SITE STATUS
Jumlah Member :
493.749 member
user online :
1084 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: minum suprait dan di campur bodrex 3 butir bisa menggugurkan

New Topic :  
21-02-2008 18:09:30 aneka resep makanan buat baby
Jumlah Posts : 62
Jumlah di-Like : 2
sekilas artikel tentang MPASI utk Ibu muda/ ibu baru



Bayi sebaiknya di berikan ASI eklusif hingga usia 6 bulan. Karena bagi bayi usia tersebut tidak ada makanan lain yang sebaik ASI. Namun jika kondisi tertentu, seperti produksi ASI tidak mecukupi kebutuhan nutrisi bayi atau alasan medis yang lain, maka pada usia 4 bulan bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI. Menginjak usia 6 bulan ke atas, ASI sebagai sumber nutrisi sudah tidak mencukupi lagi kebutuhan gizi yang terus berkembang. Perlu diberikan makanan pendamping ASI. Teks & Foto: Budi Sutomo



Bayi dilahirkan dengan kemampuan refleks makan, seperti mengisap, menelan dan akhirnya mengunyah. Pemberian makanan pendamping ASI harus disesuaikan dengan perkembangan sistem alat pencernaan bayi, mulai dari makanan bertekstur cair, kental, semi padat hingga akhirnya makanan padat. Secara umum kesiapan bayi menerima makanan pendamping ditandai dengan hal-hal berikut:

1. Bayi mulai memasukan tangan ke mulut dan mengunyahnya.

2. Bayi merespon dan membuka mulutnya saat disuapi makanan.

3. Hilangnya refleks menjulurkan lidah

4. Bayi lebih tertarik pada makanan dibandingkan botol susu atau ketika disodorkan puting susu.

5. Bayi rewel atau gelisah padahal sudah diberi asi atau susu formula sebanyak 4-5 kali sehari.

6. Bayi sudah bisa duduk sambil disangga dan sudah mampu menegakkan kepalanya.



Variasi Makanan Pendamping

Memberikan makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan secara bertahap baik dari tekstur maupun jumlah prosinya. Kekentalan makanan dan jumlah harus disesuaikan dengan ketrampilan dan kesiapan bayi di dalam menerima makanan. Dari sisi tekstur makanan, awalnya bayi diberi makanan cari dan lebut, setelah bayi bisa menggerakan lidah dan proses mengunyah, bayi sudah bisa diberi makanan semi padat. Sedangkan makanan padat diberikan ketika bayi sudah mulai tumbuh gigi geligi. Porsi makana juga berangsur mulai dari satu sendok hingga berangsur-angsur bertambah sesuai porsi bayi.



Sebaiknya pengenalan makanan bayi dimulai dari satu jenis makanan, misalnya pisang, papaya, avokad. Perhatikan responnya, apakah bayi mentoleransi atau tidak. Bayi biasanya lebih menyukai makanan manis dan bayi biasanya akan memuntahkan jika tidak suka. Jangan dipaksakan jika bayi menolak, berikan jenis makanan pengganti lain dengan rasa berbeda sebagai gantinya. Ketrampilan menelan pada bayi tergantung pada rangsangan yang tepat pada saraf pengecapannya. Karenanya berikan makanan manis seperti sari buah-buahan pada ujung lidah. Dan sayuran pada bagian tengah. Kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah. Citarasa sayuran cenderung langu dan kurang diminati bayi, agar terbiasa makan sayuran, kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah.



Pada usia 6-9 bulan tekstur makanan sebaiknya makanan cair, lembut atau saring, seperti bubur buah, bubur susu atau bubur sayuran saring/dihaluskan. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai beralih ke makanan kental dan padat namun tetap bertekstur lunak, seperti aneka nasi tim. Usia 12-24 bulan bayi sudah mulai dikenalkan makanan keluarga atau makanan padat namun tetap memperhatikan rasa. Hindari makanan-makanan yang dapat menggangu organ pencernaan, seperti makanan terlalu berbumbu tajam, pedas, terlalu asam atau berlemak. Pada masa ini kenalkan finger snack atau makanan yang bisa dipegang seperti cookies, nugget atau potongan sayuran rebus atau buah. Ini penting untuk melatih ketrampilan di dalam memegang makanan dan merangsang pertumbuhan giginya.



Organ pencernaan bayi belum sesempurna orang dewasa, makanan tertentu bisa menyebabkan ganguan pencernaan, seperti sembelit, muntah atau perut kembung. Makanan yang dihindari seperti, makanan yang mengandung gas, durian, nangka, cempedak, tape, kol dan kembang kol.



Makanan untuk Daya Tahan Tubuh Bayi



Makanan yang diberikan bayi harus tepat baik jenis makanannya, jumlahnya hingga kandungan gizinya. Meskipun secara fisik masih bayi namun kebutuhan akan jenis zat gizi, bayi sama dengan orang dewasa, yaitu karbohidrat untuk sumber tenaga (padi-padian, kentang), protein nabati dan hewani untuk pertumbuhan (susu, daging, telur, ikan, kacang-kacangan), vitamin dan mineral untuk menjaga dan memelihara kesehatan.

Agar bayi tumbu sehat diperlukan vitamin A agar kesehatan matanya terjaga dan menjaga dari serangan inveksi. Vitamin D baik untuk pertumbuhan gigi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari serangan penyakit, bayi memerlukan beragam vitamin dan mineral esensial. Seperti vitamin C, E, A dan seng. Sedangkan golongan antioksidan penangkal radikal bebas bayi perlu golongan vitamin A,E dan C.



Variasi Bubur untuk Bayi

Bubur susu cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas, teksturnya yang lembut mudah dicerna dan diserap alat pencernaan bayi. Penambahan tepung seperti tepung beras atau tepung maizena bisa dilakukan. Tujuan penambahan tepung adalah meningkatkan nilai gizi dari bubur, susu sebagai sumber protein dan tepung sebagai sumber karbohidrat pemberi energi bayi. Sebenarnya variasi makanan bayi tidak hanya bubur susu. Yang perlu diperhatikan adalah dalam pemilihan susu, jika menggunakan susu olahan berikan susu formula yang sesuai dengan usia bayi. ASI juga bisa ditambahkan ke dalam bubur susu, proses membuatnya setelah tepung direbus dengan air atau kaldu (air rebusan daging ayam/daging atau ikan) hingga matang dan mengental, tambahkan larutan susu formula hangat atau ASI, baru diaduk rata. Susu apalagi ASI sebaiknya jangan direbus karena akan merusak kandungan gizinya, cukup diseduh dengan air panas/hangat dan di campur dengan bubur tepung.



Variasi makanan pendamping asi tidak hanya bubur tepung, bubur buah dan bubur sayuran. Perlu diberikan selang-seling dengan bubur susu agar kebutuhan akan vitamin dan mineral bayi terpenuhi. Bubur buah bisa menggunakan avokad, sari jeruk manis, papaya, melon, semangka atau pisang. Jangan menggunakan buah-buahan terlalu asam dan berserat kasar seperti nanas karena bayi belum pencernaan bayi belum bisa menerima. Sayuran seperti wortel, kacang merah, kacang hijau, tomat dan kentang juga bisa dibuat bubur sayuran. Cairan yang digunakan bisa kaldu daging, kaldu ikan, kaldu ayam atau kaldu sayuran.



Nasi Tim
Variasi nasi tim untuk MP-ASI sebaiknya jangan menggunakan bahan yang monoton. Variasikan setiap hari, ini penting agar bayi tercukupi semua gizinya. Mengingat kandungan gizi setiap bahan pangan juga berbeda satu dengan yang lain. Selain nasi sebagai bahan utama sumber karbohidrat, di dalam nasi tim sebaiknya mengandung protein hewani atau nabati dan sayuran. Seperti nasi tim, ditambah dengan daging cicang dan potongan kecil wortel. Atau nasi tim dikombinasi dengan tahu, tomat atau bayam.


Makanan yang Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Bubur tepung beras/beras merah, dimasak dengan menggunakan cairan air/kaldu daging/sayuran, susu formula, ASI atau air.
2. Bubur tepung baik tepung maizena, dimasak dengan kaldu atau susu formula/ASI
3. Pure buah atau buah yang dihaluskan, seperti pisang, papaya, melon, apel, avokad.
4. Pure sayuran, sayuran yang direbus kemudian dihaluskan menggunakan blender. Sayuran yang dianjurkan, kacang polong, kacang merah, wortel, tomat, kentang, labu kuning. Selama memblender sayuran sebaiknya ditambah dengan kaldu atau air matang agar tekstur sayuran dapat lembut.
5. Pure Kacang, kacang merah/kacang hijau/kacang polong yang direbus dengan kaldu hingga empuk kemudian di haluskan dengan blender. Pastikan blender dan alat saji berlabel food grade agar aman bagi bayi.
6. Daging, pilih yang tidak berlemak
7. Ayam, pilih daging ayam kampung muda tanpa tulang, kulit dan lemak.
8. Ikan, pilih daging ikan tanpa duri seperti fillet salmon, fillet ikan kakap dan gindara.

Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Semua jenis makanan yang mengandung protein gluten, biasanya terdapat di dalam tepung terigu, barley, biji kandum, cookies dari tepung terigu dan havermut. Protein gluten di dalam bahan pangan ini seringkali menyebabkan reaksi gluten intolerance yang menyebabkan perut kembung, mual dan diare pada bayi.
2. Hidari pemberian gula, garam, bumbu masak/penyedap rasa terhadap makanan bayi.
3. Makanan terlalu berlemak
4. Buah terlalu asam, seperti jeruk, sirsak
5. Makanan terlalu pedas atau berbumbu tajam, hindari cabe, lada dan asam
6. Susu sapi dan olahannya. Khususnya untuk bayi yang memiliki reaksi alergi terhadap susu sapi atau lactose intolerance
7. Buah-buahan mengandung gas, durian, cempedak, pemicu kembung dan sembelit
8. Sayuran mengandung gas, kol, kembang kol, lobak, pemicu perut kembung
9. Kacang tanah, bisa menyebabkan alergi atau pemicu anaphylactic shock atau pembengkakan pada tenggorokan sehingga bayi susah bernapas.
10. Seringkali telur memicu alergi, berikan bertahap dengan porsi kecil dan lihat reaksinya. Jika tidak menimbulkan alergi telur bisa diberikan.

Jadwal Pemberian Makanan Pada Bayi
Pola makan bayi sebenarnya tidak ada acuan pastinya, karena waktu makan bayi dan istirahat bayi belum teratur seperti orang dewasa, karenanya gunakan pola makan sehari sebagai berikut.
Berikan ASI sekehendak atau semaunya bayi.
Jika menggunakan susu formula pengganti ASI, berikan 5 kali sehari dengan takaran 180-210 ml untuk bayi usia 4-5 bulan. Untuk, bayi usia 5-6 bulan, berikan 5 kali sehari dengan takaran susu 210 ml-240 ml setiap kali minum. Tambahkan satu kali bubur susu dan satu kali bubur buah atau pure sayuran.

Kebutuhan gizi bayi
Usia bayi 0-6 bulan dengan berat 6,0 kg dan tinggi 60 cm, angka kecukupan gizi yang dianjurkan perharinya adalah:

Energi 550 kkal
Protein 10 g
Vitamin A 375 RE
Vitamin D 5 mcg
Vitamin E 4 mg
Vitamin C 40 mg
Vitamin B12 0/4 mcg
Kalsium 200 mg
Besi 0.5 mg
Seng 1.3 mg

Sumber: Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi, 2004
   


28-12-2016 19:16:55 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
putri arista : bunda,,uk saya skrg 26w..dr awal hamil sampe skrg kenaikan bb saya cm 3,5kg bun jd skrg bb saya 53,5kg dan kt spog saya ga ada mslh selama bb janin normal,,utk susu hamil saya jg cm minum di trimester pertama bun dan spog jg ga menyarankan hrs minum sumil..dan di artikel yg pernah saya baca jg sumil kurang bagus utk bumil krn ada kemungkinan bayi nya alergi susu sapi..itu aja sih bun yg saya tau 😊
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
lagi nyari2 info nih awal bulan agustus aku mencoba lagi promil setelah menikah hampir 5th blm dikasih momongan dari hasil usg alhamdulillah gak ada apa2 siklus haid aku pun lancar tiap bulannya trus dokternya kasih obat regumen norethisterone selama 20 hari 1 hari 2x harus tepat minumnya setiap jam 7 pagi sm jam 7 malem dan di bulan agustus ini ak gak haid setelah obat regumen mau habis kita ke dokter lagi dan katanya memang begitu pengaruh dr obat regumen lalu saya dikasih lagi obat norelut norethisterone selama 15 hari dan minumnya sama dgn obat sebelumnya harus pas jam 7 pagi dan 7 malem kata dokternya kalo sudah habis nanti akan mens dan di hari ke 3 mens disuruh dateng lagi tp sekarang baru di hari ke 2 minum norelut udh keluar flek kenapa ya bunda,pagi tadi sy jogging kayanya flek itu keluar pas sedang lari pagi itu tp sekarang udh gak ada lagi, ada yg bisa bantu jawab atas kegundahan aku ini 😊😊
   


29-04-2014 07:20:42 makanan tambahan
Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : belum ada like
MPASI ? Susu lain selain ASI
Informasi - 15 comments - Mia Sutanto
Selamat, bayi anda sekarang sudah berusia 6
bulan, sudah lulus ASI eksklusif (ASIX) dan
sudah waktunya untuk diperkenalkan dengan
Makanan Pendamping ASI (MPASI). Artikel ini
tidak akan membahas mengenai berbagai jenis
MPASI hasil olahan makanan padat, tetapi lebih
terfokus pada pertanyaan ?APAKAH BAYI SAYA
PERLU DIBERIKAN TAMBAHAN SUSU LAIN
SELAIN ASI??.
Beberapa mitos yang berkembang:
1. Bayi harus diajarkan untuk minum dari botol
supaya mereka bisa diberikan ASI Perah
(ASIP) ketika ibunya sedangdiluar rumah.
TIDAK BENAR. Beberapa bayi ASIX tidak
akan pernah mau minum dari botol ketika
mereka mencapai usia 2 atau 3 bulan.
Kebanyakan dari bayi-bayi ASIX yang belum
pernah disusui dengan botol dan dot,
bahkan mereka yang pada minggu-minggu
pertama kehidupan sempat disusui dengan
botol kemudian berhenti, akan menolak
botol tersebut ketika mereka berusia 4 atau
5 bulan. Ini bukanlah suatu tragedi , jadi
tidak ada alasan untuk memberikan botol
kepada bayi di awal kehidupannya dengan
dalil supaya bayi belajar untuk minum dari
botol. Apabila bayi anda menolak, jangan
dipaksakan; ibu dan bayi akan sama-sama
menjadi frustasi. Apabila bayi berusia
sekurangnya 6 bulan ketika anda mulai
masuk kerja lagi di kantor, maka bayi benar-
benar tidak perlu untuk minum dari botol.
Bahkan jika bayi anda baru berusia 4 bulan
(atau bahkan mungkin dibawah 4 bulan), dia
tidak perlu belajar untuk minum dari botol.
Dia bisa diberikan cairan dengan
menggunakan sendok, pipet ataupun spuit
(suntikan biasa, ataupun yang khusus untuk
minum obat dan vitamin). Selain daripada
itu, bayi bisa mulai belajar untuk minum
dari cangkir pada saat berusia 5 atau 6
bulan (bahkan dibawah usia 5 bulan sudah
bisa diberikan cairan melalui cangkir).
Cangkirnya boleh jenis yang terbuka, tidak
perlu tipe gelas khusus yang pakai spout
(dot khusus untuk belajar minum). Mulailah
dengan memberikan air putih (pada usia 6
bulan) karena pada permulaan belajar bayi
akan lebih banyak menumpahkan
minumannya. Namun, apabila bayi belum
bisa untuk minum dari cangkir pada saat
anda sudah akan mulai masuk kerja lagi,
jangan khawatir, bayi anda tetap bisa minum
cairan dengan menggunakan sendok, pipet
atau pun spuit tadi.
2. Tetapi tidak ada salahnya kan untuk
mengajarkan bayi supaya mau minum dari
botol.
TIDAK SEPENUHNYA BENAR . Ada beberapa
bayi yang tidak mengalami masalah sama
sekali dengan metode Some babies do fine
with both. Sesekali memberikan cairan
melalui botol, apabila kegiatan menyusui
berjalan dengan lancar, tidak akan terlalu
berpengaruh. Namun, apabila bayi secara
rutin diberikan asupan melalui botol
(beberapa kali dalam sehari), dan pasokan
ASI anda juga mengalami penurunan karena
bayi semakin jarang menyusu secara
langsung pada anda, maka kemungkinan
besar bayi akan mulai menolak untuk
menyusu sama sekali, bahkan untuk bayi
yang berusia diatas 6 bulan sekalipun.
3. Bayi perlu minum susu ketika ibu sedang
berada diluar rumah.
TIDAK BENAR. Menyusu sekurangnya 3-4
kali dalam 24 jam ditambah dengan berbagai
macam hidangan MPASI dengan gizi
seimbang, akan memberikan seluruh nutrisi
yang dibutuhkan oleh bayi anda sehingga
bayi tidak memerlukan jenis susu lainnya
ketika anda sedang berpergian. Ditambah
lagi, hidangan MPASI-nya bisa juga
dicampurkan dengan ASIP, tetapi ini bukan
suatu keharusan.
4. Seandainya saya ingin memberikan susu
selain ASI kepada bayi saya,maka lebih baik
susu buatan (susu formula) sampai dengan
bayi berusia 9 bulan.
TIDAK BENAR. Apabila bila bayi masih
menyusu beberapa kali dalam sehari dan
juga mendapatkan asupan MPASI dengan
menu gizi seimbang, maka susu formula
sama sekali tidak diperlukan dan tidak
dianjurkan. Bahkan, bayi-bayi yang belum
pernah mencicipi susu formula ketika
mereka berusia dibawah 5-6 bulan,
kebanyak akan menolak untuk minum
tersebut karena rasanya yang tidak enak.
(Kenapa ASI rasanya jauh lebih manis
dibandingkan dengan susu formula padahal
kandungan gulanya sama).
5. Bayi perlu minum susu (formula) untuk
mendapatkan asupan kalsium.
TIDAK BENAR. Apabila anda khawatir
mengenai asupan kalsium bayi anda, maka
kalsium dapat diperoleh dari keju ataupun
yoghurt. Tidak perlu untuk minum kalsium.
Lagipula, apabila bayi masih menyusu,
ASIanda juga mengandung kalsium.
6. Susu formula lanjutan (susu buatan untuk
anak diatas usia 6 bulan) secara khusus
diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan anak
diantara usia 6-12 bulan.
TIDAK BENAR. Susu formula lanjutan sama
sekali tidak perlu, dan secara khusus
diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan
marjin keuntungan perusahaan produsen
susu formula. Jenis susu ini juga
merupakan bagian dari strategi pemasaran
perusahaan produsen susu formula untuk
mensiasati batasan-batasan yang berlaku
sehubungan dengan promosi dan pemasaran
susu buatan secara langsung ke
masyarakat.
7. Bayi ASIX pada usia 4 bulan perlu
mendapatkan tambahan asupan zat besi
selain dari ASI.
TIDAK BENAR. Untuk bayi yang lahir cukup
bulan dan sedang dalam masa ASIX, seluruh
kebutuhan zat besi dipasok oleh ASI.
Namun, pada usia kurang lebih 6 bulan,
merupakan hal yang baik untuk mulai
memberikan tambahan asupan zat besi
kepada bayi, selain dari ASI. Cara terbaik
untuk melakukan hal tersebut adalah melalui
makanannya (MPASI), dan sumber zat besi
yang terbaik adalah daging (merah), bukan
susu formula dan bukan juga sereal bayi.
8. Cara paling baik untuk meyakinkan bahwa
anak mendapatkan zat besi adalah dengan
memberikan sereal bayi.
TIDAK BENAR. Sereal bayi memang
mengandung zat besi dalam jumlah yang
tinggi, tetapi sebagian besar dari zat besi
tersebut tidak dapat diserap oleh sistem
pencernaan tubuh, sehingga jumlah zat besi
yang tinggi tersebut seringkali
menyebabkan sembelit pada bayi.
Selanjutnya, banyak bayi ASIX yang tidak
suka dengan rasa sereal. Tidak salah kok
kalau kita mau mencoba memberikan sereal
bayi, tetapi jangan dipaksakan karena bisa
menimbulkan masalah seputar kebiasaan
makan di kemudian hari. Cara paling tepat
untuk memastikan apakah bayi kita cukup
mendapatkan asupan zat besi adalah dengan
terus memberikan ASI dan memperkenalkan
MPASI dengan suasana yang relaks,
menyenangkan dan pada waktu yang tepat.
Cara paling mudah untuk memberikan
tambahan zat besi kepada bayi berusia 6-12
bulan adalah melalui asupan daging (merah),
karena zat besi yang terkandung didalam
daging sangat mudah dicerna dan diserap
oleh usus bayi.
   
17-06-2017 23:49:20 hamil lg
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat malam,PD tgl 13mei2017 saya melahirkan tapi bayi saya meninggal karena usia kndngn masih 8bulan.dan Di Minggu ke 3 masa nifas selesai saya melakukan hbgn intim.apakah saya bisa lgsg hamil??trims
   


12-07-2015 12:56:18 Batuk di 23 w
Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : belum ada like
halo bunda..wkt usia 3bln sy batuk sy cm minum madu asli di campur air hangat.alhamdulillah 2-3hr sdh baikan
   
13-05-2015 15:52:47 blm ada tanda2
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
Hy bund, slam kenal ya bwt bund smw. tanda" nya klo dede nya mw lahir yg aq tw keluar lendir darah, pecah ketuban sm kontraksi (mules) rasany melebihi mules nya org yg lg sakit perut. tp klo dl aq keluar flek slama 3 hari dan di hari ke 3 nya baru keluar darah sprti org haid smp harus pk pembalut sgala dan ternyata sdh masuk pembukaan 2. Semoga bund smw nya diberikan kmudahan & kelancaran dlm persalinannya nnt.
   
04-11-2013 10:30:42 dsa atau dr kulit
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
dok, anak saya usia 17 bln.timbul bercak merah di seluruh kaki,tangan, muka.tp di bdn tidak.disertai panas 2 hari.saya bw ke dsa, katanya sakit hmfd.tp di mulut tidak.panasnya sdh turun, tp bercakny belum hilang.ada ygngasih saran dibw ke dr kulit.setelah minum obat dan di beri salep,belum ada perubahan sama sekali.bercakny msh banyak dan masih gatal.anakny aktif dan mau makan.niatny mau di periksain lg.tp yg lebih baik ke dsa atau ke dr kulit. sakitnya sdh lebih 2 minggu.
   
Jumlah Posts : 64
Jumlah di-Like : 1
bunda bunda silahkan lebih banyak bertanya ke dokter ttg bermanfaat/tidaknya susu ya..baik susu hamil,susu biasa,susu balita,dan susu anak bayi...bisa juga lihat disini : http://mamacerdas.com/ibu-hamil-tidak-wajib-minum-susu ... dan di artikel lainnya silahkan googling. intinya,jika ibu blm bisa minum susu tdk usah dipaksa,jgn jadikan kehamilan menjadin tersiksa hanya karena terpaksa minum susu untuk memenuhi gizi.yg kedua, harus sgt diperhatikan cara pembuatan susu,jgn sampai hilang nilai gizi karna salah saat menyeduh susu. semoga bermanfaat bagi bunda bunda semua :-)
   
Jumlah Posts : 77
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat pagi bunda, smlm aku ngersain sakit pinggang yg luar biasa smpe ke bangun lg tidur . anehnya cuma pinggang sebelah kiri aja dan di campur sama rasa mules d perut, ada yg tau ga ya itu knp bunda ?
usia kandunganku skrg 13week, tolong d bantu jawab ya bun ;)
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Anak ku saat ini usianya > 4 bln, sudah mulai aku kasih makanan cair seperti pisang, kentang & wortel yg di blender dan di campur ke dalam susu nya, karena aku takut kalau di kasih makannya > 6 bln anaknya tidak doyan makan karena dari 0 bln hanya mengenal susu.
kira-kira bahaya gak ya untuk pencernaannya ?
karena dia temanku baru memberi makan anaknya pada usia 6 bln dan sd saat ini anaknya tidak ada yg doyan makan, jd hanya susu plus jajanan saja.
mohon saran dan masukannya ya..
   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda...

Apa itu stimulasi dini??
*merangsang indra/sensorik janin/bayi sejak dini (dalam kandungan) terutama sejak kehamilan 6 bulan. Oleh keluarga yaitu bunda,ayah,nenek,kakek,tante,om dll, dan di lanjutkan sampai 3 tahun..setelah 3 tahun bisa d lanjutkan di sekolah

Apa Manfaat stimulasi dini janin
Untuk merangsang semua indra (sensorik) janin, rangsangan di teruskan ke sel-sel otak, sel-sel otak yang dirangsang terus menerus memperkuat hubungan antar sel otak (sinaptogenesis) menjadi rangkaian fungsional (sirkuit) yang permanen. Janin dan kualitas sirkuit yang permanen tergantung jenis dan lamanya rangsangan, semakin komplek (bervariasi) rangsangan akan semakin komplek (canggih) sirkuit ->permanen -> semakin cerdas, kreatif, kaya emosi & bahasa.

Bagaimana stimulasi dini janin
merangsang semua indra (sensorik) janin terutama pendengaran, sentuhan, perasaan. Yaitu dengan mengajak ngobrol janin seolah bertanya jawab dengan janin, bercerita yang menyenangkan ibu (&janin), mendongengkan/membacakan cerita, menyanyikan lagu (yang disukai ibu adalah yang disukai janin juga), putar musik yang menyenangkan, mengelus2 perut ibu dengan perasaan kasih sayang setiap hari oleh ibu,ayah,nenek, kakek,om,tantedll

Jika tidak dilakukan stimulasi dini?
rangsangan sel-sel otak sangat sedikit, sel-sel otak yang tidak mendapat rangsangan sinaps (sambungannya) akan rontok (pruning) mulai umur 1-2 tahun sampai umur 14 thn. Proses berfikir tidak canggih, kecerdasan,kreatifitas terbatas/rendah. Kemampuan berbahasa terbatas, perkembangan emosi terbatas, prestasi sekolah rendah.

semoga info yang sedikit ini bermanfaat buat bunda2 semua..
HAPPY PREGNANT bunda..
bagi pengalamn yuuukkkkkzz
   
Jumlah Posts : 108
Jumlah di-Like : 3
 Dear para Bunda...
 sekarang aku hamil anak pertama usinya  4 minggu ,akhir -akhir ini sering sekali ngerasa perutku kembung disertai  mules-mules..apa ini di karenakan aku minum susu dan di selingi makan buah2an(jeruk , apel dan pear hijau ) , dan aku juga minum Vit dan penguat kandungan (masuk dubur) yang di kasi dokterku .apakah kembung sama mules 2 itu di karenakan  susu + vit dan buah2an yg aku konsumsi?
apakah para bunda ada yg pernah mengalami hal yg serupa/, share ya bunda 
makasi Bunda

   
20-05-2009 08:30:41 sering gumoh
Jumlah Posts : 90
Jumlah di-Like : belum ada like
1. Setelah minum susu, babynya di tepuk2 punggungnya biar baby bisa bersendawa dan gak gumoh lagi.
2. Memang kapasitas lambung babynya yang kecil sehingga pemberian susunya disiasati dengan cara memberi sedikit2 tapi sering. jadi gak langsung dalam jumlah banyak sekaligus.

salam sayank
Bunda Aby
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
say,
aku ibu dari 1 anak (cowok, 3 th) , setelah anakku 2 th aku hamil lagi, tapi BO dan di kuret pada usia kehamilan 8 minggu, 5 bulan kemudian aku hamil lagi, tapi terulang lagi, BO dan dikuret lagi di usia kehamilan  9 minggu.
secara psikologis, aku sudah menyerah, tapi karena keluarga, lingkungan & dokterku mendukung aku untuk hamil lagi... aku jadi punya keberanian untuk hamil lagi.
Belum sih..... nanti kalo udah 3 bulan  setelah kuret terakhir, baru berani hamil lagi.
So, kesimpulannya, setelah keguguran dan di kuret, kita masih tetap bisa hamil lagi (istirahat dulu 3 bulan, supaya rahimnya kuat) setelah itu boleh hamil lagi kok.... nggak pake lama.
Dicoba aja ya say.... jangan putus asa duluan, aku yang udah 2 x dikuret aja masih punya semangat kok!