SITE STATUS
Jumlah Member :
493.858 member
user online :
954 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ciri ciri tes mantoux positif

New Topic :  
23-06-2008 09:20:19 tes Mantoux
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Dear Bunda Abdurahman...   Berikut saya carikan artikel mengenai Test Mantoux ya... Mudah-2an Berguna :D

Ada sejumlah pemeriksaan untuk memastikan TBC, tapi yang paling menentukan adalah tes Mantoux

TBC merupakan penyakit yang disebabkan kuman Mycrobacterium tuberculosis. Kuman ini ditemukan oleh Robert Koch pada tahun 1882. Bisa juga disebabkan oleh kuman Mycobacterium bovis yang terdapat pada susu sapi yang tidak dipasteurisasi. Sayangnya, menegakkan diagnosis TBC secara pasti pada anak sangat sulit. Saking sulitnya sering terjadi overdiagnosis, dimana dokter terlalu cepat memvonis padahal data yang dimilikinya masih minim.

Hal ini kemudian sering kali diikuti overtreatment alias pengobatan yang berlebihan. Akibatnya, konsekuensi yang diterima anak tidak ringan. Pasalnya, anak harus mengonsumsi 2-3 jenis obat sekaligus minimal selama 6 bulan atau bahkan lebih. Pengobatan yang tidak tepat ini tentu saja amat berisiko mengganggu fungsi hati, saraf pendengaran dan organ-organ tubuhnya yang lain.

Di lain pihak ditemukan juga underdiagnosis alias diagnosis yang terlambat hingga berbuntut menjadi undertreatment. Hal ini sama-sama bisa membahayakan anak. Soalnya, anak penderita TBC perlu mendapat penanganan segera secara tepat. Bila tidak, jiwa anak pun menjadi taruhannya.

Untuk mendapatkan diagnosis tepat, tes Mantoux dilakukan jika anak menujukkan gejala-gejala berikut:

1. MMBB (Masalah Makan dan Berat Badan)

Bila anak sulit makan dan memiliki berat badan yang kurang dari rata-rata anak seusianya, orangtua patut waspada. Atau, ada peningkatan berat badan tapi tak sesuai alias masih di bawah jumlah yang semestinya (tidak sesuai dengan yang tertera pada KMS/Kartu Menuju Sehat).

2. Mudah sakit

Anak sakit batuk pilek wajar saja. Bedanya, anak yang terinfeksi TB akan lebih mudah tertulari penyakit. Jika orang di lingkungan sekitarnya batuk pilek, anak mudah tertulari atau sebulan sekali mesti sakit. Kondisi ini patut mendapat perhatian.

3. Lemah, letih, lesu dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas

Anak-anak dengan TB, umumnya terlihat berbeda dari anak kebanyakan yang sehat dalam beraktivitas. Ia tampak lemah, lesu dan tidak bersemangat.

4. Reaksi cepat BCG

Pada lokasi suntik vaksin BCG akan timbul tanda menyerupai bisul. Jika reaksi ini muncul lebih cepat, misalnya seminggu setelah pemberian, berarti tubuh anak sudah terinfeksi TB. Padahal normalnya, tanda itu paling cepat muncul pada 2 minggu setelah anak divaksinasi BCG. Namun rata-rata, benjolan pada kulit muncul setelah 4­6 minggu.

4. Batuk berulang

Batuk berkepanjangan merupakan gejala yang paling dikenal di kalangan masyarakat sebagai pertanda TBC. Batuk yang awalnya berupa batuk kering kemudian lama-kelamaan berlendir dan berlangsung selama 2 minggu lebih, merupakan salah satu tanda TBC. Gejala ini akan muncul bila sudah terdapat gangguan di paru-paru. Hanya saja, bedakan dari batuk alergi dan asma.

5. Benjolan di leher

Pembesaran kelenjar getah bening di leher samping dan di atas tulang selangkangan bisa saja merupakan tanda TBC. Soalnya, kelenjar getah bening merupakan salah satu benteng pertahanan terhadap serangan kuman. Kelenjar ini akan membesar bila diserang kuman. Namun, meski merupakan salah satu gejala TB, tidak semua pembengkakan kelenjar getah bening adalah gejala penyakit TB. Bisa jadi pembengkakan itu karena adanya infeksi atau radang di tenggorokan.

6. Demam dan berkeringat di malam hari

Gejala awal TBC biasanya muncul demam pada sore dan malam hari, disertai keluarnya keringat. Gejala ini dapat berulang beberapa waktu kemudian. Namun hal ini tetap belum dapat memastikan kalau anak menderita TBC. Tidak selalu anak-anak yang berkeringat di malam hari menderita TB. Keringat tidur justru merupakan pertanda sistem metabolisme yang sedang aktif bekerja. Tak heran, pada saat tidurlah anak-anak mengalami metabolisme yang pesat.

7. Diare persisten

Diare akibat TBC biasanya tidak kunjung sembuh dengan pengobatan biasa. Sebagai orangtua, kita bisa membantu dokter untuk menjelaskan apakah gejala-gejala di atas memang muncul pada anak atau tidak; berapa lama berlangsungnya, dan seberapa sering gejala-gejala tersebut muncul. Nah, dari pengamatan kita sehari-hari ini dokter akan sangat terbantu untuk mendiagnosis penyakit anak serta memutuskan apakah perlu dijalani tes Mantoux atau tidak.

PROSES TES

Tes Mantoux dilakukan dengan cara menyuntikkan protein dari kuman Mycobacterium tuberculosis pada lengan bawah anak. Agar hasilnya akurat, penyuntikannya harus benar-benar teliti. Bahan yang dimasukkan harus dengan dosis tepat dan masuk sepenuhnya ke dalam kulit, bukan di bawah kulit. Kemudian, reaksi yang dihasilkan harus dibaca tepat waktu.

Untuk memastikan anak terinfeksi kuman TBC atau tidak, akan dilihat indurasinya setelah 48-72 jam. Indurasi ini ditandai dengan bentuk kemerahan dan benjolan yang muncul di area sekitar suntikan. Bila nilai indurasinya 0-4 mm, maka dinyatakan negatif. Bila 5-9 mm dinilai meragukan, sedangkan di atas 10 mm dinyatakan positif.

Setelah hasil Mantoux dinyatakan positif, anak sebaiknya diikutkan pada serangkaian pemeriksaan lainnya. Salah satunya adalah rontgen yang bertujuan mendeteksi TBC lebih detail lewat kondisi paru yang tergambar dalam foto rontgen dan dan tes darah. Tes mantoux dilakukan lebih dulu karena hasil rontgen tidak dapat diandalkan untuk menentukan adanya infeksi kuman TB. Bercak putih yang mungkin terlihat pada hasil foto bisa memiliki banyak penyebab. Anak yang sedang menderita batuk pilek pun kemungkinan memiliki bercak putih di paru. Jadi, tes Mantoux sangat perlu, tak cukup hanya rontgen paru.

Namun dokter juga harus mencermati adanya tanda negatif palsu. Mungkin saja hasil tes menunjukkan negatif, tapi sebenarnya anak menderita TBC. Hal ini bisa terjadi pada anak-anak yang kondisi tubuhnya sangat buruk, seperti anak yang mengalami kekurangan gizi atau sedang menderita sakit berat. Disamping pemeriksaan di atas, ciri-ciri lain dari TBC pun harus dicermati. Misalnya apakah anak kurus, sering sakit, mengalami pembesaran kelenjar getah bening dan sebagainya.

TES BAYI BARU LAHIR

Bila saat mengandung si ibu menderita TBC bisa saja bayi akan terkena TBC begitu dilahirkan. Ini disebut dengan TBC kongenital dan bayi harus segera dites Mantoux pada usia sekitar 1 bulan. Usahakan jangan di bawah 1 bulan karena dapat memberi reaksi negatif meski boleh jadi si bayi tersebut menderita TBC. Itu karena sistem imun bayi usia ini masih belum baik. Kendati kasusnya sangat jarang ditemui, setidaknya orangtua dapat segera mengatasinya bila bayinya memang positif TBC.

Narasumber:

dr. Ema Nurhaema, Sp.A dari RSUP Persahabatan, Jakarta

dr. Darmawan Budi Setyanto, SpA(K), Ahli Respirologi Anak dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta

Sumber Artikel : http://bud1nugroho.wordpress.com/2007/03/05/saat-tepat-tes-mantoux/

   


19-10-2017 06:14:45 TBC pada anak
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
ga di tes mantoux bun..cm di cek darah hasil cm hb nya kurang n ronsen hslny minim ktny..
mkny aq ragu mu ksh obt tb,,aq ga yakin kl anakku tu kena tb.walawpun mang anakku sering batuk.
ktny ciri tb,asma n alergi sm..jd aq ga mau lgsg prcya kl anakku kena tb.
jd skrg aq ksh susu kambing n madu ja bun.
   
11-07-2011 14:42:29 Ciri2 Hamil
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
hi bunda dasri,

pengalaman aku sih sebelum telat haid aku udah tes dulu dan hasilnya positif, itu pun aku lakuin tes karena perasaan aku menyatakan aku hamil karena setelah sakit perut seperti mau dapet haid selama berhari hari tapi ditunggu ngga muncul juga haid ;) ini karena pengalaman aku yang pertama juga sama seperti itu... dan benar aja hasilnya positif...
untuk ciri ciri hamil aku ngga merasakan adanya kejanggalan tapi hanya males aja perasaan heheehe....

   


Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : belum ada like
Masih Mikir-Mikir Join Moment??

Sampai sekarang anda masih mikir-mikir Join moment? apa sih yang anda pikirkan? modal atau takut gak bisa menjalankan bisnis moment? lama mikir yang ada anda malah ketinggalan mulu’.

Tau kriteria orang yang sukses dalam berbisnis? bukan banyak mikir tapi langsung action.. keberanian untuk memulai bisnis harus mutlak dimiliki meski peluang berhasil dan gagal 50:50.

“Modal saya gak ada nih mba” bagi yang serius dan bersungguh-sungguh ingin menjalankan bisnis momnet akan saya kasih tahu caranya , silahkan langsung hubungin saya .

“Saya takut gagal mba ” . Anda tidak memulai saja anda sudah gagal. sudah pulang sebelum berperang.

“saya mampu gak ya menjalankan bisnis moment” .. belum dicoba udah nyerah duluan.. ciri-ciri orang gagal nih.

Yuk tanamkan pikiran positif sebelum anda memulai bisnis. anda harus semangat, fokus, aktif , tetap berusaha dan berdoa.

Rezeki sudah ada yang ngatur kok tinggal anda saja mau meraihnya atau tidak..

Happy Sunday
Everyday is Payday untuk semua member moment yang hebat!!!!!
TOP....!!!

www.lili.momenteagle.com
pin bb 28C8443
wa/call 085640968603
   
17-02-2015 11:30:05 gmn ciri ciri hamil bun
Jumlah Posts : 56
Jumlah di-Like : belum ada like
gimana ciri ciri orng hamil bun ... dan berpah minggu kehamilan ith bsa di tes ... maksih sblm nya :)
   


15-04-2013 01:55:20 hamil
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 1
hai bun.. biasany ciri ciri hamil tu ga jauh beda dgn mw dpt haid.. payudara bengkak, prut skit kyk mw haid, mual, pusing, sring pipis.. nafsu mkan b'tmbah.. kl haid ny teratur kl dh 2 minggu tlat haid biasany positif bun.. sy jg gt wktu hamil..
   
23-11-2012 11:30:02 anak saya di diagnosa tb
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dokter yang baik, anak saya berumur 15 bulan,saat ini dokter mendiagnosa anak saya mengalami gangguan immunitas tubuh nya, di tandai dengan tidak naik nya Berat badan, napsu makan menurun dan ada benjolan-benjolan seperti pembuluh darah yang kaku di sekitar telinga dan leherdan permukaan lidah berwarna putih. Dokter menyarankan untuk tes darah dan hasilnya menurut dokter mengisyaratkan adanya dubakteri para thypy, pembengkakan pada jantung dan serta adanya infeksi TB. Akhirny anak saya di sarankan untuk tes rontgen, hasilnya kata dokter paru2 anak saya berakar..saya tanyakan apakah ini pasti indikasi TB, atau ada kemungkinan bronchitis tapi dokter belum mau menjawabnya karena menurut beliau harius konsentrasi pada penyakit tipus nya, mohon pencerahannya dok, saya ingin tahu agar bisa melakukan upaya maksimal untuk buah hati saya, terimakasih sebelumnya

Dari : dewi handadari

Jawaban:


Dear Bunda,



Penyakit Typhoid dapat diketahui dari tanda dan gejala yang terjadi seperti;, demam pada malam hari, sakit kepala, lemas, selalu mengantuk, diare atau konstipasi yang umumnya terjadi. Pada orang dewasa dan anak usia sekolah lebih mudah untuk dilakukan pemeriksaan di bandingkan dengan anak bayi atau balita.  Selain pemeriksaan Fisik, dilakukan juga pemeriksaan penunjang. Untuk pemeriksaan penyakit Typhoid (Tifus) saat ini pemeriksaan widal sudah tidak terlalu efektif lagi terutama bila tidak disertai bukti pemeriksaan fisik yang kuat mengarah pada tanda dan gejala penyakit typhoid. Untuk memeriksa adanya penyakit typhoid secara lebih lanjut lagi, dapat dilakukan pemeriksaan ELISA  maupun dengan cara biakan kuman dari contoh feses dan darah.  Apabila hasilnya positif maka dapat dilakukan pengobatan yang sesuai dengan penyakit typhoid.


Penyakit TBC dapat menyerang kelenjar (Tuberculous Lymphadenitis), usus dan Paru serta organ lainnya. Untuk mendeteksi adanya infeksi TBC pada anak yaitu dengan gejala fisik berupa masalah menurunnya nafsu makan, berat badan menurun atau sulit bertambah, batuk yang tidak kunjung sembuh terutama malam hari, suhu badan meningkat ringan terutama malam hari, gambaran foto X- ray yang mendukung diagnosis TB dan dapat juga di lakukan pemeriksaan sputum,  uji  Mantoux pada anak untuk mengetahui apakah ada infeksi TB atau tidak. Sebagai pedoman sebaiknya diagnosis Tuberkulosis harus dengan pengamatan seksama tentang adanya : Gejala klinis, kontak erat serumah penderita TBC (dipastikan dengan dengan pemeriksaan dahak positif), pemeriksaan yang harus dilakukan adalah Foto polos dada (roentgen), tes mantouxt (positif : > 15mm bila sudah BCG, Positif > 10 mm bila belum BCG).


Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.



   
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
Ace Maxs

selamat paggi,siang atau malam.. disini kami menyediakan Obat yang paling baik untuk mengobati Penyakit kanker usus ya itu dengan Obat Ace maxs. ace Maxs ini telah terbukti sudah banyak menyembuhkan ber bagai penyakit kanker.

simak dulu tentang penyakit kanker usus.

Usus adalah organ manusia dimana bentuknya seperti otot berbentuk tabung berukuran sekitar 4 meter. Ia meluas dari ujung usus kecil ke anus, memutar dan memutar melalui perut (abdomen).

Usus besar memiliki 3 fungsi utama :
  1.         Untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan
  2.         Untuk konsentrasi feces untuk menyerap cairan dan elektrolit
  3.         Untuk menyimpan dan evakuasi pengendalian feces
Sisi kanan usus besar memainkan peran utama dalam menyerap air dan elektrolit, sementara sisi kiri bertanggung jawab untuk penyimpanan dan evakuasi feces. Kanker usus adalah transformasi sel normal dari usus itu sendiri, sel-sel tumbuh dan berkembang biak abnormal. Jika tidak diobati, kanker ini tumbuh dan akhirnya menyebar melalui dinding usus besar untuk melibatkan kelenjar getah bening yang berdekatan dan organ. Pada akhirnya, mereka menyebar ke organ seperti hati, paru-paru, otak, dan tulang.

Bahaya kanker usus

Kanker Usus berbahaya akibat pertumbuhan yang tak terkendali. Mereka membanjiri sel sehat, jaringan, dan organ dengan mengambil oksigen, nutrisi, dan ruang. Sebagian besar kanker usus (adenocarcinoma-tumor) berkembang dari kelenjar lapisan dinding bagian dalam usus besar. Tumor ini kadang-kadang disebut sebagai kanker kolorektal, mencerminkan fakta bahwa dubur, bagian ujung usus besar, juga bisa terpengaruh.

Gejala kanker usus yang khas dapat dijadikan indikator adanya kanker usus dalam tubuh. Ada beberapa gejala kanker usus yang dapat memberikan gambaran subjektif dari penderita. Jka didapatkan gejala tersebut, biasanya dokter akan melanjutkan dengan pemeriksaan fisik dengan menggali ciri-ciri kanker usus yang terjadi.

Pendarahan dari dubur atau darah dicampur dengan kotoran (feces) adalah gejala yang ditimbulkan oleh kanker usus. Orang umumnya mengira semua perdarahan pada anus adalah wasir, padahal tidak semua karena perdarahan anus bisa juga disebabkan oleh kanker usus, sehingga perlu dilakukan diagnosis dini jika terjadi perdarahan pada anus.

Pendarahan pada rektum jika biasanya menyertai gejala kanker usus, namun ciri-ciri kanker usus biasanya tersembunyi dan kronis, dan akibatnya mungkin muncul anemia kekurangan zat besi. Kekurangan darah (anemia) ini terkait dengan kelelahan dan pucat pada penderita. Untuk mendiagnosis keadaan ini biasanya (walkaupun tidak selalu) tim medis mendeteksi melalui okultisme tinja dan dilakukan tes darah, di mana sampel tinja diserahkan ke laboratorium untuk mendeteksi adanya darah. selengkapnya klik disini


Kadang kita menyepelekan suatu penyakit yang belum begitu parah oleh karana itu janganlah menyepelekan suatu penyakit yang belum parah karena penyakit tersebut lama-lama akan berkembang dan dapat menyebabkan kematian.

Begitulah yang bisa saya sampaikan tentang Penyakit Kanker Usus walaupun sedikit mudah-mudahan ada manfaatnya bagi anda.

kalo anda berminat untuk memesan Obat Kami  bisa langsuns hubungi kami
085,317,463,165
   
30-06-2011 13:23:17 Ciri2 Hamil
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
mau tanya apakah kalo kita mau Tes hamil harus nunggu telat Menstruasi dulu,apakah dinyatakan hamil itu kalo kita sudah telat aja,apakah ciri-ciri hamil itu umumnya pusing2 dll
   
Jumlah Posts : 362
Jumlah di-Like : 8
hmmmm......cukup membingungkan y bunda....
udah coba di TP ato periksa k dokter belum bund???
berarti bulan jan kemarin bunda haid 2 kali y????
klo setelah dipijat bunda dikatakan hamil namun tanggal 31 bunda haid lagi.....bisa jadi g hamil sich bund....
maaf klo tidak bisa memberi info banyak y bunda queenza...
klo setahu aku, misalkan qt hamil...biasanya darah yang keluar itu hanya seperti bercak merah muda yang sedikit dan biasanya terjadi sekitar 8-10 hari setelah ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur). Terjadi karena benih tertanam (implantasi) di lapisan uterus (rahim). Datangnya pun lebih awal ketimbang jadwal haid.
Memang agak bingung y bund, membedakan qt hamil ato enggak, soalnya gejala orang sedang haid n sedang hamil itu hampir sama......seperti yang bunda ceritakan....
klo saya dulu pernah keguguran bund, itu karena saya tidak klo saya hamil....
sedikit cerita ndak apa2 y bund...^^
saya menikah bulan Juli, jadwal haid saya sekitar tgl 28 dan siklusnya sekitar 28-29 hari.
Akhir agustus saya keluar flek, saya kira itu darah haid karena waktu itu berwarna merah agak kecoklatan dan sedikit. Seminggu kemudian saya periksakan ke dokter dan ternyata saya positif hamil (bingung kan bund, kok bisa gitu y...) dan kantung janinnya udah kelihatan, kata dokter itu usinya sekitar 2 mingguan. Karena saya tetap mengeluarkan flek, dokter bilang kehamilan saya ini bisa mungkin berlanjut atau keguguran karena kondisinya yang lemah dan tergantung pada nanti si janinnya bisa berhasil melekat di dinding rahim ato tidak dan tentunya tergantung pada aktivitas yang saya lakukan. Tapi Allah berkehendak lain bund, setelah hampir 2 minggu lebih saya mengalami flek yang semakin hari semakin banyak dan semua ciri-ciri ibu hamil saya alami bund...mulai dari payudara membesar sampai dengan mual n muntah...
Tapi waktu itu saya keluar flek disertai kram yang luar biasa bund, seperti orang mau haid dan itu saya rasakan selama hampir dua minggu. Dan pada akhirnya tanggal 11 Sept 2010 saya keguguran bund dan sakitnya luar biasa....Alhamdulillah saya tidak kuret karena setelah satu bulan kemudian saya periksakan rahim saya Alhamdulillah sudah bersih....
Dan sekarang Alhamdulillah sudah 3 bulan bund...
Klo saranku bunda periksakan saja k dokter kandungan supaya bisa lebih tepat penanganannya dan misalkan belum hamil, semangat terus untuk hamil bund....
Semoga bermanfaat y bund...
Maaf jadi panjang dan lebar...hihii

   
16-03-2009 14:03:49 anakku kok sulit bergaul ya?
Jumlah Posts : 70
Jumlah di-Like : 1
Sifat pemalu hanya perlu dikendalikan bukan dihilangkan sama sekali. Tak sulit, kok.

Saat berinteraksi dengan orang lain yang tidak dikenal, setiap bayi menunjukkan perilaku unik. Ada yang langsung menyunggingkan senyum dan mau digendong. Namun, tidak sedikit yang jangankan digendong, diajak bicara saja langsung menangis. Nah, termasuk tipe manakah bayi Anda? Jika tipe yang terakhir maka kemungkinan besar, bayi memiliki potensi untuk bersifat pemalu. Ini dapat dilihat dari sikap menarik diri kala berhadapan dengan orang lain.

Ada banyak pendapat mengenai bayi pemalu. Misalnya, pendapat bahwa sifat pemalu merupakan bawaan. Bayi pemalu dilahirkan dari orangtua pemalu. Sedangkan ahli lain menjelaskan perilaku pemalu merupakan akibat pola asuh dan respons lingkungan. Mungkin saja, beberapa sikap orangtua membuat bayi berkembang menjadi anak pemalu.

Ciri lain bayi pemalu adalah menunjukkan sikap jago kandang. Seorang bayi berusia 6 bulan yang sehat, selama berada di rumah biasanya cukup aktif merangkak ke sana kemari, bermain apa saja tanpa ada masalah. Tak segan dia menunjukkan kemampuan-kemampuan barunya, seperti mengeluarkan suara-suara dan ocehan untuk menarik perhatian. Namun di luar rumah, ia bersikap pasif dan tidak mau lepas dari gendongan ibunya. Dia juga menghindari kontak lebih jauh dengan orang lain di dekatnya.

ANEKA PENYEBAB

Tanpa mengesampingkan pengaruh bawaan, ada beberapa pola asuh maupun tindakan orangtua yang membuat anak menjadi sosok pemalu. Salah satunya kurang mengasah kecerdasan sosial si bayi. Sehari-hari, ia dibiarkan miskin interaksi dengan lingkungan sekitarnya, baik teman sebaya, maupun orang dewasa lainnya. Saat bayi-bayi lain asyik diajak jalan-jalan, ia diharuskan berdiam di rumah. Akibat tidak terbiasa dengan lingkungan luar, saat bertemu dengan orang yang tidak dikenal, ia menghindar karena menganggap mereka sebagai ancaman. Si bayi pemalu hanya merasa aman dengan orang yang sudah dikenalnya saja.

Bisa juga, selama ini orangtua kurang mampu mengekspresikan perasaannya. Padahal dengan kita tertawa, tersenyum, bersedih, dan semua ungkapan emosi lainnya, bayi juga belajar mengekspresikan emosi, baik positif maupun negatifnya. Ini akan memupuk kepercayaan diri anak saat berinteraksi.

Sikap overprotektif orangtua juga bisa memperberat sifat pemalu anak. Contohnya, setiap kali bayi berniat mengeksplorasi suatu benda, eh, langsung dilarang karena dianggap akan membahayakannya. Atau bayi tidak boleh melakukan suatu aktivitas karena dianggap berisiko, tetapi tanpa menyediakan aktivitas alternatifnya. Kondisi ini tentu membuat bayi serbasalah yang menjadikannya tidak percaya diri dan menarik diri.

Serangkaian sikap tadi muncul karena beberapa alasan. Barangkali, orangtua khawatir bayinya jadi gampang sakit jika dibawa ke luar rumah dan bertemu anak-anak lain. Bisa juga, karena perasaan tidak cocok dengan lingkungan sekitar yang muncul dari perbedaan pola dan gaya hidup. Tidak sedikit juga yang disebabkan oleh masalah pada diri salah satu atau kedua orangtua. Ada kasus bayi yang kesulitan berinteraksi, berjam-jam tidak pernah menyunggingkan senyum sedikit pun dan setelah dicari tahu, ternyata ibunya sendiri tidak pernah tersenyum dan bergaul dengan tetangga.

SERANGKAIAN DAMPAK

Sifat pemalu, tidak dapat dihilangkan dan memang harus dijaga jangan sampai hilang sama sekali. Bagaimanapun, sifat pemalu pada beberapa kondisi tetap dibutuhkan. Bisa dibayangkan jika sifat itu hilang, si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang menyebalkan atau di luar kewajaran. Hanya saja, sifat pemalu harus dikendalikan agar tidak menghambat perkembangan, stimulasi, dan semua potensi yang dimiliki.

Jika tidak, maka kemampuan belajar bayi akan sedikit terhambat. Yang paling terasa adalah bayi cenderung menghindari interaksi dengan orang lain, padahal manfaatnya segudang. Salah satunya bayi akan belajar "sesuatu" dari bayi atau anak lain. Saat bayi lain sudah belajar berjalan, maka ia pun akan tergerak untuk belajar hal sama. Demikian juga dengan kemampuan berkomunikasi. Dari interaksi dengan anak berusia di atasnya, bayi akan menemukan kosakata baru yang mungkin tidak ditemukan di rumah. Umumnya, bayi cenderung mengobral kemampuan verbalnya saat bertemu dengan bayi atau anak lain.

Dampak selanjutnya, sangat mungkin sifat pemalu ini akan terbawa hingga anak berusia batita, bahkan sampai usia sekolah jika tetap didiamkan dan dianggap wajar oleh orangtua. Semakin bertambah umur anak, maka semakin sulit penanganannya. Sayang bukan, karena potensi anak jadi tidak tergali seluruhnya. Kemampuan sosialisasinya juga cukup buruk, sehingga tidak punya banyak teman. Itulah sebabnya, sifat ini harus mulai dikendalikan saat bayi.

BAGAIMANA MENGATASINYA?

Orangtualah yang dapat berperan dalam mengendalikan sifat pemalu pada bayi. Tujuannya agar bayi tampil percaya diri, ekspresif, dan berkembang sesuai potensi dalam dirinya.

Lihat saja, pada situasi dan kondisi tertentu, bayi sebenarnya cukup percaya diri. Ia bisa mengeluarkan kemampuannya dengan baik, berekspresi secara wajar, dan lain-lain kala berada di lingkungan yang dikenal atau di tengah orang-orang terdekatnya.

Inilah kiat mengatasi sifat pemalu yang intinya mengasah kecerdasan interpersonal bayi:

* Jadikan diri Anda sebagai model terbaik buat si kecil. Orangtua dengan rasa percaya diri, kemampuan berekspresi, dan bersosialisasi yang baik otomatis memberikan contoh kepada si kecil tentang cara berinteraksi dengan orang lain. Jangan harap bayi memiliki keberanian bergaul jika orangtuanya sendiri tertutup.

* Ajaklah si kecil berjalan-jalan di sekitar rumah pada pagi atau sore hari untuk bertemu dengan anak-anak lain. Ini bisa dilakukan sejak bayi berumur 3 bulan kala kemampuan sosialnya mulai muncul.

* Kenalkan bayi pada anak-anak lain. "Dek, ini temanmu. Namanya Dani." Mungkin ia tidak merespons bahkan cuek, tapi biar saja. Bayi sebenarnya merekam semua percakapan itu. Selanjutnya mulailah percakapan seolah-olah si bayi sedang berbicara dengan temannya.

* Beri ia kesempatan mengamati sosok lain yang secara fisik tidak jauh berbeda darinya.

* Bawa bayi ke acara yang melibatkan banyak orang, seperti kumpul keluarga, acara pernikahan, ulang tahun teman, atau arisan. Lewat cara itu, anak jadi terbiasa pada berbagai situasi dan berhadapan dengan banyak orang yang belum dikenal.

* Undang anak-anak teman atau kerabat ke rumah Anda sekiranya keadaan di luar tidak cukup nyaman untuk berjalan-jalan atau Anda tidak memiliki tetangga dengan anak-anak yang sebaya. Bisa juga, si kecil yang diajak berkunjung ke tempat kerabat. Lewat cara itu, anak akan menikmati aktivitas berinteraksi dengan orang lain.

* Sekolah khusus bayi juga bisa menjadi jalan keluar. Di sini si kecil dapat berinteraksi dengan bayi lain dan mengikuti metode bermain yang akan menempa kemampuan sosialisasi serta percaya dirinya.

* Tak usah mengomentari sifat pemalu balita dengan label-label buruk, seperti, "Dasar pemalu," "Kamu pemalu amat," "Ah, Adek jelek kalau enggak mau senyum." Ungkapan-ungkapan itu akan ditangkap alam bawah sadarnya hingga kelak ia mengerti dan membuatnya semakin menarik diri. Ingat, label bersifat melekat. Anak yang sebetulnya tidak pemalu pun sangat mungkin menjadi pemalu jika dilabeli si pemalu. Lebih baik, beri pujian tiap kali bayi menunjukkan kemauannya berinteraksi sampai ia terbiasa melakukannya.

* Hindari sikap memaksa. Ketika si kecil tidak mau lepas dari gendongan Anda, sedangkan bayi-bayi lain asyik bermain, jangan lantas memaksanya ikut bermain. Tindakan ini justru akan memberinya tekanan kuat yang menimbulkan perasaan tidak nyaman. Alhasil, niat untuk berinteraksi malah urung dan makin tampak sifat pemalunya.

* Bersikaplah sabar dan relaks agar bayi punya waktu beradaptasi dengan mengamati bayi lain bermain. Lambat laun, ia akan tertarik untuk ikut bermain. Bila belum berhasil, lakukan terus hal yang sama hingga bayi terbiasa dan mampu mengatasi sifat pemalunya.

BAYI PEMALU BUKAN BAYI SULIT

Bayi pemalu belum tentu sulit dan bayi sulit belum tentu pemalu. Bayi sulit umumnya tidak memiliki masalah dalam berinteraksi dengan orang lain, bahkan cenderung berani.

Ciri-ciri dan penanganannya pun berbeda satu sama lain. Begitu pula dengan penyebabnya. Bayi pemalu menunjukkan hambatan saat berinteraksi. Ia memerlukan jeda atau waktu beradaptasi yang lama saat harus berbaur dengan orang asing. Penyebabnya, antara lain orangtua tidak menjadi model yang baik dalam bergaul.

Sedangkan bayi jadi berkarakter sulit karena ada gangguan dalam pengendalian emosinya. Penyebabnya bisa saja karena pengabaian orangtua sejak bayi dalam kandungan. Begitu pula jika orangtua kurang peka terhadap kebutuhan bayi akan sentuhan (digendong), perhatian (tanggapan menyenangkan, mengajak bermain, tatap mata), serta perawatan (pemberian makanan, ganti popok, memandikan). Akibatnya, ia tidak memiliki rasa percaya pada lingkungan dan selalu merasa tidak aman. Umpamanya, telat digendong atau lampu kamar terlalu terang saja langsung menangis dan sulit diredakan.

sumber kompas.com

Semoga bermanfaat...


Pindri,bundana najla

   
18-12-2007 11:27:20 ibu idealkah anda
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : 1
3. Gold Medal Parents
Inilah kelompok orang tua yang selalu mengingkan anak-anaknya menjadi juara dalam setiap kompetisi.

Ciri-ciri :
Sering mengikutkan anaknya ke berbagai kompetesi dan gelanggang. apa saja mereka ikuti seperti lomba seni, lomba ketangkasan fisik dan lomba ilmu pengetahuan seperti olimpiade matematika dan sains yang akhir-akhir ini marak di Indonesia. Berbagai cara akan ditempuh agar anak-anak ini tampil sebagai juara. Sejak dini anak-anak ini diikutkan dalam berbagai perlombaan tadi dan berharap selalu menang.

Kelebihan :
Dapat mengasah kemampuan anak sejak dini lewat lomba-lomba sekaligus memberi bekal kepada anak dalam semangat berkompetisi. Ingat, di dunia yang penuh persaingan ini, anak-anak yang sejak kecil senang berkompetisi umumnya mempunyai semangat juang yang tinggi utnuk memenangi persaingan. Modal ini bisa memberi kesuksesan pada mereka kelak. Apalagi kali karier yang dipilih adalah menjadi wirausaha yang menuntut untuk selalu siap bertanding merajai pasaran.

Kekurangan ;
Karena terlalu berambisi, sering kali taik memeprhatikan kondisi anak yang bisa dilanda rasa bosan, capek atau ingin mencoba hal-hal yang baru lainnya. Akibatnya bila si anak terus dipacu dengan target, dia bisa menjadi frustasi ketika dia merasa tak lagi mampu.

Anak yang dihasilkan:
Anak -anak yang gemar berkompetisi dan selalu bertekad menjadi juara. bila mereka sering memenangkan pertandingan. cenderung mempunyai rasa percaya diri yang tinggi sehingg menjadi pribadi yang terbuka dan tak gampang frustasi. Di sisi lain, tak sedikit kasus yang mengenaskan menimpa diri anak akibat perilaku ambisi kelompok gold n metal parents ini. Sebagai contoh pada tahun 70 an seorang gadis kecil pesenamusia TK mengalami kelainan tulang akibat ambisi ayahnya menjadi pesenam tingkat dunia. Atau kasus penyanyi cilik dunia Heintje yang setelah dewasa menjadi pasien dokter jiwa. Ini semua akibat ambisi gold medal parents yang kebablasan karena tak memperhatikan kemampuan anak-anak mereka. Padahal meskipun mejadi juara, tidak setiap saat anak menunjukkan performa yang prima. ada saatnya anak-anak menunjukkan penurunan prestasi, yang mungkin saja disebabkan oleh rasa bosan dan frustasi karena terus menerus dituntut menjadi juara. Nah sebagai tanda protes mereka malah menurun prestasinya.

Agar anak berkembang sehat, inilah yang harus dilakukan orang tua:
Sebaiknya jadikan ajang perlombaan hanya sebagai media penyaluran bakat/kesenangan anak tanpa diberi target ini itu. Keikutsertaannya dalam berbagai lomba, meski tidak menang, sudah memberi manfaat positif seperti latihan percaya diri, merasakan berkompetisi, mengapresiasikan karya orang lain dan sebagainya. Orang tua harus menyadari bahwa menag dan kalah dalam setiap pertandingan atau kompetisi adalah hal yang biasa. Kekalahan meski pahit diterima ternyata mampu memberikan pembelajaran yang positif bagi anak-anak. Dengan kekalahan, mereka kana flashback undur sejenak mengevaluasi kekurangan mereka untuk kemudian berpacu lagi menjadi juara. Kekalahan juga mengajari anak untuk bersikap rendah hati karena ternyata banyak orang yang punya kemampuan lebih dibandingkan dirinya. Jika mereka tak pernah kalah, mereka akan bersikap sombong dan ketika kalah, merasakan frustasi yang berlebihan dibanding mereka yang dituntut berprestasi tapi tak selalu harus menjadi juara
   
18-12-2007 10:51:13 ibu idealkah anda
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : 1
1. Gourmet Parents
Sering kali disebut orang tua borjuis. Mereka mengukur kesuksesan diri dengan menjadikan anak sebagai superkids dan mengusahakan segala cara supaya anaknya menjadi the best di lingkungannya. Mereka akan menjadikan anak-anaknya sebagai aset seperti halnya karier dan harta. Mereka sangat percaya bahwa tugas pengasuhan yang baik seperti halnya membangun karier, maka anak yang hebat merupakan bukti dari keberhasilan mereka sebagai orangtua. Mereka menyiapkan anak-anaknya sejak dalam kandungan, seperti menyiapkan makanan terbaik selama hamil dan memilih dokter terbaik serta fasilitas rumah sakit terlengkap.

Ciri-ciri
a. Pasangan muda yang mapan secara finansial, ditandai dengan memiliki rumah mewah, mobil mewah lebih dari saru, senang meluangkan waktu untuk berlibur.
b. Memakaikan anak-anaknya semua yang ekslusif seperti baju-baju mahal dari merk terkenal.
c. Memilih kursus-kursus yang pretisius dan program ekslusif untuk anaknya.
d. Menyekolahkan anak ke sekolah-sekolah berbiaya tidak masuk akal.
e. Mengajak anak-anak ke restoran mahal untuk melatih seleran tinggi dalam memilih makanan
f. Mengajak anak-anaknya liburan keliling dunia.
g. Memilih buku-buku referensi terkini, umunya dari barat tentang cara mengasuh anak.
h. Peduli dengan teknologi mutakhir agar dapat mengajari anak-anaknya.

Kelebihan:
a. Karena sering berlibur mereka bisa memberikan banyak pengalaman kepada anak-anaknya.
b. Mereka pun bisa memberikan yang terbaik , sesuatu yang memang diharapkan setiap orang tua kepada anaknya. Contoh dalam hal belajar komputer , mereka mampu membelikan teknologi terbaru sehingga naka-anak ini akan lebih peduli teknologi dibandingkan anak-anak yang lainnya.
c. Karena banyak membaca tentang buku-buku pengasuhan anak, orang tua gourmet selalu lebih canggih dalam mengasuh anak. Umpama, mereka tahu bahwa memasak dengan bahan organik lebih sehat untuk anak-anak mereka dan si ibu bersedia memasakkan yang terbaik untuk si anak.
d. Dalam soal etiket, orangtua gourmet, seperti halnya mereka ingin agar anak-anaknya mengerti etiket kelas tinggi sehingga anak gourmet parent umumnya tampil sebagai pribadi yang santun, pandai berkomunikasi dan slelau berpenampilan apik serta bersih.
e. Anak mereka akan pandai berbahasa asing karena umumnya mereka meilih sekolah-sekolah dengan program-program ekslusif yang pretisius dan memilih tempat kursus yang spesial seperti pada umur3 tahun sudah ikut dalam program dwibahasa, bahkan lebih dari tiga bahasa.

Kelemahan :
Karena referansi yang digunakan adalah buku-buku mutakhir keluaran barat dengan demikian mereka juga akan kebarat-baratan dana sangat memuja hedonisme dalam mendidik anak. Padahal si anak kelak akan hidup di Indonesia. Ini akan menimbulkan perbenturan budaya dan tata kram dnegan lingkungannya.

Anak yang dihasilkan:
Umumnya anak-anak ini terlihat lebih percaya diri, bahkan tak sedikit diantara mereka yangkemudian menjadi orang sukses di masa depan karena koneksi yang dimiliki orang tuanya. Sayangnya anak-anaik ini miskin empati dalam melihat sesamanya yang lebih banyak orang kurang beruntung dibandingkan dirinya, arogan, menganggap uang bisa menyelesaikan segalanya, tak mau bergaul dengan orang-orang yang tidak sederajat engandirinya, manja, dan bila berkesempatan menjadi pemimpin sulit baginya untuk bersikap bijaksana.

Agar abak berkembang sehat, inilah yang harus dilakukan orang tua:
kenalkan anak-anak pada dunia yang lain, misalnya sesekali menjadi orang biasa yang makan di warung murahan, berkunjung ke panti asuhan, melihat penderitaan orang lain, berempati, membagi cinta pada sesama dan seterusnya. Ingatlah raoda kehidupan tak selalu di atas. Dengan memberi wacana tentnag kehidupan orang yang kurang beruntung akan memperkaya cara si anak kelah menghadapi kehidupannya yang mungkin saja tak seberuntung orangtuanya. Selain iut manfaatkan acara jalan-jalan untuk menggali hal yang positif guna menambah wawasannya.


   
Jumlah Posts : 89
Jumlah di-Like : belum ada like
roeri@15w udah ketahuan bund,,,aku kemaren 18w tp blm keliatan,,,, cowo Brati ya bund,, ciri-ciri hamilnya gmn Bun,,, soalnya pngn cowok jg😃
   
26-02-2018 16:04:48 galau😭😭😭
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
saya belum sampai telat ,pas coba sy tes lgsg positif bun..