SITE STATUS
Jumlah Member :
492.800 member
user online :
1610 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: lagi hamil jika ganti minum dari prenagen ke sgm dan ke bebemama

New Topic :  
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Walau memang USG belum terbukti secara klinis dapat membahayakan janin, tetapi secara teori sudah terbukti. Walau memang tidak menyebabkan cacat janin.

Karena membentuk citra dari pantulan suara tinggi dengan media air (ketuban), yang tidak dapat terdengar oleh telinga kita (tapi dapat ditangkap oleh kelelawar), yang pasti setiap gelombang itu menghasilkan energi. Setiap energi itu mengeluarkan kalor (panas).
Jadi memang tidak terasa sekali efek/dampaknya, tapi setiap kali USG, pasti si janin bergerak. Ayo ayo... yang janinnya diam saja sewaktu USG ngacung...

Pada saat gelombang masih dalam teori apakah mampu gelombang membuat bensin terbakar, banyak yang tidak mempercayainya. Namun begitu terjadi, pada akhirnya dibuatlah larangan menyalakan HP di pom bensin, atau pada saat pengisian. Begitu pun pada penggunaan alat rumah tangga untuk memasak, microwave yang semula dinyatakan aman, namun pada akhirnya terbukti dapat menyebabkan kanker pada orang yang berada di dekatnya.

Kakak saya selama hamilnya setiap bulan selalu USG. Tapi karena saya memiliki pendapat ini, saya hanya melakukan USG 5x: pertama kali begitu datang ke dokter (tahu hamil), bulan ke 3, bulan ke 6, bulan ke 8, dan begitu mau melahirkan.
   


Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
Hi Bunda2..mau tanya dunk kenapa di trimester pertama,bunda2 yang lagi hamil blm boleh,minum softdrink,makan mie instan dan minum kelapa muda,klo pun boleh,diumur janin keberapa yah Bun ^^ mohon petunjuk...thx
   
01-08-2013 12:21:22 telat mens tespack negativ
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bun mau tanya ni....,, biasanya siklus mens ku antara 28-33, tapi sekarang aku sudah telat lama sekali , hpht ku 16 juni dan sMpai hari ini tgl 1 agustus belum jg mens. waktu aku tespack sudah 4x tapi hasilnya negati....hiks, kemudian suamiku mrngajak aku ke dokter spog, aku di suruh tespack lagi disana dan di usg ,tanpa penjelasan yang panjang kemudian aku diresepin lutenyl dan dokter menyarankan nanti kalau sudah mens hari ke3 aku disuruh minum obat tapi aku lupa obatnya apa, setelah mens ke 9 aku disuruh kontrol lg ke dokter itu. aku masih berharap kalau aki ini hamil...., bun ada yang tau gak dampak dari lutenyl itu jika aku minum,,? bisakah aku hamil jika aku minum lutenyl itu ? makasih
   


Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like

Dok selamat siang,

Saya mau tanya, saya sekarang sedang hamil 20 minggu jika dihitung dari Hari pertama mens.

2 minggu lalu saya cek usg dengan dokter spog, seharusnya jika dilihat dari tanggal hari pertama Mens, saya masi 18 minggu, namun menurut dokter spog, umur debay sudah pas 20 minggu, terutama jika dia lihat dari ukuran (baik kepala dan ukuran tubuh debay). 

Apakah hasil usg bisa salah atau memang karena tebalnya lemak dan tebalnya air ketuban, tapi kembali lagi, saya tanyakan ke dokter spog, bahwa semuanya normal. 

Mohon penjelasannya.

   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

hallo bunda.....salam kenal ya.....saya bunda salsri....

ngomong2 soal susu saya selama hamil 2 bulan minum susu prenagen trus saya ga minum lagi. saya ganti minum susu kedelai aja...belum tanya dokter sih cuma saya lgsg ganti aja. ya moga2 ga apa2.

   


Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9

To all bunda :
Ikut share y bund, walaupun saat ini aq dah hlm dan Alhamdulilah dah msk usia 38w, jd tinggal menghitung hari aja nich bund, mhn doanya spy pas proses lahiran nanti diberi kelancaran, keslamatan dan jg kesehatan buat bunda dan bayinya. Aq cm moau bagi2 info aja nich buat para bunda yg blm dan pengen cpt2 hml, smg bermanfaat y bund ....
Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan bagi pasangan suami isteri agar cepat mendapatkan kehamilan:

1.Tidak Memakai Alat KB

Tidak menggunakan semua alat KB adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Hal ini karena penggunaan alat ini akan menyebabkan siklus haid Anda menjadi tidak teratur dan perlu waktu beberapa bulan untuk menjadi normal kembali. Tapi, tak sedikit pula wanita yang menjadi subur pada bulan pertama setelah berhenti minum pil KB.

2. Periksakan Kondisi Kesehatan Anda

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan yang mencakup kesehatan tubuh anda sendiri, mengenai sistem reproduksi anda, tingkat kesuburan dan hal lainnya kepada ahlinya. Periksakan hal ini baik suami maupun isteri. Hal ini merupakan modal penting untuk terjadinya kehamilan dan untuk diketahui oleh pasangan suami isteri, karena jika terjadi kendala pada hal tersebut, tentunya diperlukan perawatan dan pengobatan lebih lanjut dan bukan hanya sekedar tips. Jika setelah diperiksakan dan dinyatakan kondisi anda dan pasangan anda sehat, maka mungkin tips selanjutnya bisa bermanfaat dan dapat anda lakukan.
Ketahui Mengenai Pengetahuan Dasar Terjadinya Kehamilan
Hal ini juga penting diketahui oleh pasangan suami isteri agar dapat dijadikan sebagai gambaran untuk mendapatkan kehamilan. Mengetahui seberapa banyak jumlah sperma normal, kondisi serviks saat masa subur, berapa lama sperma mencapai sel telur dsb

3. Ketahui Masa Subur Anda

Masa subur ditandai oleh kenaikan Luteinizing Hormone secara signifikan sesaat sebelum terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium). Kenaikan LH akan mendorong sel telur keluar dari ovarium menuju tuba falopii. Didalam tuba falopii ini bisa terjadi pembuahan oleh sperma. Masa-masa inilah yang disebut masa subur, yaitu bila sel telur ada dan siap untuk dibuahi. Sel telur berada dalam tuba falopi selama kurang lebih 3-4 hari namun hanya sampai umur 2 hari masa yang paling baik untuk dibuahi, setelah itu mati.

4. Ketahui dan Hindari Masalah-Masalah Kesuburan (Infertilitas)

Masalah kesuburan terjadi akibat terganggunya sistem reproduksi pada wanita dan terjadinya penurunan kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Sebuah penelitian menyatakan bahwa masalah kesuburan terjadi pada 40% akibat perempuan, 40% akibat laki-laki dan 30% akibat keduanya.

5. Waktu terbaik untuk konsepsi

Penting untuk mengetahui kapan saat terbaik untuk terjadinya pembuahan pada seorang wanita. Waktu terbaik untuk konsepsi atau pembuahan adalah saat masa subur atau ovulasi dari seorang wanita.
Yang perlu diperhatikan bahwa telur yang matang hanya hidup 24 jam sedangkan sperma hidup 48-72 jam dalam tubuh wanita. Oleh karenanya, melakukan hubungan seks sebelum saat ovulasi lebih baik untuk meningkatkan kehamilan daripada sehari atau dua hari sesudahnya.

6. Frekuensi hubungan seksual

Frekuensi atau seberapa sering untuk melakukan hubungan seksual, ini semua tergantung dari setiap pasangan. Tidak ada angka khusus yang dapat memastikan berapa kali seseorang harus melakukan seks untuk dapat hamil. Ada wanita yang hamil hanya dengan satu kali saja tapi yang lain memerlukan waktu yang lebih lama. Yang terpenting “seberapa sering” anda melakukan hubungan seksual pada ” waktu yang terbaik untuk konsepsi”.

7. Jangan Banyak Bergerak Setelah Seks?

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa setelah hubungan seksual dengan tidak bergerak dan tetap dalam posisi tidur dengan kaki atau pinggul lebih tinggi setelah seks akan meningkatkan kesuburan. Karena sebenarnya sperma sudah berada di dalam servik sesaat setelah ejakulasi.
Tapi ada ahli yang tetap menganjurkan untuk memberi waktu sejenak untuk sperma berenang ke servik dan menganjal pinggul dengan sebuah bantal selama seks.
Yang terpenting juga sewaktu anda membersihkan, hindari mengunakan cairan pembersih vagina sesaat setelah hubungan seksual, karena cairan pembersih vagina dapat bersifat toxic untuk sperma.
-Buat para suami
Para suami sebaiknya menghindari memakai celana yang terlalu ketat atau mandi air hangat, hal ini akan menurunkan kemungkinan kehamilan karena proses penekanan atau panas didaerah testis (pembentuk sperma).

8. Hindari Rokok dan Narkoba

Merokok atau mengkonsumsi narkoba sangat mngurangi peluang seorang wanita untuk hamil, dan dapat menyebabkan terjadinya keguguran, kelahiran prematur, dan bayi dengan berat badan rendah.

9. Kurangi Kafein

Banyak penelitian menunjukkan, terlalu banyak kafein bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Jika ingin hamil, hindari minum kopi, teh, atau cola yang kandungan kafeinnya tinggi.

10. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Hal lain yang tidak kalah penting adalah menerapkan pola hidup sehat. Inilah yang harus anda perhatikan :
Jika kebetulan anda atau suami perokok, sebaiknya menghentikan merokok. demikian juga dengan kebiasaan meminum alkhohol.
meminum alkohol sedikit pun mengurangi peluang kehamilan hingga 50 %
Pastikan Berat Badan Anda Tidak Kurang/Tidak Lebih (ideal) karena berat badan yang kurang/lebih selain bisa mempersulit pembuahan, juga menjadi masalah saat anda hamil. Sedangkan bagi pria, kekurangan berat badan bisa mengurangi pembentukan sperma.
Rajin Olahraga, dengan demikian kondisi badan anda selalu fit dan dalam proses pembuahan pun akan lebih besar terjadi.
Pola Makan Bergizi Seimbang dalam mengkonsumsi makanan sarat gizi yang diperlukan untuk mendapatkan kehamilan sehat kelak.

11. Gunakan Posisi Berhubungan Badan Yang Tepat

Banyak pakar kesuburan yang berpendapat bahwa posisi pria di atas saat berhubungan badan memberikan peluang terbaik bagi terjadinya kehamilan. Agar lebih efektif, wanita bisa mengganjal pinggulnya dengan bantal sehingga serviks-nya bisa menampung banyak sperma. Usahakan setelah ejakulasi antar pasangan terjadi, selama 10-20 menit agar wanita tetap dalam posisi berbaring. Janganlah beranjak dulu dari sikap tiduran ini karena dalam menit waktu ini cairan semen akan mencair, dan jika wanita bangkit cairan semen akan mengalir kembali ke vagina dan suasana asam membuat sperma melemah dan mati. Hal ini juga merupakan suatu supaya agar kesuburan seorang wanita dapat terjaga dengan baik.

12. Hadirkan suasana Santai Saat Berhubungan

Kegiatan berhubungan suami isteri ini selayaknya dilakukan dalam suasana yang santai dan juga romantis. Saat masa subur tiba dan direncanakan untuk berhubungan intim, sediakanlah waktu yang cukup. Jika selesai aktifitas dari suatu pekerjaan, istirahatlah terlebih dahulu untuk memberi waktu menyegarkan tubuh. Mandi bisa jadi suatu cara agar tubuh menjadi segar kembali. Jagalah mood dan bersikaplah santai, jangan terlalu stres dalam melakukan hubungan seksual, misalnya memikirkan apakah”kegiatan” kali ini akan membuahkan suatu kehamilan.

13. Minum Vitamin

Untuk cepat hamil, konsumsi vitamin maupun jenis makanan mengandung zat-zat dibutuhkan untuk kesuburan sangatlah penting untuk Anda dan pasangan. Vitamin C, salah satunya, dapat meningkatkan kualitas sperma. Mengkonsumsi 1000 mg dan 10 mcg vitamin D atau Vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Dan wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki kesempatan hamil yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya. Asam folat juga berperan penting dalam pembentukan tabung otak sang janin kelak.

14. Berdoa Kepada Yang Maha Kuasa

Manusia hanyalah bisa merencanakan dan berusaha, sedangkan yang menentukan semuanya tentulah Tuhan. Oleh karena itu lengkapi usaha anda dengan berdoa kepada-Nya, agar diberkahi secepatnya karunia kehamilan. Doa begitu kuat, yang mampu mewujudkan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Jadi, berdoalah!

   
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9

Selulit, Lazim Dialami Ibu Hamil

 
 

Sebal dengan muculnya selulit alias stretch mark? Sayangnya, ini lazim pada wanita hamil. Menurut American Academy of Dermatology, lebih dari 90% akan muncul pada wanita hamil saat usia kandungan memasuki bulan ke enam dan ke tujuh. Selulit yang tak sedap dipandang ini ditandai dengan garis-garis pada sekitar perut, paha, panggul dan payudara. Sekali selulit muncul, biasanya bersifat permanen.

Sejumlah krim yang diklaim mampu menghilangkan selulit tanpa bekas nyatanya tak seampuh bunyi iklannya. Cara yang efektif untuk menghilangkan stretch mark adalah laser. Biayanya memang tak bisa dibilang murah. Makanya, agar selulit tak tambah gawat, perawatan dini sangat diperlukan, misalnya dengan menjaga kelembaban kulit selama hamil.

Ada sejumlah pelembab yang dapat digunakan untuk merawat kulit dari ancaman bahaya selulit, yaitu minyak jojoba, minyak kelapa, vitamin E, wheat germ dan ekstrak lavender.

Bagaimana perawatan yang baik agar selulit dapat diminimalkan? Ini langkah-langkahnya:

 

h Pijat secara lembut bagian perut dengan losion atau pelembab

 

h  Air hangat dapat mempengaruhi elastisitas kulit, bahkan menyerap kelembabannya. Mandi dengan air hangat boleh saja, setelahnya diikuti dengan pemakaian losion yang mengandung vitamin A, C kolagen dan asam-asam amino bagi kulit kering

h Gunakan pelembab berbahan dasar air yang ringan rutin setiap hari

h  Tidur cukup dan perbanyak minum air putih.

Jika masalah selulit membuat Anda tidak nyaman, konsultasikan dengan dokter Anda agar dicari solusi terbaik. Nikmati kehamilan dengan bahagia

 
Smg bermanfaat y bund .........
   
24-02-2011 17:01:01 Posisi Tidur Selama Kehamilan
Jumlah Posts : 728
Jumlah di-Like : 3

Selama kehamilan banyak Bunda berjuang keras menemukan posisi yang nyaman untuk tidur. Posisi tidur normal sebelum kehamilan mungkin sudah tidak nyaman lagi. Ada banyak hal yang menyebabkan ketidaknyamanan ini. Tetapi untungnya ada beberapa posisi yg Bunda bisa coba.

Kenapa saya tidak nyaman dengan posisi normal sebelumnya?

Ketika Bunda hamil, tubuh mengalami banyak perubahan. Dan perubahan ini cenderung mengganggu kenyamanan tidur, misalnya: membesarnya perut, mual, rasa sakit pada tulang belakang (back pain), sesak nafas dan susah tidur. 

Bagaimana posisi tidur yang terbaik? 

Cara tidur terbaik adalah “SOS” (Sleep on Side) atau tidur menyamping. Lebih baik lagi kalau tidur di sebelah kiri dimana posisi ini akan meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke bayi melalui plasenta. Tempatkan bantal diantara paha, dan atur supaya posisi paha dan dengkul menekuk. 

Tips sederhana

• Jika Bunda mengalami sakit punggung belakang (back pain), gunakan posisi SOS dan boleh menaruh bantal di bawah sisi tubuh.
• Jika Bunda merasa mual, mungkin bisa dicoba untuk menaruh bantal di bawah tubuh bagian atas.
• Mendekati masa akhir kehamilan biasanya akan muncul sesak nafas, cobalah berbaring menyamping atau disangga dengan bantal.

Saran-saran ini mungkin tidak menghilangkan 100% ketidaknyamanan, terutama buat Bunda yang terbiasa tidur telentang atau tengkurap. Tetaplah ingat bahwa Bunda tidak harus berada dalam satu posisi sepanjang malam. Melakukan rotasi boleh-boleh saja. 

Posisi tidur apakah yang harus saya hindari? 

Tidur telentang. Ini mungkin bisa menimbulkan sakit punggung, sesak nafas, masalah pada saluran pencernaan, tekanan darah menjadi rendah dan menurunnya sirkulasi darah ke jantung dan ke bayi. 

Tidur tengkurap. Ketika usia kehamilan sudah mendekati kelahiran, perut akan menjadi besar dan menyulitkan untuk tidur tengkurap. 

Semoga artikel ini membantu Bunda semuanya. (dikutip secara bebas dari pregnancy.com) 

(www.facebook.com/BabyPlusIndonesia - “Sekolah” Khusus bagi Bayi dalam Kandungan --- Learn before Born)

   
13-08-2010 10:09:36 mau curhat...
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
ikutan nimbrung bunda-bunda....

Ya betul yg dikatakan bunda sireumbeureum, memang kita harus coba banyak dokter sampai ketemu yg sreg n cocok ma kita jika lagi konsultasi. Dulu saya jg begitu bunda waktu anak pertama banyak mengalami keputihan tp setelah anak ke dua ini lain ga ada keluhan sama sekali. Klo baru umur 16 minggu berat bayi sekitar 100-120 gram n tinggi 11-12 cm, jadi belum terasa kencang tendangan bayinya, nanti jika dah 18 minggu baru terasa kencang. Jika kehamilan bunda semakin besar, banyak minum air rebusan kacang hijau karena supaya kaki tidak kram. Dan jika sudah mendekati kelahiran rajin minum air kelapa hijau supaya bayi bunda nanti lahirnya bersih dari kerak/ lemak yg menempel pada kulit kepala n badannya. Karena itu yg saya alami beda waktu anak ke 1 dan ke 2 sekarang lebih bersih.

Selamat menikmati kehamilan bunda-bunda, semoga lancar & sehat smuanya ya. Karena buat saya masa kehamilan adalah masa yg  paling nikmat, apalagi klo baby-nya dah lahir lebih nikmat n bahagia.
   
12-06-2009 09:41:27 Konsultasi Kehamilan
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
hai mat pagi,
salam kenal

saya topan...maaf ikut nimbrung.

Pengalaman saya dengan istri selama masih menyusui ASI setidak2 sehari 2-3 jam atau salah satu payudara atau kedua2 asinya abis, maka si ibu tak bisa hamil (itu juga pnjelasan dari dokter anak saya) dan saya sendiri selama 2 th ini tak ikut KB dikarenakan anak masih ASI.
setelah anak agak jarang minum asi baru istri bisa hamil lagi dan saat ini lagi hamil 4 bulan.

Mengenai sudah telat 5 hari tidak M......belum tentu positif bisa juga ibu lagi stres atau lagi banyak pikiran sehingga hormon dalam tubuh ibu terganggu begitu juga dengan siklus M ibu. jadi bersabar aja. dulu anak pertama kami baru tau hamil setelah 3 minggu tak M walau sudah test pack 3x negatif baru pecaya saat periksa ke dokter n usg.

Demikian pengalaman saya dan istri semoga bermanfaat bagi semuanya








   
13-05-2008 18:03:27 Apakah ini tanda kehamilan
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
dear dini,   aku sekarang sedang hamil sekitar 7 minggu , waktu aku test pex dan ada garis dua satu nya sedikt buram. esoknya aq ke dokter rsia tambak , dr. irvan adenin, tapi pas di usg perut dan melalu vagina juga , katanya aq tidak hamil , malah katanya aq keguguran. padahal aq yakin aq hamil karena aq mengalami semua yg di bilang bunda yati. dan saat itu dokternya bilang aq harus di kuret , dan di kasi obat. keesokan harinya aq beli test pex 2 merek yg berbeda dan semua nya positif. aq pergi ke dokter lain. dan memang di usg belum terlihat , tapi dia bilang aq sudah positif hamil itu terlihat dari pembesaran di rahim. hal ini biasa karena , malah ada yg sudah hamil 3 bulan tapi di usg belum terlihat. itu ternyata pengaruh posisi rahim yg berbeda2, jadi saran aq jangan minum obat itu dulu. lebih baik compare pendapat 3 dokter yang berbeda. kemarin aq usg lagi, tepat nya 12 hari dari aq usg sebelumnya, dan ternyata janin baru mulai terlihat. untung aja aq ga ikutin dan minum obat yg di berikan dr irvan, kan bisa2 aq kehilangan janin aq sudah nanti2.
   
19-11-2016 20:12:00 promil ngebutt
Jumlah Posts : 57
Jumlah di-Like : belum ada like
belom lagi proses :D baru juga minum 3hari setelah madu penyubur habis suami menyarankan minum susu prenagen pas aku konsultasi ke bidan lebih bagus susu karna asam floatnya banyak
   
15-10-2016 20:51:00 flek 3 minggu
Jumlah Posts : 46
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda vita novita @bunda aya soedarmo
iy bun.. saya flek smp 2 minggu tapi saya kira mens,kmudian saya tp ternyata + ..tp waktu k dokter 1 bilang ngg bs bertahan.. saya cm d kasi penguat kandungan..katanya 1 minggu balik klo masi flek d suruh kuret.. saya udh minum obatnya tp flek saya ngga kunjung berenti..
saya dan suami memutuskan untuk ganti dokter.. akhirnya dokter ke 2 dan ke 3 blg coba d usahakan untuk d pertahankan bun..
dan usg babynya udh ada bun.. cm masi flek..
moga bunda2 cepet ngisi kembali dan kehamilannya berjalan sehat bun.. amin..
@bunda aulia yustriani
oh ya bun??
kalau flek begitu bunda bedrest kah??
soalnya saya bedrest tp flek masih keluar bun.. saya 2 minggu flek itu seperti mens biasa bun.. makanya saya ngga ada kecurigaan hamil.. dan saya pun mengurus anak saya sendiri..
kalau saya bedrest terus kasian anak saya bun..T.T
syukur baby nya bunda kuat ya bun.. moga sehat terus sampai lahiran nanti..
amin..
   
15-02-2016 06:52:10 9 week
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bunda retno hari rabu baru mau usg dan konsul ke dokter kandungan bun, smoga baik2 dan sehat, Aamiin.

btw bunda minum susu hamil gak, aku minum sumil Prenagen Mommy malah diare bun.
   
16-01-2016 17:25:47 Ganti susu hamil
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda okah, coba ganti susu bund, sy waktu awal hamil smp 4bln minum susu prenagen ps masuk 5bln minum susu prenagen mual jd skrg minum anmum rasa coklat klou gk moca tp pke es batu hhe