SITE STATUS
Jumlah Member :
481.926 member
user online :
2571 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: jadwal i unisasi

New Topic :  
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
klo i wkt cek k bidan uk 37w,kata bidan kepala debay dah mulai turun,,,tp gak tau ni skrg dah ngunci apa blm,,,2 hari lg jadwal cek up k bidan,,,mdh2an di cek,dah masuk pas kepala debaynya....gak sabar pengen launching...biar bs nyium2 debay...hehe
   


28-06-2015 12:28:24 baby gak mw bobo di kasur
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Tanpa kita sadari, ketika melihat disekeliling kita ada perbedaan tingkat kecerdasan dan kemandirian pada anak-anak. Perbedaan tersebut bukan karena orang tua bayi kaya atau miskin, akan tetapi hal tersebut terjadi karena salah merawat dan memperlakukan anak ketika masih bayi. Jadi janganlah heran bila masa bayi yang diperlakukan mulia akan menjadi anak-anak yang tumbuh sesuai dengan harapan orang tua.

Inti dari pembentukan kecerdasan bayi dimula pada perlakuaan orang tua terhadap bayi berusia 0 – 6 bulan. Bayi pada usia tersebut selain membutuhkan pertumbuhan tubuh yang sehat, sel dan selaput otak bayi harus dapat perlakuan khusus.

Bahaya Ayunan

Indonesia memiliki tradisi mengayunkan bayi sebagai salah satu bentuk kasih sayang. Jika bayi menangis, biasanya bayi akan digendong kemudian diayun-ayunkan agar ia berhenti menangis. Tetapi tindakan ini ternyata bisa berbahaya bagi bayi itu sendiri.

Shake baby syndrom adalah salah satu bentuk kejadian yang cukup sering terjadi pada bayi tanpa kita sadari. Selain diakibatkan karena trauma, ternyata shake baby syndrom juga bisa dipicu karena mengayun-ayunkan bayi.

”Shake artinya menggoyang atau mengguncang. Shake baby syndrom merupakan kumpulan gejala yang timbul akibat melakukan gerakan menggoyang bayi terlalu keras,” ujar dr. I Gusti Ngurah Suwarba, Sp.A. dari Sub Bagian Saraf Otak Bagian SMF IKA RS Sanglah.

Lanjutnya, mengayun-ayunkan bayi dalam batas tertentu mungkin tidak apa-apa, tetapi jika sering tidur diayunan membuat bayi mengalami guncangan pada kepalanya dan akan sangat berbahaya. Efek ayunan pada bayi menurut Suwarba bisa terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Untuk jangka pendek atau akibat yang segera terlihat adalah bayi mengalami perdarahan di mata dan otak. Tanda-tanda jika anak mengalami perdarahan pada otaknya adalah ia sering menangis dengan suara melengking dan lama.

”Ciri-ciri bayi yang mengalami pendarahan pada selaput otak dan mata, ia sering menangis dengan suara yang melengking, karena bayi mengalami sakit di kepalanya yang luar biasa, akibat dari guncangan yang didapatkan dari efek ayunan,” jelas Suwarba, sembari menambahkan kualitas ayunan yang sempit (Bahan kain) juga salah satu penyebab berkurangnya pasokan oksigen ke otak bayi, yang dapat melemahkan pertumbuhan IQ.

Perdarahan yang disebabkan oleh ayunan tidak nampak atau meninggalkan bekas dan bukti. Beda jika perdarahan karena trauma atau jatuh.

Bagaimana pun, Struktur tubuh bayi yang masih sangat lemah bila mendapatkan guncangan/ayunan yang kuat dapat menyebabkan terjadinya tarikan/rentangan antara otak dengan selaput otak yang melekat pada tulang kepala. Rentangan ini menyebabkan terjadinya robekan pembuluh darah yang menghubungkan antara otak dengan selaput otak. Gejala yang paling ringan pada bayi yang terkena sindrom tersebut adalah pendarahan di retina (selaput jala) mata dan jangka panjang dapat menyebabkan kebutaan. Pendarahan di retina tidak dapat dilihat secara klinis tetapi harus menggunakan alat oleh ahli saraf mata.

Gejala lainnya yang bersifat umum dapat dilihat antara lain muntah-muntah, penurunan kesadaraan, serta perubahan pada pupil mata. Selain itu ayunan yang kuat, dapat membuat tulang kaki, tungkai, serta lengan patah. Ini dapat terjadi karena saat mengayun bayi, yang dipegang bukan badannya melainkan kaki, lengan/ketiaknya.

Bayi tetap akan dapat tidur dengan nyenyak tanpa harus diayun dengan kuat. Karena itu adalah sifat alamiah manusia. Bila bayi telah kenyang dan tubuhnya sehat, ia pasti akan mudah untuk tidur.

Berdasarkan data kejadian di USA per tahun terjadi 1.200-1.400 kasus shake baby syndrom dengan 7-30 persen meninggal dunia, 30-50% mengalami gangguan saraf dan kecerdasan, sementara sisanya tidak memperlihatkan efek yang nyata. Untuk di Indonesia sendiri menurut Suwarba kasusnya berfluktuasi.

Pernahkan Mama mengalami kejadian seperti ini saat sedang menyusui?

1. Tiba-tiba dalam waktu beberapa hari bayi terlihat sering ingin menyusu sepanjang hari.
2. Bayi tampak selalu haus dan tidak kenyang.
3. Bayi sering ingin bangun dan menyusu di malam hari dan rewel.

Kemudian setelah mengalami hal tersebut di atas selama beberapa hari (sekitar 2-3 hari), bayi tampak tenang dan lebih sering tidur dalam waktu 1-2 hari setelahnya. Jika Mama pernah merasakan bayi menunjukkan perilaku seperti ini, bisa saja bayi Anda sedang mengalami suatu periode pertumbuhan yang dinamakan growth spurt.

Bayi akan mengalami growth spurt atau disebut juga percepatan pertumbuhan biasanya dalam 12 bulan pertama kehidupannya. Percepatan pertumbuhan di sini artinya bayi “didorong” untuk tumbuh lebih cepat dari biasanya sehingga dia membutuhkan asupan ASI lebih banyak dan tubuh Mama akan mendapatkan “natural alert” untuk memproduksi dan menyuplai ASI lebih banyak lagi sesuai kebutuhan bayi. Jadi Mama tidak perlu khawatir ASI kurang. Ingat lagi prinsip pembentukan ASI berdasarkan demand and supply process, semakin bayi menyusu lebih sering dan banyak maka semakin banyak pula ASI yang dihasilkan.

Bagaimana kita tahu bayi kita sedang mengalami growth spurt? Berikut ini adalah tanda-tandanya:

1. Bayi menyusu lebih sering dari biasanya, kadang bisa setiap jam atau setiap 30 menit sekali atau hampir nonstop.
2. Bayi lebih rewel dari biasanya, begitu rewel dan disodorkan payudara, bayi langsung mau menyusu. Mudahnya bayi lebih memilih “nempel” langsung pada Mamanya.
3. Bayi sering bangun tengah malam untuk menyusu. Bayi seakan mengerti bahwa produksi hormon prolaktin paling tinggi pada malam hari.
4. Gejala ini bisa berlangsung selama 2-3 hari, beberapa kasus ada bayi yang mengalami growth spurt sampai 1 minggu. Setelah periode growth spurt, bayi akan tidur lebih tenang dan lebih lama selama 1-2 hari, seakan-akan dia letih habis bekerja keras. Lucu ya, Ma. :)

Begitu bayi menunjukkan tanda-tanda seperti ini, suplai ASI Mama juga akan meningkat selama beberapa hari disesuaikan dengan peningkatan kebutuhan bayi. Waktu-waktu tertentu dimana bayi mungkin mengalami growth spurt yaitu selama beberapa hari pertama pasca lahir (ketika bayi sudah pulang ke rumah, pulang dari rumah bersalin), usia 7-10 hari, usia 2-3 minggu, usia 4-6 minggu, usia 3 bulan, usia 4 bulan, usia 6 bulan, usia 9 bulan atau lebih. Waktu-waktu ini tidak jadi patokan karena masing-masing bayi menunjukkan pola yang berbeda.

Jika bayi menunjukkan gejala growth spurt seperti yang sudah disebutkan di atas, bagaimana cara menanganinya? Saya akan bagi bebebrapa tips yang bisa dicoba Mama:

1. Ikuti kemauan bayi. Jika dia ingin menyusu setiap 30 menit sampai 1 jam sekali, ikuti saja karena bayi yang paling tahu seberapa banyak asupan ASI yang dia butuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya. Ketika bayi sering menyusu, sinyal yang dicetuskan ke badan Mama untuk menghasilkan ASI juga semakin banyak. Artinya tubuh akan terus memproduksi ASI lebih banyak lagi.
2. Bayi sehat 0-6 bulan yang mengalami growth spurt tidak membutuhkan asupan lain selain ASI. Pemberian susu formula dan makanan padat hanya akan mengganggu “natural alert” atau sinyal ke tubuh Mama untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Selalu tanamkan di mind-set Mama bahwa ASI akan semakin banyak karena bayi yang terus menyusu.
3. Hilangkan pikiran negatif dan kekhawatiran bahwa bayi yang terus menyusu berarti belum kenyang karena ASI-nya kurang atau ASI tidak cukup. Pikiran Mama sangat mempengaruhi proses pengeluarkan oksitosin yang tugasnya menyuplai ASI. Pikiran negatif dapat mengganggu kerja oksitosin.
4. Hindari memberlakukan jadwal menyusu pada bayi. Ini dapat membuat bayi stress dan semakin rewel. Mama juga ikut stress dan pembentukan ASI bisa terhambat.
5. Mama biasanya lebih letih ketika bayi sedang growth spurt, jangan lupa tetap makan makanan dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, tidurlah bersama bayi ketika ia tidur.
6. Tetap perhatikan tanda bayi mendapat cukup ASI yaitu dari kenaikan berat badan bayi pada grafik pertumbuhan, frekuensi BAK minimal 6x sehari, frekuensi BAB yang sering pada awal-awal kehidupannya dan bisa menjadi jarang mulai usia 40 hari.
7. Tetap tenang dan percaya diri.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Mama menghadapi situasi saat bayi sedang mengalami growth spurt.

Selamat menyusui. :)

   
03-08-2012 14:53:47 imunisasi yang terlambat
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
dokter, saya mau tanya anak saya berumur 15 bulan tapi imunisasinya baru sampai DPT I, karena kurangnya pemahaman saya tentang imunisasi. yang ingin saya tanyakan dapatkah saya melanjutkan kembali imunisasinya,
Di usia 1,5 tahun ini anak saya sudah opname 2 kal, yg pertama saat umur 7 bulan karena panas dan muntah yang terakhir bulan lalu muntaber. apakah ini ada hubungannya dengan kurangnya imunisasinya atau karena sebab lain. Dokter mohon saran dan masukannya. Trims

Dari : karissa athifa alin

Jawaban:

Dear bunda,

Imunisasi pada umumnya bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tergantung dari jenis vaksinasi yang diberikan. Vaksin itu sendiri mengandung bagian-bagian dari bakteri maupun virus yang telah dilemahkan dan kemudian di suntikkan atau di masukkan ke dalam tubuh manusia dengan tujuan membentuk antibody dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus maupun bakteri tersebut. Imunisasi DPT di berikan terutama 3 kali dengan interval jarak 1 bulan. Kemudian di lakukan ulangan pada usia anak 18 bulan dan 5 tahun dengan tujuan boosting (meningkatkan) kekebalan dari imunisasi sebelumnya. Imunisasi DPT bertujuan untuk meningkatkan memberikan kekebalan terhadap penyakit Difteri, Pertusis dan Tetanus. Apabila di berikan vaksin DPT maka di harapkan seseorang itu akan mendapat kekebalan dan tidak terjangkit tiga penyakit tersebut (meskipun terjangkit tidak akan separah apabila tidak di imunisasi sama sekali). Apabila saat ini anak anda belum di imunisasi sesuai jadwal, maka masih bisa di berikan imunisasi lanjutan pada saat usia 18 bulan meskipun sebelumnya tidak diberikan DPT2 dan 3. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
   


Jumlah Posts : 235
Jumlah di-Like : 2
Hai mom,,,,,

please help me mom....

i have problem with my stomach...

aq susah BAB & kentut ( maaf bund ),,,, perut terasa gak enak banget....
padahal makanan terus masuk ke perut Q,,,,
tapi kalo ndak dikeluarin kan juga bahaya toh bund,,,

ada gak yang ngalami sama kaya' aq bund...
aq saat ini udah 7 week....

oya,,, kemaren aq juga udah sharing sama Dokter Umum di kantor Q,,,
dia ngasih resep obat magg yang "katanya aman" buat janin....
tapi aq belum berani minum obat itu bund,,,
takut mengganggu janin Q....

aq jadwal periksa ke dokter obgyn Q sabtu besok bund,,,

please share your information,,,,

i need it so much.....

makasih bund

   
17-04-2011 05:53:32 Diet Sehat untuk Ibu Hamil
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Resep Bunda kali ini ingin berbagi tentang mengenai makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Sepanjang kehamilan, kebutuhan zat gizi mengalami peningkatan. Terutama pada trimester I saat terjadi pembentukan organ-organ vital, lalu trimester II sewaktu janin mengalami pertumbuhan terbesar, dan trimester III disaat semua fungsi tubuhnya mengalami pematangan.
 

KEBUTUHAN GIZI IBU HAMIL

Kalori
Selama hamil, ibu membutuhkan tambahan energi/kalori untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, juga plasenta, jaringan payudara, cadangan lemak, serta untuk perubahan metabolisme yang terjadi. Di trimester II dan III, kebutuhan kalori tambahan ini berkisar 300 kalori per hari dibanding saat tidak hamil.

Protein
Kebutuhan protein bagi wanita hamil adalah sekitar 60 gram. Artinya, wanita hamil butuh protein 10-15 gram lebih tinggi dari kebutuhan wanita yang tidak hamil. Protein tersebut dibutuhkan untuk membentuk jaringan baru, maupun plasenta dan janin. Protein juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan diferensiasi sel.

Lemak
Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan lemak sebagai sumber kalori utama. Lemak merupakan sumber tenaga yang vital dan untuk pertumbuhan jaringan plasenta. Pada kehamilan yang normal, kadar lemak dalam aliran darah akan meningkat pada akhir trimester III. Tubuh wanita hamil juga menyimpan lemak yang akan mendukung persiapannya untuk menyusui setelah bayi lahir.

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber utama untuk tambahan kalori yang dibutuhkan selama kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan karbohidrat sebagai sumber kalori utama. Pilihan yang dianjurkan adalah karbohidrat kompleks seperti roti, serealia, nasi dan pasta. Selain mengandung vitamin dan mineral, karbohidrat kompleks juga meningkatkan asupan serat yang dianjurkan selama hamil untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sulit buang air besar dan wasir.

Vitamin dan Mineral
Wanita hamil juga membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral dibanding sebelum hamil. Ini perlu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta proses diferensiasi sel. Tak cuma itu. Tambahan zat gizi lain yang penting juga dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme energi seperti vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan asam pantotenat. Vitamin B6 dan B12 diperlukan untuk membentuk DNA dan sel-sel darah merah, sedangkan Vitamin B6 juga berperan penting dalam metabolisme asam amino.
Kebutuhan vitamin A dan C juga meningkat selama hamil. Begitu juga kebutuhan mineral, terutama magnesium dan zat besi. Magnesium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dari jaringan lunak. Sedangkan zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan sangat penting untuk pertumbuhan dan metabolisme energi, disamping untuk meminimalkan peluang terjadinya anemia. Kebutuhan zat besi menjadi dua kali lipat dibandingkan sebelum hamil.

Berikut adalah Tips Sederhana untuk Ibu hamil :

  1. Merubah Cara Makan
    Pada kehamilan anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori (untuk energi), vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi. Pilih sumber protein yang mengandung asam amino lengkap, seperti telur dan susu. Untuk lemak tak jenuh, pilih ikan tuna, salmon dan lain-lain yang mengandung DHA tinggi, yang baik untuk perkembangan otak janin.
  2. Perhatikan Jadwal Makan
    Jangan menunda-nunda makan pagi, siang maupun malam, serta makan makanan selingan, agar asupan gizi ke tubuh Anda dan bayi anda berjalan lancar.
  3. Jangan Sepelekan Sarapan
    Pada pagi hari, kadar gula menurun, setelah semalaman perut kosong. Dengan sarapan, energi Anda terisi, sehingga aktivitas kerja pun tidak terganggu.
  4. Makanlah dalam jumlah sedikit namun sering
    Tetap penuhi kebutuhan nutrisi dengan ngemil. Terutama buat ibu hamil yang mengalami muntah-muntah sehingga selera makannya turun, dan malas makan makanan berat. Saat muntah, makanan yang sudah masuk ke perut keluar lagi, sehingga tubuh dan janin kehilangan asupan nutrisi. Dengan cara ngemil, maka asupan nutrisi bisa dijaga dengan baik.
  5. Hindari makanan yang menggunakan bumbu yang merangsang (terlalu pedas, terlalu gurih, terlalu asam), memiliki aroma yang menyengat, berlemak, dan berminyak
  6. Jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong atau lapar
    Bila sedang tak nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi telur, kacang-kacangan rendah garam, atau gandum. Bagaimanapun, janin membutuhkan asupan nutrisi.
  7. Perbanyak Minum
    Minum air putih yang disarankan adalah sedikitnya 10 – 12 gelas per hari. Cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk system sirkulasinya, cairan ketuban. Tubuh anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh anda.
  8. Perbanyak Makanan Berserat, Buah – Buahan dan Sayuran
  9. Hindari Makanan Yang Dapat Membahayakan Ibu dan Janin
    Ibu Hamil harus menghindari makanan berbahaya demi kesehatan diri dan janinnya. Hindarilah makanan seperti daging mentah, ikan mentah dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alcohol, juga cafein.
  10. Istirahat yang Cukup
    Waktu istirahat yang dianjurkan adalah 8 jam.

Contoh Menu Untuk Ibu Hamil : (disusun oleh tim Resep Bunda)

Makan Pagi :
- Nasi Tim Ayam Spesial
- Sup Wortel
- Melon Potong
- Susu Khusus Ibu Hamil

Selingan Pagi : Puding Buah Ala Bunda

Makan Siang :
- Nasi Aroma
- Gepuk Gulung
- Pepes Tahu
- Cah Sayuran
- Jus Strawberry

Selingan Sore : Mixed Fruits

Makan Malam :
- Baked Potatoes
- Chicken Steak Caseur Sauce
- Vegetable City
- Hungarian Goulash
- Orange Smoothy
- Susu Khusus Ibu Hamil


Artikel lengkap, bisa bunda lihat di : http://www.resepbunda.biz/2011/04/01/catering-diet-sehat-ibu-hamil/

   


23-11-2009 10:41:42 Seminar Kesehatan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Info menarik, boleh diforward ke temans kalian :
Nanny Stella dari Nanny 911 akan datang ke Indonesia. Jangan lewatkan biggest parenting seminar ini   Judul Seminar : “Nanny Stella from Nanny 911”  S.E. M. I. N. A. R  The Biggest Parenting Seminar in Indonesia
Penyelenggara  : Ticket Station
Jadwal Seminar : Sabtu, 5 Desember 2009
Seminar 1 (pk. 09.00-12.00 WIB), Seminar 2 (pk. 14.00-17.00 WIB)
Lokasi Seminar : JITEC, Mangga Dua Square, Jakarta
Special privilege untuk Panorama-Kids member berupa  :  free 1 buah Waterbom voucher untuk pembelian min 2 paxs at any category (BUY2 get 1 WATERBOM )   Info lebih lanjut : Hubungi Panorama terdekat :
  Sincerely,
Maria
  1. Panorama Pacific Place : (62 21) 5140 0455
  2. Panorama Kelapa Gading : (62 21) 4586 4420
  3. Panorama Plaza Indonesia : (62 21) 314 3361
  4. Panorama Plaza Senayan : (62 21) 5785 2755
  5. Panorama Pluit : (62 21) 6667 0206
  6. Panorama Puri Indah : (62 21) 582 2504
  7. Panorama Summarecon Mal Serpong  (62 21) 546 9855
  8. Panorama Bogor   Ph: (62 251) 8400 700
   
23-04-2009 16:35:46 tidak mau dot
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like

sore....
mohon  sharingnya .....
anak  saya umur 1.5 bulan  ,  saat in i dgn  ASI  eksklusif,
tapi  di  awal  bulan  mei  nanti  saya sudah  mulai  kerja ....
untuk  jaga2 saya mulai  ajarain  untuk  pake susu  formula......

duww....sayangnya anak  saya nggak  mau  ya ....kalau  di  kasi dodot ,  pasti  nggak  mau...cuma di  maen2in  aja.. :(

kalau  mau  di  paksakan  ASi  kayaknya sulit ,  karena  jadwal  kerja saya yg  ga memungkinkan  untuk  pulang ke rumah,

apa bunda2 pernah  mengalaminya ya ?
dan  bagaimana buat ngajarin  si  kecil  biar mau  dodot..

makasih  banyak  bunda2 buat sharingnya..

bunda alleiy

   
23-04-2009 16:30:50 tidak mau dot
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
sore....
mohon  sharingnya .....
anak  saya umur 1.5 bulan  ,  saat in i dgn  ASI  eksklusif,
tapi  di  awal  bulan  mei  nanti  saya sudah  mulai  kerja ....
untuk  jaga2 saya mulai  ajarain  untuk  pake susu  formula......

duww....sayangnya anak  saya nggak  mau  ya ....kalau  di  kasi dodot ,  pasti  nggak  mau...cuma di  maen2in  aja.. :(

kalau  mau  di  paksakan  ASi  kayaknya sulit ,  karena  jadwal  kerja saya yg  ga memungkinkan  untuk  pulang ke rumah,

apa bunda2 pernah  mengalaminya ya ?
dan  bagaimana buat ngajarin  si  kecil  biar mau  dodot..

makasih  banyak  bunda2 buat sharingnya..

bunda alleiy
   
10-09-2008 10:09:43 BB & Vaksinasi Saat Hamil
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Hallo Bunda Nur di Gorontalo....   Selamat ya buat kehamilannya.... Saya coba sharing sedikit :D   - Vaksinasi Toxoid Tetanus (TT) saat hamil setahu saya perlu, terlebih bila Bunda belum sama sekali divaksin saat sebelum menikah. Jika ibu hamil tidak diberikan imunisasi tetanus lalu ada bakteri atau spora tetanus masuk ke dalam tubuh ibu, maka nyawa janin akan terancam   Jadwal pemberian vaksin TT pada ibu hamil : I. Segera setelah kehamilan terdeteksi. II. Sebulan setelah pemberian vaksin pertama, atau paling lambat dua minggu sebelum waktu kelahiran.   - Makanan penambah sel darah merah yang mengandung zat besi tinggi seperti : bayam, daun singkong, kangkung, beet merah, daging merah (sapi), hati, telur, dsb Bila bunda suka minum kopi atau teh sebaiknya dikurangi / dihentikan karena kadar kafeinnya sangat menghambat penyerapan zat besi untuk darah   Salam, Erina
   
Jumlah Posts : 267
Jumlah di-Like : belum ada like

Jual Lingerie Harga terjangkau dan koleksi Lingerie terbaru .

Kami menyediakan berbagai macam produk Lingerie seperti : Babydoll , Chemise , Kimono , Panty , G-string , Match set , Bikini set , dll .

Koleksi lengkap kami bisa anda cek di :

- www . LingerieOnYou . com ( website)

- LingerieOnYou ( IG)

- Lingeria Leta ( Fb)

Cara pemesanan :

- Menginfokan kode produk / mengirimkan gambar produk yang akan anda pesan

- Nama

- Alamat tujuan pengiriman lengkap beserta no telpnya

Pemesanan melalui :

-  S M S / W A / L I N E : 081 515 389 688

- B B M : D91 18 106

Online shop kami berlokasi di Surabaya , Kami siap kirim keseluruh wilayah Indonesia dengan jasa pengiriman JNE& POS .

   
Jumlah Posts : 267
Jumlah di-Like : belum ada like

LingerieOnYou , Kami online shop yang menjual berbagai macam produk Lingerie / pakaian dalam .

Koleksi Lingerie kami seperti : Babydoll , Chemise , Match set , Bodystocking , G-string , c-string , Kimono , Kostum , dll .

Koleksi lengkap kami bisa anda cek di :

- www . LingerieOnYou . com

- LingerieOnYou ( IG)

- Lingeria Leta ( FB)

Cara pemesanan :

- Menginfokan kode produk / gambar produk yang akan di pesan

- Nama

- Alamat tujuan pengiriman lengkap

- No telp

Pemesanan melalui :

-  S M S / L I N E / W A : 081 515 389 688

- B B M : D91 18 106

Online shop kami berlokasi di Surabaya , kami siao kirim ke seluruh wilayah Indonesia dengan jasa pengiriman JNE & POS .

   
Jumlah Posts : 267
Jumlah di-Like : belum ada like

Jual Lingerie / Pakaian dalam khusus wanita dengan harga terjangkau .

Kami menyediakan berbagai macam produk Lingerie seperti : Babydoll , Chemise , Bikini set , Kimono , costume , G-string , C-string , panty , Match set , kostum , dll .

Koleksi kami bisa anda cek di :

- www .LingerieOnYou . com ( website)

- Lingeria Leta ( FB)

- LingerieOnYou (IG)

Cara pemesanan :

- Menginfokan kode produk / mengirimakn gambar produk yang akan di pesan

- Nama

- Alamat tujuan pengiriman lengkap

- No telp

Pemesanan melalui :

- S M S / L I N E / W A : 081 515 389 688

- B B M : D91 18 106

Online shop kam berlokasi di Surabaya , kami siap kirim ke seluruh wilayah indonesia , dengan jasa pengiriman JNE& POS .

   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
halo bunda salam kenal.. saya jg telat mens bln lalu jadwal mens saya tgl 20juni tp sampai skrg saya blm mens lg sempet testpack tgl 25 juli tp hasil negatif
   
Jumlah Posts : 267
Jumlah di-Like : belum ada like

Jual pakaian Lingerie / produk pakaian dalam .

Lokasi kami di Surabaya . Kami menyediakan berbagai macam produk Lingerie dengan harga terjangkau . Koleksi kami seperti : Babydoll , Chemise , Match set , Bikini set , Panty , Gstring , Kimono , Costume , Minidress , dll .

Untuk koleksi produk kami bisa anda cek di :

- www . LingerieOnYou . com (website)

- Lingerieonyou ( IG)

- Lingeria Leta ( FB)

Cara pemesanan produk kami :

- Mengirimkan gambar produk / Menginfokan kode produk yang akan di pesan

- Nama

- Alamat tujuan pengiriman lengkap

- Beserta No telpnya

Pemesanan melalui :

- S M S / W A / L I N E : 0 8 1 5 1 5 3 8 9 6 8 8

- B B M : D91 18 106 .

Online shop kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia , dengan menggunakan jasa pengiriman JNE & POS .

   
Jumlah Posts : 267
Jumlah di-Like : belum ada like

Jual Lingerie dengan harga terjangkau .

Kami menjual berbagai macam produk Lingerie dengan berbagai macam , seperti :

Babydoll , Chemise , Teddy , Bikini set , Panty , G-string , Thong , Match set , Kimono , Costume , dll .

Koleksi produk kami bisa anda cek di :

- www . LingerieOnYou . com

- Lingeria Leta ( FB)

- LingerieOnYou ( IG)

Cara pemesanan :

- Menginfokan kode produk / gambar produk

- Nama

- Alamat tujuan pengiriman lengkap

- No telp

Pemesanan bisa melalui :

- S M S / W A / L I N E : 0 8 1 5 1 5 3 8 9 6 8 8

- B B M : D91 18 106

Online shop kami berlokasi di Surabaya , Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia dengan jasa pengiriman JNE& POS .