab ada darah di tinja nya beberapa kali sdh saya baru kedokter. Dan hasilnya tetap sama, habis obat darah kembali muncul akhirnya dokter terakhir yg saya kunjungi menyarankan untuk menghindari makanan berprotein tinggi seperti susu coklat dan telur atau pun sejenisnya, cara ini lumayan berpengaruh walaupun penyakit nya ini belum sembuh total tidak menghalangi semangatnya untuk bersekolah, dan tumbuh Menjadi anak yang cerdas walaupun kadang penyakit nya ini muncul lagi itupun kalau dia makan pantangannya
   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
anak saya umur 4 bln alergi susu sapi, apakahmemang benear ciri bayi alergi susu sapi selalu menangis pada waktu yang sama sekitar jam 09-11 malam, hampir setiap hari. apakah susu bayi isomil advance bagus untuk bayi alergi susu sapi. thx

Dari : Karmelita Yohana

Jawaban:

Dear Bunda,

Tanda dan gejala alergi susu adalah; muntah, kembung, diare, reaksi pada kulit seperti gatal dan kemerahan, bersin, dan bayi anda rewel. Apakah Bunda telah mengenali pola jam tidur bayi Anda? Bayi baru lahir (new born / neonatus) Jumlah waktu tidur antara 10½ jam sampai 18 jam. Belum banyak pola waktu tidur bayi pada usia awal ini. Bayi anda dapat tidur hanya dalam beberapa menit ataupun berjam-jam dan terbangun karena lapar untuk meminum susu.

Usia 1 bulan Jumlah waktu tidur antara 10½ sampai 18 jam. Bayi anda mulai dapat beradaptasi dan membedakan antara waktu siang dan malam. Pada siang hari, bayi anda akan sering melakukan tidur meskipun ia telah menggunakan sebagian besar waktu malam untuk tidur.

Usia 2 bulan Jumlah waktu tidur antara 10½ sampai 18 jam. Bayi anda lebih waspada dan mengenali orang-orang disekelilingnya. Kebanyakan para bayi masih melakukan tidur siang 2 sampai 4 jam (atau lebih). Bayi anda kemungkinan sudah mulai meninggalkan minum susu pada waktu tengah malam. Usia 3 bulan Jumlah waktu tidur antara 10½ sampai 16½ jam. Beberapa bayi bahkan dapat tidur nyenyak antara 6-8 jam pada malam hari. Sebagian besar bayi melakukan 2-3 jam tidur siang.

Usia 6 bulan Jumlah waktu tidur antara 13¼ sampai 14¼ jam. Pada malam hari, bayi biasanya tidur sekitar 9-11 jam. Tidur pada pagi hari dan sore hari biasanya dilakukan dalam waktu pendek.

Usia 9 bulan Jumlah waktu tidur antara 13-14 jam. Sebagian besar para bayi tidur selama 10-11 jam tanpa terbangun. Pada usia ini, bayi anda mungkin menyukai tidur pada siang atau sore hari.

Usia 12 bulan (Balita / Toddler) Jumlah waktu tidur antara 12½-13¾ jam. Tidur nyenyak pada malam hari selama 10-12 jam, ditambah tidur pendek pada waktu siang dan sore hari.

Usia 18 bulan Jumlah waktu tidur antara 12½-13½ jam. Sebagian besar anak tidur nyenyak selama 10-11 jam pada malam hari, dan tidur beberapa jam pada siang hari.

Usia 2 tahun (Pre school) Jumlah waktu tidur antara 12½-13 jam. Sebagian besar balita berumur 2 tahun masih melakukan tidur di siang hari dan tidur malam hari setengah 10-11 jam. Mungkin anda memiliki sedikit kesulitan untuk menidurkan anak anda pada usia ini, temani Ia tidur dan bacakan cerita sebelum tidur untung menenangkannya.

Usia 3 tahun Jumlah waktu tidur antara 12 - 13 jam. Pada usia ini, anak anda mungkin sudah beralih menggunakan tempat tidur yang lebih besar. Sebagian anak tidak lagi melakukan tidur siang namun memperpanjang tidur pada malam hari. Meskipun begitu, sebaiknya anak anda melakukan tidur siang hari untuk menjaga kebugarannya.

Usia 4-5 tahun Jumlah waktu tidur antara 11-12 jam. Sebagian besar anak pada usia ini hanya tidur pada waktu malam. Bagi anak yang aktif di siang hari, kemungkinan akan lebih cepat merasa lelah dan tidur lebih awal pada petang hari.

Usia 6 tahun Jumlah waktu tidur antara 10-11½ jam, sepanjang malam. Pada usia ini, beberapa anak memiliki ketakutan terhadap gelap dan malam hari. Hal ini dapat menjadi penyebab kesulitan tidur pada malam hari.

Usia 7-8 tahun Jumlah waktu tidur antara 9½-11½ jam. Sebagian besar anak pada usia ini mendapatkan waktu tidur yang padat pada malam hari.
   
04-11-2011 16:15:40 sakit kepala pada anak
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Pagi Dokter, anak saya Naomi sekarang sudah berumur 6 tahun. Saya bingung karena Naomi susah sekali makan sepertinya tidak ada nafsu makan sama sekali. Sejak umur 4 tahun sampe 6 th berat badannya tidak bertambah tetap saja 15 kg. Tapi anaknya lincah. Akhir2 ini dia sering mengeluh sakit kepala. Dia pernah didiagnosa oleh Dokter Mata bahwa dia mengalami lazy eyes sehingga harus pakai kaca mata. Yang mau saya tanyakan apakah sakit kepalanya itu karena dari mata atau saya harus bawa dia untuk di rontgen ya?

Dari : Marliyani

Jawaban:

Dear Bunda,

Sakit kepala dapat bersumber dari berbagai keadaan. Sakit kepala dapat di sebabkan oleh pembuluh darah yang melebar pada daerah kepala (pada umumnya tidak berbahaya), ataupun hal lain seperti sakit flu dan sebagainya.Apabila anak anda tidak mau makan, maka kekurangan nutrisi juga dapat menyebabkan sakitkepala, karena otak juga membutuhkan nutrisi dan gizi serta tenaga untuk bekerja.Selain itu,anak Anda memiliki masalah dengan matanya.Sebaiknya Anda memberi pengertian kepada anak Anda untuk makan dengan teratur dan cukup gizi untuk menyingkirkan berbagai penyebab sakit kepalanya. Memakai kacamata yang disarankan oleh dokter juga dapat mencegah adanya keluhan pada mata dan kepala.Apabila kecukupan gizi telah baik, maka Anda dapat memeriksakan mata anak Anda kembali untuk mengetahui apakah ada masalah kembali dengan matanya yang menyebabkan sakit kepala.
   


Jumlah Posts : 273
Jumlah di-Like : 6

Hehehe,iya juga sich..

Alvin udah gonta ganti sufor dulu spy montok e malah larinya ke tinggi badannya, ya sudahlah (meniru lagu bondan,hehehe)

Jadi teringat kakak sy, anak pertamanya montok banget lahir aja 5kg en asi eksklusif...

Pas usia 3 bln kegemukan bgt, BBnya hampir  9kg, akibatnya di kepala anak kakak sy muncul borok gitu, kasihan juga yah kl montok2 jadi ga aktif..

Sekarang sudah usia 7 tahun dan nafsunya makannya WOW sy bilang sama keponakan sy sudah seperti kuli, dan badannya sangat sangat montok sekali..

Jadi katanya ibu menyusui juga hrs jaga makan spy anaknya tdk kegemukan..

* itu pengalaman kakak sy *


   
08-06-2010 21:29:27 minta tips cara menyapih bayi
Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : belum ada like
allow bunda bunda yang baik hati dan cantik..
Anakku skrg dah berumur 2 tahun, dari bayi sampe umur 2 tahun dia ga kenal susu formula, alhasil sampek sekarang dia ga doyan sama yang namanya susu formula..

nah..aku berniat buat nyapih, tapi bingung gimana caranya, buat ibu2 yang udah pernah nyapih baby nya..bagi infonya ya..makasih bunda..
   
20-08-2008 10:06:30 HIMALAYAN GOCHI JUICE
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : 2
Hi
Ingin berbagi informasi mengenai Himalayan Gochi (Goji) Juice yang diyakini sebagai keajaiban dunia ke-8 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Informasi dan kesaksian akan manfaat Himalayan Gochi (Goji) Juice ini sudah dimuat dalam berbagai media antara lain seperti Oprah Winfrey, Wall Street Journal, Majalah Time, Majalah Breakthroughs, Majalah Your Bussiness, Majalah Adiraga (ed. 12/2007) dan sebentar lagi dalam buku Alternative and Complementary Medicine (+/- terbit bln Juni 2008).

Tentang Goji
Himalayan Goji ® Juice menjadi terkenal karena pengaruhnya kepada sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Salah satu manfaat jus goji adalah memberikan efek positif bagi libido manusia. Chinese Medicine (TCM), North America Health dan industry kesehatan menyatakan bahwa jus goji merupakan “sesuatu yang besar” sebagai dasar manfaat yang nyata. Seperti yang sering diberitahukan mengenai puisi Li Qing Yuen, yang hidup hingga umur 252 karena sehari-hari ia mengkonsumsi biji goji. Di daerah tersebut, biji goji tumbuh liar, dan orang-orang di sekitar nya memberikan nama “happy berry” kepada goji karena kepuasan dan hasil yang diberikan goji tersebut. Goji digunakan dalam pesta lokal di daerah tersebut dan dicampur dengan minuman lainnya.
Jus goji tidak akan menimbulkan efek berbahaya meskipun dikonsumsi secara berlebihan. Setiap orang dapat merasakan manfaatnya.

Beberapa manfaat baik dari Jus Goji:
Jus goji membuat metabolisme tubuh menjadi kuat, memiliki nutrisi yang kualitasnya baik dan juga memberikan efek sepanjang hidup seseorang. Penelitian dan analisa menunjukkan bahwa jus goji mempengaruhi pertumbuhan rata-rata dalam memberikan kontribusi umur panjang.
Goji sebenarnya sebuah biji, yang tidak umum ditemukan dan juga dapat digunakan untuk membuat jus special. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa orang lanjut usia meminumnya sebagai rahasia umur panjang yang memberikan keuntungan tersendiri untuk jus goji. Ahli-ahli menemukan bahwa terdapat banyak antioksidan dalam goji ini, yang mencegah tubuh menjadi rusak karena sel-sel mati dan sel-sel yang sudah tua.

Berasal dari manakah Jus Goji?
Di Pegunungan Tibet, Himalaya banyak ditemukan orang yang hidupnya hingga 100 tahun, yang sangat jarang dimiliki oleh orang-orang di dunia ini. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ternyata orang-orang tersebut mengkonsumsi biji kici (goji) setiap hari yang merupakan makanan terdashyat untuk anti penuaan. Berdasarkan penelitian, biji kici juga mengandung sangat banyak antioksidan, yang berguna mengurangi dan mencegah efek penuaan.
Pada zaman Dinasti Tang, telah digali sebuah sumur, dekat dengan Vihara Budha. Bertahun-tahun biji kici tersebut jatuh ke sumur tersebut. Banyak orang yang beribadah di sana memiliki kesehatan dan kulit yang baik, bahkan ada yang sudah berumur 80 tahun tidak memiliki uban dan tidak kehilangan gigi, karena mereka meminum air dari sumur tersebut.

Siapa yang membuatnya?
Perusahaan “Freelife” adalah perusahaan pertama yang memiliki proses penyulingan secara sempurna dan menciptakan standard yang langka dari setiap tumbuhan yang ada sekarang. Perusahaan ini bekerja sama dengan Dr Mindel, Nutrisioner terbaik no 1 di dunia, yang juga telah menerbitkan buku-buku tentang vitamin dan goji ini telah diteliti selama 7 tahun dari tahun 1995 sampai dengan 2002. Dalam kerja sama ini, mereka menjadi pelopor dalam penelitian polisakarida kici (goji). Goji memiliki 4 polisakarida, yaitu LBP-1, LBP-2, LBP-3 dan LBP-4) yang bertindak sebagai Master Molekul dalam tubuh. Ke-empat polisakarida tersebut saling bersinergis dan memberimkan instruksi dan mengangkut selsel dalam tubuh untuk saling berinteraksi sehingga memberikan arti penting untuk kelancaran dan fungsi hamper setiap sel dalam tubuh.
Kualitas Goji Himalaya ini memperlihatkan adanya keseimbangan polisakarida dan kekhasan potensi dari “Spectral Signature” sehingga jus goji ini benar – benar asli seperti yang diceritakan dalam legendanya.

Siapa yang Boleh Minum Jus Goji?
Siapa saja boleh minum jus goji, baik anak-anak, wanita hamil dan orang usia lanjut dan disarankan 30 ml setiap hari dan tidak ada efek apapun bila minum lebih dari dosis tersebut. Fakta tentang Himalayan Goji Jus“Pengetahuan modern melanjutkan warisan pengetahuan kuno”
Berikut adalah Fakta tentang Himalayan Goji Jus
- Mengandung 19 Asam Amino - membangun kelompok protein termasuk semua 8 asam amino penting yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
- Mengandung 21 mineral termasuk germanium, mineral anti kanker yang jarang ditemukan dalam makanan.
- Mengandung 4 Polisakarida yang unik dari tumbuhan ini. Polisakarida unik ini penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan komunikasi antar sel, bekerja dalam tubuh dengan berfungsi sebagai pengarah dan pembawa instruksi yang digunakan sel-sel untuk berkomunikasi satu sama lain.
- Mengandung Protein lebih banyak dari Gandum (13%)
- Mengandung spektrum lengkap dari antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten (lebih baik dari wortel) dan zeaxanthin (melindungi mata). Himalayan Goji Jus merupakan sumber karoten terbesar dari segala makanan.
- Mengandung Vitamin C dengan kadar 500 kali lebih tinggi dari jeruk.
- Mengandung Vitamin B Kompleks (B1, B2, dan B6) yang diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi.
- Mengandung Vitamin E (sangat jarang ditemukan dalam buah, hanya dalam biji-bijian atau kacang-kacangan.
- Mengandung Beta-Sitosterol dan Zat perantara anti peradangan, beta-sitosterol juga menurunkan kolesterol dan dipakai untuk mengobati impotensi dan pembesaran kelenjar prostat.
- Mengandung asam lemak utama, yang dibutuhkan untuk produksi hormon tubuh dan untuk kelancaran
fungsi otak dan sistem saraf.
- Mengandung Cyperon sejenis “sesquiterpene” yang berguna untuk jantung dan tekanan darah serta mengurangi rasa tidak nyaman pada saat haid.
- Mengandung Solavetivone, senyawa anti-jamur dan anti-bakteri yang sangat kuat.
- Mengandung Physalin senyawa alami yang sangat aktif melayan segala jenis leukimia dan juga digunakan dalam penyembuhan terhadap penyakit hepatitis B.   Biasanya, buah Goji kering dijual di toko-toko obat cina, dikenal dengan nama buah kice, yang kadang dipakai untuk pengobatan mata dan kesehatan, khususnya imun tubuh, soalnya vitamin C-nya tinggi banget. Setau gw sih, di budaya Cina, buah kice ini terkenal sekali. Kalau angkatan oma gw, biasanya buah kice atau Goji kering ini, dimasukkan ke dalam sup. Tapi kalau buah keringnya khasiatnya sudah tidak 100% lagi. Maka sekarang ini, perusahaan Freelife mengolah kesegaran buah Goji kedalam Juice, sehingga khasiatnya dapat dipertahankan.

  Melalui testimonial ini, gw ingin berbagi kebaikan yang ada di Goji Juice, semoga juga bisa membantu kesehatan teman-teman.. Kalau perlu informasi lebih lanjut dan pemesanan, bisa contact aku: Vivi: 0813 8474 1635, atau Email di farny_s@yahoo.com Silahkan buka web Freelife di  www.freelife.com Gochi Media www.goji-newsmedia.org Gochi Stories and testimonials www.gojihealthstories.com Gochi Video www.youtube.com/watch?v=8NVxC2iBpec    Semoga informasi ini bisa membantu. Thanks friends…
   
14-06-2008 14:47:23 sehat kah
Jumlah Posts : 42
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda's   putriku berumur 2 tahun,jadi sudah makan makanan keluarga.tapi yang bkin pusing amel musuh banget yg nmanya sayuran,daging juga gak mau.untungnya ikan lumayan mau.yg dia minta tiap hari tuh,sosis,bakso,sama kerupuk.saya ngakalinya seh sayur2nya saya blender dicampur sama nasinya.tapi bertahan ciman 1 kali,selanjutnya aeml gak mau, dimuntahkan malah,sudah saya coba macem2 resep,sekali amel mau selanjutnya udah gak mau lagi.apa kalo di kasih bakso atau sosis tiap hari gak bahaya.terus kalo baby 2 tahun di kasih masako atau sejenisnya juga gak masalah,soalnya itukan ada msg.perlu diketahui nafsu makan amel bagus,tapi ya itu tukang milih2.tolong saranya dong para bunda.         makaseh ya
   
14-02-2008 22:05:15 bayi meludah
Jumlah Posts : 130
Jumlah di-Like : 1
APA MELUDAH ITU

Meludah atau disebut juga regurgitasi adalah hal yang biasa terjadi pada bayi. Mereka kadang kala suka meludah, bahkan ada yang biasa meludah setiap selesai makan. Hal ini terjadi baik pada bayi yang mengkonsumsi ASI maupun pada bayi yang mengkonsumsi susu formula.



Bayi biasanya meludahkan susu yang telah tercampur dengan air ludah dan mukus pada saat mereka bersendawa, hal ini terjadi karena mereka mengkonsumsi terlalu banyak sampai perut mereka sudah tidak dapat menampungnya. Bila susu yang dikonsumsi bayi hanya sampai melewati esofagus, maka susu yang diludahkan akan berwarna persis sama seperti pada saat bayi mengkonsumsinya. Tetapi bila susu tersebut telah sampai diperut, maka susu yang diludahkan akan tampak dan berbau asam.

MENGAPA BAYI MELUDAH

eludah disebabkan karena sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna. Otot di esofagus (saluran antara kerongkongan dan perut) dan perut masih belum menutup dengan baik. Karena saluran ini terbuka, maka isi perut dapat dengan mudah keluar kembali keatas.

BERAPA KALI BAYI MELUDAH?

Meludah sangat umum terjadi pada bayi, karena itu hal ini merupakan hal yang dianggap normal. Beberapa bayi mempunyai frekuensi kebiasaan meludah yang lebih banyak dari bayi lain.



Hampir 50% bayi umur 0-3 bulan suka meludah, hal ini terjadi sampai bayi mencapai usia sekitar 4 bulan. Kebiasaan meludah ini akan hilang saat proses pencernaan bayi telah sempurna.

SEJAUH MANA KEBIASAAN MELUDAH INI DIANGGAP HAL YG NORMAL

Meskipun kelihatannya bayi meludahkan semua susu yang dia konsumsi, sebetulnya bayi hanya meludahkan satu atau dua sendok teh susu yang telah tercampur dengan air ludah dan mukus. Cobalah untuk menumpahkan satu sendok teh susu di meja, anda akan melihat bahwa susu tersebut akan kelihatan sangat banyak

APAKAH MELUDAH BISA MENYAKITI BAYI

Bayi yang meludah tetap sehat. Hanya sedikit bayi – 1 diantara 1.000 sampai 1 diantara 300 – yang mengalami komplikasi.



Meskipun hal ini bukan merupakan hal yang serius, meludah dapat merupakan hal yang menguatirkan bagi bayi dan orang tuanya. Sebuah studi telah membuktikan bahwa bayi yang suka meludah biasanya mempunyai permasalahan dalam pemberian makan – termasuk diantaranya menolak untuk makan lebih lama dari satu jam – setelah bayi berumur satu tahun. Para ahli menyimpulkan bahwa bayi yang menderita regurgitasi dapat mengasosiasikan makan sebagai hal yang tidak menyenangkan sehingga bayi cenderung untuk menghindari makan.

KAPAN BAYI BERHENTI UNTUK MELUDAH?

Bila bayi meludah dalam frekuensi yang tidak terlalu sering, anda tidak perlu kuatir. Hal ini akan berkurang secara signifikan saat bayi berumur 6-7 bulan.



Bayi yang sering meludah biasanya akan terus meludah sampai berumur 10-12 bulan. Meludah jarang terjadi pada bayi yang berusia diatas 12 bulan, dan biasanya akan berhenti pada saat bayi berumur 18 bulan.



Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan bila anda mempunyai beberapa keluhan.

KAPANKAH KITA HARUS MULAI WASPADAPD KEBIASAAN MELUDAH BAYI?

Meludah biasanya bukan sesuatu hal yang perlu diwaspadai, asalkan bayi anda gembira dan tetap mengkonsumsi susu dengan baik. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kesehatan anda saat bayi anda mulai muntah.



Bagaimana membedakan antara meludah dan muntah? Bayi tampak tidak bermasalah saat mereka meludah, lain halnya saat dia muntah, bayi akan tampak tersiksa. Bayi dapat meludah sambil tersenyum, sedangkan saat muntah dia akan menangis. Muntah biasanya terjadi setelah bayi selesai makan dan jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan meludah.



Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan anda saat bayi anda muntah, karena hal ini mungkin merupakan tanda adanya suatu penyakit.

SESUATU YG DAPAT DIBERIKAN KPD BAYI YG MENGKONSUMSI SUFOR UNTUK MENCEGAH KEBIASAAN MELUDAH

Bayi yang jarang meludah mempunyai kebutuhan nutrisi yang sama dengan bayi yang lain, pemberian susu formula dapat membantu pemenuhan nutrisi tersebut. Beberapa ahli menyarankan penggunaan susu anti regurgitasi untuk mengurangi kebiasaan meludah.



Susu anti regurgitasi ini mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Susu ini terbukti efektif mengurangi kebiasaan dan volume regurgitasi. Bayi menjadi jarang menangis dan tidur lebih lama.

ADAKAH CARA UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN MLUDAH PD BAYI?

Beberapa tips dibawah ini dapat membantu mengurangi kebiasaan meludah:

Berilah makan bayi anda sebelum dia kelaparan. Bayi yang lapar cenderung untuk makan terlalu banyak dan terlalu lahap.

Berilah makan bayi secara perlahan tanpa tergesa-gesa. Bayi yang menangis cenderung menelan udara yang dapat mengakibatkan mereka meludah.

Hindarilah gangguan selama proses pemberian makanan

Jagalah agar posisi kepala bayi tetap tegak pada saat makan

Buatlah bayi anda bersendawa setiap 3-5 menit selama proses pemberian makan

Tegakkan bayi segera setelah makan

Jangan mengajak bayi bercanda atau bermain langsung setelah selesai makan

Bila anda memberikan susu formula, pastikan bahwa lubang puting botol susu tidak terlalu besar (susu formula akan mengalir terlalu cepat) ataupun terlalu kecil (dapat membuat bayi frustasi dan dia akan banyak menelan udara). Lubang puting yang ideal adalah saat botol dibalik, beberapa tetes susu dapat keluar dengan mudah.

Janganlah meninggikan posisi tempat tidur bayi sehingga posisi kepala bayi lebih tinggi dari posisi perut, kecuali ahli kesehatan anda menyarankannya.

BILA SUFOR TIDAK DAPAT MEMBANTU MENGURANGI KEBIASAAN MELUDAH PD BAYI,APAKAH YG SEBAIKNYA DILAKUKAN/

Bila kebiasaan meludah tidak bisa diatasi dengan bantuan susu formula (meskipun hal ini sangat jarang terjadi), beberapa jenis obat dapat membantu. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan anda.

BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN NODA LUDAH BAYI?

Campurlah air dengan sedikit baking soda. Cairan ini dapat digunakan sebagai penghilang noda ludah bayi dan menetralisir bau dengan cara menggosok noda ludah dengan lap yang telah dibasahi dengan campuran tersebut.
   
12-12-2007 10:59:14 Test untuk mengetahui autisme
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Bila anak mengalami gejala yang mengarah ke Autisme, jangan tunggu. Segera cari pertolongan. Terapi sebaiknya dilakukan walau diagnosis belum ditegakkan dengan pasti. Bila terapi dilakukan sejak dini, hasilnya akan jauh lebih baik dibandingkan bila anak sudah berumur 5 tahun lebih.

Untuk mengetahui gejalanya, jawab saja pertanyaan pada skrining berikut. Pengalaman saya menunjukkan bahwa skrining ini sangat bermanfaat untuk menguatkan kecurigaan autisme. Tentunya, harus disusul oleh pemeriksaan yang lebih lengkap.
Pervasive Develpmental Disorder Screening Test - II
Untuk anak berumur 12-24 bulan

1. Apakah anak anda sering terlihat bosan atau tidak berminat terhadap pembicaraan atau suatu aktivitas di sekitarnya?
2. Apakah anak anda sering mengerjakan suatu pekerjaan atau bermain dengan suatu benda, yang dilakukannya berulang-ulang dalam waktu yang lama, sehingga anda merasa heran mengapa anak seumurnya dapat berkonsentrasi sangat baik?
3. Apakah anda memperhatikan bahwa anak anda dapat sangat awas terhadap suara tertentu misalnya iklan di TV, tetapi seperti tidak mendengar suara lain yang sama kerasnya, bahkan tidak menoleh bila dipanggil?
4. Apakah anda merasa bahwa perkembangan anak (selain perkembangan kemampuan berbicara) agak lambat (misalnya terlambat berjalan)?
5. Apakah anak anda hanya bermain dengan satu atau dua mainan yang disukainya saja hampir sepanjang waktunya, atau tidak berminat terhadap mainan sama sekali?
6. Apakah anak anda sangat menyukai meraba suatu benda secara aneh, misalnya meraba-raba berbagai tekstur seperti karpet atau sutera?
7. Apakah ada seseorang yang menyatakan kekuatiran bahwa anak anda mungkin mengalami gangguan pendengaran?
8. Apakah anak anda senang memperhatikan dan bermain dengan jari-jarinya?
9. Apakah anak anda belum dapat atau tidak dapat menyatakan keinginannya, baik dengan menggunakan kata-kata atau dengan menunjuk menggunakan jarinya?
10. Apakah anak anda tampaknya tidak berminat untuk belajar bicara?
11. Apakah anak anda seperti tidak mempunyai rasa takut terhadap benda atau binatang yang berbahaya?
12. Bila anda mencoba menarik perhatiannya, apakah kadang-kadang anda merasa bahwa ia menghindari menatap mata anda?
13. Apakah anak anda suka digelitik dan berlari bersama, tetapi tidak menyukai bermain “ciluk-ba”
14. Apakah ia pernah mengalami saat-saat ia menjadi kurang berminat terhadap mainan?
15. Apakah ia menghindari atau tidak menyukai boneka atau mainan berbulu?
16. Apakah ia tidak suka bermain dengan boneka atau mainan berbulu?
17. Apakah ia terpesona pada sesuatu yang bergerak, misalnya membuka-buka halaman buku, menuang pasir, memutar roda mobil-mobilan atau memperhatikan gerakan air?
18. Apakah anda merasa bahwa kadang-kadang anak anda tidak peduli apakah anda berada atau tidak ada di sekitarnya?
19. Apakah kadang-kadang suasana hatinya berubah tiba-tiba tanpa alasan yang jelas?
20. Apakah ia mengalami kesulitan untuk bermain dengan mainan baru, walaupun setelah terbiasa ia dapat bermain dengan mainan tersebut?
21. Apakah ia pernah berhenti menggunakan mimik yang sudah pernah dikuasainya, seperti melambaikan tangan untuk menyatakan da-dah, mencium pipi, atau menggoyangkan kepala untuk menyatakan tidak?
22. Apakah anak anda sering melambaikan tangan ke atas dan ke bawah di samping atau di depan tubuhnya seperti melambai-lambai bila merasa senang?
23. Apakah anak anda menangis bila anda pergi, tetapi seperti tidak peduli saat anda datang kembali?

Jumlah jawaban “ya” untuk nomor ganjil ..........
Jumlah jawaban “Ya” untuk nomor genap ..........

Penafsiran
Bila ada 3 atau lebih jawaban “Ya” untuk nomor ganjil, anak harus diperiksa lebih lanjut untuk menentukan apakah ia mengalami autisme.
Bila ada 3 atau lebih jawaban “Ya” untuk nomor genap, anak harus diperiksa apakah ia mengalami gangguan perkembangan selain autisme.

Sumber: Siegel B. Pervasive Developmental Disorders Clinic and Laboratory, USA, 1999.
   
16-02-2017 13:16:36 Hamil Muda
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Hallo.
Sya Ibu Muda mempunyai Putri berumur 5 tahun. Sekarang saya lgi hamil mau memasuki usia kandungan 1 bulan. Yg saya tnyakan : Bolehkah Ibu Hamil dengan usia kandungan 3 minggu makan sayur pakis?? Amankah untuk janin sya??

Terima Kasih.
   
04-08-2016 15:24:53 satu tahun gigi belum tumbuh
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
minta infonya dong bunda bunda.. anakku berumur satu tahun pas bun.. tapi gigi belum juga muncul alias gigi belum tumbuh.. kenapa ya bun?? terus apa yg harus sya lakukan bund??