SITE STATUS
Jumlah Member :
493.796 member
user online :
1453 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ibu yang sudah melahirkan boleh minum an

New Topic :  
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : belum ada like
Ibu yang sudah melahirkan pasti mengalami kerontokan rambut. itu karena ada perubahan dalam tubuh kita.
Sekarang ada solusinya bun.
Shampoo yang mengembalikan vitalitas rambut menipis.
Tonic yang menstimulasi pertumbuhan rambut. Hasilnya terlihat lebih tebal dalam 3 bulan.
saya juga pakai bun..
sekarang lagi promo bun.. harganya terjangkau.

Julianti
085245104050
bb 54D6A302
   


15-02-2010 10:45:40 tanya paska kuret
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Dear Ardo,

Bukankah kalau dikuret itu bisa membersihkan rahim? Dulu juga saya pernah dikuret. Awalnya saya menolak (malah sampai dibius 3 kali waktu mau dikuret). Tapi setelah diberi pemahaman dari para ibu-ibu yang sudah melahirkan, justru kuret itu baik dilakukan. Di bagian dalam rahim, terkadang suka ada darah kotor yang tidak bisa keluar (seperti darah menstruasi atau kadang sisa-sisa bekas hamil dulu), dan kuret adalah salah satu cara yang terbaik. Bayangkan saja membersihkan botol dengan sikat khusus dibandingkan dengan cairan sabun saja (kalau cairan kimia yang lebih berat bisa bersih tapi pasti ada efeknya kan).

Setelah bersih, kemungkinan nanti embrio akan tumbuh berkembang akan jadi lebih enak. Kondisi kan sudah lebih bersih. Seperti saat ini, 5 bulan paska kuret, saya jadi hamil lagi.
   
20-05-2009 21:20:06 tolong saya
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
ada yang bisa bantu gak yah? saya seorang ibu yang sudah melahirkan 2 x dan gagal terus. anak pertama meninggal beberapa jam sebelum operasi kata dokter karena tali pusernya nyimpul, 1 th kemudian melahirkan lagi dan operasi lagi, tapi cuma bertahan 52 hari kata dokter gagal jantung. apakah yang harus saya lakukan untuk kehamilan berikutnya? saya musti check apa yah? dan dokter apa yang harus saya datangin? saya bener2 bingung? karena apakah saya bisa mengalamin semua itu? tolong refernsi and bantuan anda yah?
   


Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : belum ada like


KOZUI SLIMMING SUIT korset pelangsing dengan infra merah sama seperti di TV adalah model lapisan pakaian dalam dengan tehnologi infra merah (fir),yang dapat mengurangi kadar lemak pada tubuh,menurunkan berat badan dan juga menjaga bentuk tubuh yang lebih Indah dan Sexy.

Satu Produk,Dengan Multi Manfaat :
* SLIMMING SUIT INFRA MERAH Mengecilkan PERUT
* SLIMMING SUIT INFRA MERAH Mengencangkan PAHA&PANTAT;* SLIMMING SUIT INFRA MERAH Melangsingkan PINGGUL
* SLIMMING SUIT INFRA MERAH Melancarkan ALIRAN DARAH
* SLIMMING SUIT INFRA MERAH Mengencangkan PAYUDARA
* SLIMMING SUIT INFRA MERAH Menyusutkan LINGKAR PINGGANG
* SLIMMING SUIT INFRA MERAH Meluruskan TULANG PUNGGUNG
* SLIMMING SUIT INFRA MERAH Membakar LEMAK dgn cepat di seluruh tubuh

Tanpa minum obat pelangsing,diet dan olahraga,kita tetap bisa mendapatkan tubuh langsing,perut kecil,seksi dan menawan.Sliming suit merupakan Produk pakaian pelangsing terlaris dan termurah di Indonesia.Sudah teruji dan terbukti MANFAATNYA di 8 Negara Besar,cocok untuk para wanita remaja/muda maupun tua yang ingin Tampil CANTIK DAN LANGSING

Cocok dan aman juga untuk ibu yang habis melahirkan dan sedang menyusui.Banyak pemakai " slimming suit " yang bisa turun berat badannya 3-10 kg/bulan dan apabila dipakai secara teratur maka hasilnya lebih Cepat dan Permanen.Sinar Infra Merah pada pakaian dalam slimming suit telah terbukti melancarkan peredaran darah,membantu metabolisme tubuh dan membakar lemak yang berlebihan,melangsingkan tubuh dan mengatasi rasa letih dengan cepat.

ION TITANIUM membantu membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri,sehingga tak ada lagi bau badan.Bahan tenun berelastisitas tinggi dengan fungsi anti gulungnya memberikan rasa nyaman dan bentuk tubuh yang indah.Slimming suit mempunyai daya penyerapan hingga 40%,tetap nyaman dipake pada saat cuaca panas.

SLIMMING SUIT INFRARED Di rekomendasikan untuk wanita-wanita sebagai berikut :
1. Wanita yang mengalami kegemukan tubuh&Obersitas;2. Wanita yang mempunyai bentuk tubuh yang kurang memuaskan/IDEAL
3. Wanita yang mengalami menopause
4. Wanita yang mendambakan bentuk tubuhnya lebih sempurna
5. Wanita setelah melahirkan dan yang sedang menyusui
6. Wanita GEMUK yang malas Diet,Olah raga,minum obat dll..

Keterangan :
SILIMMING SUIT/BAJU PELANGSING TUBUH
(Baju+CD+Celana pendek)
Harga : Rp.450.000,-/Paket.

Juga tersedia produk kecantik seperti :
1. BRA PENGENCANG PAYUDARA HRG RP.250.000
2. ALQUR'AN DIGITAL HRG RP.750.000
3. BODY SLIMMER HRG RP.350.000
4. PEMERAH BIBIR PERMANEN HRG RP.125.000
5. PENINGGI BADAN HRG RP.150.000
6. PEMUTIH MUKA HRG RP.150.000
7. VITAMIN KULIT MUKA HRG RP.140.000
8. PEMUTIH KETIAK HRG RP.150.000
9. PEMBESAR PANTAT HRG RP.140.000
DLL.....

To pemesanan SEJABOTABEK bisa langsung datang/di antar pembayaran setelah trima barang.Luar JABOTABEK/PULAU lewat via transf bank terlebih dulu,Setelah transf konfirmasi via TLP/SMS kasih nama+alamat lengkap.Barang kami paket lewat TIKI,JNE,POS.Dalam 1-2hr sampe.

NO.REK KAMI DI :
BANK BRI NO.REK : 597201002665531. A.N.RATNA SULISTIYANINGSIH.
BANK BNI NO.REK : 0145131982. A.N.RATNA SULISTIYANINGSIH.
BANK BCA NO.REK : 4620527284. A.N.ALI KHOSIM.

My Office :
Jln.Baru no.29 duren sawit jakarta timur
Jln.Daan mogot no.2 cengkareng jakarta barat

CALL CENTRE : (021) 51130987
HP : 081398555344

To info lebih lengkap hubungi/kunjungi website kami di :
http://novibeauty.com
http://pusat-kosmetik.blogspot.com

NB : AWAS BARANG ASPAL,SEBELUM ORDER KONFIRMASI LEBIH DULU PASTIKAN KEASLIAN PRODUK NYA.SETIAP PEMBELIAN 3 PRODUK BONUS 1 PRODUK.
   
30-09-2011 16:48:18 luka post sc
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Saya ibu dengan 2 orang anak, kemarin saya lahiran anak yg kedua di caesar. Sekarang saya sedang menyusui ASI eksklusif, yang mau saya tanyakan. Kira-kira alat kontrasepsi apa yang cocok untuk ibu menyusui dan yang melahirkan secara caesar.Apa benar untuk ibu yang sudah operasi caesar tidak boleh makan makanan yang berbau amis/seafood,katanya menghambat proses penyembuhan luka operasi. Terima kasih.

Dari : efni faiza rahmat

Jawaban:

Dear bunda,

Setelah operasi Caesar, anjuran untuk tidak memakan seafood adalah untuk menghindari kemungkinan allergy dan gatal yang akan mengakibatkan reaksi pada kulit sehingga proses penyembuhan luka pun terganggu. Untuk alat kontrasepsi, bunda dapat menggunakan IUD spiral, pil KB untuk ibu menyusui (hanya mengandung hormone progestine ) ataupun penggunaan kondom. Demikian jawaban saya.
   


Jumlah Posts : 200
Jumlah di-Like : 2
kalau di RS tempat saya melahirkan, tidak menyediakan botol susu, dot dan susu formula. Karena RS ini sangat mendukung IMD, ASI X dan rooming in, jadi semua ibu yang baru melahirkan normal maupun sesar di'paksa' untuk memberikan ASI X untuk bayinya. jadi dari bayi lahir sampai dikamar dokter dan perawat akan selalu mengontrol apakah ibu sudah bisa menyusui bayinya. bahkan pada jam2 tertentu akan ada konsultan laktasi yang datang untuk membantu dan mengajarkan kita bagaimana cara menyusui bayi yang benar. Anak saya lahir jam 7 pagi tapi baru bisa menghisap ASI setelah jam 3 sore , padahal ASI saya sudah keluar. ALhamdulillah tidak apa2, karena memang bayi lahir tidak dalam keadaan lapar.  Dan sampai saat ini anak saya sudah berusia 13 bulan belum pernah sekalipun menggunakan botol susu apalagi minum sufor.
   
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : 1

hallo bun,
ini saya punya artikelnya semoga bermanfaat. Btw, umur kehamilan kita sama lho ;-)
Sumber: http://bayidananak.com/2008/11/20/tanda-tanda-akan-melahirkan/

Tanda-Tanda Akan MelahirkanNyeri, tegang, mulas…. Ups! Jangan-jangan saat persalinan sudah dekat. Punya pengetahuan tentang tanda serta tahap persalinan jelas sangat membantu, meski tidak berarti setiap wanita hamil akan melewati rasa dan pengalaman yang sama saat melahirkan.

Diawali kontraksi

Normalnya, di minggu ke 38-40 kehamilan, kepala janin sudah mulai turun ke rongga panggul. Bersamaan dengan itu, otot-otot rahim pun mulai melakukan gerakan mengerut dan meregang secara bergantian, terus-menerus secara teratur. Nah, gerakan otot rahim seperti inilah yang disebut kontraksi.

Seperti apa rasanya? Ada yang mengatakan nyeri seperti diperas, kaku dan tegang di perut, khususnya bagian bawah, atau mulas seperti ingin buang air besar.

Yang pasti, frekuensi terjadinya kontraksi semakin lama semakin meningkat, begitu juga dengan kekuatannya. Awalnya, jarak waktu antara kontraksi yang satu dan selanjutnya cukup panjang, biasanya selang satu jam. Lalu, semakin memendek, bisa tiap 30 menit, 15 menit, dan menjelang waktunya bayi lahir, jarak kontraksi bisa mencapai 2 atau 1 menit sekali.

Sewaktu jarak antar-kontraksi masih jauh, mungkin rasa nyeri terasa hanya pada bagian atas perut. Namun seiring dengan kemajuan proses awal ini, rasa nyeri semakin menjalar ke bagian bawah perut, bahkan ke arah bawah punggung dan belakang pinggang. Saat mulut rahim sudah membuka sempurna, rasa nyeri yang hebat di daerah tadi akan terasa sangat kuat.

Dr Erick, spesialis kandungan menuturkan, proses setiap wanita saat persalinan berbeda. Tetapi tanda-tandanya sama.

”Biasanya saat akan melahirkan, ibu akan merasa adanya kontraksi rahim yang teratur. Dan ini merupakan salah satu tanda yang akan dialami semua ibu yang akan melahirkan,” terangnya.

Tidak seperti kontraksi Braxton hick, kontraksi timbul secara teratur, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang atau berkurang dengan istirahat atau elusan saja.

Bagi ibu yang akan melahirkan dan mulai terasa kontraksi yang nampak teratur, mulailah untuk menghitung waktunya. Biasanya, persalinan hanya terjadi bila kontraksi menjadi semakin dekat 40 detik antara kontraksi lainnya. Persalinan pertama kali akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik anda menunggu dirumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit anda dapat pergi ke rumah sakit.

‘”Setelah tanda kontraksi teratur, maka akan keluar darah bercampur lendir, ini merupakan tanda kedua akan terjadinya persalinan,” ujarnya.

Ia menerangkan, darah bercamur lendir ini terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas. Sehingga menyebabkan lendir yang berwarna kemerahan. Karena bercampur darah.

Jalan lahir membuka

Saat otot rahim mengerut, ukuran rahim akan mengecil, sehingga kepala janin semakin terdorong ke arah bawah (jalan lahir). Bersamaan dengan itu, mulut rahim sedikit demi sedikit mulai membuka.

Perlu Anda tahu, sejak terjadinya kehamilan, secara alami mulut rahim tertutup oleh semacam sumbat berupa lendir kental. Sumbat lendir ini bertugas menjaga agar kehamilan bisa terus berjalan sekaligus melindungi janin dari kuman. Nah, pada awal tahap pembukaan mulut rahim, sumbat lendir itu terbuka dan lendir (yang berwarna merah muda) keluar melalui vagina.

Mulut rahim yang semula hanya membuka sedikit, seiring dengan datangnya kontraksi yang semakin kuat, akan terus melunak dan terbuka semakin lebar. Lama-kelamaan, mulut rahim akan terlihat semakin datar dan menyatu dengan rahim bagian bawah. Saat inilah pembukaan lengkap terjadi.

Pembukaan mulut rahim biasanya dihitung dengan satuan sentimeter (cm). Bila dokter mengatakan mulut rahim Anda sudah pembukaan 8, artinya jalan lahir sudah membuka sepanjang 8 cm. Pembukaan mulut rahim dikatakan lengkap bila sudah mencapai pembukaan 10, atau 10 cm.

Lamanya tahap pembukaan jalan lahir dari awal hingga sempurna, bervariasi pada setiap kehamilan. Namun, secara gamblang tahap persalinan dibagi atas:

* Kala/tahap I laten: di mulai dari tanpa pembukaan sampai pembukaan 2, yang bisa berlangsung 24-48 jam,

* Kala I aktif: dimulai dari pembukaan 3-10, yang berlangsung sekitar 7 jam pada persalinan anak pertama, 3 1/2 jam pada persalinan bukan pertama.

* Kala II: disebut fase mengejan, pada pembukaan 10/lengkap yang bisa berlangsung maksimal 1 jam.

* Kala III: adalah fase melahirkan plasenta, hanya berlangsung sekitar 15 menit.

Penting diingat, menjelang akhir kala I, meski Anda merasakan mulas yang luar biasa, Anda masih belum boleh mengejan. Sebab, saat ini mulut rahim belum membuka sempurna. Bila Anda mengejan saat ini, bisa mengakibatkan jalan lahir membengkak dan terjadi perobekan.

Jadi, harus bagaimana? Bernapaslah dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Lakukan hal ini berulang-ulang setiap kali rasa nyeri yang luar biasa itu datang.

Bila mulut rahim sudah membuka sempurna, artinya Anda sudah melewati tahap pertama dari proses persalinan, dan siap menuju tahap kedua, yaitu kelahiran bayi.

Siap lahir

Bila tidak ada hambatan, misalnya tali pusar yang melilit anggota tubuh janin, maka tahap yang dikenal dengan kala II ini berlangsung jauh lebih cepat dibanding tahap sebelumnya. Ada yang melewatinya tidak lebih dari 30 menit, meski ada juga yang lebih.

Pada tahap ini, kepala janin yang memang sudah tepat berada di mulut rahim akan terus mendesak. Bersamaan dengan itu, secara alamiah, rahim dan vagina akan membentuk semacam cekungan yang menjadi jalur untuk dilewati bayi. Saat ini, Anda akan merasakan tekanan yang sangat kuat di daerah perineum (daerah antara vagina dan anus).

Saat kepala janin sudah di ambang pintu dan siap keluar, lendir dan darah yang keluar dari vagina semakin bertambah. Selain itu, desakan kuat kepala janin akan menyebabkan kantung ketuban pembungkus janin pecah lebih awal atau saat pembukaan lengkap, sehingga cairan ketuban keluar membasahi daerah vagina. Cairan ini sekaligus membuat jalan lahir semakin licin yang justru memudahkan bayi meluncur keluar dengan mulus. Setelah pembukaan benar-benar lengkap dan kepala bayi sudah terlihat di pintu lahir, saat inilah Anda diijinkan mengejan.

Apa yang harus dilakukan? Ikuti saja baik-baik panduan penolong persalinan Anda. Ikuti aba-abanya, kapan Anda menarik napas dan kapan waktunya mengeluarkan napas sambil mengejan, Mengapa harus demikian? Sebab, saat mengejan harus dilakukan berbarengan dengan saat kontraksi datang, sehingga bayi akan lebih mudah meluncur di jalan lahirnya.

Saat kepala bayi berhasil keluar dari mulut vagina, bagian tubuh bayi yang masih di dalam secara alami akan berputar dengan sendirinya. Kondisi ini memungkinkan bagian bahu dan seluruh tubuh bayi keluar.

Nah, kini sambutlah kehadiran buah hati Anda di dunia dengan penuh cinta dan syukur. Anda bisa meminta penolong persalinan untuk membawakan bayi Anda sesaat dalam dekapan Anda.

Plasenta selesai bertugas

Dengan lahirnya sang buah hati, selesai pula tugas plasenta atau ari-ari yang selama ini menemaninya di dalam rahim. Plasenta yang selama 9 bulan lebih bertugas mensuplai nutrisi dan oksigen, mengeluarkan sisa metabolisme serta sebagai organ yang menyalurkan antibodi ke tubuh janin, juga harus dilahirkan. Proses yang terjadi dalam tahap ketiga ini biasanya berlangsung tidak lebih dari 15 menit.

Alam sudah mengatur, setelah bayi keluar, kontraksi masih terus berlangsung, meski tidak sehebat sebelumnya. Tujuannya untuk membantu melepaskan plasenta dari tempat menempelnya di dinding rahim. Hampir sama seperti proses kelahiran bayi, Anda akan diminta mengejan bersamaan dengan datangnya kontraksi.

Untuk memeriksa apakah seluruh plasenta sudah terlepas dari dinding rahim atau belum, penolong persalinan akan menekan perut Anda. Setelah itu, ia akan menarik perlahan-lahan tali pusar agar plasenta bisa keluar. Setelah seluruh plasenta beserta tali pusar keluar, barulah tubuh Anda dibersihkan.

Nah, kini selesailah sudah seluruh tahap proses persalinan. Anda pun memasuki babak baru dalam hidup Anda, yakni jadi seorang ibu. Sebuah peran yang luar biasa indahnya!

   
23-12-2008 13:40:34 bayi sungsang
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

MEMUTAR JANIN SUNGSANG

Memutar posisi janin atau versi luar, tak bisa sembarangan. Harus dilihat dulu penyebabnya dan dilakukan oleh ahlinya.

Harusnya, pada usia kehamilan di atas 8 bulan, kepala janin berada di bawah dan bokongnya di atas. Hingga, saat persalinan nanti, pengeluaran bayi jadi lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, pada kenyataannya tak selalu posisi demikian yang diperoleh ibu hamil. Banyak pula yang mengalami kelainan posisi janin berupa letak sungsang atau letak lintang.

Tentunya, kelainan-kelainan tersebut harus diatasi sejak mulai terdeteksi. Menurut dr. Dwiana Ocvianti SpOG. dari RS Siaga Raya, Jakarta, deteksi bisa saja datang dari si ibu. Misal, pada janin sungsang, yaitu bila posisi janin memanjang sejajar sumbu panjang rahim, dengan bokong janin berada di bagian terendah, "Ibu dapat merasakan dari tendangan si janin yang lebih banyak geraknya ke bawah."

Gerakan di bawah adalah gerakan yang didominasi oleh kaki. Dengan demikian berarti kepala dan tangannya berada di atas. Padahal normalnya, setelah usia kehamilan 7-8 bulan, ibu akan merasakan gerakan janin lebih banyak di atas pusar. Ciri lain: bagian yang keras (kepala janin) mendesak tulang iga ibu hingga menimbulkan rahim sesak atau tertekan.

Ada pula gerakan janin yang mendominasi di perut sebelah kiri atau kanan. Jika ini terjadi, kemungkinannya adalah letak janin melintang. Posisi-posisi ini jelas tak seharusnya dan ibu harus segera minta kepada dokter ahli untuk mengubahnya. "Tapi ingat, penanganan harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang benar-benar ahli. Karena tidak sembarangan kita boleh memutar-mutar janin."

Memang, aku Dwiana, ada ibu yang tak dapat mendeteksi sendiri kelainan posisi janinnya. Dia pun tak dapat mengungkapkan secara spesifik mengenai pergerakan janin hingga perlu pemeriksaan ahlinya. "Dokter atau bidan yang terlatih biasanya hanya melakukan perabaan di perut ibu. Dari perabaan itu dapat dirasakan di mana posisi kepala dan di mana posisi bokong."

Namun, pemeriksaan seperti ini sulit dilakukan terhadap ibu yang bertubuh gemuk karena rahimnya terhalang oleh lemak. Bila dokter tak yakin dengan perabaannya, akan dilakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi.

PENYEBAB

Letak sungsang ada beberapa variasi; dari letak bokong dengan kedua tungkai kakinya ke atas dan bokong di posisi yang terendah, letak sungsang sempurna di mana kedua kaki ada di samping bokong, dan letak sungsang tak sempurna di mana selain bokong ada bagian tubuh lain seperti kaki atau lutut berada paling bawah. Pada letak sungsang tak sempurna, biasanya satu kaki menjulur ke bawah hingga ke jalan rahim.

Adapun penyebab kelainan posisi pada janin, terang Dwiana, dari si janin sendiri. "Tak ada pengaruh antara ibu yang beraktivitas tinggi, ibu yang memiliki penyakit kronis, atau ibu yang mengkonsumsi narkoba dengan kelainan posisi janin."

Dalam hal letak sungsang bisa disebabkan bayinya yang terlalu besar. "Bila tubuh bayi terlalu besar, maka kepalanya tak bisa berputar ke bawah karena tak bisa masuk ke atas panggul." Namun, kenapa si bayi terlalu besar, bisa disebabkan ibunya yang kebanyakan makan. Akibatnya, si ibu kegemukan, begitupun bayinya. "Karena itulah, ibu hamil kalau datang periksa, berat badannya ditimbang. Kalau berat badannya terlalu gemuk akan dinasihati untuk tak menambah berat badannya karena bayinya nanti terlalu besar."

Letak sungsang juga bisa terjadi saat hamil muda, di mana ukuran bayi masih kecil sementara ruangan rahim relatif luas, kepala janin akan terputar ke atas. Juga, terjadi pada ibu yang sering mengalami persalinan. Pada ibu yang sering bersalin ini, otot rahim akan molor dan ruangan rahim pada kehamilan berikutnya jadi lebih luas. Bila risiko ini ditambah lilitan tali pusat, dapat dipastikan janin akan sungsang. Lilitan tali pusat pada tubuhnya membuat dia tetap di posisi semula, kepala di atas dan bokong di bawah. "Janin yang tak bisa memutar secara alamiah ini akan sungsang hingga melahirkan nanti."

Selain itu, sungsang juga disebabkan letak plasenta di bawah hingga kepala tak bisa turun. Sekalipun janin bisa berputar, kepala akan turun setengah hingga posisinya kadang jadi melintang. Ciri-ciri janin melintang. Tubuh akan membesar ke samping dan bagian tengah terasa kosong. Posisi ini bahkan lebih berbahaya daripada sungsang. Dalam persalinan lintang dikhawatirkan, "Selain bayinya meninggal, ibunya juga. Karena kalau bayi itu melintang, dia tak bisa lahir, padahal kontraksi rahim begitu kuat. Dengan demikian, rahim bisa pecah, yang disebut ruptura uteri," jelas Dwiana.

Hal lain yang dapat menyebabkan sungsang adalah terdapat kecacatan pada bayi. Misal, yang kepalanya besar (hidrosefalus) atau kepalanya tak ada tulang tengkorak. Kelainan-kelainan dengan bagian tubuh membesar dapat pula terjadi pada organ tubuh lain, seperti bahu, perut, dan bokong.

TAK BOLEH SEMBARANGAN

Tentunya, untuk melakukan tindakan terhadap bayi sungsang harus dilihat dulu penyebabnya. Sebab, untuk melakukan pemutaran tak boleh sembarangan. Jadi, tidak asal memutar. "Bahaya sekali melakukan tindakan pemutaran kalau kita tak tahu persis apa penyebab bayi itu menjadi sungsang," ungkap Dwiana.

Larangan pun berlaku bagi dokter atau bidan yang tak terampil melakukan pemutaran. "Yang melakukannya harus dokter atau bidan terlatih." Sebab, kalau penyebab janin sungsang adalah lilitan tali pusat, tindakan memperbaiki akan menyebabkan bayinya malah tambah terjerat. Dalam kondisi seperti ini, kepala bayi tak akan bisa turun. Seandainya dipaksakan pun, bayi akan makin terjerat. "Biasanya dokter atau bidan akan membiarkannya dalam posisi seperti ini. Kemungkinannya, persalinan dilakukan dengan jalan bedah sesar."

Dwiana lantas menggambarkan cara memutar bayi sungsang dengan tangan yang dikenal dengan versi luar. Pertama-tama, si ibu dalam posisi terlentang, kondisi relaks, dan belum ada kontraksi. "Bila sudah terjadi kontraksi, maka pemutaran tak dapat dilakukan karena rahim sudah tak relaks lagi dan ibu sudah siap melakukan persalinan."

Kemudian, "Perlahan-lahan bayi kita geser dengan tangan dari luar." Pemutaran bayi boleh diteruskan bila tak terasa sakit. Bila terasa sakit, pemutaran harus dihentikan untuk mencegah terjadi luka di rahim, misal, plasenta putus atau rahim robek. "Biasanya, pemutaran dilakukan antara 10 sampai 15 menit dalam satu kali pemutaran." Pemutaran tak dapat dilakukan setahap demi setahap. Misal, hari ini bayi diputar setengah kemudian besok setengahnya lagi.

Bagaimana dengan pengurutan? Dwiana dengan tegas melarang, "Sebaiknya jangan melakukan urut-mengurut. Ibu tak diperkenankan melakukan pemijatan di daerah perut apalagi rahim." Meskipun pengurutan dilakukan ahlinya, tetap dilarang. Apalagi bila ahli itu tak mengerti medis.

BAYI SUNGSANG HARUSKAH DILAHIRKAN SESAR?

Asalkan usia kehamilan masih di bawah 32 minggu, posisi sungsang masih dapat diperbaiki.

Dokter menyatakan janin Anda sungsang? Itu berarti, si janin dalam posisi memanjang dengan kepala di bagian atas rahim (fundus uteri) dan bokongnya ada di bagian bawah. Umumnya pada kehamilan trimester kedua, posisi sungsang sudah dapat dideteksi. Kandungan terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah. Ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya akan merasa kehamilan sekarang terasa berbeda. Namun untuk memastikan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Untuk langkah awal, lakukanlah pemeriksaan luar. Caranya dengan meraba bagian bawah rahim. Apakah ada bagian yang keras dan bulat menyerupai kepala di situ? Bila tidak ada, maka kemungkinan posisi janin sungsang. Jangan keliru dengan bagian bokong yang juga terasa berbentuk bulat. Cara membedakan kepala dan bokong adalah dengan menggerak-gerakkan bagian tersebut secara perlahan. Jika tak mau bergerak atau terasa sulit sekali bergerak, dapat dipastikan itu adalah bokong. Kepala lebih mudah digerakkan daripada bokong.

Selanjutnya, cobalah raba bagian atas rahim. Andaikan posisi janin memang sungsang, maka akan teraba kepalanya pada bagian ini. Denyut jantung janin pun akan teraba di posisi setinggi atau sedikit lebih tinggi daripada pusar ibu. Bila masih ragu, lakukan pemeriksaan dalam atau dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

PENCETUS SUNGSANG

Letak janin bergantung pada proses adaptasinya di dalam rahim. Jadi, tak perlu keburu khawatir jika posisi sungsang terjadi di bawah usia kehamilan 32 minggu. Pada usia kehamilan ini, jumlah air ketuban relatif lebih banyak sehingga janin masih dapat bergerak bebas. Dari yang posisinya sungsang lantas berputar menjadi melintang lalu berputar lagi sehingga posisi kepala di bagian bawah rahim. Jangan heran kalau pada kehamilan belum cukup bulan, frekuensi letak sungsang menjadi lebih tinggi.

Memasuki usia kehamilan 37 minggu ke atas, posisi sungsang sudah sulit untuk berubah karena bagian terendah janin sudah masuk ke pintu atas panggul. Namun semestinya di trimester ketiga, bokong janin dengan tungkai terlipatyang ukurannya lebih besar daripada kepala akan menempati ruangan yang lebih besar yakni di bagian atas rahim. Sedangkan kepala berada dalam ruangan yang lebih kecil, di segmen bawah rahim. Masalahnya, mengapa posisi sungsang masih dapat terjadi hingga usia kehamilan cukup bulan?

Multiparitas

Ibu telah melahirkan banyak anak sehingga rahimnya sudah sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke-37 dan seterusnya.

Hamil kembar

Adanya lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang lebih nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (yakni bokong janin) berada di bagian bawah rahim.

Hidramnion (kembar air)

Jumlah air ketuban yang melebihi normal menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walau sudah memasuki trimester ketiga.

Hidrosefalus

Besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan (hidrosefalus) membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim.

Plasenta previa

Adanya plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim. Akibatnya, janin berusaha mencari tempat yang lebih luas yakni di bagian atas rahim.

Panggul sempit

Sempitnya ruang panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang.

Kelainan bawaan

Jika bagian bawah rahim lebih besar daripada bagian atasnya, maka janin cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang.

4 POSISI SUNGSANG

Presentasi bokong

Pada pemeriksaan dalam yang dapat teraba hanya bokong bayi saja. Terjadi karena janin meluruskan (ekstensi) kedua sendi lututnya, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala.

Presentasi bokong kaki sempurna

Kala pemeriksaan dalam dilakukan, bokong dan kedua kaki dapat teraba.

Presentasi bokong kaki tidak sempurna

Bagian bokong teraba dengan satu kaki di sampingnya, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas.

Presentasi kaki

Yang teraba lebih dulu adalah salah satu atau kedua kaki karena posisi kaki berada di bagian paling rendah.

MENGUBAH POSISI SUNGSANG

Cara termudah dan teraman untuk mengubah posisi janin sungsang adalah dengan bersujud (knee chest position) secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Masing-masing selama 10 menit. Biasanya bayi akan berputar dan posisinya kembali normal, yaitu kepala berada di sebelah bawah rahim. Pada saat kontrol kandungan, mintalah bidan atau dokter memeriksa posisi janin. Jika belum berhasil, maka ulangi latihan setiap hari. Namun, latihan ini hanya efektif jika usia kehamilan maksimal 35­36 minggu.

Cara lain yakni dengan memutar posisi janin dari luar. Tentu tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli dan tidak semua dokter kandungan mahir melakukannya. Tindakan yang dikenal dengan nama versi luar ini berisiko. Bila tali pusat terlalu panjang dapat me-lilit. Sedangkan jika tali pusat pendek, plasenta bisa lepas akibat tarikan. Lantaran itu, tindakan versi luar saat ini jarang dipraktikkan.

SAAT PERSALINAN

Posisi janin sungsang tentunya dapat memengaruhi proses persalinan. Jika yang terjadi adalah presentasi bokong murni, maka persalinan normal masih relatif mudah dilakukan. Namun, ini pun hanya berlaku bagi ibu yang sudah memiliki pengalaman melahirkan per vaginam. Sedangkan jika yang terjadi adalah presentasi kaki, pada saat ketuban pecah spontan mungkin saja tali pusat ikut keluar (prolapsus tali pusat). Jika tidak segera dilakukan persalinan, janin mungkin tidak terselamatkan. Untuk mencegahnya, persalinan dapat dilakukan dengan cara sesar.

Proses persalinan yang salah jelas dapat menimbulkan risiko, seperti janin mengalami pundak patah atau saraf di bagian pundak tertarik (akibat salah posisi saat menarik bagian tangannya ke luar), perdarahan otak (akibat kepalanya terjepit dalam waktu yang lama), patah paha (akibat salah saat menarik paha ke luar), dan lain-lain. Untuk itu biasanya dokter menggunakan partograf, alat untuk memantau kemajuan persalinan. Jika persalinan dinilai berjalan lambat, maka harus segera dilakukan operasi (seksiosesaria).

Untuk ibu yang baru pertama kali hamil atau terdapat faktor penyulit pada kehamilan seperti ketuban pecah dini atau janin besar (di atas 3,5 kg) maka persalinan sesar merupakan jalan terbaik. Dalam hal ini, serahkan keputusan terbaik kepada dokter yang menangani.

   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

NUJU:Bye Perut Kendur,Bdn Melar,Berat Over Stlh Melahirkan,COCOK & AMAN utk ibu Menyusui ASI

Hi Para Mom di Forum Infobunda, Saya (Wina) mau ada Sharing Info Bagus, semoga bisa membantu atasi masalah Para Wanita di Forum ini. 

Kebahagiaan mendapatkan buah hati tersayang adalah kebahagiaan yang tidak ternilai.  Kebahagiaan itu belum lengkap karena umumnya dalam pikiran si ibu ada sedikit terselip kekhawatiran karena beberapa hal berikut.

Sehabis melahirkan umumnya tubuh wanita lebih melar, perut masih membuncit sperti hamil 4-5bulan, perut kendur dan menggelambir, panggul melebar, berat badan masih tersisa 5-30 kg, sehingga penampilan jadi kurang Percaya Diri dan pakaian jadi tidak pada muat lagi, sayang sekali.

Dalam kondisi menyusui, kita susah sekali minum obat pelangsing karena tidak aman untuk si kecil dan tidak sempat olahraga karena menjaga buah hati kita. 

Aktivitas Wina sekarang banyak menangani para Mom yg curhat masalah seperti itu.

Bersyukur, Saya dan Sebagian Moms sudah mulai berhasil atasi masalah-masalah tersebut.

Sekarang berat saya di 45 kg, tinggi 154 cm, lumayan langsing untuk ukuran Mom yg sudah punya anak.

Saya ada info produk yang bisa bantu kita,Ibu-Ibu, atasi masalah setelah melahirkan, aman untuk ibu-ibu yang sedang menyusui (ASI), dengan Envy Body Slim.

Saya tadinya juga punya masih perut kendur setelah melahirkan karena saya melahirkan normal dan Ken waktu lahir beratnya 3,95 kg; jadinya perut melar banget deh.Setelah saya pakai rutin Envy sebulan lumayan lingkar pinggang dan perut bisa berkurang 2-3cm.  Perut yang menggelambir setelah melahirkan juga sudah mulai ada perbaikan. Lalu Envy Slim juga bisa membantu mengencangkan otot vagina kita setelah melahirkan yang umumnya mengendur. 

 Ada Mom Gwen,yang setelah melahirkan naik 20kg, now setelah pakai Envy  berat berkurang 12 kg, dan pakaian sebelum hamil yang tadinya ga muat sudah muat lagi.

 Banyak sekali Ibu-Ibu yang sudah terbantu atasi masalah setelah melahirkan, info lebih lanjut bisa ibu lihat di: www.produktop.com/envypelangsing.html

Pakai Envy aman dan nyaman karena tidak perlu diet selama menyusui, tidak perlu minum obat pelangsing dan OR juga.

Bulan ini lagi ada promo dapat panty cantik dan seksi.

Untuk Jabotabek free ongkos kirim.

Untuk konsultasi masalah ini ibu-ibu bisa juga chatting dengan wina di:

lidwina_happy@yahoo.co.id.

Ditunggu kunjungan dan chattingnya yah.

Bisa juga sms atau telp ke HP Wina 0856-9068818, 021-92770718, 021-68886816.

Semoga Wina dan Pakaian Envy bisa membantu Ibu-Ibu semua, mewujudkan tubuh lebih langsing setelah melahirkan.

Semoga kita semua bisa tampil lebih sehat dan langsing.

Salam Hangat,

Wina-Mama Ken

www.produktop.com

0856-906-8818

021-92770718

   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Hi Mom-Mom, Salam Kenal, saya Wina- Mama Ken 2,5 tahun. Memang banyak Ibu-ibu yang sehabis melahirkan punya masalah dengan badan melar, perut masih buncit, perut kendur, berat badan over, dsb. Soalnya aktivitas saya banyak menangani para Mom yg curhat masalah seperti itu. Bersyukur, Saya dan Sebagian Moms sudah cukup berhasil atasi masalah-masalah tersebut.   Sekarang berat saya di 45 kg, tinggi 154 cm, lumayan langsing untuk ukuran Mom yg sudah punya anak. Saya ada info produk yang bisa bantu kita,Ibu-Ibu, atasi masalah setelah melahirkan, aman untuk ibu-ibu yang sedang menyusui (ASI), dengan Envy Body Slim. Saya tadinya juga punya masih perut kendur setelah melahirkan karena saya melahirkan normal dan Ken waktu lahir beratnya 3,95 kg; jadinya perut melar banget deh. Setelah saya pakai rutin Envy sebulan lumayan lingkar pinggang dan perut bisa berkurang 2-3cm.  Perut yang menggelambir setelah melahirkan juga sudah mulai ada perbaikan. Lalu Envy Slim juga bisa membantu mengencangkan otot vagina kita setelah melahirkan yang umumnya mengendur.    Ada Mom Gwen,yang setelah melahirkan naik 20kg, now setelah pakai Envy  berat berkurang 12 kg, dan pakaian sebelum hamil yang tadinya ga muat sudah muat lagi.   Banyak sekali Ibu-Ibu yang sudah terbantu atasi masalah setelah melahirkan, info lebih lanjut bisa ibu lihat di: www.produktop.com/envypelangsing.html Pakai Envy aman dan nyaman karena tidak perlu diet selama menyusui, tidak perlu minum obat pelangsing dan OR juga. Bulan ini lagi ada promo dapat panty cantik dan seksi. Free Ongkos Kirim Juga untuk daerah Jabotabek. Untuk konsultasi masalah ini ibu-ibu bisa juga chatting dengan wina di: lidwina_happy@yahoo.co.id. or Hub Wina di 0856-9068818, 021-92770718. Ditunggu kunjungan dan chattingnya yah. Semoga Wina dan Pakaian Envy bisa membantu Ibu-Ibu semua, mewujudkan tubuh lebih langsing setelah melahirkan.   Salam Hangat, Wina-Mom Ken www.produktop.com 0856-906-8818 021-92770718  
   
Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : belum ada like
Sebenernya saya tau kalau tidak boleh digaruk, tapi gimana ya, gatel banget sih. Kalau saya waktu itu cuma pakai jeruk nipis dan minyak kayu putih tanpa kapur sirih (soalnya ngga mau), pakenya juga setengah hati. Iya sih, perut jadi ngga ndut, tapi belang2 nya masi ada, papa karena ga pake kapur sirih ya??? Sekarang anak saya dah 4.5 bulan masi bisa ga ya?? Kalau krim nya boleh deh dicoba. Hmmm, ada yang tau ga kalau untuk ibu2 yang sudah melahirkan 20 tahun lalu masi ampuh ga krim nya?? Ibu saya mau juga tuh kalau bisa. Trims infonya, bermanfaat sekali nih Array
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like

Pernah gak dapet kado bayi yang kamu udah punya? Atau berharap dapet kado yang sesuai keinginanmu?

Bikin aja daftar kado yang kamu mau di Wishlistku.

Wishlistku adalah Online Gift & Cash Registry yang pertama di Indonesia, yang bertujuan untuk membantu orang meminta dan mendapatkan kado yang mereka inginkan.

Wishlistku akan menyimpan daftar kado yang anda inginkan secara online, agar anda dapat dengan mudah membagikan link tersebut kepada teman atau keluarga apabila ada yang menanyakan “Perlu kado apa untuk lahiran nanti ?”

(contoh = www.wishlistku.co.id/example)

Barang-barang yang diminta berasal dari website lain atau toko manapun yang anda mau, online maupun offline (kami tidak menjual barang sendiri).
Di Wishlistku juga ada sistem patungan online, sehingga orang bisa mengumpulkan uang patungan dalam membelikan hadiah yang mahal, tanpa perlu mencari teman sendiri.

Akan sangat menyenangkan apabila semua kado yang diterima seorang ibu yang akan melahirkan, sesuai dengan kebutuhannya saat itu, karena tidak ada lagi kado yang mubazir (sudah punya atau tidak butuh).

Silahkan kunjungi FB Page atau website kami.

Tenang saja, tidak ada biaya apapun untuk pengguna membuat Wishlist ataupun memberi via Wishlist. Perusahaan ini juga sudah berbentuk badan legal di Indonesia.

Baca lengkapnya di sini ya :)

https://www.wishlistku.co.id/blog/view/3/apa-itu-gift-registry

   
11-08-2014 10:16:35 KB setelah melahirkan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Ibu yang baru melahirkan dan menyusui ASI dapat menggunakan pilihan KB IUD (tidak mengandung hormonal), KB suntik 3 bulan ataupun pil KB laktasi. Masalah kenaikan berat badan saat hamil, lambat laun akan kembali normal, tergantung dari asupan makanan dan aktivitas Bunda. Bila Bunda sudah dapat melakukan aktivitas olahraga, jangan lupa untuk berolahraga juga  menyeimbangkan asupan bahan makanan yang sehat.

   
08-08-2014 21:13:56 KB setelah melahirkan
Jumlah Posts : 91
Jumlah di-Like : belum ada like
dokter, aq mau tanya KB apa yang bagus untuk ibu yang baru melahirkan, untuk menunda kehamilan, yang tdk menambah berat badan, karna badan saya sudah termasuk gemuk.. apakah pil atau suntik atau yg lain?
   
Jumlah Posts : 108
Jumlah di-Like : belum ada like

Sekarang kami sudah mempunyai website baru untuk memudahkan bunda berbelanja. Mampir ya bun.. http://blanjahepi.com/ atau untuk yang paling update follow Instagram: etha_blanjahepi

Permisi ayah dan bunda semuanya.. Mau numpang jualan untuk kebutuhan perlengkapan bayi dan ibu yang baru melahirkan. Dilihat-lihat, trus jangan lupa dibeli ya :)
Bisa untuk kado juga kalau ada kerabat atau teman yang melahirkan.

Jangan lupa tekan CTRL-D, karena akan ada update lagi, dan siapa tahu suatu saat perlu jadi gak perlu cari2 lagi :)

INFO: Sangat disarankan untuk add friend Facebook ETHA'S CORNER (aka Etha Tupperware) ya bunda untuk update barang terbaru
FACEBOOK : http://www.facebook.com/etha.tupperware


UPDATE BARANG:
Booster Sterilizer (Steril Botol)
Botol ASIP BKA
Carter Pants
Cooler Bag Gabag
Cooler Bag Paket Baby Pax
Cooler Box Puku
Crown Sterilizer
Fisher Price Soft Squeeze Feeder
Handuk Jepang Kawamoto
Hanger Gift Set
Jumper Carter Lengan Panjang
Jumpsuit Next 3 in 1 Baby Girl
Kantung Asi Natur
Kaos Kaki Carter
Mag-mag Pigeon All in 1 Training Set
Mama Soya Susu Kedelai
Mastela Fold Up Infant Seat
Moby Wrap
Munchkin Bath Tup Duck
Munchkin Fresh Fedding Set
Perlak Karet Pupu
Sarung Tangan dan Kaki Libby
Tepung Gasol Beras Merah
Tommee Tippee Explora 1st Slips Cup
Warmer Crown 4 in 1
Washlap Libby

Pembayaran via BCA / Mandiri.
Pengiriman untuk sementara hanya via JNE. Dalam waktu dekat mungkin bisa via WAHANA. maaf  tdk menerima COD karena ane kerja kantoran jg yak. Kalau masih kurang percaya bisa cek testimoni saya selama jualan di kaskus ya bunda..monggo diklik...
atau bisa add facebook saya :)

http://m.kaskus.co.id/thread/10528125/

CONTACT PERSON

SMS only /WA : 0838 9870 8553
EMAIL: mmeyliana@gmail.com
FACEBOOK : http://www.facebook.com/etha.tupperware (Add friend dulu ya bunda)
Pin bb : 748D55D3