SITE STATUS
Jumlah Member :
494.719 member
user online :
3489 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: contoh soal tentang hidrosefalus untuk o

New Topic :  
18-06-2008 09:48:58 USG sebagai Kenang2an
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Gandriexs... Ini ada artikel soal USG semoga bermanfaat.  

Ultrasonografi (USG)


Pemeriksaan ultrasonografi (USG) mungkin akan menjadi salah satu pemeriksaan yang paling menyenangkan selama masa kehamilan. Anda dan pasangan Anda dapat melihat bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim. Pemeriksaan tersebut juga merupakan alat yang berguna untuk mendapatkan informasi detail dari perkembangan si janin. Pemeriksaan USG tidak menimbulkan bahaya bagi Anda maupun si bayi. Kemungkinan efek yang merugikan tersebut sudah sering diteliti dan terbukti tidak pernah ditemukan masalah.

Ultrasonografi adalah pemeriksaan yang memberikan hasil gambar dua dimensi tentang janin atau embrio yang sedang berkembang di dalam perut ibu hamil. Pemeriksaan itu mencakup penggunaan gelombang suara yang berfrekuensi tinggi yang dibuat dengan memasang pengubah arus pada suatu alat yang disebut dengan transduser.

Transduser akan menerima dan mengirimkan gelombang suara. Transduser bergerak diatas gel yang sudah dioleskan di atas perut ibu hamil. Transduser tersebut mengumpulkan gelombang suara echo ketika memantul pada bayi, kemudian komputer akan menerjemahkannya ke dalam gambar. Keadaan itu dapat diilustrasikan seperti radar yang digunakan oleh pesawat udara atau kapal selam untuk menciptakan gambaran tanah lapang di kegelapan malam ataupun di dasar lautan.

Sebelum pemeriksaan, Anda mungkin diminta untuk meminum 1 liter air. Dengan meminum air, akan membuat teknisi kesehatan menjadi lebih mudah untuk melihat rahim. Kandung kemih terletak di depan rahim. Jika kandung kemih penuh, maka rahim terdorong ke depan dan keluar dari area panggul dan dapat dilihat dengan mudah melalui USG. Jika kandung kemih sedang kosong, rahim akan terletak lebih jauh ke bawah di dalam panggul dan membuatnya akan sulit untuk dilihat.

Pemeriksaan USG juga dapat membantu konfirmasi tanggal kelahiran bayi Anda, menentukan apakah bayi yang dikandung kembar atau seorang, dan menentukan karakteristik fisik mayor dari janin dalam keadaan normal. Pemeriksaan ultrasonografi dapat dilakukan kapan saja selama masa kehamilan.

Apakah Anda harus menjalani pemeriksaan USG atau tidak tergantung pada beberapa faktor seperti masalah perdarahan, masalah kehamilan sebelumnya, dan jaminan asuransi. Umumnya dokter melakukan pemeriksaan USG sedikitnya satu kali selama masa kehamilan. Jika kehamilan Anda berisiko tinggi, maka Anda biasanya akan menjalani beberapa kali pemeriksaan.

Dokter mungkin menginstruksikan pemeriksaan USG untuk mendapatkan informasi penting tentang otak, medulla spinalis, wajah, organ besar, anggota gerak, atau jenis kelamin janin. Pemeriksaan USG dapat memperlihatkan letak plasenta sehingga informasi tersebut dapat digunakan dengan pemeriksaan lain, seperti amniosentesis. Pemeriksaan tersebut juga dapat memberikan informasi tentang pertumbuhan janin, kondisi tali pusat, dan jumlah cairan ketuban dalam rahim.

Dokter atau teknisi kesehatan biasanya akan melakukan pemeriksaan USG dengan alasan sebagai berikut:

  • Untuk mengidentifikasi kehamilan dini.
  • Untuk memperlihatkan ukuran dan kecepatan pertumbuhan embrio atau janin.
  • Untuk mengukur kepala janin, perut, atau paha untuk menentukan durasi atau lamanya kehamilan.
  • Untuk mengidentifikasi janin tertentu dengan Sindrom Down.
  • Untuk mengidentifikasi abnormalitas janin, seperti hidrosefalus.
  • Untuk mengidentifikasi letak, ukuran, dan kematangan plasenta atau abnormalitas plasenta.
  • Untuk mendeteksi IUD.
  • Untuk membedakan antara keguguran maupun kehamilan ektopik (kehamilan di luar uterus).
Bunda Rafa :)
   


12-03-2012 11:46:29 calistung usia balita
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear bunda2 cantikk...

share doong tentang calistung untuk balita...bagus gak ya? skrg lagi marak pro dan kontra anak balita di ajarin calistung. sedangkan kalo gak sejak dini di ajarin calistung,,,nanti bekal untuk masuk SD gimana? secara kan skrg untuk masuk SD aja ada tes baca, tulis hitung juga psikotes... gimana nihh?? bingung.com.
soalnya anakku usia 3 th udah masuk di BIMBA A-I-U-E-O. alhamdulillah siyh annku fun2 aja..belajarnya. dan skrg baru sebulan di BIMBA, udah bisa baca kata2 sederhana. dan juga belajar nulis. kalo hitungan sampe 10 sudah bisa.
jadi dilema niyh...banyak yng pro dan kotra sama calistung usia balita...

tq share2 nya bunda cantik... :)

   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
Up..up..up....Kini judulnya makin lengkap bunda...:)

5.) JUDUL :  Peternakan si Meong

Belajar Berhitung 1-5 di Peternakan Si Meong
Ukuran tertutup : 16 x 16 x 2 cm, 6 hal isi + 2 hal sampul
Harga satuan : Rp. 52.000,-

Yuk belajar berhitung 1-5 sambil mengenal binatang-binatang ternak.
Gambar-gambar binatang ternak dapat dilepas pasang (menggunakan velcro), jadi sambil menempel anak mulai belajar berhitung. Sederhana namun mengasyikkan!
Cocok untuk anak usia1 tahun ke atas.

6.) Buku Bantal : Paket Seri Kata Santun (isi 3 buku)
Ukuran tertutup : 17,5 x 13 cm
Jumlah halaman : setiap buku terdiri dari 5 hal isi + 1 hal sampul
Harga per paket : Rp. 46.000,‐

Maaf… Tolong.. Terima kasih..
3 kata‐kata santun yang perlu dibiasakan sejak dini.
Dikemas dalam cerita‐cerita sederhana dengan gambar dan warnawarna
yang menarik untuk memudahkan anak mulai mengenal
konsep kata‐kata santun dari sejak kecil.
Cocok untuk bayi mulai usia 3 bulan ke atas.
1 paket berisi 3 buku:
‐ Maaf
‐ Tolong
‐ Terima Kasih

7.) Buku Bantal : Beruang Pelangi
Ukuran tertutup : 16 x 13 cm
Jumlah halaman : 6 halaman isi + 2 halaman sampul
Harga satuan : Rp. 36.000,‐

Buku dongeng sederhana tentang sekelompok beruang yang membuat pelangi di awan.
Cocok dibacakan sebagai dongeng sebelum tidur bagi balita anda.
Dilengkapi beruang mungil untuk mainan si kecil.
Cocok untuk bayi mulai usia 3 bulan ke atas.


8.) Judul : Kiti Kucing & kawan-kawannya

Ukuran tertutup : 17 x 18 cm, 6 hal isi + 2 hal sampul

Harga : Rp. 59.000,-

Produk baru yang lucu & menggemaskan, dilengkapi dengan gambar-gambar & warna yang cerah.
Ada boneka ikan yang lembut, boneka kelinci, ada permainan cilukba, kelinci jadi anjing.. kucing jadi monyet :D
Yuk beraktifitas & bercerita dengan si kecil melalui buku lucu ini..

Cocok untuk bayi mulai usia 3 bulan ke atas.


9.) Judul : LIHAT WAJAHKU!

Ukuran tertutup: 16,5 cm X 18,5 cm
Ukuran terbuka: 66 cm x 18,5 cm (8 halaman)
Terbuat dari bahan kain polyester dengan isi serat silicon / polyester.
Lembut & aman untuk bayi!!
Harga: Rp. 44.000 per buku

Terdiri dari 4 panel dengan 6 gambar-gambar yang memperkenalkan si kecil pada ekspresi-ekspresi wajah. Ada ekspresi bayi sedang tertawa, menangis, tersenyum, takut, bingung dan tidur. Dilengkapi juga dengan cermin sederhana yang aman untuk balita.
Gambar-gambar yang lucu, sederhana namun ekspresif serta warna-warna ceria akan menarik perhatian si kecil untuk mulai belajar mengenali ekspresi wajah.

10.) Buku Bantal : Assalamu’alaikum.
Ucapan sehari-hari anak muslim
Ukuran tertutup : 15 x 15 cm
Jumlah halaman : 6 halaman isi + 2 halaman sampul
Harga satuan : Rp. 24.000,-

Mulai perkenalkan si kecil pada ucapan-ucapan baik seperti Bismillah, Insya Allah, Astaghfirullah, dll.
Dilengkapi dengan contoh saat pengucapannya.
Cocok untuk anak mulai usia 2 tahun ke atas.


11.) Buku Bantal : Puasa Yuk!
Ukuran tertutup : 15 x 15 cm
Jumlah halaman : 6 halaman isi + 2 halaman sampul
Harga satuan : Rp. 24.000,-

Gambar-gambar dan cerita sederhana untuk memperkenalkan si kecil pada konsep berpuasa.
Cocok untuk anak mulai usia 2 tahun ke atas.

12.) Rumahku BIRU
Ukuran tertutup : 19 x 16,5 cm
Jumlah halaman : 6 halaman isi + 2 halaman sampul
Harga satuan : Rp. 51.000,-

Buku bantal yang memperkenalkan balita pada ruangan-ruangan di dalam rumah.
Terdiri dari ruang keluarga, ruang makan dan kamar tidur.

Dengan gambar-gambar yang lucu & menarik serta warna-warna ceria untuk menarik perhatian anak, dilengkapi dengan boneka beruang lucu dan cermin yang aman untuk balita.

Gambar dan warna disesuaikan dengan jenis kelamin anak. pink untuk anak
perempuan dengan rok mungil yang tergantung di kamar tidurnya. Atau warna biru untuk anak laki-laki dengan celana pendek mungil yang tergantung di kamar tidur bernuansa birunya.

Cocok untuk bayi mulai usia 3 bulan ke atas.


13.) Rumahku MERAH

Ukuran tertutup : 19 x 16,5 cm
Jumlah halaman : 6 halaman isi + 2 halaman sampul
Harga satuan : Rp. 51.000,-

Buku bantal yang memperkenalkan balita pada ruangan-ruangan di dalam rumah.
Terdiri dari ruang keluarga, ruang makan dan kamar tidur.

Dengan gambar-gambar yang lucu & menarik serta warna-warna ceria untuk menarik perhatian anak, dilengkapi dengan boneka beruang lucu dan cermin yang aman untuk balita.

Gambar dan warna disesuaikan dengan jenis kelamin anak. pink untuk anak
perempuan dengan rok mungil yang tergantung di kamar tidurnya. Atau warna biru untuk anak laki-laki dengan celana pendek mungil yang tergantung di kamar tidur bernuansa birunya.

Cocok untuk bayi mulai usia 3 bulan ke atas.


14.) - MENGENAL ABJAD

Ukuran tertutup : 17 x 17 cm, 6 hal isi + 2 hal sampul

Harga satuan : Rp. 30.000,-


15.) - MENGENAL ANGKA
Ukuran tertutup : 17 x 17 cm, 6 hal isi + 2 hal sampul

Harga satuan : Rp. 30.000,-


16.) - MENGENAL BENDA di Sekitar Kita (sampul + isi lengkap)
Ukuran tertutup : 17 x 17 cm, 6 hal isi + 2 hal sampul

Harga satuan : Rp. 30.000,-


17.) - MENGENAL WARNA

Ukuran tertutup : 17 x 17 cm, 6 hal isi + 2 hal sampul

Harga satuan : Rp. 30.000,-

18.) - MENGENAL Anggota TUBUH kita (sampul + isi lengkap)
Ukuran tertutup : 17 x 17 cm, 6 hal isi + 2 hal sampul

Harga satuan : Rp. 30.000,-

19.) - MENGENAL BENTUK
Ukuran tertutup : 17 x 17 cm, 6 hal isi + 2 hal sampul

Harga satuan : Rp. 30.000,-



Untuk Teether Book Mastela sekarang harganya 40.000,- / pcs...

Dapatkan free ongkir Jabodetabek untuk pembelian minimum 100 ribu..:)

Happy Shopping Moms...^_^

Semua buku ready stock...

RESELLER WELCOME



   


18-12-2007 12:09:44 ibu idealkah anda
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : 1
6. Prodigy Parents
Ini tipe orang tua instan alias orangtua yang sukse dalam karier tetapi tidak memiliki pendidikan yang cukup tinggi.

Ciri-ciri :
a. Secara materi mereka berkecukupan, tapi umumnya tak mengenyam pendidikan yang tinggi.
b. Bagi mereka, kesuksesan di dunia bisnis merupakan bakat semata dan memandang sekolah dengan sebelah mata. Mereka juga memandang anak-anaknya akan hebat dan sukses seperti mereka tanpa memikirkan pendidikan seperti apa yang cocok diberikan kepada anaknya.
c. Mereka mempercayai bahwa keberhasilan yang telah diraih saat ini adalah karena bakat. Untuk itu mereka mengharapkan anaknya akan mencapai sukses seperti apa yang telah dicapai dirinya. Jadi lebih berorientasi kepada hasil tanpa mempertimbangkan proses yang dilalui.
d. Mereka tak terlalu perduli denga pendidikan anak-anaknya. Karena mengacu pada pengalaman yang telah dialami bahwa mereka berhasil tanpa melalui jenjang pendidikan yang tinggi.
e. Sangat mudah terpengaruh kiat-kiat atau cara-cara unik dalam mendidik anak tanpa bersekolah. Buku-buku instan dalam memndidik anak sangat mereka sukai. Contoh buku tentang kiat-kiat mengajari bayi membaca atau kiat-kiat mengajari bayi matematika, berikan anakmu pemikiran cemerlang, kiat-kiat anak dapat membaca dalam waktu 6 hari dll

Kelebihan :
Mampu mengeluarkan biaya tinggi demi mencapai tujuan yang diharapkan. Misal banyak memberikan fasilitas yang terbaik untuk anak-anaknya. Mereka pun sudah mengarahkan anak ke dalam bidang yang akan kelak ditekuni, biasanya adalh bidang yang sama dengan yang ditekuni orangtuanya.

Kekurangan :
Kerap memaksa anak agar berhasil seperti dirinya tanpa mempertimbangkan minat atau bakat si anak. Mereka juga tidak mengutamakan pendidikan bagi anak-anaknya. karena nilai-nilai yang diutamakan adalah keberhasilan atau kesuksesan di bidang pekerjaan nantinya.

Anak yang dihasilkan:
a. senang hal yang instan atau pragmatis, misal menginginkan ilmu-ilmu instan tanpa mau menjalami jenjang pendidikan pada umumnya. Padahal semuanya harus berproses.
b. Kurang memiliki rasa percaya diri, lantaran orangtua selalu memaksakan atau telah menyiapkan dengan sejumlah rencan yang harus diikuti/dipatuhi oelh anak. Anak tak diberi kesempatan banyak untuk memilih dan mengambil keputusan sendiri.

Agar anak berkembang sehat , inilah yang harus dilakukan oleh orang tua:
Tidak mengambil jalan pintas dnegan hanya membaca buku. Pendidikan atau sekolah sangat penting peranannya untuk mencapai masa depan anak yang lebih baik. Pendidikan memiliki andil dalam meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan anak. Ingatlah sukses tidak melulu karena bakat, tapi dapat pula karena minat si anak, selain juga dapat dipengaruhi oleh pendidikan. Jadi perhatikanlah pendidikan bagi anak dna berikanlah kesempatan kepada anak untuk menentukan pilihannya dan mengambil keputusannya sendiri sesuai dengan minatnya. Patut disadari pula oleh orangtua bahwa kelak keberhasilan yang dicapai anak belum tentu sama dengan telah dicapai orangtuanya
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

wah selamat bunda, bunda ajeng termasuk cepat hamilnya, mungkin bisa dishare tips cepat hamilnya..

dan semoga tidak terjadi kendala lagi

selalu konsul kedokter soal kejadian sebelumnya untuk antisipasi

   


Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

Di faskes tingkat 1 saya hanya setingkat satuan kesehatan bun, jadi gak ada dokter kandungan atau bidan. Dari awal kehamilan saya di rujuk terus ke rumah sakit, tapi kmrn saya tanya di rs yg tempat biasa saya kontrol tentang syarat untuk melahirkan malah membingungkan bun jawabannya. Jadi pusing, selain surat rujukan dr faskes tingkat 1 apa aja bun syarat untuk melahirkannya?

   
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
Contoh makanan yang baik untuk menambah berat badan janin antara lain bubur kacang hijau, eskrim dalam porsi kecil, alpukat, kacang-kacangan, ikan dan minyak ikan (biasanya sudah terkandung di dalam suplemen multivitamin ibu hamil), susu, telur rebus, oatmeal, hati, sate/daging.
Seperti dikutip dari Pregnancy, penyebab umum bayi lahir dengan berat badan rendah adalah akibat konsumsi alkohol, kebanyakan menghirup asap rokok, penggunaan obat-obatan secara teratur, gizi buruk, stres atau ketakutan berlebihan, dan kelainan genetik.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Artikel di Infobunda yang berjudul Sekilas Tentang Puasa dan Kehamilan :

Beberapa agama dan kepercayaan yang ada di muka bumi ini mengajarkan untuk berpuasa. Mereka bahkan memiliki saat-saat khusus untuk berpuasa, yang biasanya ditetapkan berdasarkan pada perubahan musim, pergerakan matahari dan bulan, atau bahkan tanggal dimana sudah ditetapkan oleh pemuka agamanya masing-masing. 

Bagi beberapa agama, kegiatan berpuasa ini dipercaya sebagai salah satu media pembersihan diri guna mendekatkan manusia dengan sang pencipta. Karenanya, semua orang, dari berbagai usia, ras, dan jenis kelamin berlomba-lomba untuk tekun menjalankan ibadah puasa. 

Namun, bagaimana halnya bila seorang wanita yang sedang hamil pun berkeinginan untuk turut mencapai hidayah Tuhan dengan memenuhi kewajibannya menjalankan ibadah puasa. 

Untuk itu, beberapa pertanyaan umum berikut ini mungkin dapat dijadikan referensi bagi para bunda yang sedang mengandung namun tetap berkeinginan untuk berpuasa.

Apakah aman untuk berpuasa di kala hamil? 
Keputusan sebagian ibu hamil untuk tetap menjalani puasa biasanya didasarkan pada keyakinan dan agamanya masing-masing. Pilihan ini pun dikembalikan pada diri masing-masing pribadi, yang tentunya juga mendapatkan dukungan suami dan anggota keluarga yang lain.

Bagi para ibu hamil yang berkeinginan untuk mengikuti ritual puasa selama kurun waktu yang lama, misalnya pada bulan ramadhan, bagi yang muslim. Ada baiknya untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terkait mengenai kemungkinan untuk berpuasa apabila dikaitkan dengan kondisi fisik, keadaan kandungan dan janin, serta keadaan kesehatan guna menghindari komplikasi yang mungkin timbul.     

Apakah puasa menimbulkan resiko kesehatan bagi janin? 

Umumnya, selama kehamilan, siapapun tidak diperkenankan untuk merasa lapar dan membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama. 

Bila hal tersebut dibiarkan, maka akan menimbulkan perasaan tidak nyaman, yang ditandai dengan sakit kepala, letih, berkunang-kunang, dan bahkan beberapa gejala sejenis lainnya. 
 

Hal apa yang harus diperhatikan bila berpuasa saat hamil?

  • Konsultasikan selalu kondisi kesehatan dan kehamilan dengan dokter terkait untuk memonitor pertumbuhan dan perkembangan janin
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar, untuk memberika asupan nutrisi penting yang diperlukan
  • Jauhi gorengan dan makanan cepat saji, karena selain berkalori tinggi, kedua makanan ini bisa menimbulkan rasa mual.
  • Hindari makanan dan minuman yang memiliki kadar gula serta kafein tinggi
  • Usahakan untuk berada di dalam ruangan saat tengah hari atau dikala cuaca terasa panas dan lembab
  • Kurangi aktifitas yang menguras tenaga, sediakan waktu istirahat setelah di tengah aktifitas keseharian
  • Puasa memperlambat kinerja sistem pencernaan, sehingga disarankan untuk berbuka secara perlahan dan bertahap. Mulailah dengan minum segelas air putih atau jus buah, lalu diikuti dengan makanan ringan.
  • Segerakan berbuka dan menghubungi dokter bila mengalami keluhan berupa pusing, kunang-kunang, kelelahan, jantung berdebar.

Satu hal yang perlu bunda ingat tentang pilihan untuk menjalankan ibadah puasa, yaitu bunda adalah satu-satunya orang yang dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kesehatan dan keselamatan diri sendiri serta calon buah hati tercinta.

   
11-04-2014 22:01:57 masa expired obat racikan
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Yudhi,

Saya tidak menyarankan penggunaan kembali obat racikan, hal ini disebabkan :

- Kita tidak tahu obat apa saja yang ada dalam racikan tersebut. Sebagai contoh, bisa saja ditujukan untuk penanganan pilek dan radang dan ada campuran ibuprofen, pseudoefedrin dan dexamethason. Ketika demam kembali, tapi dengan batuk, tentu campuran obatnya akan berbeda.

- Ketika obat sudah digerus, dan dipindahkan ke bungkus kertas, kemungkinan instabilitas lebih tinggi karena dipindahkan dari kemasan awal.

Demikian jawaban saya, semoga bisa membantu bunda.

   
24-02-2014 15:45:05 bayi usia 5bulan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Tri Fitriarini Perhatikan label yang tertera pada produk tentang anjuran usia anak yang diperbolehkan untuk memakai gendongan tersebut ya.

Dear Bunda yulianiee.sulaiman masukkan postingan Anda ke dalam topik yang berhubungan dengan pertanyaan Bunda. Bila tidak ada judul topik yang sesuai, maka buatlah topik baru untuk pertanyaan Anda di dalam forum diskusi bersama dokter. Topik ini membahas tentang gendongan untuk anak.

   
Jumlah Posts : 107
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Novi,

Kebetulan membaca tentang madu untuk anak, kalo anak saya ( 1 th 9 bulan) saya berikan madu saat dia berumur 1 tahun lebih 2 bulan, madunya saya beli di toko herbal Islami, kalo tidak salah yang bergambar hewan Unta dan bungkusnya plastik bukan box, hal ini saya berikan karena saya tahu madu khusus untuk anak dapat menambah kekebalan tubuhnya , waktu itu anak saya pulang dari luar kota (Jawa) dan sakit radang tenggorokan , mungkin karena kecapekan walaupun sudah pake pesawat , Alhamdulillah setelah minum 1 hari sekali ( 1 sendok teh) dicampur di susu nya (dot), sekarang jarang sakit, kalopun pilek hanya berselang 1 hari, dan nggak demam , menurut saya kalo anak ibu masih minum ASI mungkin ditunda saja sampai dia sudah lepas ASI (anak saya sudah nggak mau minum ASI setelah 1 tahun an) , ASI menurut saya yang paling bagus untuk kekebalan tubuh dan gizi nya. Salam, anggraini.

   
07-01-2014 14:31:14 bingung
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Penghitungan hari perkiraan lahir menggunakan HPHT dapat membantu memperkirakan tanggal kelahiran, terutama bila siklus menstruasi Bunda terjadi secara teratur. Namun perhitungan ini dapat meleset jauh dari tanggal yang diperkirakan bila siklus menstruasi tidak teratur. Menggunakan USG dapat juga membantu memperkirakan usia kehamilan, namun metode ini juga memiliki keterbatasan misalnya karena tebalnya lemak ataupun posisi janin yang menyulitkan untuk melihat ataupun mengukur. Selain kedua cara ini, dapat juga mengukur perkiraan usia kehamilan dengan pengukuran tinggi fundus, sekali lagi metode ini dapat meleset karena tebalnya lemak ataupun banyaknya cairan ketuban.
Tinggi Fundus uteri adalah tinggi puncak tertinggi rahim yang dapat digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan. Pada bidang kebidanan, Tinggi Fundus Uteri (TFU) dipakai dengan berbagai metode untuk memperkirakan usia kehamilan. Dengan metode palpasi atau perabaan, sebagai contoh: Tinggi fundus uteri untuk usia kehamilan 12 minggu adalah 1/3 bagian di atas simfisi pubis. Sedangkan pada usia kehamilan 16 minggu diperkirakan setinggi antara simfisis pubis dengan pusar. Rajinlah memeriksakan kehamilan Bunda pada dokter atau bidan secara rutin.
 

   
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Tips Menaikkan Berat Badan Janin
Berikut adalah hasil diskusi di grup ITB Motherhood.
Berat badan janin tidak dapat diprediksi berdasarkan ukuran perut ibu. Untuk prediksi yang lebih akurat, sebaiknya dilakukan USG oleh dokter kandungan. Beberapa bidan yang berpengalaman juga dapat memprediksi berat badan janin. Jika ternyata berat badan bayi serta ukuran-ukuran tubuh bayi belum sesuai dengan usia janin, sebaiknya ibu berusaha meningkatkan asupan karbohidrat, protein, lemak baik (yaitu lemak tak jenuh berantai pendek dan bukan lemak trans), serta kalsium.
Contoh makanan yang baik untuk menambah berat badan janin antara lain bubur kacang hijau, eskrim dalam porsi kecil, alpukat, kacang-kacangan, ikan dan minyak ikan (biasanya sudah terkandung di dalam suplemen multivitamin ibu hamil), susu, telur rebus, oatmeal, hati, sate/daging.
Seperti dikutip dari Pregnancy, penyebab umum bayi lahir dengan berat badan rendah adalah akibat konsumsi alkohol, kebanyakan menghirup asap rokok, penggunaan obat-obatan secara teratur, gizi buruk, stres atau ketakutan berlebihan, dan kelainan genetik. Ngga Cuma itu, Moms yang berat badannya rendah juga bisa pengaruh ke berat janin.
Nah untuk mencegah bayi lahir dengan berat badan kurang sebaiknya para Moms harus mengkonsumsi makanan yg bergizi dan seimbang. Makanan yang mengandung protein adalah pilihan utama. Juga yang mengandung vitamin C dan kalsium, seperti sayuran, buah buahan, biji bijian, dan makanan kaya zat gizi dan yang berlemak tinggi .
Kalau masih kurang juga, makanlah variasi makanan di atas dengan porsi dua kali lebih banyak plus susu minimal 2x sehari. Dokter juga sering menganjurkan ngemil kue2 manis, ice cream & yoghurt untuk meningkatkan berat badan janin secara cepat. Nah menurut anjuran dokter (berdasar pengalaman pribadi), setiap Moms berat badannya harus naik minimal 2 kg per bulan.
Tmbh brt badan janin:
- coba mnm susu ibu hml tiap hari pagi dan sore hari (Sehari 2x)
- makan buah2an tiap hari
- boleh makan daging (spt sop buntut)
- makan ikan laut spt salmon,tenggiri,banyar
- makan syr bayam untuk kekuatan anda dan si janin
- mnm CDR (1/2 keping-nya saja) untuk memenuhi kbthan kalsium anda slm hml dan untuk pertumbuhan tlg dan gi2nya baby
- mnm airnya kacang ijo (rebusan yg kedua - ambil airnya dan mnm) untuk kshtan anak dan ibu dan jg untuk bantu rmbt anak tbl.
- jangan mnm es atau mnman bersoda (kalau kepengen mnm air es atau mkn es cream gpp asal jgn bnyk2)
- blh mnm susu kedelai seminggu 3x (untuk bikin klt bby halus ,bersih dan putih).
- Tdk blh mnm jamu2an. apalagi jamu kunyit asam ---> bisa bikin keguguran
- Tdk boleh makan buah nangka,durian,nanas
- tdk blh makan cabe (krn bkn prt panas)
- boleh ngemil biskuit (pilih yg ada komposisi gizi-nya ,jangan smbrgan),atau blh jg mkn coklat (tp jgn over ya...)
betul kata dokter, makan yang banyak, jgn lupa minum susu jg untuk ibu hamil agar membantu pertumbuhan janin.
ngemil aja deh yg banyak kalo gak suka makan, apa aja buah, biscuit asal yang mengandung protein jg vitanim dan karbonhidrat.
   
13-07-2012 13:04:08 Puasa saat hamil
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
 Hai bunda semua, Salam kenal.

Aq juga lagi Hamil 12W. Kebetulan selasa kemaren kontrol ke dokter. Sempat Tanya juga tentang puasa untuk ibu Hamil. Dokterku bilang, boleh2 saja tapi jangan dipaksa kr ibu Hamil juga diberi keringanan untuk tidak puasa sebagai gantinya dg bayar fidyah. 
Pengenya si aq juga Ikut puasa....tapi Klo tengah-tengah hari gk Kuat langsung buka Aja de...heheheheehehehe
   
13-07-2012 13:03:50 Puasa saat hamil
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
 Hai bunda semua, Salam kenal.

Aq juga lagi Hamil 12W. Kebetulan selasa kemaren kontrol ke dokter. Sempat Tanya juga tentang puasa untuk ibu Hamil. Dokterku bilang, boleh2 saja tapi jangan dipaksa kr ibu Hamil juga diberi keringanan untuk tidak puasa sebagai gantinya dg bayar fidyah. 
Pengenya si aq juga Ikut puasa....tapi Klo tengah-tengah hari gk Kuat langsung buka Aja de...heheheheehehehe