SITE STATUS
Jumlah Member :
481.976 member
user online :
2372 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: hamil perut turun

New Topic :  
Jumlah Posts : 47
Jumlah di-Like : belum ada like
gk tau nih bun dde nya dh msuk panggul apa blom .. emng apa yg dirasakan ketika dde nya dah masuk panggul bun.. soalnya aq blm periksa lgi .. tpi klo masalah perut turun ke bawah .. diusia 6 bln jg perut aq udh kaya turun ke bawah bun .. bntuk perut aq bulat kedepan agak turun bun sisi kiri n sisi kanan kya kosong .. klo dilihat dari belakang kaya yg gk hamil .. hehe
   


15-07-2016 11:31:32 hpl juli 2016
Jumlah Posts : 207
Jumlah di-Like : belum ada like
sharing pengalaman aja bund.. waktu pas kmrn hamil saya pernah nazar sm debay nya , saya bilang "de,, adek keluarnya pas ayah sudah dtg yah... biar waktu kamu lahiran ditungguin ayah dan diadzanin sm ayah.. bunda ga mau kalo ga ditungguin ayah.." saya selalu ngomong gt sm debay sambil elus2 perut eh bener aja bund pas ayahnya dteng debay ud gerak2.. mulesnya makin menjadi padahal sehari sebelum ayahnya dtg sm sekali ga ada pembukaan walopun mulesnya smpe saya nangis2 n teriak2 dan ud ngeflek coklat2 ... pas ayahnya dtg mules smakin kenceng dan berasa perut turun , di cek sm suster ud pembukaan 2.. dr pembukaan 2 ke pembukaan lengkap itu jarak waktunya hanya skitar 5 jam bund.. ketuban ud pecah dan sakitnya makin menjadi sampe hampir nyerah mau secar aja tp berkat doa n support dr suami n ortu yg nungguin saat itu akhirnya bisa lahiran normal.. dan dr pembukaan sampe selesai melahirkan ditungguin trus sm suami.. ga lupa juga saat saya udah pembukaan 3 saya minta maaf sm ortu dan suami apabila saya ada salah selama ini.. share aja bund buat bunda2 yg masih menanti debay lahir ,, mungkin ada nazar atau omongan bunda ke debaynya yg ternyata buat debay nunggu sampw nazar itu terlaksana.. semoga bisa segera launching debaynya ya bund.. amin 😊
   
09-10-2014 11:39:21 flek merah dan kecoklatan
Jumlah Posts : 165
Jumlah di-Like : belum ada like
aku jg punya pengalaman buruk bunda2 saat aku telat mens 12hari aku tespack 2garis tp yg 1samar trz besok nya aku diurut bun bilangnya hamil tukang urutnya trz perut turun ditaikin sama dia eh engga tau ny 2hr kemudian aku haid bun sedih ;(,, alhamdulillah skrng udah dpet penggantinya pas usia kehamilan aku 7bln spog ku bilang plasenta nya nutupin jln lahir aku sempet down bnyk yg nyaranin di urut tp aku trauma alhamdulillah bener bunda dian naikin kaki keatas sama bnyak jln pgi en sore alhamdulillah skrng plasentanya bergeser skrng tinggal nunggu baby ku ngajakin keluar deh bun ..
   


Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
duuhh...senengnya bunda2 yg udh lahiran..hpl q 17juli ni..udh mulai sakit bagian bwh perut apalg stlh senam hamil/naik Turun tangga.
   
16-04-2014 10:43:37 Kelahiran Pada Bulan Mei 2014
Jumlah Posts : 57
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 klo aku dr gendut bgt sebelum hamil pas hamil ngidam turun 4 kg an . skrg naik cuma 3 kg . ya cuma perut aja yg gede badan aku malah kurus ga kayak biasanya .. kta org tua ntr klo udh lahiran badan nya bagus tp aku kok jd kefikiran ya
   


Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Beberapa masyarakat dari kita masih meyakini apabila ibu hamil perutnya turun harus dibetulkan dengan pijatan diperut. Nah, justru apabila pijatan dilakukan dibagian perut inilah yang berbahaya, karena dapat menyebabkan terlepasnya plasenta dari tempat melekatnya di rahim.

Bila itu terjadi, hal ini dapat menyebabkan kegawatan janin dan tidak jarang menimbulkan kematian janin dalam rahim (IUFD / Intra Uterine fetal Death). Memang, kita mengenal istilah versi luar. Yaitu, mengubah posisi janin dari melintang atau sungsang menjadi letak kepala (posisi normal). Tetapi, hal itu hanya boleh dilakukan setelah memenuhi indikasi dan syarat-syarat tertentu. Selama tindakan, ada alat monitoring yang cukup memadai serta dilakukan oleh tenaga ahli dan berpengalaman.....


buat bunda2 yg mau dpijat.. pikirkan lg dan carilah yg bnr2 ahli drpd menyesal dkemudian hari..m
   
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Placenta kok bisa jalan-jalan ya Bu ? Aneh bener hehehe ...

Secara sederhana, rahim berbentuk segitiga terbalik, atau bisa juga dibayangkan seperti daun waru (clover) terbalik dengan tangkai di bawah. Bagian "tangkai" ini berbentuk seperti tabung atau corong (dikenal sebagai leher rahim) dengan ujung terbuka (dikenal sebagai mulut rahim).

Normalnya plasenta terletak di bagian fundus (bagian puncak/atas rahim), bisa agak ke kiri atau ke kanan sedikit, tetapi tidak sampai meluas ke bagian bawah apalagi menutupi jalan lahir.

Patokan jalan lahir ini adalah ostium uteri internum (disingkat OUI, yaitu mulut rahim bila dilihat dari bagian dalam rahim). Kalau dilihat dari luar - dari arah vagina - disebut ostium uteri eksterum.

Placenta-previa artinya "plasenta di depan" (previa=depan). Artinya, plasenta berada lebih "depan" daripada janin yang hendak keluar. Angka kejadiannya sekitar 3-6 dari 1000 kehamilan.

Terhadap jalan lahir ada 4 kemungkinan jenis plasenta previa :

1. Placenta previa totalis, bila plasenta menutupi seluruh jalan lahir. Pada posisi ini, jelas tidak mungkin bayi dilahirkan per-vaginam (normal/spontan/biasa), karena risiko perdarahan sangat hebat.

2. Placenta previa partialis, bila hanya sebagian/separuh plasenta yang menutupi jalan lahir. Pada posisi inipun risiko perdarahan masih besar, dan biasanya tetap tidak dilahirkan melalui per-vaginam.

3. Placenta previa marginalis, bila hanya bagian tepi plasenta yang menutupi jalan lahir. Bisa dilahirkan per-vaginam tetapi risiko perdarahan tetap besar.

4. Low-lying placenta (plasenta letak rendah, lateralis placenta atau kadang disebut juga dangerous placenta), posisi plasenta beberapa mm atau cm dari tepi jalan lahir. Risiko perdarahan tetap ada, namun bisa dibilang kecil, dan bisa dilahirkan per-vaginam dengan aman, asal hat-hati.


Diagnosa ini mulai dipastikan sejak kira-kira umur kehamilan 26-28 minggu, dimana mulai terbentuk SBR (Segmen Bawah Rahim). Dengan terbentuknya SBR, leher rahim yang semula masih berbentuk seperti corong pojok kanan atas), akan mulai memipih, untuk nantinya saat menjelang persalinan mulai membuka (sudah biasa mendengar "pembukaannya sudah berapa cm" begitu kan?)

Dari perubahan inilah bisa terjadi plasenta "berpindah" atau lebih tepatnya bergeser secara relatif menjauhi jalan lahir, seolah-olah bergerak ke atas. Itulah sebabnya, sebelum masuk trimester terakhir, sekitar 28 minggu/7 bulan, dibiarkan saja dulu asal tidak terjadi perdarahan yang tidak bisa dikendalikan. Diharapkan nanti setelah 7 bulan, beruntung bisa "pindah" ke atas seperti penjelasan sebelumnya.

Tentu saja, penilaian paling optimal dan menentukan adalah saat mendekati persalinan, untuk memastikan benar-benar dimana posisi plasenta. Itulah mengapa, keputusan cara persalinan bisa berubah di menit-menit terakhir.

Begitu pula, jangan lantas menyebut bahwa diagnosa placenta-previa pada usia kehamilan muda dianggap "positif palsu".

Apa sih sebabnya terjadi kelainan tempat plasenta ? Bisa karena kelainan bawaaan pada bentuk rahim, adanya tumor rahim, atau bekas operasi sebelumnya yang meninggalkan jaringan parut di rahim. Bisa sebabnya faktor rahim : kehamilan ganda/kembar, ada kelainan bawaan rahim. Tidak ada hubungannya dengan saat hamil naik turun tangga atau banyak jungkir balik misalnya.

Tindakan ditentukan oleh jenis plasenta previanya. Biasanya ditunggu sampai sekitar 7 bulan untuk memastikan benar dimana posisi plasenta. Karena itu, walau Ibu hamil tidak "nungging", kalau dasarnya memang bukan tipe previa ya tetap akan "bergeser" ke atas.

Risiko dari kelainan posisi ini, paling utama tentu perdarahan. Perdarahan bisa terjadi menjelang/saat persalinan. Ini dihindari/diantisipasi dengan penentuan cara persalinan operatif.

Bisa terjadi perdarahan saat mulai terjadi pembentukan segmen bawah rahim, dimana ada bagian plasenta yang "robek" oleh pergeseran jaringan di sekitar mulut rahim. Bila ini terjadi, yang terganggu adalah kesejahteraan janin, dan bisa juga memicu persalinan prematurus.

Bisa juga terjadi perdarahan oleh tekanan kepala janin saat mulai memasuki segmen bawah rahim sebagai persiapan menuju persalinan.

Apa yang menjadi faktor risiko plasenta-previa?

1. Wanita lebih dari 35 tahun, 3 kali lebih berisiko.
2. Multiparitas, apalagi bila jaraknya singkat. Secara teori plasenta yang baru berusaha mencari tempat selain bekas plasenta sebelumnya.
3. Kehamilan kembar.
4. Adanya gangguan anatomis/tumor pada rahim sehingga mempersempit permukaan bagi penempelan plasenta.
5. Adanya jaringan parut pada rahim oleh operasi sebelumnya. Dilaporkan, tanpa jaringan parut berisiko 0,26%. Setelah bedah sesar, bertambah berturut-turut menjadi 0,65% setelah 1 kali, 1,8% setelah 2 kali, 3% setelah 3 kali dan 10% setelah 4 kali atau lebih.
6. Adanya endometriosis (adanya jaringan rahim pada tempat yang bukan seharusnya, misalnya di indung telur) setelah kehamilan sebelumnya.
7. Riwayat plasenta previa sebelumnya, berisiko 12 kali lebih besar.
8. Adanya trauma selama kehamilan.
9. Kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol.

Selain placenta previa, ada juga perdarahan akibat solusio plancentae. Terjadi bila penempelan plasenta di tempat yang normal tetapi terlepas dari dinding rahim. Penyebab terlepas bisa karena perubahan anatomis/tumor pada rahim, karena tali plasenta pendek sehingga tertarik oleh gerakan janin, atau karena daya dukung plasenta memang sudah sangat berkurang, sehingga rapuh.

Akibatnya terjadi perdarahan. Secara mudah, pada placenta previa perdarahan tidak diikuti nyeri perut. Tetapi pada solusio plasenta, perdarahan diikuti nyeri perut yang hebat.

Karena itu, posisi plasenta adalah salah satu hal yang penting diperiksa saat menjalani USG. Ini lebih penting daripada soal apa jenis kelaminnya (bukan berarti nggak boleh lho ya nanya jenis kelamin, hanya rasional dong, mana yang lebih penting seharusnya didahulukan).
   
Jumlah Posts : 42
Jumlah di-Like : belum ada like
malam bun, ada yg ngalamin waktu hamil perut kenceng dan sakit jika dipegang sekitar tali pusar
sy kdang ngalamin itu... pas rasa sakitnya itu loh waktu dipegang diarea tali pusar
rasanya sakit dan bingung mau gmna, itu knpa ya?
usia khamilan sy skrg 6 bulan/ 26w
   
Jumlah Posts : 263
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda" saya mau ty nie. .kata orang" klau hamil perut di pegang keras ia. .kok saya pegang perut nya gag keras tapi di tp 2 garis ??? aku jdi bgg
   
13-02-2017 11:55:35 hpl agustus 2017
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
saya malah turun bbnya bun,,,hamil 9minggu,,,turun 3kilo,,,kta bidan gpp,,,janinnya sehat,yg pnting perbaiki pola makan bun,,,
   
24-10-2016 19:26:06 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 220
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda Rika,iya...terimakasih saran nya. memang klo hamil perut kanan kiri kosong & lonjong ke depan tanda anak laki2 ya? sepertinya saya juga begitu.. soalnya pas USG gak kelihatan
   
14-10-2016 15:54:49 lari lari kecil
Jumlah Posts : 82
Jumlah di-Like : belum ada like
aamiin yarrabbalalamiin..bunda anaknya 2 cwo semua yaa?sewaktu hamil perut lebar atau buncit bund?soalnya aku pas usg ktanya cwo perut jga buncit ga lebar.pdhal pngen bgt anak cewe
   
18-09-2016 06:59:10 BB turun saat hamil
Jumlah Posts : 142
Jumlah di-Like : belum ada like
kalau aku bb naik 1kg trus bun. tp aneh uk 23w perut blum kliatan hamil. perut nya kecil masih 3bln. itu debay nya normal ga yaa
   
03-09-2016 12:35:55 perut sakit di bawah pusar
Jumlah Posts : 142
Jumlah di-Like : belum ada like
kata bidan sih 22week.. bunda pernah ga selama hamil.. perut nya diurut?
   
28-08-2016 11:36:49 hpl Bulan oktober merapat
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 ada gak yg agi hamil perut ya bada bintik2 merah tpi ga gatel
klo abis mandi sering d kasih minyak kayu putih tpi kta orang2 bahaya buat kesehatan janin ya saya udah memasuki usia 9 bulan bun hamil ya...
mohon info ya