SITE STATUS
Jumlah Member :
493.652 member
user online :
1416 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: menghadap kemanakh janin saat mau lahir

New Topic :  
14-11-2013 17:16:10 biaya bersalin
Jumlah Posts : 225
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda nov.. klo sya dlu malah lbih aktif..ada baikx dipriksakan aja bun..
gerakan bayi berkurang tu hanya saat mau lahir bun.. ketika sudah nemuin jalan lahir..tp sblm itu bayi ttp gerak aktif.. jgn sampe berkurang
   


Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
hai bundaa..
Sudah lama gak mampir kesini. Duluu sekali saya pernah posting soal proses kelahiran si kembar. Ini postingan di blog saya. Semoga bermanfaat untuk para bunda yang sedang menanti kelahiran buah hatinya.. Semoga semua proses persalinan berjalan lancar sesuai rencana bunda dan atas Kehandak Tuhan. Lahir selamat dan sehat bunda dan bayi...

"Melahirkan si kembar menjadi detik-detik yang mengesankan bagi saya. Bagaimana tidak, waktu melahirkan sangat jauh dari HPL nya. Minggu ke 33 tepat alias prematur. Waktu melahirkan ini memang sudah diperkirakan akan maju dari HPL karena melihat bayi yang kembar dengan kapasitas rahim saya yang hanya muat untuk 1 janin. Tapi tidak pernah dinyana kalau akan semaju itu. Tepatnya tanggal 22 Juni 2010 kemarin Kira dan Kara lahir dengan BBLR yaitu Kira BB 2010gr dan Kara BB 1500gr. Akibatnya mereka harus menginap di inkubator sampai 48 hari.
Proses melahirkan itu terasa sangat mengesankan buat kami karena saya tidak merasakan sakit sama sekali mulai dari pembukaan awal sampai lahir. Bahkan saat dijahit pun saya sampai tertidur. Saya sangat berterima kasih sekali dengan mbak Evariny dengan http://hypno-birthing.web.id nya yang membantu saya selama masa kehamilan. Berkat teori hypnobirthingnya dan latihan meditasinya saya jadi bisa melahirkan dengan lancar dan nyaman. Meskipun saya tidak dapat mengikut pelatihan langsung, dengan membaca buku panduan dan mempraktekan teori meditasi dengan bantuan CD nya, sudah mampu membuat saya merasa rileks dan tidak tegang menghadapi proses melahirkan.
Proses kelahiran itu bermula 21 Juni 2010 pukul 5.30an celana dalam basah seperti keputihan. Karena tidak tahu kalau itu rembesan air ketuban, saya tidak menghiraukan dan berpikir kalau sedang keputihan. Ganti celana dalam dan kembali beraktivitas seperti semula. Jam 1 siang kembali terjadi hal yang sama. Pukul 18.30an terjadi hal yang sama untuk ketiga kalinya. Kali ini saya tanya ke mama mertua saya. Disarankan mama mertua untuk istarahat dan bedrest. Tapi saya sempat masak makan malam untuk suami. Jam 20.00 baru saya istirahat, rebahan di tempat tidur sambil ngobrol sama si kembar. Karena perut kaku seperti biasa, saya bilang sama si kembar, mereka boleh keluar kapan saja kalo sudah merasa sempit dan gak nyaman di rahim bunda. Apabila nanti mau lahir, bantu bunda ya biar kita sama-sama nyaman selama proses melahirkan ya sayang. Dan pukul 1 tengah malam pecah ketuban. Awalnya saya ingin pipis, belum sampai kamar mandi celana udah basah, yang saya kira ngompol. Pas sampai kamar mandi dan melihat kalo cairan itu ada warna merah darahnya, baru saya ngeh kalo itu air ketuban. Langsung saya bangunkan suami dan mertua dengan baju yang sudah basah kuyub dan menggigil kedinginan minta dianter ke RS.
Sampai di RSI 2 Jemursari Surabaya, diperiksa bidan jaga sudah pembukaan 3. Berkali-kali bidan jaga keluar masuk ruangan persalinan saya menanyakan, “Sakit gak Bu?” sampai saya bosan menjawab, “Enggak Sus.” Yang ada ingin minum terus, ingin pipis, dan ingin makan. Bahkan saya sempat menghabiskan 1 buah burger, 2 gelas teh manis, sambil membaca buku do’a yang disediakan disamping meja persalinan saya. Pukul 06.00 pembukaan 5. Mulai terasa mulas seperti orang mau BAB. Bidan jaga bilang gak boleh persen/ngeden dulu. Tunggu sampai Prof. Dr. Agus Abadi datang. Alhasil seperti layaknya orang nahan BAB, keluar keringat dingin, dan emosi makin meningkat.
Pukul 08.00 pembukaan 8 dan pukul 09.36 lahirlah baby Kara Kalani Setyadi. Pukul 09.44 lahir baby 2, Kira Elysia Setyadi. Mama mertua yang ikut menunggu di dalam selama proses melahirkan sampai terheran-heran melihat saya tidak teriak-teriak seperti layaknya orang melahirkan. Saya ngeden/persen sesuai petunjuk dokter. DSOG nya pun sampai salut melihat saya mampu melahirkan bayi kembar prematur dalam keadaan rileks dan tidak tegang. Setelah IMD saya ditolak suster karena bayi yang terlalu kecil yang dikhawatirkan bisa biru, saya minta dokter untuk tidur. Dokter mengijinkan, dan selama proses jahit itu saya tidak merasakan apa-apa karena tertidur pulas, kecapekan. Ketika terbangun badan saya sudah bersih, dengan baju yang rapih. Saya hendak turun dan jalan pindah ke kamar rawat inap saya, kali ini bidan jaga melarang. Saya diharuskan pake kursi roda. Dan sudah banyak sahabat, kerabat yang menunggu di kamar. Meskipun sedihnya Kira dan Kara tidak dapat ikut berkumpul bersama kami. Pukul 2 siang tanggal 22 Juni 2011 tersebut saya pun nekat berjalan kaki melihat keadaan buah hati saya.  Saya tidak mempedulikan lagi omongan suster untuk menyuruh saya memakai kursi roda.
Si Kembar harus relakan menginap di RS lebih lama. Rasanya iri saat saya pulang melihat ibu-ibu yang lain bisa menggendong buah hati mereka masuk mobil/taxi, tapi saya hanya menenteng tas ditemani suami dan mertua. Ingin rasanya saya lari mengambil 2 buah hati saya, tapi keadaan tidak memungkinkan untuk saya bawa pulang. Karena kondisi pencernaan Kira Kara yang belum sempurna juga saya tidak diijinkan menyusui Kira Kara. Selama kurang lebih 3-5 hari mereka tidak dapat merasakan nikmatnya ASI. Setelah pencernaan mereka siap, mulai dilatih minum ASI melalui selang sonde yang dipasangkan lewat hidung mereka mulai 0,5ml sampai mereka benar-benar siap menyusu ke PD saya. Miris rasanya. Hati saya bahkan sempat tersayat ketika melihat selang sonde Kira mengeluarkan darah segar ketika hari pertama minum susu, yang menunjukkan pencernaannya belum siap. Setiap malam saya tidak bisa tidur ketika mengingat buah hati saya yang ada di inkubator, dan membayangkan tangan dan kaki mereka yang mulai biru membengkak karena harus pindah-pindah jarum infus. Setiap hari saya selalu menemani mereka di RS dan menabahkan diri mendengar suster-suster jaga melaporkan kalo mereka habis ganti jarum infus lagi karena bengkak. Berusaha menghibur mereka ketika mereka teriak-teriak menarik selang sondenya sebagai bentuk usaha protes mereka kalau mereka ingin minum susu langsung lewat mulutnya. Meski hanya setetes, mereka dapat tertidur lagi dengan tenang. Bagaimanapun juga saya bersyukur memiliki anak-anak yang kuat sehingga mereka mampu seperti sekarang.
Benar-benar saya sangat berterima kasih kepada suster-suster di ruang neonatus RSI 2 Jemursari Surabaya yang sabar pada saya ketika saya berkeluh kesah.  Bidan–bidan jaga dan Prof. Dr. Agus Abadi SPOG yang sudah mendukung saya selama proses melahirkan. Dr. Nunung SPA yang telah banyak sekali membantu saya merawat Kira Kara dan dengan telaten mengomeli saya bila saya bandel.
Untuk para urban Mama dan Papa yang sedang menanti proses melahirkan, saran saya hadapi semuanya dengan rileks dan setenang mungkin. Bukan demi siapa-siapa hanya demi buah hati. Karena ketika kita rileks buah hati pun merasa nyaman. Dan melahirkan itu tidak sakit. Untuk para orang tua yang sedang mengasuh bayi prematur, ikatan fisik antara Mama dan bayi serta kekuatan hati Mama sangat-sangat diperlukan untuk membantu tumbuh kembang yang optimal bagi bayi."
   
30-06-2011 04:37:35 TORCH
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5
Bun Lenny: salam kenal bun, wooowwww ... Membaca pengalaman bunda saja sdh mengerikan buat saya. Saya berharap tdk mdptkan salah satu virus tsb deehhh ... Beberapa wkt lalu ada beberapa bunda jg yg menulis di forum, pentingx pemeriksaan torch... Dan melalui info2 dr para bunda, ada yg dokterx suruh periksa torch dan ada jg yg tdk. Hal ini lbh mengarah kepada kesehatan masyarakat Indonesia. Intix, masyarakat tdk diharuska. Utk mencek pentingx pemeriksaan darah tsb. Bahkan mgkn dlm program keha€ilian, tdk dianjurkan utk memberikan vaksin torch thd pasien. kbtln saya berdomisili tdk di indo, jadi saya mengerti perbedaan tsb. Kl di tmpt saya berada, sejak des 2009 lalu saya mengalami kuret akibat janin tdk berkembang...28-30 hari stlh di kuret (hari pertama haid setelah di kuret)saya hrs buat janji temu dgn dokter langganan saya, utk menginformasikan bhw semuax normal, kmdn dokter memberi saya suntikan utk imun thd virus (rubela, toxo dll) itu dia lakukan krn saya tdk memiliki kekebalan dlm tubuh saya... (Blm diimun, udh tp wkt msh kecil)dan dokter berkata, stlh imun torch tsb, sebaikx jgn hamil dulu selama 3 bln (kl mau ML hrs menggunakan 'sarung pengaman'... Dan jgn gunakan pil KB) krn kl dlm 3 bln kita udh hml lg,resikox anak lahir cacat. ( Begitu jg buat org yg terkena toxo atau rubella di masa kehamilan, resikox kematian janin atau anak lahir cacat). Intix, kl kita hendak menerima kedtgan anak,ada baikx kita mempersiapkan diri kita terlebih dahulu, drpd menyesal nantinya... Nah, skrg... Khmilan saya baru 21w (aku udh merasa lbh tenang, krn bgtu dokter meminta utk ambil darah lagi utk kehamilan saya (hCG, rubella, torch,HIV, hepatitis dll) semuax aman dan tertulis bhw saya sdh terimun rubella dan torch. Thanks God. Dan di usia ke-14w saya hrs tes darah lagi utk melihat apakah janin memiliki kecenderungan 'down syndrom' (cacat lahir) Puji Tuhan, semua hasilx baik2 aja.skrg blm tau lagi apa yg hrs saya tes lagi ... Tp saya merasa lbh enjoy dgn kehamilan saya yg skrg ini. *** buat para bunda lainnya yg pernah menanyakan ttg virus torch, saat ini kita dpt satu pelajaran lg daripengalaman hidup bun Lenny... Bahwa torch itu mengerikan... Saya hanya menganjurkan buat para bunda di sini yg blm hamil, silakan minta disuntik torch utk mempersiapkan kehamilan. Percayalah, kedepanx bunda akan lbh merasa aman dlm kehamilan bunda. Salam buat bunda2 smua...
   


Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5
bun wise :
bisa jadi looh buun hehehe ... sebulan lalu aku membaca ttg brain stimulation di salah satu situs ...  (aku lupa namax apa )
di situs tsb berkata : apa yg si janin dengar sejak dalam kandungan, bisa terpengaruh di saat dia lahir. parahnya ibu itu mencontohkan bahwa, saat itu mereka tinggal di Philipina, dan selalu mondar mandir suara "motor-triangle" aku rasa mgkn tepatx dlm bhs indo, suara bajaj .. kali yaaa ... Jadi ketika si bayi udh lahir, dia ga mau tidur dgn apapun carax, kecuali kl dengar suara bajaj... barulah si bayi tertidur pulas .... hahahahaaa ...
yaaah, kalo gitu, gini aja bun, pasangkan lagu2 kesukaan bunda dr hp atau tape dan menggunakan earphone di saat rekan bunda putar musik keras2 ... hahahaa ... jadi si bayi cenderung mendengar suara lagu2 kesukaan bunda drpd org tsb. (mungkiiiiiinn ... :D)
ok ?
   
15-03-2011 14:14:52 5 bulan sudah nendang2
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

Hii bunda semua semoga Artikel ini dapat membantu bunda semua ya

Arti Tendangan Bayi

Bagaimana rasanya?
Tidak seorang pun dapat mengatakan secara jelas kepada calon ibu yang baru pertama kali hamil, tentang apa yang akan dirasakannya pada saat kehamilannya itu terjadi. Bisa jadi seratus wanita akan memberikan seratus gambaran yang berbeda. Mungkin gambaran yang paling umum adalah “terasa getaran di perut”, “seperti ada kupu-kupu di lambung”, “seperti ada orang yang memukul perutku”, “seperti suara gelembung-gelembung yang pecah”, “sakit melilit”, “seperti diputar-putar pada alat bermain di taman hiburan”. Bahkan gerakan pertama ini sering disalahartikan sebagai adanya das atau bunyi perut lapar.

Kapan bisa dirasakan?
Perasaan adanya kehidupan yang sangat berkesan ini, biasanya terjadi pada minggu ke-18 sampai 22 kehamilan. Variasi waktu memang busa terjadi. Seorang ibu yang pernah memiliki anak sebelumnya akan lebih cepat mengenali getaran janin ini (karena ia tahu apa yang ia tunggu dan otot rahimnya sudah lebih lemas, sehingga lebih mudah merasakan gerakan) daripada mereka yang baru pertama kali hamil. Seorang wanita yang ramping akan dapat merasakan gerakan-gerakan yang lemah lebih awal, sedangkan wanita gemuk mungkin tidak menyadarinya sampai gerakan tersebut sudah lebih keras. Bisa juga gerakan tidak terasa karena kesalahan deteksi umur kehamilan. Meski normal-normal saja jika janin tidak “terasa” bergerak sampai usia kehamilan 20 minggu, anda bisa meminta tolong dokter melakukan USG (ultrasonografi) untuk memeriksa kondisi bayi. Yang penting, hasil USG menunjukkan bahwa denyut jantung janin tetap kuat dan aktivitas bayi terlihat normal. Jadi tidak perlu khawatir ya! Kenapa janin yang semula bergerak tiba-tiba diam?
Setelah janin mulai bergerak, timbullah kecemasan baru jika sewaktu-waktu gerakan janin tiba-tiba menghilang atau tidak cukup sering. Frekuensi gerakan memang sangat bervariasi dan bisa kacau. Meskipun janin sebenarnya bergerak setiap saat, namun hanya beberapa gerakan cukup kuat yang dapat anda rasakan. Gerakan-gerakan lainnya tidak bisa anda rasakan karena mungkin posisi janin menghadap dan menendang ke dalam. Bisa juga anda tertidur pada saat bayi anda aktif, karena banyak bayi yang waktu aktifnya adalah tengah malam.
Yang jelas, janin juga manusia. Dan layaknya kita, kadang-kadang janin punya hari giat ketika ia menggerak-gerakkan tumitnya, lengan dan tungkai. Juga hari yang pasif saat ia lebih ingin bersantai. Kegiatan janin sering berhubungan dengan apa yang anda lakukan. Seperti bayi yang baru lahir janin menyukai buaian.
Jadi ketika anda sibuk sepanjang hari janin pun tenang, seolah-olah terbuai oleh aktivitas gerak anda, dan anda cenderung tidak merasakan gerakannya. Begitu anda berhenti bekerja janin mulai aktif bergerak. Inilah sebabnya mengapa benyak wanita hamil lebih sering merasakan gerakan janin di tempat tidur pada malam atau pagi hari. Keaktifan janin juga dapat bertambah setelah ibunya makan. Hal ini diperkirakan sebagai reaksi atas naiknya gula darah. Sebagian wanita hamil juga merasakan peningkatan kegiatan janin saat mereka sedang gembira atau gugup, mungkin janin terangsang oleh respon adrenalin ibunya.

Perlu diperiksa
Gerakan janin biasanya menjadi lebih teratur dan menetap, batas masa aktif dan istirahatnya menjadi lebih jelas, pada usia kehamilan 28 sampai 32 minggu. Dan dari hasil penelitian dianjurkan agar sejak minggu ke-28 ibu hamil sebaiknya gerakan bayinya dua kali sehari.
Sekali pada pagi hari saat geraknnya cenderung lebih sedikit dan sekali pada malam hari saat gerakannya biasanya lebih banyak. Caranya, perhatikan jam ketika anda menghitung. Hitung setiap gerakan janin yang terjadi (tendangan, kedutan, desisi, bergulir). Berhentilah menghitung ketika anda mencapai angka 10, dan catat waktunya. 10 gerakan ini seringkali bisa didapatkan dalam waktu 10 menit. Kadang-kadang lebih lama dari itu. Bila anda belum mencapai angka 10 dalam waktu satu jam, minumlah susu atau makan makanan ringan, kemudian berbaring, bersantailah dan mulai menghitung kembali. Bila dalam satu jam belum terjadi 10 gerakan, segera hubungi dokter anda. Meskipun kepasifan janin belum tentu merupakan masalah kadang-kadang hal ini menunjukkan adanya stres pada janin. Dalam kondisi seperti ini perlu segera dilakukan tindakan perawatan.

Tendangannya makin bertenaga
Ketika janin anda sudah lebih matang di dalam rahim, ia juga semakin kuat sehingga gerakannya yang dulu seperti kupu-kupu, kini makin bertenaga. Jangan heran bila kadang-kadang tulang rusuk, perut atau leher rahim anda mendapat tendangan keras dan menyakinkan. Bila anda mendapat “serangan” seperti ini, cobalah berganti posisi. Hal ini bisa mengubah keseimbangan janin sehingga ia bisa berhenti “menyerang”. Selain itu meskipun terkadang anda terasa ditendang dari segala arah atau merasa dipukuli oleh selusin kepalan tangan, sebenarnya hampir pasti bahwa hanya sepasang tangan saja yang “menyerang” ke segala arah, ditambah siku, lutut, dan kaki-kaki mungil.

Jadi nikmatilah gerakan janin anda dan jangan membandingkannya dengan janin orang lain, karena setiap janin adalah unik, masing-masing memiliki kekhususan pola aktivitas dan perkembangannya sendiri.

*AYU ANDHIKA*
   


Jumlah Posts : 71
Jumlah di-Like : 1
 usia kandungan bunda iffa saat ini berapa?

saat mau melahirkan memang serasa mau pup. itupun klo air ketuban dan janin sudah ada dijalan lahir. dihari aku mau melahirkan awal2 nya terasa mules nya masih jarang2, terus 10 menit sekali, dan makin lama itu semakin sering, tiap 10 menit bisa ngerasain 3kali mules nya. dan pas mau lahiran itu udah ga ada tenggang waktu, mules nya itu jadi terus2an sampe mo keluar ci baby.
itu pengalaman ku yang ga akan aku lupain. heee....

Salam,
Bundanya Keyra




   
Jumlah Posts : 46
Jumlah di-Like : belum ada like
Itutan ya... waduh cume...kaya'na di bungkus rokoknya dah ada peringatan dech...klo merokok berbahaya bagi ibu hamil dan janin...bener kata bunda2 diatas...sayang mana????  sekarang tanya ke hati kamu aja apa kamu mau liat anak kamu menderita hidupnya hanya gara2 kamu egois masih susah untuk menghentikan kebiasaan merokok...ini ada artikel tentang bahaya merokok bagi bumil dan dampak bagi janinnya (dapet dari blog)....semoga bermanfaat..   Merokok bukan hobi yang baik bagi ibu hamil. Sebuah penelitian membuktikan bahwa merokok saat hamil dapat sebabkan calon bayi berbibir sumbing.

Penelitian dilakukan oleh  Dr. Rolv T. Lie dari Universitas Bergen, Norwegia. Dari 1.336 bayi yang lahir disana, 573 dari bayi tersebut menderita penyakit bibir sumbing. Ternyata ditemukan dalam penelitian, ibu-ibu bayi tersebut mempunyai kebiasaan merokok 10 batang sehari selama 3 bulan pertama kelahiran mereka demikian kutip detikhot dari Reutershealth, Senin (14/7/2008).

Ibu-ibu tadi memiliki resiko 2 kali lebih besar melahirkan anak berbibir sumbing dari pada ibu yang tidak merokok.

Bagi Anda yang tidak merokok bukan berarti bisa terbebas dari risiko di atas. Karena ternyata, ibu hamil perokok pasif yang mencium asap rokok 2 jam sehari atau lebih, memiliki risiko melahirkan anak berbibir sumbing sebanyak 60 persen.

Zat beracun di dalam rokok yang menyebabkan kelainan pada bibir bayi tadi. Racun itu mempengaruhi pertumbuhan janin saat usia kehamilan 5-9 minggu, yaitu saat bibir calon bayi terbentuk.

Jadi jauhi rokok dari kehidupan Anda, sekarang!
   
12-11-2007 10:22:23 PENYEBAB SESAK NAFAS BAYI
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Banyak penyebab sesak napas pada bayi. Yang jelas, segera bawa ke dokter atau rumah sakit karena bisa fatal akibatnya.
Kasus sesak napas pada usia bayi banyak terjadi. Bisa saat pertama lahir, maupun beberapa hari atau bulan setelah kelahirannya baru mengalami sesak napas ini. Dalam istilah kedokteran, kata Muljono Wirjodiardjo, M.D., PhD, "Yang disebut sesak napas adalah jika frekuensi napasnya betul-betul tinggi, ada suara napas yang berbeda dari biasanya (stridor), seperti suara menggorok atau kucing mendengkur. Fatalnya, jika muka sampai tampak membiru."

Sedangkan menurut pendekatan orang awam, definisi sesak napas lebih mudah lagi yaitu terlihat dari gejalanya. Jadi, kalau anaknya susah napas disebut sesak napas. Begitu juga kalau napasnya berbunyi.

ANEKA PENYEBAB

Penyebab sesak napas pada bayi, lanjut spesialis anak dari RS Internasional Bintaro ini, banyak sekali. Bisa karena kelainan bawaan, penyakit infeksi, maupun noninfeksi seperti tersedak. Gejalanya hampir sama. Misalnya untuk derajat ringannya, ada napas yang berbunyi atau batuk berlendir, disertai tak mau makan-minum dan rewel. Sementara kalau derajatnya makin berat, fungsi paru-parunya sudah terganggu sehingga sesak napas dan sampai membiru.

Jadi, derajat sesak napas berbeda-beda. Ada yang mulanya ringan dan makin berat dan ada juga sesak napas yang kejadiannya tiba-tiba atau mendadak. Berikut uraian Muljono mengenai hal-hal yang bisa menyebabkan sesak napas pada bayi:

Kelainan bawaan/kongenital jantung atau paru-paru.
Bila bayi mengalami sesak napas begitu lahir atau 1-2 hari kemudian, biasanya disebabkan adanya kelainan jantung atau paru-paru. Hal ini bisa terjadi pada bayi dengan riwayat kelahiran normal atau bermasalah, semisal karena ketuban pecah dini atau lahir prematur.

Pada bayi prematur, sesak napas bisa terjadi karena adanya kekurangmatangan dari organ paru-paru. Paru-paru harusnya berfungsi saat bayi pertama kali menangis, sebab saat ia menangis, saat itu pulalah bayi mulai bernapas. Tapi pada bayi lahir prematur, karena saat itu organnya tidak siap, misalnya gelembung paru-paru tak bisa mekar atau membuka, sehingga udara tidak masuk. Itu sebabnya ia tak bisa menangis. Ini yang namanya penyakit respiratory distress syndrome (RDS). Tidak membukanya gelembung paru-paru tersebut karena ada suatu zat, surfactan, yang tak cukup sehingga gelembung paru-paru atau unit paru-paru yang terkecil yang seperti balon tidak membuka. Ibaratnya, seperti balon kempis.

Gejala pada kelainan jantung bawaan adalah napas sesak. Ada juga yang misalnya sedang menyusui atau beraktivitas lainnya, mukanya jadi biru dan ia jadi pasif. Jadi, penyakitnya itu utamanya karena kelainan jantung dan secondary-nya karena masalah pernapasan. Jadi, biasanya sesak napas yang terjadi ini tidak bersifat mendadak. Walaupun demikian, tetap harus segera dibawa ke dokter.

Kelainan pada jalan napas/trakea.
Kelainan bawaan/kongenital ini pun paling banyak ditemui pada bayi. Gejalanya, napas sesak dan napas berbunyi "grok-grok". Kelainan ini terjadi karena adanya hubungan antara jalan napas dengan jalan makanan/esophagus. Kelainan ini dinamakan dengan trackeo esophageal fistula. Akibat kelainan itu,ada cairan lambung yang bisa masuk ke paru-paru. Tentunya ini berbahaya sekali. Sehingga pada usia berapa pun diketahuinya, harus segera dilakukan tindakan operasi. Tak mungkin bisa menunggu lama karena banyak cairan lambung bisa masuk ke paru-paru.

Sebelum operasi pun dilakukan tindakan yang bisa menolong jiwanya, misal dengan dimasukkan selang ke jalan napas sehingga cairan dari lambung tak bisa masuk. Biasanya sesak napasnya tampak begitu waktu berjalan 1-3 jam setelah bayi lahir. Nah, bila ada sesak napas seperti ini, prosedur yang harus dilakukan adalah dilakukan foto rontgen segera untuk menganalisanya.

Tersedak air ketuban.
Ada juga penyakit-penyakit kelainan perinatologi yang didapat saat kelahiran. Bukankah saat dalam kandungan bayi minum dan buang air dalam air ketuban? Nah, karena suatu hal, misalnya stres pada janin, ketuban jadi keruh dan air ketuban ini masuk ke paru-paru bayi. Hal ini akan mengakibatkan kala lahir ia langsung tersedak.

Bayi tersedak air ketuban akan ketahuan dari foto rontgen, yaitu ada bayangan "kotor". Biasanya ini diketahui pada bayi baru lahir yang ada riwayat tersedak, batuk, kemudian sesak napasnya makin lama makin berat. Itulah mengapa, pada bayi baru lahir kita harus intensif sekali menyedot lendir dari mulut, hidung atau tenggorokannya. Bahkan kalau tersedak air ketubannya banyak atau massive, harus disedot dari paru-paru atau paru-parunya dicuci dengan alat bronchowash. Lain halnya kalau air ketubannya jernih dan tak banyak, tak jadi masalah. Biasanya dengan obat saja sudah sembuh, tak usah dicuci paru-parunya.

Namun kalau air ketubannya hijau dan berbau, harus disedot dan "dicuci" paru-parunya. Sebab, karena tersedak ini, ada sebagian paru-parunya yang tak bisa diisi udara/atelektasis atau tersumbat, sehingga menyebabkan udara tak bisa masuk. Akibatnya, jadi sesak napas. Biasanya kalau di-rontgen,bayangannya akan terlihat putih.

Selain itu, karena tersumbat dan begitu hebat sesak napasnya,ada bagian paru-paru yang pecah/kempes/pneumotoraks. Ini tentu amat berbahaya. Apalagi kejadiannya bisa mendadak dan menimbulkan kematian. Karena itu bila sesak napas seperti ini, harus lekas dibawa ke dokter untuk mendapatkan alat bantu napas/ventilator.

Seram sekali, ya, Bu-Pak? Karena itulah kala melahirkan si kecil, sebaiknya kita didampingi dokter anak, sehingga dia bisa menilai sistem pernapasan anak, apakah baik atau tidak.

Pembesaran kelenjar thymus.
Ada lagi napas sesak karena beberapa penyakit yang cukup merisaukan yang termasuk kelainan bawaan juga. Gejalanya tidak begitu kuat. Biasanya bayi-bayi ini pun lahir normal, tak ada kelainan, menangisnya pun kuat.

Hanya saja napasnya seperti orang menggorok dan semakin lama makin keras, sampai suatu saat batuk dan berlendir. Kejadian ini lebih sering dianggap karena susu tertinggal di tenggorokan. Namun ibu yang sensitif biasanya akan membawa kembali bayinya ke dokter. Biasanya kemudian diperiksa dan diberi obat. Bila dalam waktu seminggu tak sembuh juga, baru dilakukan rontgen.

Penyebabnya biasanya karena ada kelainan pada jalan napas, yaitu penyempitan trakea. Ini dikarenakan adanya pembesaran kelenjar thymus. Sebetulnya setiap orang punya kelenjar thymus. Kelenjar ini semasa dalam kandungan berfungsi untuk sistem kekebalan. Letaknya di rongga mediastinum (diantara dua paru-paru). Setelah lahir karena tidak berfungsi, maka kelenjar thymus akan menghilang dengan sendirinya. Namun adakalanya masih tersisa: ada yang kecil, ada juga yang besar; baik hanya satu atau bahkan keduanya. Nah, kelenjar thymus yang membesar ini akan menekan trakea. Akibatnya, trakea menyempit dan mengeluarkan lendir. Itu sebabnya napasnya berbunyi grok-grok dan keluar lendir, sehingga jadi batuk.

Pengobatannya biasanya dilakukan dengan obat-obatan khusus untuk mengecilkan kelenjar thymus agar tidak menekan trakea. Pemberian obat dalam waktu 2 minggu. Kalau tak menghilang, diberikan lagi pengobatan selama seminggu. Sebab, jika tidak diobati, akan menganggu pertumbuhan si bayi. Berat badan tak naik-naik, pertumbuhannya kurang, dan harus banyak minum obat.

Kelainan pembuluh darah.
Ada lagi kelainan yang gejalanya seperti mendengkur atau napasnya bunyi (stridor), yang dinamakan dengan vascular ring. Yaitu,adanya pembuluh darah jantung yang berbentuk seperti cincin (double aortic arch) yang menekan jalan napas dan jalan makan. Jadi, begitu bayi lahir napasnya berbunyi stridor.

Terlebih kalau ia menangis, bunyinya semakin keras dan jelas. Bahkan seringkali dibarengi dengan kelainan menelan, karena jalan makanan juga terganggu. Pemberian makanan yang agak keras pun akan menyebabkannya muntah, sehingga anak lebih sering menghindari makanan padat dan maunya susu saja.

Pengobatannya, bila setelah dirontgen tidak ditemui kelenjar thymus yang membesar, akan diminta meminum barium untuk melihat apakah ada bagian jalan makan yang menyempit. Setelah diketahui, dilakukan tindakan operasi, yaitu memutuskan salah satu aortanya yang kecil.

Tersedak makanan.
Tersedak atau aspirasi ini pun bisa menyebabkan sesak napas. Bisa karena tersedak susu atau makanan lain, semisal kacang. Umumnya karena gigi mereka belum lengkap, sehingga kacang yang dikunyahnya tidak sampai halus. Kadang juga disebabkan mereka menangis kala mulutnya sedang penuh makanan. Atau ibu yang tidak berhati-hati kala menyusui, sehingga tiba-tiba bayinya muntah. Mungkin saja sisa muntahnya ada yang masih tertinggal di hidung atau tenggorokan. Bukankah setelah muntah, anak akan menangis? Saat menarik napas itulah, sisa makanan masuk ke paru-paru.

Akibatnya, setelah tersedak anak batuk-batuk. Mungkin setelah batuk ia akan tenang, tapi setelah 1-2 hari napasnya mulai bunyi. Bahkan bisa juga kemudian terjadi peradangan dalam paru-paru. Anak bisa panas karena terjadi infeksi. Yang sering adalah napas berbunyi seperti asma dan banyak lendir.

Biasanya setelah dilakukan rontgen akan diketahui adanya penyumbatan/atelektasis. Pengobatan dapat dilakukan dengan bronkoskopi, dengan mengambil cairan atau makanan yang menyumbatnya.

Selain makanan, akan lebih berbahaya bila aspirasi terjadi karena minyak tanah atau bensin, meski hanya satu teguk. Ini bisa terjadi karena kecerobohan orang tua yang menyimpan minyak tanah/bensin di dalam botol bekas minuman dan menaruhnya sembarangan. Bahayanya bila tersedak minyak ini, gas yang dihasilkan minyak ini akan masuk ke lambung dan menguap, kemudian masuk ke paru-paru, sehingga bisa merusak paru-paru. Akan sangat berbahaya pula kalau dimuntahkan, karena akan langsung masuk ke paru-paru. Jadi, kalau ada anak yang minum minyak tanah/bensin jangan berusaha dimuntahkan, tapi segera ke dokter. Oleh dokter, paru-parunya akan "dicuci" dengan alat bronkoskop.

Infeksi.
Selain itu sesak napas pada bayi bisa terjadi karena penyakit infeksi. Bila anak mengalami ISPA (Infeksi saluran Pernapasan Akut) bagian atas, semisal flu harus ditangani dengan baik. Kalau tidak sembuh juga, misalnya dalam seminggu dan daya tahan anak sedang jelek, maka ISPA atas ini akan merembet ke ISPA bagian bawah, sehingga anak mengalami bronkitis, radang paru-paru, ataupun asmatik bronkitis. Gejalanya, anak gelisah, rewel, tak mau makan-minum, napas akan cepat, dan makin lama melemah. Biasanya juga disertai tubuh panas, sampai sekeliling bibir biru/sianosis, berarti pernapasannya terganggu. Penyebabnya ini akan diketahui dengan pemeriksaan dokter dan lebih jelasnya lagi dengan foto rontgen. Pengobatan dilakukan dengan pemberian antibiotika. Biasanya kalau bayi sudah terkena ISPA bawah harus dilakukan perawatan di rumah sakit. Setelah diobati,umumnya sesak napas akan hilang dan anak sembuh total tanpa meninggalkan sisa, kecuali bagi yang alergi.
   
12-01-2017 07:32:56 hpl bln februari 2017
Jumlah Posts : 56
Jumlah di-Like : belum ada like
hallo semua nya , mau cerita sedikit ni . usia kehamilan sy udah 37 minggu . kemarin pas kontrol dd nya udah dipanggul tp kepala nya menghadapa ke atas /terlentang . info dong gimana supaya kepala dd nya bisa normal menghadap kebawah ya ? menurut dokter lahir bisa normal ttpi harus di vacuum / forceps dan sy takut ttg itu. mohon info dong gmna ya biar dd nya bisa mnghadap ke bawah 😊😊😊😢
   
29-11-2016 00:47:55 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 414
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda rika : kta bidan itu normal... gpp nanti aj tgu klo mulai cairan baru ke bidan... ga skit ko bun, cuma gerakan debay makin menjadi aj... td tanya bidan juga apa harus nungging atau bnyak jln lagi kah?? bidan ku bilang itu g terlalu pengaruh, trgantung anak'a aja mau lahir'a cepet atau lama gtu kata'a klo jln itu kan sma aja olahraga... itu buat olah pernafasan aj karna saat melahirkan banyak yg mengalami kontraksi... bisa saja kontraksi cepet atau lama anak bisa kluar... gtu kata'a...
   
17-10-2016 16:03:17 BPJS PB1
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like

Salam smuanyaa..

Saya peserta BPJS yg dari pemerintah, yg ga ada iuran apa2. Saya skrg sedang hamil 23 minggu dan melahirkan nanti sudah pasti sesar, krn anak ptama kedua sesar. Saya mau tanya kalau pendaftaran bayi saya nanti gmn prosedurnya yaa?? mgkn ada yg prnh mengalami. Saya ud tlp BPJS care center, tp ada 2 jawaban yg saya terima, jd bingung yg mana prosedurnya. Petugas ptama blg klo prosedurnya adlh pd saat bayi lahir nanti, bs langsung di daftarkan tapi dgn berbayar dahulu dan itu bs langsung aktif kepesertaannya. Kita bayar iuran sampai akta kelahirannya jadi dan di daftarkan lagi ke Puskesmas utk di ganti kepesertaannya dr berbayar ke yang Pemerintah lagi alias gratis. Dan petugas kedua bilang klo kepesertaan BPJS bayi baru lahir otomatis mengikuti kepesertaan org tuanyaa, tapi tetap hrs melaporkan ke kantor BPJS terdekat.dan saya di suruh menghubungin kantor BPJS terdekat, tp saya tlp ga prnh nyambung. Bingung deehh..mana yg benerr.. 

   
Jumlah Posts : 29
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 alhamdulillah debay ku udh launcing bun tgl 14 sept kemaren maju 2 hri dr hpl berat 3.3kg proses nya normal. buat bunda2 yg blm lahiran sabar ya bun, ttep positif thingking dan bnyak berdoa bund, debay ny lbh tau ko kpn saat yg tpt dia mau lahir. semangat
   
Jumlah Posts : 29
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bunda dina, tp debay q aktif ny klo mlm aja. klo ak udh 1 mnggu skli bun priksa nya, gpp ko bun santai aja.. debay ny lbh tau ko kpan saat ny dia mau lahir, ak aja udh 39 week ni bun blm ad sinyal2 dr si dd
   
28-04-2016 07:46:38 cairan dari tempat Asi
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
bun bun mau tanya, saat hamil kan Asi sudah mulai d produksi, nah kemarin waktu usia kehamilan saya masuk ke 24 weeks itu keluar semacam cairan bening, saya tanya sana sini kata nya kolostrum , yg jadi pertanyaan saya apa cairan ini akan terus keluar selama masa kehamilan sampai tiba waktu menyusui nanti? soalnya sampai saat ini cairan ini masih keluar dr tempat asi saya,, dan setau saya kolostrum kan makanan terbaik saat bayi lahir selama 3 hari, apa nanti tidak akan habis??? bunda" yg tau tolong bantu penjelasannya yaaa, trimakasiiihh
   
22-04-2016 08:58:02 bayi usia 2 hari
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like

semoga adek bayi nya cepat sehat ya, di tangani dengan baik,,,yang sabar ya mbak,,,

bayi saya bulan september 2015 umur 2 hari meninggal. maaf bukan menakut-nakuti, kmrn bayi saya telat ditangani. adeknya ga mau mimik asi, dikasi sufor juga ga mau. curiganya kurang bersih saat d sedot saat baru lahir.

moga bayi nya mbak ga kenapa2 dan cepat sehat ... dokter anaknya bilang apa mbak?