SITE STATUS
Jumlah Member :
492.529 member
user online :
1918 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: mengapa minum bmt tinja warna hitam

New Topic :  
Jumlah Posts : 71
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda rindy qta sama lho 38 wk, ,udah mulai kontraksi belum? kalau saya semenjak minum hemobion dan nonemi (vitamin penambah darah/zat besi) memang gitu bun fecesnya, , sekarang udah jarang minum udah ga warna hitam lagi feces nya, ,
   


Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
anak sy usia 2 bulan jg minum BMT morinaga platinum BAB'Nya 7hari sekali tapi warna tinja'nya Alhamdulillah kok normal warna kuning pekat.
padahal sy jg berikan ASI full,karena BMT hanya sy kasihkan pd waktu siang antara jam 10 sampai jam 12 siang. menurut DSA memang wajar dan tdk ada hub sma sufornya terlebih sufor BMT Morinaga jg sebenarnya bagus buat pencernaaan anak, dan bisa jadi asupan makanan dari bunda yg kurang berserat tinggi bun. :)

   
Jumlah Posts : 56
Jumlah di-Like : 2
anakku ini berumur mau 2 bln nanti tgl 3 bln,dulu awaktu umur 1bln aku beri asi n s26,tapi berhubung dia BAB ga lancar trus sering sakit perut,akhirnya dokter menarakan untuk mengganti susu s26 ke BMT platinum,saya tau kalo minum s26 tinja bayi berwarna hijau campur kuning sedikit,tapi setelah saya sapih sama BMT,tinja anak saya kok hijau pekat hampir ke hitam trus baunya seperti telur busuk termasuk kentutnya..apakah itu akibat Susu BMT platinumnya?asi cuma saya berikan 1x minum aja 70ml sehari karena asi udah agak mampet...mohon sarannya... thks
   


07-04-2008 17:05:04 Dokter Anak
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Masalah yang biasa ditemukan dengan Dokter Anak

( Jumat, 10/08/2007 11:18 )



COMMON PROBLEMS IN PEDIATRICS



Beberapa negara, terutama negara maju, telah menerapkan konsep partnership atau kemitraan antara dokter dan konsumen medis (pasien). Kondisi ini suka atau tidak suka masih belum membudaya di negara kita, Indonesia. Sistem yg berlaku relatif paternalistik. Sementara itu di era komunikasi ini, konsumen banyak sekali dibantu dengan kemudahan teknologi yg ada. Melalui internet, konsumen medis dapat belajar lebih jauh untuk memahami masalah kesehatan. Sehingga pasien yg aktif berpartisipasi dalam menangani masalah kesehatannya merupakan hal penting dalam layanan kedokteran yang baik. Karenanya, istilah Konsumen Medis jauh lebih tepat dibandingkan “pasien”. Konsumen terkesan lebih aktif dibandingkan dg pasien yg terkesan pasif dan pasrah. Ingat, sebagai konsumen medis/kesehatan, kita memiliki hak, bukan hanya kewajiban.



Apa hak konsumen kesehatan? Memperoleh informasi yang benar dan obyektif. Hal ini sesuai dengan tugas seorang tenaga kesehatan. Tugas dokter bukan hanya KURATIF (mengobati kondisi sakit), melainkan juga EDUKATIF PROMOTIF (penyuluhan kesehatan) dan upaya PREVENTIF (Pencegahan).



Apa kewajiban konsumen? Learn as much as possible. Salah satunya adalah mencari informasi, mempelajari dasar-dasar kesehatan dan mempelajari segala sesuatu perihal penyakit yang sedang dialami. Manfaatkan kemajuan teknologi yanga ada. Cari informasi kesehatan melalui internet, tetapi selektiflah memilih situs yang dipercaya. Be active, speak up terutama saat medical visit. Jika perlu cari 2nd opinion.



Topik pertemuan kali ini adalah berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi pada anak. Selain demam, alasan terbanyak orangtua membawa anaknya ke dokter adalah batuk pilek, radang tenggorokan, dan diare. Orang tua panik, anak memperoleh berbagai macam obat yang belum tentu diperlukan, yang juga belum tentu tanpa efek samping. Sedihnya lagi, tak jarang anak diberikan antibiotik. Padahal sebagian besar penyebabnya adalah virus, yang tidak bisa "dilawan" oleh antibiotik.



Demam, batuk-pilek, radang tenggorokan, diare, merupakan kondisi langganan anak-anak. Pelajarilah, agar dapat bertindak dengan tenang dan rasional, agar tidak tergopoh-gopoh mengambil obat dan mengobati gejala-gejala tersebut.



Semoga melalui sharing dan materi ini kita, para orang tua, akan jauh lebih bijak dalam menyikapi masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak.



SLIDE 1. Common Problems in Pediatrics : Title

Peran seorang pasien (tepatnya konsumen medis) sangat berpengaruh dan menentukan dalam kinerja tenaga medis. Konsumen medis yang aktif berpartisipasi dalam menangani masalah kesehatannya, akan sangat membantu kinerja dokter dan tenaga medis lainnya. Terutama kinerja dokter untuk tetap berpegang pada prinsip pola pengobatan yang rasional (Rational Use of Drugs / RUD) . Pola pengobatan yang rasional adalah AMAN dan COST EFFECTIVE. Perlu kita ketahui banyak faktor yang berperan dalam pemberian obat. Paling tidak ada 3 faktor yang dominan berperan kuat, yaitu dokter (penulis resep), konsumen (pasien) dan industri obat.



Intinya, konsumen (pasien) yang tidak rasional akan mendorong iklim layanan kesehatan yang tidak rasional pula. Demikian pula sebaliknya.



SLIDE 2. IRRATIONAL USE OF DRUGS (IRUD)

Pola pengobatan yang irrational menjadi concern seluruh dunia.



Minimal ada dua masalah utama perihal IRUD yaitu polifarmasi dan pemberian antibiotik yg berlebihan/tidak pada tempatnya.



Masalah polifarmasi tanpa disadari sering terjadi, terutama saat anak sakit.



Evaluasi kembali buku kesehatan / kartu berobat putra/I bapak/ibu.



Perhatikan berapa kali dalam 1 th kita membawa anak berobat karena sakit.



Coba jawab pertanyaan berikut :





· Berapa kali dalam kunjungan ke dokter, ibu tidak memperoleh obat ?

Tidak juga antibiotik ?

· Apakah setiap kali berobat anak mendapatkan obat puyer ?

· Berapa jumlah obat dalam tiap puyer ?



Umumnya para dokter mengajukan minimal 3 alasan mengapa mereka cenderung “abusive”, yaitu :



1. LACK OF CONFIDENCE.

Kebanyakan dokter sering tidak yakin atau merasa kurang PEDE untuk menyatakan bahwa pasien tsb sakit akibat infeksi virus, yang tidak membutuhkan antibiotik. Para dokter juga merasa “insecure” takut pasien pindah ke dokter lain.

2. PATIENT PRESSURE.

Tidak sedikit pasien, tanpa disadari, memilih bersikap pasif dan menganggap dokter tahu yg terbaik. Sehingga obat yang diberikan dokter pasti yang terbaik. Padahal dokter dapat bisa saja salah memberikan obat.



Pasien yang irasional, sering menuntut dokter untuk memberikan antibiotik , karena menganggap antibiotik merupakan “obat dewa” yang bisa menyembuhkan segala kondisi. Pasien irrasional sering “menuntut” dokter sebagai “tukang sihir”, yang dapat memberikan obat yang cespleng.



DOCTOR is a kind of MAGICIAN sehingga setiap kita ke dokter kita selalu berharap segera sembuh. Hal ini juga menimbulkan beban tersendiri bagi para dokter.



3. COMPANY PRESSURE.

Dalam Doctor-patient partnership, dokter sangat bergantung/membutuhkan pasien sebagaimana pasien bergantung / membutuhkan dokter. Tindakan pasien akan sangat mempengaruhi tindakan sang dokter. Pasien yang irrasional akan mendorong dokter menjadi irrasional. Intinya adalah tanggung jawab atau kewajiban menyehatkan anak bukan hanya di bahu seorang dokter, tetapi juga orangtua sbg konsumen medis.



SLIDE 3. IMMUNE SYSTEM

Sejak lahir Tuhan telah melengkapi kita dengan sistem imun (daya tahan tubuh) yang sempurna & canggih. Diantaranya ASI.



Secara garis besar, sistem imun terdiri atas 2 bagian, yaitu :

1. Bagian yang langsung “membunuh” kuman/virus/parasit, dll yang menyerang tubuh kita dan membuat tameng / proteksi untuk “serangan” serupa.



Sistem imun yang bertugas langsung membasmi “musuh” tsb adalah Sel Darah Putih atau LEUKOSIT. Leukosit juga membentuk antibodi, suatu zat untuk menetralisir “musuh” bila suatu saat kita kembali terserang oleh infeksi yang sama.



2. Bagian atau sel-sel yang bertugas membantu sel leukosit sehingga leukosit jauh lebih efektif “serangan”nya.



SLIDE 4. BACTERIA & VIRUS

Kedua makhluk tersebut amat dangat kecil tetapi memiliki canggih & lihai agar dapat lolos dari serangan sistem imun tubuh kita.

· Bakteri.

Bakteri ada dimana-mana, di alam, dan di sekitar kita. Bahkan tubuh kita dipenuhi oleh bakteri. Bahkan ASI mengandung bakteri.



Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas bakteri TIDAK JAHAT, bahkan menguntungkan. Kita justru membutuhkan bakteri tsb di dalam usus seperti untuk :



a) Mencernakan makanan menjadi zat-zat bergizi

b) Mengolah makanan menjadi vitamin B & K

c) Melindungi kita agar tidak terinfeksi oleh kuman yang jahat.

d) Membantu pencernaan agar kita tidak sembelit



Berdasarkan sifat kimiawinya, bakteri dibagi dua yaitu bakteri Gram Positif dan bakteri Gram negatif.



1. Bakteri Gram positif

a. umumnya lebih mudah di”lawan” dibandingkan bakteri Gram negatif.

b. dapat diatasi oleh antibiotik yang ringan (narrow spectrum antibiotik)

c. umumnya menyebabkan Infeksi di bagian atas diafragma



2. Bakteri Gram negatif

a. menyebabkan infeksi di bagian bawah diafragma



Broad spectrum antibiotics adalah antibiotik yang menyerang kedua kelompok bakteri di atas



INGAT :

- Pemberian antibiotik yang terlalu sering dan terlalu lama akan mematikan kuman yang baik. Hal ini akan menganggu pencernaan misalnya diare akibat munculnya banyak jamur, kekurangan vitamin B & K.

- Semakin sering kita memakan antibiotik, semakin sering kita jatuh sakit.

· Virus.

Virus jauh lebih kecil daripada bakteri. Virus tidak dapat dibunuh oleh obat, antibiotik sama sekali tidak bekerja terhadap virus. Virus hanya bisa dibasmi oleh sistem imun atau daya tahan tubuh kita.



SLIDE 5. RADANG / INFLAMMATION - ITIS

Kita sering menyalahartikan istilah radang sebagai suatu keadaan akibat infeksi kuman.

Radang atau inflamasi artinya MERAH, BENGKAK, dan SAKIT. Radang tenggorokan, artinya tenggorokannya merah, sakit, dan mungkin agak membengkak (amandelnya).

v Radang karena INFEKSI.

Radang akibat infeksi dapat dibagi2, yaitu :

1. Radang karena kuman

2. Radang karena virus.

85% radang tenggorokan pada bayi/anak disebabkan oleh infeksi VIRUS - sehingga tidak perlu antibiotik.

v Radang BUKAN INFEKSI.

Biasanya disebabkan oleh kondisi seperti ALERGI, TRAUMA, AUTOIMMUN, TEETHING, dll. Kesemuanya, sekali lagi, tidak dapat diobati dengan antibiotik. Upaya terbaik mengatasi alergi adalah avoidance- mengurangi kemungkinan exposure hal2 yang bisa menimbulkan alergi (debu, karpet, binatang berbulu, mainan berbulu, AC, makanan tertentu dengan pewarna, pengawet, perasa sintetik, permen, sea food, dll).

v Demikian halnya dengan DEMAM.



Demam dapat disebabkan oleh infeksi dan juga bukan karena infeksi.



Sekali lagi, penyebab demam terbanyak pada anak adalah infeksi virus. Demam itu sendiri merupakan salah senjata tubuh untuk melawan infeksi. Dengan perkataan lain, kalau ada infeksi, tubuh kita memproduksi panas sebagai bagian dari sistem imun untuk melawan infeksinya. Tetapi demam juga bisa dikarenakan hal lain yg tidak ada hubungannya dg infeksi.



SLIDE 6. FEVER

Demam adalah alasan terbanyak orangtua membawa anaknya ke dokter. Apalagi jika orangtua tidak memiliki ilmu yang cukup mengenai demam, penyebab demam & tatacara merawat anak demam.



Bahayakah demam itu ? Burukkah demam itu ?



Tidak ada sesuatu yang 100% buruk atau 100% baik. Demikian juga dengan demam. Tuhan pasti memiliki maksud dibalik fenomena demam.



There is something for many reasons.



Tubuh kita diciptakan oleh Tuhan dengan dilengkapi mekanisme pengaturan yang canggih, termasuk mekanisme pengaturan suhu.



Di otak kita terdapat termostat bernama hipotalamus yang mengatur mekanisme ini. Tepatnya terdapat pusat pengaturan suhu disebut juga SET POINT. Pengatur suhu tubuh ini akan memastikan tubuh kita senantiasa pada suhu konstan (sekitar 37C) .



Demam adalah kondisi dimana otak (melalui Set Point) memasag suhu diatas setting normal yaitu > 38C. Namun demikian demam yang sesungguhnya adalah bila suhu >38.5C. Akibat kenaikan setting suhu tubuh tsb, maka tubuh akan memproduksi panas melalui tahapan : menggigil hingga mencapai suhu puncak à suhu demam stabil à suhu mulai turun.



Bagaimana dan mengapa timbul demam ?

Peningkatan suhu tubuh ini disebabkan oleh beredarnya molekul kecil dalam tubuh, yaitu PIROGEN – suatu zat pencetus panas.



Apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan pirogen ?

Penyebabnya antara lain : infeksi, radang, keganasan, alergi. Teething, dll. Pada saat terserang infeksi, sistem imun tubuh kita akan membasmi infeksi tsb dengan serangan leukosit (sel darah putih).



Agar tugas leukosit tsb efektif dan tepat sasaran, dibutuhkan dukungan banyak pihak termasuk pirogen, yang ebrtugas :

1. Mengerahkan sel darah putih (leukosit)

2. Menimbulkan demam yang akan membunuh virus. Karena virus tidak dapat hidup di suhu tinggi. Sementara itu virus akan tumbuh subut di suhu rendah.



Perhatikan hal berikut :

1. Selama infeksi masih berlangsung, memang harus ada demam.

2. Demam merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk membasmi infeksi.

3. Prinsip utama adalah cari penyebab timbulnya demam. Dengan mengetahui sumber masalahnya, maka kita dapat bertindak secara rasional. Pada anak penyebab utamanya adalah infeksi virus.

4. Beri minum lebih banyak dari biasanya. Waspadai kemungkinan terjadinya komplikasi dehidrasi.



American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasi tatacara penanganan demam. Berikut kondisi kapan orang tua harus menghubungi dokter :

v Bila bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh > 38C

v Bila bayi berusia 3 – 6 bulan dengan suhu tubuh > 38.3C

v Bayi dan anak berusia > 6 bulan, dengan suhu tubuh > 40C



Konsultasikan juga dengan dokter jika terdapat kondisi berikut :

v Sama sekali tidak mau minum atau sudah dehidrasi; Gelisah, muntah, diare

v Iritabel atau menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan

v Tidur terus menerus, lemas dan sulit dibangunkan (lethargic)

v Kejang; Kaku kuduk leher; Sakit kepala hebat

v Sesak napas

v Gelisah, muntah, daire



SLIDE 7. TREATING FEVER



Point-point utama yang harus diperhatikan selama merawat anak demam adalah :



1. Mencari penyebab demam dan memperhatikan pola perilaku anak.

Amati tingkah laku anak. Jika perilaku anak hampir sama seperti biasanya, maka kita tidak perlu khawatir. Karena pada dasarnya demam itu bukan hal yang membahayakan.



2. Cegah dehidrasi.

Demam akan meningkatkan penguapan cairan tubuh. Karenanya bayi dan anak beresiko mengalami dehidrasi. Berikan cairan lebih banyak. Berikan air, air sup, jus buah segar yang dicampur air, es batu, es krim.

Bila muntah atau diare, berikan minuman elektrolit : pedialyte, oralit.



3. Ruangan dijaga agar tidak panas, pasang kipas angin. Anak memakai baju yang tipis.



4. Kompres air hangat atau berendam di ari hangat.



5. Biarkan anak memakan apa yang diinginkan. Jangan dipaksa. Hindarkan makanan berlemak, karena sulit dicerna oleh tubuh.



6. Meskipun anak dianjurkan untuk tidak masuk sekolah, bukan berarti ia harus berada di tempat tidur seharian.



7. Pemberian obat penurun panas mengikuti aturan berikut :

104 (>40C) : Beri obat penurun panas, kompres hangat, hubungi dokter.



Ingat: DO NOT TREAT LOW GRADE FEVER (< 38.3C)



SLIDE 8. COLDS AND FLU

Penyebabnya infeksi virus. Umumnya berlangsung selama 5 hari (3 – 14 hari rentangnya) tergantung daya tahan tubuh dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau di sekolah. Jika bai dan anak memiliki saudara kandung yang lebih besar dan sudah bersekolah, maka ia sangat potensial sering mengalami colds & flu.



Tidak ada obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh anak terhadap infeksi virus flu akan meningkat sejalan dengan waktu



Tatalaksana:

v Yang paling dibutuhkan adalah cairan, sering minum meski sedikit2.

v Supaya ”ingus” tidak kental dan menyumbat jalan nafas, berikan air garam steril sebagai tetes hidung. Air garam steril ini tidak akan menimbulkan efek samping. Menghirup uap air panas juga banyak membantu saat mengalami colds & flu.

v Apabila pada malam hari tiak dapat tidur karena hidung tersumbat, beri tetes hidung untuk menghilangkan pembengkakan di dalam hidung (Breathy).

v Humid environment, jangan kering seperti dalam ruangan berAC. Kalau perlu, taruh satu ember berisi air mendidih setelah anak tidur.

v Paracetamol – bila bayi/anak uncomfortable atau high fever (>38.5)

v Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan flu. Pada alergi yg mengenai hidung, anak juga akan ”meler” tetapi anak tidak demam, tetap aktif bermain. Bukan berarti juga anak menderita infeksi virus flu.



Pencegahan:

v Sering cuci tangan

v Hindari kontak erat dengan penderita flu

v Jaga kebersihan rumah seperti di kamar mandi, dapur, dsb.



Kapan menghubungi dokter?

v Persistent cough, fever > 72 hours

v Sesak nafas, kuku dan bibir tampak biru

v Luar biasa rewel, atau luar biasa mengantuk (sangat sulit dibangunkan)



Ingat: Tidak ada obat pilek yang efektif untuk bayi dan anak.



SLIDE 9. SORE THROAT / PHARYNGITIS (Radang tenggorokan & infeksi amandel)

v Umumnya disebabkan oleh infeksi virus. ARTINYA: akan sembuh sendiri – self limiting; dan samasekali tidak memerlukan antibiotik.

v Hanya sekitar 15% saja yg infeksinya disebabkan oleh kuman Streptococcus dan umumnya menyerang anak usia 4 – 7 tahun. Dengan catatan, diagnosisnya harus berdasarkan biakan usap tenggorokan.



Tatalaksana



Banyak minum; minuman yg hangat akan memberikan rasa nyaman di tenggorokan.



Untuk anak yg lebih besar, bisa diajarkan untuk kumur2 atau mengisap lozenges.



Kalau panas atau kesakitan, berikan paracetamol (seperti panadol atau tempra).



Kalau hidung tersumbat, dapat diberikan tetes hidung NaCl dan menghirup uap panas. Kalau anak sangat terganggu, dapat diberikan Nasal decongestant.



SLIDE 10. COUGHS



Jika kita membaca literaratur kedokteran, sering diungkapkan bahwa batuk merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu saluran nafas kita, seperti dahak, riak, benda asing (kacang, dsb). Batuk sebagai anugerah terindah dari Tuhan sering disikapi dengan tidak bijak oleh mereka yang tidak memahaminya.



Andaikan kita perhatikan sejenak para pada penderita stroke misalnya. Karena adanya gangguan dalam otak, refleks batuknya terganggu. Akibatnya dahak menumpuk di paru2 dan ybs umumnya mengalami pneumonia. Hingga berefek fatal kematian pada penderita tsb.



Batuk bukanlah momok. Melalui batuk, kita tetap dapat bernafas, karena lendir yang mengganggu saluran nafas akan dikeluarkan saat batuk. Dengan batuk, kita terhindari dari bahaya tersedak benda asing yang masuk ke saluran nafas kita.



Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa penyebab batuk. Infeksi kah atau bukan infeksi.



Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.



Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sd 2 minggu. Bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada anak lain yang lebih besar yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi. Alergi yang dimaksud bisa dalam bentuk alergi hidung (Allergic rhinitis), asma, alergi suatu zat dari lingkungan. Penyebab lainnya adalah sinusitis, reflux, pneumonia.



Tatalaksana :

M Cari PENYEBAB batuk.



Jika batuk disebabkan oleh produksi dahak yang berlebihan, maka upaya yang perlu dilakukan adalah mengurangi produksi lendir. Melalui cara :

v Minum banyak yang hangat misalnya lemon

v Jangan ada asap rokok

v Rangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)

v Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi

v NO – ANTIBIOTICS. Ingat ! Kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik

v NO cough suppressant. Jangan mengkonsumsi obat penekan refleks batuk (seperti DMP). Anehnya, anak kita sering mendapatkan obat racikan / puyer yang salah satu kandungannya codein (sejenis narkotika) yang tidak diketahui manfaatnya.



Pada dasarnya, TIDAK ADA yang namanya obat batuk itu.

Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya !



SLIDE 11. BRONCHITIS (INFEKSI SALURAN NAFAS)



Penyebab banyak, tetapi yang tersering adalah alergi (Allergic rhinitis, asthma, environmental exposures). Bisa juga karena sinusitis, refluks, reaksi obat, kelainan bawaan saluran napas, tersedak “benda asing”, pneumonia (virus, jamur). Mohon diingat – pneumonia belum tentu karena infeksi bakteri. Jadi - belum tentu perlu antibiotik. Biasanya ditandai dengan batuk lama.



Tatalaksana :

v Mencari penyebab. Bila karena alergi – modifikasi lingkungan sekitar untuk mengurangi eksposur pada anak

v Humidifikasi

v Ekstra cairan, dll



Jika anak kita dinyatakan menderita bronkitis, maka kita harus segera berpikir bahwa -itis di sini artinya radang – inflamasi. Penyebabnya belum tentu infeksi bakteri - mayoritas bronkitis pada anak tidak perlu antibiotik.



SLIDE 12. EAR INFECTION



Penyebab :

v Umumnya karena infeksi virus

v Pasca infeksi hidung atau radang tenggorokan seperti cold / flu

v Tooth problem



Gejala:

v Sakit telinga (biasanya 1 sisi), demam, pilek dengan hidung buntu, rewel, telinga di-tarik2, nafsu makan menurun

v Kadang2 tampak cairan kuning keluar dari telinga, kadang2 juga anak mengalami sedikit gangguan pendengaran

v Rata-rata setiap anak mengalami infeksi minimal 1 x sebelum usia 5 tahun.



Tatalaksana :

v Penghilang rasa sakit

v Posisi tegak/upright position,

v Jangan ada yang merokok

v Jangan minum susu dari dot-botol sambil tiduran

v Air hangat di botol, bungkus kain perca, taruh di atas telinga

v Kalau perlu minum obat decongestant (mengurangi hidung buntu)



Pencegahan: berikan ASI selama mungkin



Hubungi DOKTER / penggunaan ANTIBIOTIK :

v Bila berkepanjangan, lebih dari 2 minggu atau

v Bila infeksi berat dan anak kesakitan hebat



SLIDE 13. DIARRHEA - VOMITING

Hampir serupa dengan batuk, diare & muntah adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan pada manusia. Diare & muntah adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan racun, virus/kuman yang masuk ke dalam tubuh. Diare & muntah itu ibarat alarm tubuh untuk memberitahukan bahwa ada sesuatu yg tidak beres dalam tubuh kita.



Yang perlu dilakukan adalah mencari PENYEBAB nya.



Tidak perlu diberikan obat anti muntah atau obat untuk “mampet”kan diarenya. Obat-obat tsb memang akan mengurangi/menghentikan diare/muntah, tetapi tidak mengobati penyakitnya.



Perbaikan tersebut bersifat “semu”. Ibarat bom waktu. Kita terkecoh seolah anak membaik, padahal penyakitnya masih terus berlangsung. Selain itu, obat2 tersebut juga bukan tanpa risiko / efek samping.





PENYEBAB:



v >80% penyebabnya pada anak, terutama bayi, adalah virus. Dikenal juga dengan ROTAVIRUS.

v Food poisoning

v Alergi makanan,

v Pemakaian antibiotik.



TATALAKSANA – CEGAH DEHIDRASI - Minum banyak

v ASI diteruskan, campur dg Oral rehydration Solution (ORS) seperti pedialit atau oralit.

v Perbanyak minum.

v Bila diare hebat, fokus pada upaya rehidrasi (menjaga agar tidak dehidrasi). Kalau perlu, untuk sementara waktu tidak perlu makan sampai dehidrasi teratasi











Kapan menghubungi dokter?

v Ada darah di tinja atau tinja berwarna hitam

v Tanda-tanda dehidrasi berat : tidak buang air kecil > 8 jam, bibir kering, air mata kering ketika menangis, skin turgor menurun (jika tangan dicubit, tidak akan kembali seperti semula), mata cekung, abdomen (sekitar perut) cekung, fontanelle (ubun-ubun) pada bayi cekung.

v Luar biasa mengantuk, sulit dibangunkan

v Luar biasa lemas, layu



PRINSIP:

v Umumnya tidak perlu diberi antibiotik, antibiotik hanya bila tinja berdarah (butuh evidence/lab). Pada banyak kasus, antibiotik justru akan memperparah diarenya. Belum lagi pemakaian antibiotik tidak pada tempatnya akan menyebabkan infeksi tambahan oleh jamur/fungus/candida

v Jangan minum obat untuk menghentikan diare seperti primperan, motilium, juga tidak perlu minum Kaopectate, smecta, ensim, dsb.

v Pada diare biasa, tidak perlu mengganti susu formula.

- INGAT - Jangan memberikan obat anti muntah!!!!



SLIDE 14. KONSTIPASI



PENYEBAB:

Penyebab utama biasanya pola perilaku, khususnya pola konsumsi makanan yang low-fiber, high-fat & high-sugar.



Pola makan kita dulu sarat dengan sayur dan buah (serat), sekarang beralih ke fast food yang bukan hanya rendah serat, tetapi juga tinggi garam dan lemak. Penyebab lainnya adalah:

v Kurang minum

v Ignoring the urge (anak mengacuhkan rasa ingin buang air besar dan justru menahannya)

v Kurang gerak/olah raga, banyak duduk

v Penyakit: Hypothyroidism (kelenjar gondok kurang berfungsi, jarang, ada gejala lain sejak bayi seperti retardasi mental), retardasi mental



GEJALA:

v Sakit perut, melilit, mules, kembung

v Nafsu makan menurun

v Rewel

v Celana dalam ada berkas tinja (Soiled underwear)

v Tinja keras, tinja ada goresan/bercak darah (Large/blood streaked stools)

v Sering buang air kecil



TATALAKSANA :

v Minum banyak

v Pola makan yang kaya serat

v Lebih memperhatikan bowel’s habit dari anak.

v Melatih anak akan kebersihan.

v Berbicara & diskusi dengan anak.

   
18-06-2014 18:39:03 Kelahiran Pada Bulan Mei 2014
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda elvira: kalau bayi ASI ekslusive memang warna BAB nya suka berubah2 bun. kadang2 warna kuning, kadang2 warna hijau, kadang2 warna hitam. jadi ndak usah khawatir. kadang2 warna BAB nya tergantung apa yang dimakan bundanya ^_^
Kecuali kalau bayi nya minum susu formula, BAB bayi akan berwarna kuning pucat ^_^
   


Jumlah Posts : 480
Jumlah di-Like : belum ada like

GreenWhite Glutathione Supplemen Pemutih Kulit



Size : 30 Capsule
Price : Rp 300.000 PROMO Buy 1 Get 1 Free


Green White Glutathione kapsul adalah kombinasi dari Moringa Oleifera (organic) dan gluthatione. Moringa Oleifera kaya akan vit C yang berfungsi sebagai anti oksidan, sumber vitamin dan mineral. Kombinasi Moringa Oleifera dan Gluthatione adalah formula TERBAIK.

DIREKOMENDASIKAN OLEH DOKTER DI PHILIPPINE

Kandungan Moringa dalam GreenWhite Glutathione membuat Anda tidak perlu lagi mengkonsumsi vit C.

Manfaat GreenWhite Glutathione :

+ Memutihkan dan meratakan warna kulit.
+ Menghilangkan flex flex hitam.
+ Menghilangkan kerutan kerutan halus.
+ Mencerahkan dan membuat kulit bersinar.
+ Anti oksidan.
+ Menjaga kesehatan mata.
+ Mencegah timbulnya jerawat dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Komposisi :
+ L – Glutathione 300mg
+ Moringa Oleifera 100mg
+ Alpha Lipoic Acid 100mg

L-Glutathione dikenal sebagai “Master Anti-Oxidant”. L-Glutathione berfungsi untuk mengatur anti oksidan yaitu vit C & E dalam tubuh serta membuang toksin toksin dalam tubuh, selain itu juga berfungsi :
- Memutihkan warna kulit.
- Mencegah dan menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, flex, garis2 kerut wajah dan membuat kulit tampak bercahaya.
- Memperlambat proses penuaan.
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Moringa Oleifera merupakan sumber klorofil terbaik. Klorofil sangat penting untuk membantu tubuh menjaga / mencapai PH tubuh yang seimbang, selain itu Moringa Oleifera mengandung lebih dari 46 macam anti oksidan dan 36 anti infeksi / radang.

Alpha Lipoic Acid berfungsi sbg anti oksidan, meningkatkan metabolisme, energi dan kemampuan tubuh meregenerasi sel, memperlambat proses penuaan / highly effective anti-aging agent, selain itu juga berfungsi :
- Membantu mengontrol kadar gula darah.
- Membantu menyeimbangkan kadar kolestrol.
- Membuang toksin dari dalam tubuh.
- Meningkatkan penyerapan vit dan mineral seperti Vit C dan E.
- Anti Oksidan terbaik.
- Mencegah kepikunan.

Cara pemakaian :

Minum 1 kapsul sehari, paling bagus diminum 10 menit sebelum sarapan dengan air hangat.

Testimonial

Hai sis, aq udah 2 bln minum GW, kulit jadi putihan bercahaya, badan jadi seger. Alergi kulitku juga jauh bekurang. Makanya aku mao minum terus sis….

- Nita
Banjarmasin

Kulitku jadi lebih bersih setelah rutin minum GreenWhite selama 1 bulan.

- Cara
Jakarta

Hai sis, udah 3 minggu di minum ni… Flex flex hitam di kulit keliatan mulai pudar, kulit juga jadi lebih halus n lembab. Wajah kelihatan lebih segar, putih dan bersinar gtu dech hehe. Top banget dah

- Angelin
Jakarta

Website : Rahasiacantik.com
Phone : 0819 11798837
Pin BB : 7D0525D9
Email : rahasiacantik@ymail.com

   
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
udah coba obh yg warna hitam bun ? aq pas 3 bln pernah demam, batuk, sm flu .. untuk batuknya cuma dikasih obh ..
sering2 minum jeruk nipis dicampur garam .. istirahat ckup n mandi air hangat trs .. Puji Tuhan sembuhnya cepet :)
   
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
beberapa hari selalu perut mulas dan (maaf) mencret, warna tinja juga hitam pekat. badan rasa lemas. kepala juga pusing. apa penyebabnya?
   
10-08-2012 14:51:36 asi dan bab bayi
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dokter, saya baru saja melahirkan anak laki-laki pada hari senin tanggal (23-07-2012). Pada hari pertama (senin ) dan kedua (selasa) anak saya buang air nbear dengan warna hitam pekat. Tetapi kemudian dari hari Rabu sampai dengan hari ini (senin) tanggal 6 Agustus 2012 anak saya belum lagi buang air besar. Ia minum asi on demand dan buang air kecil dengan lancar. apa yang harus saya lakukan agar ia buang air besar dan apakah hal ini berbahaya. saya mohon petunjuk dokter. terimakasih

Dari : andaru pandusetyo narandara

Jawaban:

Dear Bunda, pada bayi yang menyusu ASI kerap didapati jarang BAB namun tanpa konstipasi. Hal ini biasanya dikarenakan kandungan ASI yang dapat terserap secara maksimal sehingga hanya menyisakan sedikit ampas dan terjadi jarang BAB. Berbeda dengan keadaan konstipasi (yang biasanya terjadi pada bayi menyusu susu formula) dapat terjadi kesulitan dalam BAB di sertai nyeri karena kerasnya kotoran bayi. Apabila bayi anda jarang BAB dan di susui ASI, tidak di sertai kembung, tanpa kelihatan nyeri saat BAB, maka tidak ada yang perlu di khawatirkan. Demikian jawaban saya , semoga dapat membantu.
   
Jumlah Posts : 1049
Jumlah di-Like : belum ada like
www.ilonashop.com

http://ilonashop.com/greenwhite-glutathione.html

greenwhite glutathione

Contains : 30 capsules

Price : Rp. 275.000 Buy 1 Get 1 Free !!!

Green White Glutathione kapsul adalah kombinasi dari Moringa Oleifera (organic) dan gluthatione. Moringa Oleifera kaya akan vit C yang berfungsi sebagai anti oksidan, sumber vitamin dan mineral. Kombinasi Moringa Oleifera dan Gluthatione adalah formula TERBAIK.

DIREKOMENDASIKAN OLEH DOKTER DI PHILIPPINE

Kandungan Moringa dalam GreenWhite Glutathione membuat Anda tidak perlu lagi mengkonsumsi vit C.

Manfaat GreenWhite Glutathione :
+ Memutihkan dan meratakan warna kulit.
+ Menghilangkan flex flex hitam.
+ Menghilangkan kerutan kerutan halus.
+ Mencerahkan dan membuat kulit bersinar.
+ Anti oksidan.
+ Menjaga kesehatan mata.
+ Mencegah timbulnya jerawat dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Komposisi :
+ L – Glutathione 300mg
+ Moringa Oleifera 100mg
+ Alpha Lipoic Acid 100mg

L-Glutathione dikenal sebagai “Master Anti-Oxidant”. L-Glutathione berfungsi untuk mengatur anti oksidan yaitu vit C & E dalam tubuh serta membuang toksin toksin dalam tubuh, selain itu juga berfungsi :
- Memutihkan warna kulit.
- Mencegah dan menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, flex, garis2 kerut wajah dan membuat kulit tampak bercahaya.
- Memperlambat proses penuaan.
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Moringa Oleifera merupakan sumber klorofil terbaik. Klorofil sangat penting untuk membantu tubuh menjaga / mencapai PH tubuh yang seimbang, selain itu Moringa Oleifera mengandung lebih dari 46 macam anti oksidan dan 36 anti infeksi / radang.

Alpha Lipoic Acid berfungsi sbg anti oksidan, meningkatkan metabolisme, energi dan kemampuan tubuh meregenerasi sel, memperlambat proses penuaan / highly effective anti-aging agent, selain itu juga berfungsi :
- Membantu mengontrol kadar gula darah.
- Membantu menyeimbangkan kadar kolestrol.
- Membuang toksin  dari dalam tubuh.
- Meningkatkan penyerapan vit dan mineral seperti Vit C dan E.
- Anti Oksidan terbaik.
- Mencegah kepikunan.

Cara pemakaian :

Minum 1 kapsul sehari, paling bagus diminum 10 menit sebelum sarapan dengan air hangat.

Dicari DISTRIBUTOR TUNGGAL untuk kota kota besar di Indonesia.

Untuk pemesanan hubungi :
IlonaShop
Mobile : 0817-6017885 (sms only)
Website : www.ilonashop.com

Tidak melayani COD, ambil di tempat, ketemuan dan sejenisnya.

Cara Pemesanan :
1. Sms dengan menyebutkan barang yang akan di pesan + lokasi pengiriman.
2. Ilona Shop akan menginfokan ongkos pengiriman, total yang harus di bayar beserta no rekening bca / mandiri yang di gunakan untuk pembayaran.
3. Lakukan konfirmasi pembayaran via sms dengan menyebutkan :
- Metode pembayaran (transfer dari rekening bank xxxx xatas nama xxxxx / setor tunai)
- Jumlah pembayaran
- Bank tujuan
- Barang yang di pesan
- Alamat pengiriman
4. Pengiriman setiap hari Senin – Jumat via Indologistik / Jne. Hari libur tidak ada pengiriman yak
5. Barang di kirim 1 hari setelah konfirmasi pembayaran / hari pengiriman terdekat berikutnya.
6. Ilona Shop menjamin semua barang sampai ke alamat penerima.
7. HAPPY SHOPPING GIRLS ^-^

Testimonial

Hai sis, udah 3 minggu di minum ni… Flex flex hitam di kulit keliatan mulai pudar, kulit juga jadi lebih halus n lembab. Wajah kelihatan lebih segar, putih dan bersinar gtu dech hehe. Top banget dah :)

- Angelin
Jakarta

“I’m taking GreenWhite because of its intelligent combination!” why combine Gluthathione w/ Moringa Oleifera?
gram for gram Moringa contains:
- 7x the Vitamin C in oranges
- 4x the Vitamin A in carrots
- 4x the Calcium in Milk
- 2x the Protein in Milk
- 3x the Iron in Spinach
- 3x the Potassium in Bananas
- energy and immune booster!
- prevents 300+ diseases and dubbed as “the MIRACLE TREE”
- an all NATURAL source of nutrition
thus, GreenWHITE is the best formulation for HEALTH and SKIN WHITENING!”

- Shiela Carlos

” Its product GreenWhite is a combination of Glutathione, a popular whitening ingredient, and Moringa Oleifera powder which is known for its anti-oxidant properties.”

- Agnes Dela Pena
Dietician/Nutritionist
General Santos

“I’m not an avid taker of supplements and even forget to take my regular vitamins daily. I tried this to see how effective it was and it worked wonders on my skin, especially on getting rid of my skin allergies, pimples and blemishes. It also helped me to lose weight easier because of it’s cleansing properties. I have smoother skin and so I now wear less make-up. It’s the only supplement I take.”

- Tricia Data
Manila

“After two weeks of taking greenwhite, my upper back pain which I experienced for a year due to stress totally dissapeared! Three years ago i had an operation due to my sinusitis and polip which I had since I was young. After the operation, I experienced terrible headache, and different kind of headache that I couldn’t describe. My only remedy for that is to take neosep and sleep. I had that serious headache almost everyday. After taking 1 bottle of greenwhite, I never experienced that serious headache up to now! Thanks Greenwhite!”

Nikki Senados

“I am frequently bothered by migraine attacks and it really makes my work and my already busy schedule more tedious. I have tried several medicines before but none worked for me. To my surprise, when I tried greenwhite, my migraine was completely gone. I can now work with much ease and comfort without the migraine attacks. As an added benefit, Greenwhite serves as my sleeping aid.”

- Cyrill Rubianes
Makati City

“Moringa is not just a good source of Vit. C, it is a POWERHOUSE of antioxidants, vitamins and minerals. Combined with the MASTER ANTIOXIDANT L-GLUTATHIONE, this product is the best formulation”

- Agnes Dela Pena
Dietician/Nutritionist
General Santos

“…before taking Greenwhite, I was regularly visited by insomnia attacks. When I started taking Greenwhite, I noticed an improvement in my sleeping pattern. Now, I can sleep well every night and wake up fresh in the morning. Greenwhite gave me more energy and my mind is more focused! Thanks to Greenwhite, I am now more productive!”

- Milagro Delada
Cainta, Rizal

“After taking Greenwhite for about 3 weeks, I noticed that my skin tone lightened. My freckles and other blemishes were reduced. My skin became softer and smoother.”

- Elsa Panganiban
Calamba City

“Thanks to Greenwhite; my blood pressure is now more stable. I can do my work all day without difficulty and discomfort. I also have more confidence, I can now play with my grandchildren without fear of hypertensive attack.”

- Danilo Vidad
Tarlac City

“I salute Corporation for producing a high quality brand of glutathione at an affordable price. With the combination of Moringa Oleifera, the company wants only the best for you and me. So, enjoy the health benefits and skin whitening effect of GreenWhite…”

- Alexander P. Quito, RMT


   
Jumlah Posts : 396
Jumlah di-Like : 1
@ bunda nisa

Akhirnya minum susu hamil juga.. enak kan bun..hehe
Udah brp week sekarang bun dedenya?
Sehat selalu ya bunda nisa


@ bunda serli

Udah keluar berupa darah" warna hitam gitu bun? bisa jadi bunda keguguran spontan..
Thn lalu ak juga pernah keguguran bun, telat 3hr ak TP hasilnya +. trs 1minggu TP ak keluar flek sampai akhirnya pendarahan, pas di USG ternyata janinku ngga berkembang dan kantung janinnya bentuknya ngga sempurna, jadi hari itu juga ak langsung di kuret bun.. Ak keguguran karena BO (Blighted Ovum)

Lebih baik bunda cek lg ke dokter, klo memang bunda mengalami keguguran spontan, rahim musti di USG lg bun sudah bersih atau blm..

Semangat ya bun
   
27-04-2009 12:03:16 minum obat apa ???
Jumlah Posts : 19
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda, minum aja Jelly gamat de mujarab. ampuh sekali , cocok utk baby, anak2, ibu menyusui, orang tua, wah, segala umur deh. alami dan organik lho. saya info in ya
Halo,ada yang tau jelly gamat ? sangat bagus untuk kesehatan, penuh khasiat, semua umur pun boleh minum. saya jelasin ya   JELLY GAMAT   Gamat / Tripang Laut / Timun Laut / Ginseng Laut / Hoi Som merupakan sejenis hewan invertebrate, berbentuk panjang bulat, kira-kira satu kaki, hidup di lautan yang tenang, banyak rumput air dan kaya dengan bahan organic. Gamat dijumpai dalam berbagai warna, hitam, putih, perang, berbelang, kuning keemasan dan lain-lain. Yang berwarna kuning keemasan bermutu tinggi serta paling berkhasiat, dikenal dengan Gamat Emas ( Stichopus Horrens ). Jelly Gamat dibuat dengan menggunakan gamat emas yang diproses secara LMPS ( Low Molecular Particle Separation System ) untuk menghilangkan bau tanpa menghilangkan khasiatnya.   Jelly Gamat mengandung Protein, Kolagen, Asam amino, Mukopolisakarida, Glukosaminoglycans yaitu Chondroiton Sulfate dikombinasi dengan Glucosamine, Vitamin A, B1, B2, B3, C, Mineral ( Kalsium, Phosfor, Magnesium, Zat besi, Iodin, Zink, Selenium, Sodium, Potasium,
Kuprum ), tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.   Manfaat Gamat bagi Kesehatan : -         Anti bakteri dan anti fungi -         Anti radang yang dapat mengurangi bengkak dan sakit -         Pemulihan Luka -     Masalah kulit seperti jerawat, gatal2, eksim, alergi, jamur, kurap, dll -         Meningkatkan system imun -         Baik untuk Arthritis, gastric, inflamasi kerongkong -         MEngurangi Kadar gula darah dan kolesterol -         Memperlancar peredaran darah -         Meningkatkan Metabolisme -         MEnormalkan tekanan darah -         Meningkatkan Jumlah Sperma -         Meningkatkan Fungsi sel   Cara Konsumsi : -         2 – 3 sendok makan setiap hari -         Dapat juga digunakan untuk penggunaan luar seperti : Luka   Note : Sebaiknya dikonsumsi sebelum makan Setelah dibuka simpan didalam lemari es Jely gamat adalah suplemen lengkap dan unik bagi kesehatan tubuh manusia yang adalah produk alami dari teripang emas yang hidup di laut jernih dan dalam. Dapat di konsumsi utk jangka panjang tanpa efek samping. Daripada minum obat yang  gak jelas efek sampingnya, lebih  baik minum jelly gamat, untuk kesehatan kluarga. terdaftar dalam BPOM , alami, organik, dan mujarab utk kesehatan Regards
 
   
21-11-2008 09:24:52 mata ke tengah
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10
Sekedar berbagi info ya Bunda ..................... STIMULASI MATA PENTING TAPI JANGAN BERLEBIHAN Penting, lo, menstimulir penglihatan bayi. Jadi, kalau ada gangguan, bisa segera diketahui serta ditangani. "was, nanti anakmu juling!" Itu kata orang tua zaman dulu jika melihat bayi dari posisi tertentu saja. Dari atas, misalnya. "Ah, itu tak benar sama sekali," sergah dr. Hadi Prakoso W, spesialis mata dari Jakarta Eye Centre. Mata juling, katanya, tak disebabkan stimulasi-stimulasi yang terjadi di masa bayi, "Tapi karena ada kerusakan pada bola mata. Baik sebelah maupun keduanya. Kerusakan inilah yang menghalangi cahaya masuk ke mata, sekaligus menghalangi diteruskannya cahaya masuk ke otak." Kelainan bisa terjadi karena kelainan pada kornea, lensa (katarak sejak lahir), retina, dan lainnya. "Kalau salah satu atau kedua mata rusak, muncul ketidakseimbangan dan gangguan yang disebut juling." Penyebab lain, kerusakan pada otot atau saraf yang menggerakkan otot mata. Alhasil, gerak bola mata jadi tak selaras. Bisa juga karena kerusakan pada sistem saraf pusat. "Gerakan mata, kan, dikoordinasi otak. Umumnya gerakan bola mata mulai selaras sejak bayi usia 1 bulan. Bila sampai usia 6-8 bulan tidak selaras, yang satu ke kiri lainnya ke kanan, berarti ada yang tidak beres." MAINAN DI ATAS BOKS Begitulah, juling karena bayi dilihat dari arah atas, tak benar adanya. Sebab, otot-otot bola mata sebenarnya sudah disiapkan untuk berputar ke arah mana saja, 360 derajat, atau sampai pada batas-batas tertentu yang tak mungkin bergerak melampaui batas itu. "Kalau mau merangsang penglihatan bayi agar ia bisa melihat dengan baik, gampang saja. Beri ia kesempatan melihat sekelilingnya dengan baik. Aktivitas penglihatan bayi tidak dihalangi, misalnya tidak diplester." Sebenarnya, lanjut Hadi, segala sesuatu yang dilihat bayi akan memberi rangsangan. Saraf penglihatan akan mendapat rangsang cahaya yang diperlukan untuk dapat melihat. Lalu rangsangan ini ditangkap oleh mata dan difokuskan pada retina atau saraf penglihatan yang kemudian menimbulkan reaksi kimia sehingga menjadi impuls-impuls listrik. "Impuls ini dilanjutkan diproses dan dibaca oleh otak," jelas Hadi. Begitu juga dengan mainan berputar yang ditaruh di atas boks bayi, boleh-boleh saja diberikan. Hanya saja, "Berikan saat matanya sudah bisa mengikuti arah benda. Jadi, jangan pada bayi baru lahir, yang umumnya masih memejamkan mata." STIMULASI MENYELURUH Yang jelas, menstimulir penglihatan bayi amat perlu. Apalagi hal ini berkaitan dengan kecerdasan. Jika ia bisa memperhatikan atau tertarik pada sesuatu, saraf-saraf di otaknya akan terangsang sehingga akan terbentuk koneksi antar sel-sel otak. Akhirnya, ia pun menerima image benda. "Jadi, meski bayi belum bisa membedakan bentuk bulat dengan panjang, misalnya, tapi dia bisa melihat ada sesuatu yang berbeda," terang psikolog Dra. Mayke S. Tedjasaputra. Ia juga mengingatkan, stimulasi jangan hanya terfokus pada penglihatannya saja. "Ajak dia berkomunikasi. Ini nantinya akan berpengaruh pula pada kemampuan bicaranya," lanjut psikolog Perkembangan Anak dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini. Dengan kata lain, stimulasi hendaknya berupa sebuah rangkaian, tak melulu indera penglihatan. Di masa inilah anak akan lebih banyak belajar mengenal dunianya, menerima informasi tentang benda yang ada di sekitarnya. Alhasil, anak jadi lebih aktif dan responsif. Selain itu, stimulasi penglihatan ini juga bisa berfungsi sebagai deteksi dini. Misalnya jika distimulasi tapi tak ada kontak mata atau si kecil tak merespons, berarti ada sesuatu yang tak beres pada dirinya. Entah itu autis atau memang ada gangguan penglihatan, juga gangguan lainnya. PERKEMBANGAN KEMATANGAN PENGLIHATAN Untuk menstimulir penglihatan bayi, harus disesuaikan dengan perkembangan kemampuan melihat si bayi. "Ini berhubungan dengan kematangan saraf penglihatan. Contohnya, bayi di bawah 1 bulan, sekitar 2 mingguan, penglihatannya masih kabur. Bayi perlu 2-3 kali menggerakkan posisi kepalanya untuk dapat melihat benda-benda dengan lebih jelas," terang Mayke. Menurut Hadi, memang mulanya bayi tidak bisa menangkap gambar dengan baik karena kemampuan mengirimkan cahaya dan menimbulkan sinyal-sinyal listrik belum bagus, meskipun sinyal-sinyal listrik oleh mata difokuskan dengan baik. Sebab itu, bayi baru lahir melihat sesuatu itu masih secara kasar, tidak detail. "Pada bulan pertama, bayi sudah mulai berkembang untuk mengikuti gerakan benda. Usia 1 bulan bayi bisa melihat bentuk huruf lebih jelas dengan ukuran yang cukup besar. Artinya, bukan mengenali huruf, tapi mengamati ada sesuatu yang menarik baginya," ujar Mayke. Menurut Hadi, baru di atas usia 2 bulan penglihatannya maju pesat. Sementara untuk melihat benda-benda dengan fokus yang baik, lanjut Hadi, diperlukan kerja sama otot-otot mata, dan ini baru dimungkinkan setelah usia bayi 4-5 bulan. Setelah 5 bulan, menurut Mayke, bayi baru bisa memfokuskan pandangannya pada suatu benda. Saat ini anak mulai mengenali gambar binatang, misalnya. Selain itu, karena saraf-saraf mata sudah berfungsi dengan baik, begitu juga otot-otot matanya, mereka juga mulai mengenal kedalaman. Jadi kalau di tempat tinggi mereka takut jatuh. Sedangkan, kata Hadi, anak bisa melihat dengan tajam seperti orang normal, baru sekitar usia 2-3 tahunan. Berdasar penelitian, lanjut Mayke, bayi justru lebih mudah menangkap bentuk-bentuk yang lengkung atau pola-pola geometris yang merupakan bentuk dasar daripada bentuk datar berupa garis-garis. Karena itulah, bayi bisa cepat melihat dan mengenali kontur wajah ibunya/manusia. Dengan demikian, saran Mayke, sebaiknya mulailah menstimulasi penglihatan bayi dari situ. Mainan pun, pilih yang bentuknya lengkung. Soal warna, hitam dan putih adalah warna yang mula-mula dilihat bayi cukup lama. Pada usia 2 bulan barulah ia bisa membedakan warna merah dan hijau. Usia 3 bulan bayi bisa membedakan warna merah, hijau, biru, dan kuning. Menurut penelitian, bayi lebih memilih warna merah dan biru. Mungkin karena warnanya yang menarik. Untuk mainan, bayi perlu mainan yang bergerak, berbunyi, berwarna cerah, dan menarik. Sebab, menurut penelitian, indera penglihatan adalah yang paling akhir berkembang dibanding pendengaran, penciuman, dan lainnya. Mainan untuk usia 2 bulan, mulai dengan warna cerah dan digabung dengan bunyi dan bergerak supaya semakin banyak indera yang terlibat. JANGAN BERLEBIHAN Kendati penting, saran Mayke, pemberian stimulasi penglihatan sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Artinya, tidak melulu harus memperhatikan mainan tertentu. Ada saatnya bayi bermain bersama ibu dengan digendong, ditimang, dan sebagainya. "Jadi, tidak terfokus pada satu kegiatan yang membuat anak jadi bosan dan pengetahuannya terbatas." Jangan sampai juga saking ingin anaknya pintar, orang tua menempelkan banyak gambar dan diajarkan mengenali bentuk huruf, binatang, dan buah-buahan. "Sebaiknya, perkenalkan gambar satu per satu. Yang tak kalah penting, tetap beri perhatian anak. Jangan hanya satu aspek kognisi saja yang ditekankan, harus juga dilihat dari segi sosialisasinya dengan orang lain dan juga segi emosinya." Mata juling, sudah bisa diketahui orang tua setelah bayi berusia sebulan. Pada umumnya, ketika lahir mata bayi memang terlihat seperti juling. Namun pada akhir bulan, mata ini sudah dapat terkoreksi dengan baik. Itulah mengapa, setelah usia sebulan dapat terlihat apakah mata bayi juling atau tidak. Jadi, jangan buru-buru panik dan cemas bayi akan bermata juling selamanya, ya, Bu-Pak? Kalaupun terus berlanjut juling, orang tua juga tak perlu terlalu khawatir karena bisa disembuhkan dengan jalan operasi. Dalam dunia kedokteran, mata juling bukan suatu hal yang sulit karena hanya permainan posisi bola mata. Ibaratnya, bila otot yang satu kepanjangan dan satu kependekan, maka tingal mengatur agar posisinya bisa sama. .........
   
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear All anakku udah kurang lebih 5 hari BAB nya bau dan berwarna kehijau2an dan juga hitam.......awalnya aku pikir ga masalah tp setelah baca info diatas ini BAB anakku ga normal.....anakku sekarang 5 bulan dan hanya minun Sufor dan sebelumnya BAB warna kuning setelah minum obat Batuk dan Puyer antibiotik dan flu, setelah BAB nya jd warna hitam dan hijau bau lagi, dan setelah selesai aku imin DPT dan aku kasih obat Tempra dampai sekarang BAB nya blm beruba....saran dunk thanx, Mama Avel
   
30-03-2017 09:06:17 CHOMNITA CLEAR DARK ASLI
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like

HUB : TSEL 081316077399 BB 28DC4599


CHOMNITA CLEAR DARK 
Harga Rp. 150.000


CHOMNITA CLEAR DARK cocok untuk digunakan untuk bagian bokong yang hitam / kasar / belang. Terutama mereka suka berenang menggunakan bikini.
Chomnita Clear Dark juga bisa digunakan untuk memutihkan daerah seperti siku, lutut, selangkangan, 
lipatan-lipatan tersembunyi serta menyamarkan strechmark.

Manfaat menggunakan CHOMNITA CLEAR DARK :
-Memelihara kulit
-Membantu menghilangkan warna hitam di daerah selangkangan, bokong
-Menghilangkan strechmark, pigmentasi kulit tidak merata
-Membuat permukaan kulit menjadi halus dan lembut dengan pemakaian rutin
-Diformulasikan dengan bahan organik seperti Shea Butter, minyak Apricot, minyak Jojoba, ekstrak alga & Vitamin C