SITE STATUS
Jumlah Member :
492.577 member
user online :
1597 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: kata kata untuk adik yang baru lahir

New Topic :  
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda, pola buang air besar bayi kadangkali berubah-ubah. Untuk bayi yang baru lahir, normalnya akan buang air besar satu hari sebanyak 4 kali. Kondisi ini umumnya akan berlangsung sampai bayi usianya mencapai 7 hari.

Sementara untuk yang sudah berusia 2 tahun buang air besarnya setiap hari normalnya antara 1-2 kali. Untuk yang sudah berusia 4 tahun, pola BAB nya sama dengan orang dewasa yaitu 1 kali setiap hari.

Jika buang air besar bayi bunda teratur ini tanda baik karena berarti bayi bunda memiliki sistem tubuh yang sehat. Membuang zat sisa atau kotoran adalah salah satu kegiatan tubuh paling penting sekaligus pertanda jika sistem pencernaan bayi berfungsi dengan baik.

Tapi, jika bunda melihat adik bayi pola BAB nya dalam satu hari tidak teratur dalam satu hari jangan keburu panik, sebab usus besar bayi bunda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri.

Terkadang, buang air besar bayi bunda bisa tidak teratur disebabkan pertumbuhannya mengalami percepatan. Hal ini akan terjadi saat bayi menginjak usia 2 hingga 4 bulan. Berikut 5 cara agar buang air besar bayi lancar dan teratur :

  1. Menggerak-gerakkan kaki bayi secara perlahan

Untuk memperlancar BAB nya, bunda baringkan bayi di tempat tidur dengan nyaman. Lalu, pegang kedua pergelangan kakinya secara perlahan. Setelah itu, gerak-gerakkan secara perlahan kedua pergelangan kaki bayi seolah sedang mengayuh sepeda. Ini dilakukan untuk merangsang usus besar adik bayi sehingga membantu melepaskan gas dan kotoran yang mungkin tersendat dan terjebak dengan cepat

  2.  ASI

Salah satu manfaat memberikan ASI pada bayi adalah agar buang air besar bayi lancar. ASI mengandung kolostrum yang dapat membantu bayi buang air besar jadi lebih teratur. Hal ini tidak akan terjadi pada bayi yang hanya mengkonsumsi susu formula. Jadi, sedapat mungkin berikan ASI pada bayi untuk bantu pencernaannya berfungsi baik.

  3.  Beri pijatan di perut bayi

Secara perlahan beri pijatan pada bayi dengan minyak telon konicare yang hangat atau minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Ini dapat membantu meringankan perut bayi agar dapat membuang kotoran lebih mudah.

  4.  Beri ramuan madu yang dicampur air hangat

Selain ASI, bunda juga dapat memberikan satu sendok madu alami yang dicampurkan pada satu gelas kecil air hangat lalu masukkan ke dalam botol susu. Selain menggunakan botol susu, bunda juga bisa berikan secara langsung melalui sendok. Ramuan madu denagn air hangat ini sudah jadi ramuan kuno yang sudah dipakai oleh orangtua sejak puluhan tahun lalu dan terbukti ampuh melancarkan buang air besar adik bayi.

  5.  Rendam menggunakan air hangat

Mandi menggunakan air hangat terbukti dapat menenangkan tubuh bayi. Rendam tubuh bayi dalam air hangat untuk meringankan perut bayi agar dapat membuang kotoran dengan lebih mudah.

Itu dia 5 cara yang bisa bunda lakukan agar buang air besar adik bayi lancar dan teratur. Mungkin bunda sudha tahu, jika 3 hari setelah bayi lahir, kotoran yang dikeluarkan oleh bayi akan berubah warna dan memiliki tekstur yang berbeda.

Warna kotoran yang semula berwarna coklat kehijauan akan berubah menjadi kekuningan. Begitu juga dengan teksturnya akan jadi lebih padat dan kasar. Hanya saja kotoran yang terlalu padat akan menyulitkan bayi untuk dikeluarkan, untuk itu lakukan 5 cara di atas.

sumber : bidanku

   


Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like

salam kenal bunda2 semua. dari tadi saya cari thread tentang cara memandikan bayi yang benar ga nemu, makanya saya mulai thread ini... mau nanyain, sebenernya untuk cara memandikan bayi yang benar gimana ya bun? katanya untuk bayi yang baru lahir sebaiknya di lap2 aja pake kain basah karena masih sensitif, tapi ada juga yang bilang harus dimandiin kaya biasa di bak mandi bayi gtu. tapi aku cuma kagok bun, kan bayi kecil gitu rapuh banget kayanya. hehe share pengalamannya ya bun. :) 

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Popok merupakan kebutuhan paling penting bagi bayi apalagi untuk bayi yang baru lahir nih, jadi jangan sampai salah dalam memilih bun. Bunda perlu perhatikan juga kenyamanan adek bayi saat memakai popok bayi yang dipilihkan bunda. 

Jenis popok bayi
Umumnya sih ada 2 yang sering digunakan yakni popok cuci ulang (cloth diaper) dan popok sekali pakai (disposable diaper). Jika bunda pilih popok bayi clodi (cloth diaper) sebaiknya pilih yang bahannya katun, agar saat cuaca sedang panas-panasnya, popok bayi ini dapat menyerap keringat dengan baik. Popok bayi cuci ulang ini harus segera diganti yah saat adek bayi buang air kecil karena lebih mudah basah dan tidak menyerap air.

Sedangkan jika bunda memilih popok bayi sekali pakai maka perlu diperhatikan ukuran popok dengan berat badan bayi. Kulit bayi yang sensitif akan membuat kulit bayi mudah mengalami alergi atau iritasi jika popoknya gak cocok atau karena kotoran yang terpapar pada kulit jika popoknya gak segera diganti.

Memilih popok sesuai umur bayi
Memilih popok harus disesuaikan dengan usia bayi loh bun. Saat adek bayi berusia 0-3 bulan, kulitnya masih sangat sensitif maka bunda memilih popok berbahan lembut. Saat di rumah bunda bisa memakaikan popok cuci ulang berbahan katun, nah saat sedang berpegian baru deh pakai popok sekali pakai.

Di usia ini sebaiknya bayi dipakaikan popok berperekat di daerah pinggang alias yang bukan celana. Karena di usia ini bayi masih memiliki posisi fetal. Ukuran popok yang sesuai adalah S atau nomor 1 atau 2. Untuk mengetahui ukuran popok, bunda bisa lihat di bungkus produk popok bayi sekali pakai.

Saat bayi berusia 4-19 bulan pilih popok sekali pakai dengan daya tampung tinggi karena umumnya di usia ini bayi sudah sangat aktif bergerak. Selain itu juga pilih popok dengan pH balance untuk mencegah rusaknya kelembaban kulit. Nah saat si kecil ini sudah bisa berdiri dan semakin aktif, popok bisa diganti dengan yang berbahan katun atau popok bayi sekali pakai berbentuk celana.

Waktu penggunaan popok sekali pakai
Popok bayi sekali pakai bisa diganti tiap 3 s/d 4 jam atau lebih cepat saat popok bayi sudah basah karena bisa menimbulkan iritasi. Popok bayi sekali pakai jika sudah penuh maka akan tercium bau dan bunda bisa segera ganti dengan yang baru.

sumber : ibuhandal, FB Merries

   


Jumlah Posts : 397
Jumlah di-Like : belum ada like



http://toko.semuada.com/baby-bathtub/jual-summer-fold-away-baby-bath-green-murah


#JUAL SUMMER - FOLD AWAY BABY BATH (GREEN)

INFORMASI DAN PEMESANAN
SMS Only/Whatsapp: 081310623755
PIN BB: 794bfea0
BBM Channel: C003AEA89

[spoiler=HARAP DIBACA]
- TIDAK ADA BBM GROUP! Semua produk bisa lihat di web, facebook, instagram atau BBM Channel
- Harga dapat berubah sewaktu2. Harga yg berlaku adalah harga yg di website
- Stok terbatas, silahkan tanyakan stok dulu sebelum memesan
- Tidak ada sistem booking, siapa cepat dia dapat
- Transaksi sebelum jam 3 sore barang dikirim pada hari yg sama
- Untuk pos batas transaksi jam 10 pagi, lewat dari jam 10 pagi kirim hari berikutnya
- Pengiriman melalui Cargo hanya hari Senin, Rabu, dan Jumat
- Menerima pemasangan iklan di website kami (Syarat dan Ketentuan berlaku)
[/spoiler]

Harga: Rp. 465,000
Item ID: 1508
Ukuran bak saat terbuka : 34 x 20 x 7"
ukuran bak saat dilipat : 17 x 20 x 6"

The Newborn-to-Toddler Fold Away Baby Bath dari Summer Infant ini adalah solusi sempurna bagi anda yang tidak memiliki ruangan yg besar.
Ini adalah bak mandi yang dapat dilipat, dapat digunakan sebagai wadah saat anda dalam perjalanan. Bayi anda akan tetap merasa aman meski bak mandinya dalam posisi tidak datar, atau anda dapat membuat bagian alasnya menjadi datar, sehingga bayi akan merasa leluasa untuk bermain air.
Bak mandi ini terbuat dari bahan vinyl yang tahan lama dan mudah untuk ditiup / dipompa.

mudah dilipat sehingga memudahkan untuk disimpan
ukuran lebih besar dari kabanyakan bak
posisi datar untuk bayi yang baru lahir
udara dapat memenuhi bagian bak mandi, sehingga empuk untuk digunakan


http://toko.semuada.com/baby-bathtub/jual-summer-fold-away-baby-bath-green-murah


Website: http://toko.semuada.com
Testimoni: http://toko.semuada.com/testimoni
Resi: http://toko.semuada.com/resi
HappyCustomer: http://toko.semuada.com/gallery

#bayi #anak #baby #babyshop #newborn #barulahir #Indonesia #gendongan #carriers #jakarta #bouncer #stroller #playmat #potty #reseller #dropship #promo #breastpump #kursi #kursimakan #kursigetar #asi #jalan #walker #olshop #onlineshop #onlinebabyshop #murah

[spoiler=Social Media]
Facebook: Bunda Salsabila Babyshop (https://www.facebook.com/bunda.salsabilla)
Twitter: @bundasalsabilla
Instagram: @bundasalsabilla
Kaskus: http://www.kaskus.co.id/search?f=&q=bunda.salsabila
[/spoiler]

[spoiler=Pilihan Jasa pengiriman]
Pilihan Jasa pengiriman:
? POS
? JNE
? Wahana
? Pahala
? Dakota
? Sentral Cargo
[/spoiler]

[spoiler=Menerima pesanan dan pengiriman dari dan ke seluruh Indonesia] Jakarta ? Tangerang ? Serang ? Cilegon ? Tangerang Selatan ? Bandung ? Banjar ? Bekasi ? Bogor ? Cimahi ? Cirebon ? Depok ? Sukabumi ? Tasikmalaya ? Magelang ? Pekalongan ? Salatiga ? Semarang ? Surakarta ? Tegal ? Klaten ? Batu ? Blitar ? JKW4P ?Kediri ? Madiun ? Malang ? Mojokerto ? Pasuruan ? Probolinggo ? Surabaya ? Yogyakarta ? ori ? original ? Banda Aceh ? Jaminan ? Beli ? Langsa ? Lhokseumawe ? Sabang ? Subulussalam ? Binjai ? Gunungsitoli ? Medan ? Padang Sidempuan ? Pematangsiantar ? Sibolga ? Toko Mainan Online ? Termurah ? Kaskus ? Tanjungbalai ? Tebing Tinggi ? Bengkulu ? Jambi ? Sungaipenuh ? Dumai ? Kampanye ?Pekanbaru ? Bukittinggi ? Padang ? Padangpanjang ? Pariaman ? Payakumbuh ? Sawahlunto ? Solok ? Lubuklinggau ? Pagar Alam ? Palembang ? Prabumulih ? Bandar Lampung ? Metro ? Pangkal Pinang ? cod ? cash on delivery ? Batam ? Tanjung Pinang ? Pontianak ? Singkawang ? Banjarbaru ? Banjarmasin ? Palangka Raya ? Balikpapan ? Bontang ? Jokowi ? Samarinda ? Tarakan ? Nusa Tenggara ? Denpasar ? Bima ? Mataram ? Kupang ? Sulawesi ? Gorontalo ? Makassar ? Palopo ? Parepare ? Bau-Bau ? Kendari ? Palu ? Bitung ? Kotamobagu ? Manado ? Tomohon ? Maluku ? Ambon ? Tual ? Ternate ? Tidore ? Papua ? Jayapura ? Sorong[/spoiler]

[spoiler=Lain-lain, dibaca juga y]
- Berbagi hal baru & dapat #uang http://smua.in/3pz #indonesia
- Berbagi hal baru di akun media sosial & dapat #uang #tunai http://smua.in/3pz #indonesia
- Jadi yg #pertama berbagi #video Youtube, trailer film, konser & lainnya http://smua.in/3pz #indonesia
- Cara cepat, mudah & seru mendapatkan #uang tambahan http://smua.in/3pz #indonesia
- Luangkan waktumu & dapatkan #uang tambahan dg mudah http://smua.in/3pz #indonesia
- Motion picture ada, screensplay jg bagus, visual efek jg #keren http://smua.in/3q0 #indonesia
- Iklan Joe Taslim yg ini #keren banget http://smua.in/3q0 #indonesia
- Asia Next Top Model Versi Anak2 :D http://smua.in/3qa #indonesia
- Kalau Anak2 jadi model http://smua.in/3qa #indonesia
- Bukan buzzers, tapi kamu bisa dapat uang saku dari social media. Begini caranya http://smua.in/3ql #Indonesia
- Tukang ngintip sih... http://smua.in/3qn #Indonesia
- Rumput tetangga memang selalu lebih hijau :D http://smua.in/3qn #Indonesia
- Ke #Lampung, Nicholas Saputra menemui #ayah & #anak ini http://smua.in/3qs #Indonesia
- Kisah inspiratif dalam secangkir #kopi http://smua.in/3qs #Indonesia
- Selalu ada kisah dalam secangkir #kopi http://smua.in/3qs #Indonesia
- Harus lihat http://smua.in/3qt #Indonesia
- 10 bandara paling menakutkan di dunia http://smua.in/3qu #Indonesia
- Bukan hasil photoshop gan http://smua.in/3qu #Indonesia
- Tanpa perlu cari downline/presentasi, bisa mendapat passive income. - - Begini caranya http://smua.in/3q4 #Indonesia
- 14 gambar editan yang luar biasa! http://smua.in/3qv #Indonesia
- Kalau artis hollywood #blusukan ya #akurapopo http://smua.in/3qv #Indonesia
- Kapan terakhir kali kamu makan #martabak yg benar2 #enak? http://smua.in/3qw #Indonesia
- Ini mah yg salah yg bikin soal, kasian anaknya cuma korban http://smua.in/3qz #Indonesia
- Trus klo udah begini yang salah anaknya gitu? http://smua.in/3qz #Indonesia
- Ternyata selama ini ada #rahasia yg disembunyikan dari kita http://smua.in/3r0 #Indonesia
[/spoiler]
   
Jumlah Posts : 397
Jumlah di-Like : belum ada like



http://toko.semuada.com/baby-bathtub/jual-summer-fold-away-baby-bath-green-murah


#JUAL TEMPAT MANDI BAYI PORTABLE SUMMER - FOLD AWAY BABY BATH (GREEN)

INFORMASI DAN PEMESANAN
PIN BB: 794bfea0
SMS/Whatsapp: 081310623755

Harga: Rp. 465,000
Item ID: 1508
Ukuran bak saat terbuka : 34 x 20 x 7"
ukuran bak saat dilipat : 17 x 20 x 6"

The Newborn-to-Toddler Fold Away Baby Bath dari Summer Infant ini adalah solusi sempurna bagi anda yang tidak memiliki ruangan yg besar.
Ini adalah bak mandi yang dapat dilipat, dapat digunakan sebagai wadah saat anda dalam perjalanan. Bayi anda akan tetap merasa aman meski bak mandinya dalam posisi tidak datar, atau anda dapat membuat bagian alasnya menjadi datar, sehingga bayi akan merasa leluasa untuk bermain air.
Bak mandi ini terbuat dari bahan vinyl yang tahan lama dan mudah untuk ditiup / dipompa.

mudah dilipat sehingga memudahkan untuk disimpan
ukuran lebih besar dari kabanyakan bak
posisi datar untuk bayi yang baru lahir
udara dapat memenuhi bagian bak mandi, sehingga empuk untuk digunakan


http://toko.semuada.com/baby-bathtub/jual-summer-fold-away-baby-bath-green-murah


Barang dikirim pada hari yg sama
Harga dapat berubah sewaktu2. Harga yg berlaku adalah harga yg di website

Website: http://toko.semuada.com
Testimoni: http://toko.semuada.com/testimoni
Resi: http://toko.semuada.com/resi
HappyCustomer: http://toko.semuada.com/gallery

#bayi #baby #babyshop #Indonesia #gendongan #carriers #jakarta #bouncer #stroller #reseller #dropship

Facebook: Bunda Salsabila Babyshop (https://www.facebook.com/bunda.salsabilla)
Twitter: @bundasalsabilla
Instagram: @bundasalsabilla

Jasa pengiriman: POS ? JNE ? Wahana ? Pahala ? Dakota ? Sentral Cargo

Menerima pesanan dan pengiriman dari dan ke seluruh Indonesia ? Jakarta ? Tangerang ? Serang ? Cilegon ? Tangerang Selatan ? Bandung ? Banjar ? Bekasi ? Bogor ? Cimahi ? Cirebon ? Depok ? Sukabumi ? Tasikmalaya ? Magelang ? Pekalongan ? Salatiga ? Semarang ? Surakarta ? Tegal ? Klaten ? Batu ? Blitar ? JKW4P ?Kediri ? Madiun ? Malang ? Mojokerto ? Pasuruan ? Probolinggo ? Surabaya ? Yogyakarta ? ori ? original ? Banda Aceh ? Jaminan ? Beli ? Langsa ? Lhokseumawe ? Sabang ? Subulussalam ? Binjai ? Gunungsitoli ? Medan ? Padang Sidempuan ? Pematangsiantar ? Sibolga ? Toko Mainan Online ? Termurah ? Kaskus ? Tanjungbalai ? Tebing Tinggi ? Bengkulu ? Jambi ? Sungaipenuh ? Dumai ? Kampanye ?Pekanbaru ? Bukittinggi ? Padang ? Padangpanjang ? Pariaman ? Payakumbuh ? Sawahlunto ? Solok ? Lubuklinggau ? Pagar Alam ? Palembang ? Prabumulih ? Bandar Lampung ? Metro ? Pangkal Pinang ? cod ? cash on delivery ? Batam ? Tanjung Pinang ? Pontianak ? Singkawang ? Banjarbaru ? Banjarmasin ? Palangka Raya ? Balikpapan ? Bontang ? Jokowi ? Samarinda ? Tarakan ? Nusa Tenggara ? Denpasar ? Bima ? Mataram ? Kupang ? Sulawesi ? Gorontalo ? Makassar ? Palopo ? Parepare ? Bau-Bau ? Kendari ? Palu ? Bitung ? Kotamobagu ? Manado ? Tomohon ? Maluku ? Ambon ? Tual ? Ternate ? Tidore ? Papua ? Jayapura ? Sorong
   


Jumlah Posts : 397
Jumlah di-Like : belum ada like




http://toko.semuada.com/baby-bathtub/jual-summer-fold-away-baby-bath-green-murah


#JUAL TEMPAT MANDI BAYI PORTABLE SUMMER - FOLD AWAY BABY BATH (GREEN)

Serious buyer only
PIN BB: 794bfea0
SMS Only/Whatsapp: 081310623755

Harga: Rp. 465,000
Item ID: 1508
Ukuran bak saat terbuka : 34 x 20 x 7"
ukuran bak saat dilipat : 17 x 20 x 6"

The Newborn-to-Toddler Fold Away Baby Bath dari Summer Infant ini adalah solusi sempurna bagi anda yang tidak memiliki ruangan yg besar.
Ini adalah bak mandi yang dapat dilipat, dapat digunakan sebagai wadah saat anda dalam perjalanan. Bayi anda akan tetap merasa aman meski bak mandinya dalam posisi tidak datar, atau anda dapat membuat bagian alasnya menjadi datar, sehingga bayi akan merasa leluasa untuk bermain air.
Bak mandi ini terbuat dari bahan vinyl yang tahan lama dan mudah untuk ditiup / dipompa.

mudah dilipat sehingga memudahkan untuk disimpan
ukuran lebih besar dari kabanyakan bak
posisi datar untuk bayi yang baru lahir
udara dapat memenuhi bagian bak mandi, sehingga empuk untuk digunakan

http://toko.semuada.com/baby-bathtub/jual-summer-fold-away-baby-bath-green-murah

Barang dikirim pada hari yg sama
Harga dapat berubah sewaktu2. Harga yg berlaku adalah harga yg di website

MENERIMA RESELLER / DROPSHIPPER

Testimoni: http://toko.semuada.com/testimoni
Resi: http://toko.semuada.com/resi
HappyCustomer: http://toko.semuada.com/gallery

#bayi #baby #babyshop #Indonesia #gendongan #carriers #jakarta #bouncer #stroller #reseller #dropship

Jasa pengiriman: POS ? JNE ? Wahana ? Pahala ? Dakota ? Sentral Cargo

Menerima pesanan dan pengiriman dari dan ke seluruh Indonesia ? Jakarta ? Tangerang ? Serang ? Cilegon ? Tangerang Selatan ? Bandung ? Banjar ? Bekasi ? Bogor ? Cimahi ? Cirebon ? Depok ? Sukabumi ? Tasikmalaya ? Magelang ? Pekalongan ? Salatiga ? Semarang ? Surakarta ? Tegal ? Klaten ? Batu ? Blitar ? JKW4P ?Kediri ? Madiun ? Malang ? Mojokerto ? Pasuruan ? Probolinggo ? Surabaya ? Yogyakarta ? ori ? original ? Banda Aceh ? Jaminan ? Beli ? Langsa ? Lhokseumawe ? Sabang ? Subulussalam ? Binjai ? Gunungsitoli ? Medan ? Padang Sidempuan ? Pematangsiantar ? Sibolga ? Toko Mainan Online ? Termurah ? Kaskus ? Tanjungbalai ? Tebing Tinggi ? Bengkulu ? Jambi ? Sungaipenuh ? Dumai ? Kampanye ?Pekanbaru ? Bukittinggi ? Padang ? Padangpanjang ? Pariaman ? Payakumbuh ? Sawahlunto ? Solok ? Lubuklinggau ? Pagar Alam ? Palembang ? Prabumulih ? Bandar Lampung ? Metro ? Pangkal Pinang ? cod ? cash on delivery ? Batam ? Tanjung Pinang ? Pontianak ? Singkawang ? Banjarbaru ? Banjarmasin ? Palangka Raya ? Balikpapan ? Bontang ? Jokowi ? Samarinda ? Tarakan ? Nusa Tenggara ? Denpasar ? Bima ? Mataram ? Kupang ? Sulawesi ? Gorontalo ? Makassar ? Palopo ? Parepare ? Bau-Bau ? Kendari ? Palu ? Bitung ? Kotamobagu ? Manado ? Tomohon ? Maluku ? Ambon ? Tual ? Ternate ? Tidore ? Papua ? Jayapura ? Sorong
   
06-01-2014 14:39:11 Bayi Tersenyum, Ibu Senang
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like

Pertanyaan dari Bunda latifah.mukri :

Ikutan bertanya ya bunda....amankah popok sekali pakai digunakan untuk bayi yang baru lahir? Seberapa sering harus menggantinya?

Jawaban :

Popok sekali pakai aman dipakai untuk bayi baru lahir. Sebaiknya pilih yang bahannya lembut dan daya serapnya baik sehingga tidak lembab pada kulit bayi. Untuk menyerap pup juga lebih higienis menggunakan popok sekali pakai karena kotoran tidak tersebar ke mana-mana sehingga berisiko terkena tangan bayi. Untuk penggantian, disarankan tiap 3-4 jam. Khusus pada Merries, ada alarm penanda pipis berupa garis kuning yang akan berubah menjadi biru bila sudah penuh, untuk memudahkan Bunda mengetahui kapan saat mengganti popok.

   
02-01-2014 14:43:38 Bayi Tersenyum, Ibu Senang
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Ikutan bertanya ya bunda....amankah popok sekali pakai digunakan untuk bayi yang baru lahir? Seberapa sering harus menggantinya?
   
Jumlah Posts : 349
Jumlah di-Like : 7

Sebaiknya para Ibu harus berhati- hati dalam memilih botol susu untuk buah hati, ada beberapa botol susu yang mengandung zat yang berbahaya sehingga dapat menimbulakn masalah kesehatan, pada nantinya. Untuk itu perlu ketelitian dalam memilih botol susu. Di tahun 2008, peneliti Amerika dan Kanada menemukan kandungan zat polikarbonat yang berbahaya untuk sistem reproduksi, saraf dan sistem daya tubuh proses pertumbuhan dan fungsi organ-organ tubuh.

  Tips berikut dapat digunakan dalam memilih susu yang aman dan tepat:
  1. Pilihlah ujung botol susu yang pas ukurannya dengan mulut bayi dan tahap perkembangannya. Untuk bayi yang baru lahir tidak perlu menggunakan ujung botol yang orthodontis sampai dengan bayi tersebut memiliki gigi.
  2. Bacalah dan ikuti petunjuk range usia yang tercantum dalam botol, jangan memberikan bayi botol susu yang tidak sesuai dengan usianya.
  3. Botol plastik memerlukan perawatan dalam mencuci dan menjaga kebersihannya, sterilkan selalu botol sebelum digunakan bisa dengan menggunakan alat steril khusus atau mengocoknya dengan air panas untuk membunuh bakteri.
  4. Orang tua harus lebih jeli dalam membaca label dan memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya, atau cari botol yang ada tanda ‘recycle’ sehingga bisa digunakan kembali, atau pilih yang botol dengan tanda ‘food grade’.
Selain memilih botol yang tepat, sebaiknya Ibu juga membaca kode huruf atau simbol kode botol seperti lambing segitiga yang menentukan jenis bahan plastiknya.
  1. PET/PET atau Polyethylene Terephthalate, Bahan ini dipakai untuk botol plastik transparan seperti kemasan untuk air mineral. Botol ini aman digunakan untuk sekali pakai dan jangan memasukkan air panas atau hangat.
  2. HDPE atau High Density Polyethylene, Bahan ini biasa dipakai untuk botol susu berwarna putih susu. Seperti PET bahan ini hanya direkomendasikan untuk pemakaian sekali.
  3. PVC atau Polyvinyl Chloride, Bahan plastik ini sangat sulit didaur ulang dan biasanya digunakan juga untuk botol dan pembungkus plastik (cling wrap). PVC berbahaya untuk ginjal dan hati.
  4. LDPE atau Low Density Polyethylene, Bahan ini dapat didaur ulang dan cocok untuk tempat makanan atau botol yang lentur. Bahan ini baik untuk tempat makanan.
  5. PP atau Polypropylene, Bahan ini adalah paling aman jika Anda membeli barang berbahan plastik seperti untuk botol bayi atau tempat makanan.
  6. PS atau Polystyrene, Bahan ini biasa dipakai untuk tempat minuman sekali pakai atau kotak makan styrofoam. Bahan styrene berbahaya untuk otak dan sistem saraf. Beberapa negara sudah melarang pemakaian bahan ini.
  7. Others, Jika simbolnya tertulis others itu artinya bahan plastiknya bisa berasal dari Acrylonitrile Butadiene Styrene Acrylic, Polycarbonate, Polylactic Acid, Nylon atau Fiberglass. Sebaiknya hindari yang tertulis Polycarbonate karena mengandung BPA.
Dan pastikan botol susu sesuai dengan ukuran mulut bayi dan volume air susu yang keluar.

Dan yang paling PENTING di AdoraBabyShop Semua nya AMAN untuk bayi so CHECK IT OUT!!!
   
05-02-2010 14:09:34 LOMBA FOTO BAYI CERIA
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
aku juga mau dong ikutan lomba foto untuk anakku yang baru lahir kirim emailnya ke aku ya di shanchay.cu@gmail.com.....aku tunggu yach,,makasih
 
   
02-12-2009 17:04:28 Sufor LACTOGEN 0-6 bln
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
Sudah ada yang pernah pake sufor lactogen ga wat anak, skrg saya pake tp kok anak saya mencret2 yah apakah sufornya atau apa?trus ada yang bagus ga untuk anak yang baru lahir ...anak saya baru 5 hari

thanks,

mama chika
   
Jumlah Posts : 65
Jumlah di-Like : belum ada like
PROMO DISKON 10%
*Hingga 31 Des 09
Javan Bantal Peyang : Rp.150.000

Newborn pillow dirancang untuk bayi yang baru lahir sampe berusia 6 bulan.
Bantal yang terbuat dari material memory foam yang amat sangat lembut, disertai lubang ditengahnya, sehingga dapat menjaga kepala bayi anda pada posisi tegak, sehigga mengurangi resiko berubahnya bentuk kepala bayi anda.

SIZE : 30X26X2.5CM
FILLING : memory foam
INNER COVER : waterproof


Javan Bantal Bayi : Rp.120.000
Baby pillow dirancang untuk bayi yang berusia 0 - 3 tahun.
Bantal yang berbentuk persegi datar, dan ketebalan yang telah disesuaikan dengan ketinggian leher anak batita, dapat menjaga agar tidur anak anda. menjadi lebih nyaman dan mengurangi resiko mendengkur.

SIZE : 36X27X2.5CM
FILLING : memory foam
INNER COVER : waterproof


Javan Bantal Anak - Dewasa : Rp.350.000
Child pillow dirancang untuk anak berusia 3 tahun ke atas dan untuk orang dewasa.
Bentuk bantal yang ber-kontur menjadikanya bantal yang cocok digunakan dari anak-anak hingga dewasa.
Sisi bagian yang rendah dapat digunakan untuk anak-anak, sedangkan sisi yang lebih tinggi dapat digunakan tidur untuk orang dewasa.

SIZE : 50X30X10/7CM
FILLING : memory foam
INNER COVER : 100% polyester


Javan Guling : Rp.160.000
Baby bolster dirancang untuk bayi yang berusia 0 - 3 tahun.
Guling ini dirancang untuk para batita yang membutuhkan guling sebagai pelengkap tidur. Terbuat dari memory foam yang sangat lembut dan nyaman digunakan.

SIZE : dia. 10X47CM
FILLING : memory foam
INNER COVER : waterproof


Javan Bantal Multi Fungsi : Rp.250.000
Twist pillow adalah bantal multifungsi yang dirancang memberikan kenyaman bagi perjalanan anda.
Twist pillow dapat menyangga leher dan kepala anda dan terutama anak anda pada saat tertidur di dalam kendaraan. Keistimewaan twist pillow dari bantal lainnya adalah karena dapat ditekuk sesuai kebutuhan anda.
Twist pillow dapat juga berfungsi sebagai guling anak, bantal penyangga punggung ketika Anda duduk di kursi, sebagai penyangga kaki bagi ibu hamil di tempat tidur dll.

SIZE : dia. 10x75
FILLING : memory foam
INNER COVER : 100% polyester




Lapak lainnya:
ENVY CORSET , Korset Pelangsing Cocok untuk Ibu Pasca Melahirkan, AMAN untuk Ibu Menyusui
JAVAN BED CANOPY, Kelambu untuk Ranjang Single - King Size , melindungi Anda Sekeluarga dari Gigitan Nyamuk

Pemesanan:
www.CantikSehatShop.com
tel / sms : 021-32112299 / 0857 1649 1979
YM: yuha_dd@yahoo.com



   
23-05-2008 14:43:30 Sakit dan nyeri
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
BILA ANDA HAMIL: 2/11/2008 Tanda dan Gejala Kelahiran Prematur Dan Apa Yang Harus Dilakukan Apakah yang dimaksud dengan kelahiran prematur? Kelahiran prematur atau kelahiran sebelum waktunya terjadi saat Anda melahirkan sebelum kehamilan Anda genap 37 minggu. Saat itu masih terlalu dini bagi bayi Anda untuk dilahirkan. Bayi yang dilahirkan terlalu dini biasanya sering mengalami masalah kesehatan atau mengalami masalah kesehatan yang membahayakan hidupnya. Apakah kelahiran prematur dapat dihentikan? Banyak bumil yang diberi obat untuk memperlambat atau menghentikan kelahiran prematur. Pada beberapa kasus, kelahiran dapat diperlambat cukup lama sehingga bumil dapat dibawa ke rumah sakit yang memiliki neonatal intensive care unit (NICU) – unit perawatan khusus untuk bayi yang baru lahir. Para ibu juga diberi obat-obatan yang dapat meningkatkan kesehatan sang bayi, meskipun bayi mereka lahir lebih cepat. Tanda-tanda bahaya Berikut ini adalah tanda-tanda bahaya: Terjadinya kontraksi (perut Anda mengeras seperti kepalan tangan) setiap 10 menit atau lebih sering lagi. Terjadi perubahan pada cairan vagina (adanya cairan yang merembes atau pendarahan dari vagina Anda) Tekanan pada panggung—ada rasa bahwa janin Anda mendorong ke bawah Rasa kebas di punggung bagian bawah Kram seperti Anda sedang haid Kram perut dengan atau tanpa diare Apa yang harus saya lakukan bisa saya merasa akan mengalami kelahiran prematur? Segera hubungi penyedia jasa kesehatan Anda (perawat, dokter, atau bidan) atau segera pergi ke rumah sakit bila Anda merasa Anda akan mengalami kelahiran prematur, atau bila Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda di atas. Tetap lakukan hal yang sama seperti di atas meskipun Anda hanya mengalami salah satu tanda di atas. Petugas kesehatan Anda mungkin akan meminta Anda untuk: Segera datang ke tempat prakter atau ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Menghentikan kegiatan Anda. Istirahat selama 1 jam dengan posisi miring. Minum 2-3 gelas air atau jus (bukan kopi atau soda). Bila gejala-gejala ini makin bertambah atau tidak hilang dalam waktu satu jam, hubungi lagi petugas kesehatan atau segera berangkat ke rumah sakit. Bila gejala-gejalanya membaik, istirahatlah sepanjang hari. Adakah Perawatan Untuk Mencegah Kelahiran Prematur? Selama bertahun-tahun, para dokter telah mencoba berbagai kiat untuk membantu mencegah terjadinya kelahiran prematur, termasuk bedrest, perawatan prenatal (sebelum kelahiran) intensif untuk perempuan berisiko tinggi, dan terapi obat untuk menghentikan terjadinya kontraksi rahim. Namun tak satupun dari kiat-kiat di atas yang efektif, meskipun pada individu-individu tertentu tindakan tersebut dapat membantu. Namun demikian, pada tahun 2003, dua buah studi yang menggembirakan menunjukkan bahwa perawatan dengan menggunakan hormon progesteron dapat mengurangi kejadian kelahiran prematur pada bumil yang sudah pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya. Kelompok ini merupakan kelompok yang berisiko tinggi untuk kembali mengalami kelahiran prematur. Menurut American College of Obstretricians and Gynecologists (ACOG), perawatan dengan progesteron (terkadang disebut 17p) harus diberikan hanya pada bumil yang memenuhi semua kriteria di bawah ini: Pernah mengalami kelahiran prematur untuk satu orang bayi (bukan kembar dua, tiga atau lebih) Kelahiran dimulai secara alami (bukan dengan induksi) Sedang menjalani kehamilan lagi dengan 1 janin Para peneliti terus menyelidiki apakan perempuan lain yang juga berisiko tinggi, termasuk para perempuan yang menjalani kehamilan kembar dua atau lebih juga mendapatkan keuntungan dengan adanya terapi 17p. Sejumlah penelitian menitikberatkan pada efektivitas pemberian antibiotik dalam mengurangi risiko terjadinya kelahiran prematur. Perawatan dengan antibiotik kelihatannya membantu memperpanjang masa kehamilan pada bumil yang mengalami robekan prematur (kantung ketuban pecah sebelum 37 minggu). Kondisi ini (juga disebut sebagai PROM) seringkali menyebabkan terjadinya kelahiran prematur. Antibiotik juga diberikan pada perempuan yang mengalami infeksi vaginal, seperti bacterial vaginosis (BV) dan trichomoniasis. Ibu hamil yang mengalami gangguan ini mungkin sekali mengalami peningkatan risiko kelahiran prematur. Namun sebagian besar studi tidak dapat menunjukkan bahwa antibiotik mengurangi risiko kelahiran dini pada sebagian besar perempuan dengan infeksi genital seperti ini. Ada beberapa studi yang mengatakan bahwa sebuah prosedur yang disebut cerclage (dimana dokter melakukan jahitan pada rahim agar tetap tertutup) juga dapat membantu mengurangi risiko kelahiran prematur pada bumil yang sebelumnya pernah mengalami kelahiran prematur dan juga memiliki abnormalitas tertentu pada rahim. Dokter akan membuka jahitan tadi pada saat kehamilan mencapai usia sekitar 37 minggu. Saat ini para ibu yang mengalami kelahiran sebelum kehamilannya berusia 34 minggu seringkali menjalani perawatan dengan beberapa obat-obatan (yang disebut tocolytics). Obat-obatan ini seringkali dapat memperlambat kelahiran selama sekitar 48 jam—sehingga memberikan waktu tambahan untuk dapat memberikan perawatan dengan obat-obatan kortikosteroid pada bumil. Kortikosteroid akan mempercepat pematangan paru-paru serta organ lainnya pada janin, mengurangi risiko kematian bayi dan komplikasi serius lainnya yang disebabkan oleh kelahiran prematur, termasuk sindrom stres pada organ respiratori (masalah pernapasan) dan perdarahan pada otak. Para dokter merekomendasikan kortikosteroid bila bumil kemungkinan akan mengalami kelahiran sebelum 34 minggu. Memprediksi kelahiran prematur Beberapa tes cukup akurat untuk dapat mengidentifikasi bumil yang berisiko tinggi untuk mengalami kelahiran prematur, sementara tes lainnya terbukti tidak efektif. Panjang leher rahim. Panjang leher rahim diukur dengan menggunakan USG vaginal. Perempuan yang memiliki leher rahim yang lebih pendek dari rata-rata dan rahimnya memendek dalam beberapa pemeriksaan yang dilakukan secara berturut-turut memiliki risiko tinggi akan mengalami kelahiran prematur. Tes ini cukup akurat dalam menentukan bumil mana yang memiliki risiko rendah untuk mengalami kelahiran prematur. Fetal Fibronectin. Fibronectin adalah lem biologis yang membantu menempelkan kantung janin pada dinding rahim. Fetal fibronectin normalnya dapat dilihat dalam cairan vagina hingga kehamilan berusia 22 minggu, kemudian menghilang hingga satu atau dua minggu sebelum kelahiran. Uji usap dapat dilakukan untuk mengambil sampel cairan vagina pada kehamilan usia 22 dan 34 minggu. Bila terlihat adanya fibronection, bumil tersebut memiliki risiko tinggi akan mengalami kelahiran prematur. Tes ini menunjukkan keberhasilan yang cukup tinggi dalam meramalkan siapa bumil yang tidak akan mengalami kelahiran prematur. Pada kasus tertentu, tes ini dapat dikombinasikan dengan pengukuran panjang leher rahim untuk meningkatkan akurasi. Salivary estriol. Karena tingkat hormon ini dalam air ludah terlihat meningkat tepat sebelum terjadinya kelahiran, dilakukanlah usaha untuk melakukan pengukuran kadar hormon ini. Studi menunjukkan bahwa tes ini tidak akurat. Monitoring urin di rumah. Bumil yang berisiko tinggi terkadang dimonitor apakah ia mengalami kontraksi tanpa rasa sakit dalam usaha untuk mendiagnosis apakah ia akan mengalami kelahiran prematur, pada saat kehamilannya masih dalam perawatan. Sejumlah studi menunjukkan bawa monitor urin di rumah tidaklah efektif untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur. Jadi Siapa yang Berisiko Tinggi? Kelahiran prematur sebelum waktunya dapat terjadi pada bumil manapun. Namun kejadian seperti ini ini lebih sering terjadi pada perempuan-perempuan tertentu dibandingkan dengan perempuan lainnya. Para peneliti terus melakukan studi mengenai kelahiran prematur ini. Mereka berhasil mengindentifikasi beberapa faktor risiko, namun masih belum dapat memprediksikan perempuan yang seperti apa yang akan mengalami kelahiran dini. Memiliki satu faktor risiko tidak berarti seorang perempuan akan mengalami kelahiran dini atau kelahiran prematur. Ada tiga kelompok perempuan yang memiliki risiko paling besar akan mengalami kelahiran prematur: Perempuan yang sebelumnya pernah mengalami kelahiran prematur Perempuan yang menjalani kehamilan kembar dua, tiga atau lebih Perempuan yang memiliki rahim atau saluran rahim yang abnormal. Bila seorang perempuan memiliki salah satu dari tiga faktor risiko ini, penting baginya untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala kelahiran prematur dan apa yang harus dilakukan bila ia mengalami gejala tersebut. Risiko Gaya Hidup dan Lingkungan Beberapa penelitian menemukan bahwa faktor gaya hidup tertentu dapat membuat seorang perempuan memiliki risiko tinggi akan mengalami kelahiran prematur. Faktor-faktor ini termasuk: Perawatan prenatal yang terlambat bahkan tidak menjalani perawatan prenatal sama sekali Merokok Minum minuman keras Menggunakan obat-obatan terlarang Terpapar pengobatan DES Kekerasan dalam rumah tangga, termasuk penganiayaan secara fisik, seksual maupun emosional Tidak adanya dukungan sosial Tingkat stres yang sangat tinggi Jam kerja yang panjang dengan periode berdiri yang sangat lama Risiko Medis Beberapa kondisi medis tertentu selama kehamilan dapat meningkatkan kemungkinan seorang perempuan mengalami kelahiran prematur. Kondisi ini termasuk: Infeksi (saluran kencing, vaginal, penularan seksual; dan lain-lain) Diabetes Tekanan darah tinggi Kelainan pembekuan darah (thrombophilia) Pendarahan dari vagina Kelainan tertentu pada janin Kehamilan dengan satu janin setelah pembuahan in vitro (IVF-bayi tabung) Terlalu kurus sebelum hamil Obesitas Jarak kehamilan yang terlalu pendek (kurang dari 6-9 bulan antara kelahiran anak pertama dan dimulainya kehamilan yang kedua) Para peneliti juga telah berhasil mengidentifikasi faktor risiko yang lain. Misalnya, perempuan keturunan Afrika-Amerika, perempuan yang usianya lebih muda dari 17 tahun atau lebih tua dari 35 tahun, dan para perempuan miskin memiliki risiko yang lebih besar daripada perempuan-perempuan lainnya. Para ahli tidak sepenuhnya memahami mengapa dan bagaimana faktor-faktor di atas meningkatkan risiko sehingga seorang perempuan dapat mengalami kelahiran prematur. (WM) Sumber: Sidelines National Support Network memberikan bantuan pada para perempuan yang mengalami kelahiran prematur. Artikel ini ditulis berdasarkan sebagian dari Buletin Praktek ACOG, nomor 43 (Mei 2003) yang diterbitkan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists
   
30-04-2014 12:09:24 4 hari tidak pup
Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : belum ada like
KENALI WARNA DAN BENTUK FESES BAYI Frekuensi yang sering bukan berarti pencernaannya terganggu. Waspadai bila warnanya putih atau disertai darah. Kegiatan buang air besar pada bayi kadang membuat khawatir orang tua. Warna, bentuk dan polanya yang berbeda dengan orang dewasa inilah yang kerap menimbulkan kecemasan. Sebelum kita menjadi cemas, berikut penjelasan dr. Waldi Nurhamzah, Sp.A, tentang feses bayi. WARNA Umumnya, warna-warna tinja pada bayi dapat dibedakan menjadi kuning atau cokelat, hijau, merah, dan putih atau keabu-abuan. Normal atau tidaknya sistem pencernaan bayi, dapat dideteksi dari warna-warna tinja tersebut. Kuning Warna kuning diindikasikan sebagai feses yang normal. Kata Waldi, warna feses bayi sangat dipengaruhi oleh susu yang dikomsumsinya. "Bila bayi minum ASI secara eksklusif, tinjanya berwarna lebih cerah dan cemerlang atau didominasi warna kuning, karenanya disebut golden feces. Berarti ia mendapat ASI penuh, dari foremilk (ASI depan) hingga hindmilk (ASI belakang)." Warna kuning timbul dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu. Cairan empedu dibuat di dalam hati dan disimpan beberapa waktu di dalam kandung empedu sampai saatnya dikeluarkan. Bila di dalam usus terdapat lemak yang berasal dari makanan, kandung empedu akan berkontraksi (mengecilkan ukurannya) untuk memeras cairannya keluar. Cairan empedu ini akan memecah lemak menjadi zat yang dapat diserap usus. Sedangkan bila yang diminum susu formula, atau ASI dicampur susu formula, warna feses akan menjadi lebih gelap, seperti kuning tua, agak cokelat, cokelat tua, kuning kecoklatan atau cokelat kehijauan. Hijau Feses berwarna hijau juga termasuk kategori normal. Meskipun begitu, warna ini tidak boleh terus-menerus muncul. "Ini berarti cara ibu memberikan ASI-nya belum benar. Yang terisap oleh bayi hanya foremilk saja, sedangkan hindmilk-nya tidak." Kasus demikian umumnya terjadi kalau produksi ASI sangat melimpah. Di dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilik) dan ASI belakang (hindmilk). Pada saat bayi menyusu, ia akan selalu mengisap ASI depan lebih dulu. Bagian ini mempunyai lebih banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sifatnya yang mudah dan cepat diserap membuat bayi sering lapar kembali. Sedangkan, ASI belakang (hindmilk) akan terisap kalau foremilk yang keluar lebih dulu sudah habis. Hindmilk mengandung banyak lemak. "Lemak ini yang membuat tinja menjadi kuning." Nah, kalau bayi hanya mendapat foremilk yang mengandung sedikit lemak dan banyak gula, kadang- kadang terjadi perubahan pada proses pencernaan yang akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga dari situ terbentuk gas yang terlalu banyak (kentut melulu), sehingga bayi merasa tak nyaman (kolik). Mestinya yang bagus itu tidak hijau terus, tapi hijau kuning, hijau dan kuning, bergantian. "Ini berarti bayi mendapat ASI yang komplet, dari foremilk sampai hindmilk supaya kandungan gizinya komplet. Nah, ibu harus mengusahakan agar bayinya mendapat foremilk dan hindmilk sekaligus." Sayangnya, disamping ASI, ibu juga kerap memberikan tambahan susu formula. Sebelum proses menyusunya mencapai hindmilk, anak sudah telanjur diberi susu formula hingga kenyang. Akibatnya, ia hanya mendapat ASI foremilk saja. Waldi menyarankan, "Berikan ASI secara eksklusif. Perbaiki penatalaksanaan pemberiannya agar bayi bisa mendapat foremilk dan hindmilk." Kiatnya mudah; susui bayi dengan salah satu payudara sampai ASI di situ habis, baru pindah ke payudara berikutnya. Merah Warna merah pada kotoran bayi bisa disebabkan adanya tetesan darah yang menyertai. Namun dokter tetap akan melihat, apakah merah itu disebabkan darah dari tubuhnya sendiri atau dari ibunya. Jika bayi sempat mengisap darah ibunya pada proses persalinan, maka pada fesesnya akan ditemukan bercak hitam yang merupakan darah. Umumnya bercak itu muncul selama satu sampai tiga hari. "Jadi, tinggal dites saja, asalnya dari mana? Dari darah ibu atau darah bayi." Bila darah itu tetap muncul pada fesesnya (bisa cair ataupun bergumpal), dan ternyata bukan berasal dari darah ibu, maka perlu diperiksa lebih lanjut. Kemungkinannya hanya dua, yaitu alergi susu formula bila bayi sudah mendapatkannya, dan penyumbatan pada usus yang disebut invaginasi. Dua-duanya butuh penanganan. Kalau ternyata invaginasi, bayi harus segera dioperasi. "Darah ini sangat jarang berasal dari disentri amuba atau basiler, karena makanan bayi, kan, belum banyak ragamnya dan belum makan makanan yang kotor." Kalau penyakitnya serius, biasanya bayi juga punya keluhan lain, seperti perutnya membuncit atau menegang, muntah, demam, rewel dan kesakitan. Putih/Keabua-abuan Waspadai segera jika feses bayi yang baru lahir berwarna kuning pucat atau putih keabu-abuan. Baik yang encer ataupun padat. Warna putih menunjukkan gangguan yang paling riskan. Bisa disebabkan gangguan pada hati atau penyumbatan saluran empedu. "Ini berarti cairan empedunya tidak bisa mewarnai tinja, dan ini tidak boleh terjadi karena sudah 'lampu merah'." Waldi menegaskan, bila bayi sampai mengeluarkan tinja berwarna putih, saat itu juga ia harus dibawa ke dokter. Jangan menundanya sampai berminggu-minggu karena pasti ada masalah serius yang harus diselesaikan sebelum bayi berumur tiga bulan. Sebagai langkah pertama, umumnya dokter akan segera melakukan USG pada hati dan saluran empedunya. "Yang sering terjadi, ibu terlambat membawa bayinya. Dipikirnya tinja ini nantinya akan berubah. Padahal kalau dibiarkan, dan bayinya baru dibawa ke dokter sesudah berumur di atas tiga bulan, saat itu si bayi sudah tidak bisa diapa-apakan lagi karena umumnya sudah mengalami kerusakan hati. Pilihannya tinggal transplantasi hati yang masih merupakan tindakan pengobatan yang sangat mahal di Indonesia." BENTUK Feses bayi di dua hari pertama setelah persalinan biasanya berbentuk seperti ter atau aspal lembek. Zat buangan ini berasal dari pencernaan bayi yang dibawa dari kandungan. Setelah itu, feses bayi bisa bergumpal- gumpal seperti jeli, padat, berbiji/seeded dan bisa juga berupa cairan. Feses bayi yang diberi ASI eksklusif biasanya tidak berbentuk, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair. Sedangkan feses bayi yang diberi susu formula berbentuk padat, bergumpal- gumpal atau agak liat dan merongkol/bulat. Makanya bayi yang mengonsumsi susu formula, kadang suka bebelan (susah buang air besar, Red), sedangkan yang mendapat ASI tidak. Bila bayi yang sudah minum susu formula mengeluarkan feses berbentuk cair, hal itu perlu dicurigai. "Bisa jadi si bayi alergi terhadap susu formula yang dikonsumsinya atau susu itu tercemar bakteri yang mengganggu usus." Kesulitan mendeteksi normal tidaknya feses akan terjadi bila ibu memberikan ASI yang diselang-seling susu formula. Misalnya, akan sulit menentukan apakah feses yang cair/mencret itu berasal dari ASI atau susu formula. "Kalau mencretnya karena minum ASI, ini normal-normal saja karena sistem pencernaannya memang belum sempurna. Tetap susui bayi agar ia tidak mengalami dehidrasi. Tapi bila mencretnya disertai keluhan demam, muntah, atau keluhan lain, dan jumlahnya sangat banyak serta mancur, berarti memang ada masalah dengan bayi. Ia harus segera dibawa ke dokter. FREKUENSI Masalah frekuensi sering mencemaskan ibu, karena frekuensi BAB bayi tidak sama dengan orang dewasa. Kalau ibu mungkin sehari cuma sekali, jadi kalau anaknya sampai lima kali sehari, ini sudah membuat cemas." Padahal frekuensi BAB setiap bayi berbeda-beda. Bahkan, bayi yang sama pun, frekuensi BAB-nya akan berbeda di minggu ini dan minggu depannya. "Itu karena bayi belum menemukan pola yang pas. Umumnya di empat atau lima minggu pertama, dalam sehari bisa lebih dari lima kali atau enam kali. Enggak masalah, selama pertumbuhannya bagus." Bayi yang minum ASI eksklusif, sebaliknya bisa saja tidak BAB selama dua sampai empat hari. Bahkan bisa tujuh hari sekali. Bukan berarti ia mengalami gangguan sembelit, tapi bisa saja karena memang tidak ada ampas makanan yang harus dikeluarkan. Semuanya dapat diserap dengan baik. Feses yang keluar setelah itu juga harus tetap normal seperti pasta. Tidak cair yang disertai banyak lendir, atau berbau busuk dan disertai demam dan penurunan berat badan bayi. "Jadi yang penting lihat pertumbuhannya, apakah anak tidak rewel dan minumnya bagus. Kalau tiga hari belum BAB, dan bayinya anteng-anteng saja, mungkin memang belum waktunya BAB."
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Pagi dok, saya mau tanya,,,
4 bln lalu saya melahirka secara cesio krn gerakan bayi berkurang N detak jantung terus melemah.. BaYI lahir dng BB 2.9 kg N panjang 52 cm.
Setelah lahir bayi saya hanya bertahan 6 jam aja. Kata dktr bayi saya terkena anemia berat karena kadar hb nya hanya 3.
Faktor apa ya yg menyebabkan bayi saya terkena anemia berat..?
Setelah saya check up.., ada rubela IgG +60 N CMV IgG +45.., golda saya A+ dan suami O+..
Dr hasl itu bahaya gak klo saya hamil lagi..?
Brp lama ya waktu boleh hamil lagi setelah secio..? krn saya pengen cepet punya momongan dok...
Terimakasih...


Dari : endang sulastree

Jawaban:

Dear bunda,
Anemia pada bayi yang baru lahir ( anemia neonatus) dapat terjadi akibat banyak faktor. Yang paling sering di jumpai adalah akibat perdarahan (blood loss), pecahnya sel darah merah ( hemolitik) ataupun rendahnya produksi sel darah itu sendiri (biasanya berhubungan dengan kurangnya asupan zat besi) maupun kelainan darah lainnya. Untuk mengetahui secara pasti harus dengan melalui pemeriksaan laboratorium terhadap darah tersebut. Apabila anda ingin hamil kembali, anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan yang melakukan operasi Caesar sebelumnya, dan berkonsultasi kapan sebaiknya anda dapat hamil kembali , berhubungan dengan jenis luka bekas operase Caesar anda. Demikian jawaban saya.