SITE STATUS
Jumlah Member :
492.608 member
user online :
1292 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: cara cebokin bayi yang benar

New Topic :  
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like

kalo ingin memiliki kulit bayi yang halus dan lembut mah harus dari dasarnya bun. dari cara memandikan bayi yang benar contohnya 

   


Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

pijat bayi memang bagus untuk stimulasi otak, asalkan dengan cara memijat bayi yang benar juga yaa, supaya efek pijatnya optimal

   
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like

salam kenal bunda2 semua. dari tadi saya cari thread tentang cara memandikan bayi yang benar ga nemu, makanya saya mulai thread ini... mau nanyain, sebenernya untuk cara memandikan bayi yang benar gimana ya bun? katanya untuk bayi yang baru lahir sebaiknya di lap2 aja pake kain basah karena masih sensitif, tapi ada juga yang bilang harus dimandiin kaya biasa di bak mandi bayi gtu. tapi aku cuma kagok bun, kan bayi kecil gitu rapuh banget kayanya. hehe share pengalamannya ya bun. :) 

   


Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

ini bun kalo cara memandikan bayi yang benar. semoga bisa membantu :) 

Pertama, bukalah baju bayi Anda dan bungkus dengan handuk di pangkuan Anda. Usap matanya dengan kapas yang dibasahi dengan air matang dingin, bersihkan sekitar wajah dan mulut bayi.

Kedua, bersihkan mata dari luar ke dalam dengan kapas yang sudah dibasahi. Harap melakukannya dengan lembut dan pelan dalam membersihkan kotoran di sekitar mata bayi.

Ketiga, Setelah membersihkan daerah luar, seperti wajah dan mata, mulailah memasukkan bayi ke dalam bak mandi. Masukkan secara perlahan dengan menopang badannya dengan menggunakan satu tangan diletakkan dibawah pundak dan tangan lainnya di pantat bayi.

Keempat, topang leher dan pundak bayi, basuhlah dengan pelan kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung dan tungkai bayi. Perhatikan juga daerah lipatan seperti leher, ketiak, daerah selangkangan dan paha. Basuhlah seraya membersihkannya dengan hati-hati.

Kelima, setelah semua bagian selesai dibasuh, mulailah mengusap sabun ke bayi Anda. Sabun yang digunakan hendaklah sabun dengan PH seimbang agar tidak perih di mata bayi. Sabunilah kepala dan badan bayi dengan wash lap. Lakukan dengan hati-hati, usahakan agar sabun tidak terkena mata bayi.

Keenam, keramasi rambut bayi dengan posisi memegang kepalanya di atas bak mandi. Untuk shampoo bayi, gunakan juga shampoo dengan PH yang seimbang agar tidak perih di mata bayi saat dibilas. Usapkan secara halus rambut bayi dengan shampoo dan bilas dengan lembut.

Ketujuh, setelah keramas, keringkan dan bungkus dengan handuk. Tepuk-tepuk bayi dengan pelan agar kering tubuhnya. Biarkan bayi terbungkus dengan handuk saat memakaikan popok dan baju. Sebelumnya, gunakanlah baby cream dan baby oil untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Setelah bayi memakai baju yang rapi, maka sempurna lah proses memandikan bayi yang benar

   
02-06-2016 21:54:41 perjalanan jauh dgn si kecil
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

iya bun, ketika membawa si kecil dalam perjalanan yang jauh, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh nya dengan melakukan cara memijat bayi yang benar yah

   


31-05-2016 16:58:15 pijat bayi tradisional
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

dibanding mencari tukang pijat yang belum tentu cocok sama bayi kita mendingan nyoba cari tau cara memijat bayi yang benar bun. untuk bunda ulumika, aman ko bun selama sesuai aja tekanannya agar janin di dalam tidak merasa begitu sakit. 

   
24-05-2016 14:49:51 Bayi kembar
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

senangnya bun memiliki bayi kembar. tentunya bunda harus tau juga dong cara memandikan bayi yang benar untuk kedua buah hati. 

   
24-05-2016 14:49:50 Bayi kembar
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

senangnya bun memiliki bayi kembar. tentunya bunda harus tau juga dong cara memandikan bayi yang benar untuk kedua buah hati. 

   
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi bun, mau tambahin share info perawatan bayi nih. berikut cara memandikan bayi yang benar ya bunda bunda :) semoga berguna 

   
16-05-2016 16:18:07 Bayi mandi air dingin..
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

gaada umur pastinya sih bun kyknya, tergantung kondisi babynya aja. tapi cara memandikan bayi yang benar tetep perlu diperhatikan ya bun, misalnya airnya jgn kedinginan biar gak kaget..

   
29-04-2016 12:06:13 pijat bayi
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

bunda, dengan cara memijat bayi yang benar, manfaat nya banyak sekali. Pastinya, ngga bisa cuma sekali dilakukan, kalau bisa justru rutin. Pijatnya kan juga kan yang ringan ringan aja.

   
26-04-2016 12:00:27 baby ngulet n ngeden
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

kalo gitu coba dipijat aja bun biar ngerasa agak nyaman dikit bayinya. Tentunya bunda juga harus tau cara memijat bayi yang benar biar keliatan hasilnya. semoga bermanfaat :) 

   
Jumlah Posts : 200
Jumlah di-Like : 2
kalau di RS tempat saya melahirkan, tidak menyediakan botol susu, dot dan susu formula. Karena RS ini sangat mendukung IMD, ASI X dan rooming in, jadi semua ibu yang baru melahirkan normal maupun sesar di'paksa' untuk memberikan ASI X untuk bayinya. jadi dari bayi lahir sampai dikamar dokter dan perawat akan selalu mengontrol apakah ibu sudah bisa menyusui bayinya. bahkan pada jam2 tertentu akan ada konsultan laktasi yang datang untuk membantu dan mengajarkan kita bagaimana cara menyusui bayi yang benar. Anak saya lahir jam 7 pagi tapi baru bisa menghisap ASI setelah jam 3 sore , padahal ASI saya sudah keluar. ALhamdulillah tidak apa2, karena memang bayi lahir tidak dalam keadaan lapar.  Dan sampai saat ini anak saya sudah berusia 13 bulan belum pernah sekalipun menggunakan botol susu apalagi minum sufor.
   
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

Bun, mungkin kadang bingung metode apa yang sebenarnya pas untuk merawat kulit bayi yang cenderung sensitif. Makanya ini mau nge share aja bun gimana cara merawat kulit bayi yang benar. 

  1. Gunakan pelembap

Tak hanya kulit Ibu, kulit si Kecil juga membutuhkan pelembap tambahan agar tetap terjaga kesehatannya. Ibu dapat memanfaatkan produk baby oil yang bagus ataupun baby lotion untuk membantu menjaga kelembapan, kelembutan, dan kehalusan kulit si Kecil sejak dini hingga ia besar nanti. Ibu bisa menggunakan baby oil dengan cara menuangkannya sedikit ke dalam air mandi atau sekadar mengusapkannya pada tubuh si Kecil terutama pada lipatan kulit untuk menghindari kulit kering

Selain itu, perlindungan lain yang bisa Ibu gunakan untuk merawat kulit si Kecil adalah dengan menggunakan JOHNSON’S®milk + rice baby lotion setiap habis mandi. Kandungan protein susu murni dan nutrien beras yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi, dapat membantu memberikan nutrisi pada kulit, dan menjaganya tetap lembap.

  1. Minimalisir penggunaan air hangat saat mandi

Umumnya, orang tua lebih memilih menggunakan air hangat dibandingkan air dingin saat memandikan bayi. Sebab, ada anggapan bahwa si Kecil tidak akan kaget dan kedinginan jika dimandikan dengan air hangat. Ya, ini ada benarnya juga. Namun, seiring bertambahnya usia, Ibu sebenarnya dapat membiasakan si Kecil mandi dengan air dingin. Penggunaan air hangat berlebihan justru dapat membuat kulitnya menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Selain air, Ibu sebaiknya juga memerhatikan sabun yang digunakan. Pastikan Ibu memilih sabun khusus bayi yang dapat merawat kesehatan kulitnya.

JOHNSON’S® baby milk + rice bath, bisa menjadi pilihan Ibu untuk membersihkan sekaligus menjaga kesehatan kulit si Kecil. Diperkaya dengan kandungan nutrien beras, vitamin A, dan vitamin E, JOHNSON’S® baby milk + rice bath dapat menjaga kulit halus, lembut, dan kenyal serta membantu menjadikannya lebih berseri.

  1. Keringkan badan bayi

Mengeringkan badan bayi, merupakan kegiatan yang penting dilakukan setelah ia selesai mandi. Mengeringkan badan dengan benar, merupakan salah satu cara merawat kulit bayi agar tetap sehat. Lebih baik tekan-tekan lembut handuk pada setiap jengkal tubuh bayi dan hindari menggosok kulitnya terlalu kasar. Selanjutnya, aplikasikan baby oil atau baby lotion untuk menjaga kelembapan tubuhnya.

  1. Pilih pakaian

Setelah selesai memakaikan baby oil dan baby lotion, Ibu juga harus cermat dalam memilih pakaian untuk bayi. Pilihlah pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringat, agar kulitnya dapat bernapas dengan baik, dan sirkulasi udara lancar. Hindari bahan nylonwool, dan bahan-bahan sintetis lainnya untuk pakaian bayi di tahun-tahun pertamanya ini. Pemilihan pakaian yang keliru, dapat berisiko memperparah kondisi kulit bayi dan memicu timbulnya biang keringat.

  1. Pastikan bayi terhidrasi

Kulit kering pada bayi bisa disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain menjaganya tetap lembap dengan penggunaan baby oil pada bayi, Ibu juga harus memastikan bahwa si Kecil terhidrasi dengan baik. Berikan si Kecil ASI tepat pada waktunya. Namun, jika tak lagi menyusu, pastikan si Kecil mengonsumsi cukup cairan dalam aktivitasnya sehari-hari.

  1. Hindarkan dari faktor penyebab

Sebaiknya, hindarkan si Kecil dari paparan udara dingin secara langsung dan terlalu lama, baik yang berasal dari udara alami maupun dari AC. Jika perlu, pakaikan sarung tangan dan kaus kaki pada si Kecil untuk menjaga kehangatan bayi, dan juga untuk menghindari kulit kering dan pecah-pecah. Bahkan, penggunaan sarung tangan dan kaus kaki ini disarankan untuk dilakukan terus-menerus saat bayi berumur kurang dari enam bulan.

Bagaimana Buu, cara merawat kulit kering pada bayi bukanlah hal yang rumit, kan? Ibu hanya perlu lebih cermat dan teliti memerhatikan hal-hal kecil yang dapat menjadi penyebab masalah pada kulit bayi agar bisa memberikan perawatan yang tepat. Dalam hal ini, perlu dicatat bahwa baby oil dan baby lotion dapat berpengaruh pada kesehatan, kelembutan, dan kelembapan kulit bayi.

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Infounda telah memberikan beberapa tips melalui artikel mengenai ASI dan ASIP, berikut ini Bunda dapat membacanya :

Kesibukan harus membuat ibu menyusui yang bekerja memutar otak agar Air Susu Ibu (ASI) eksklusif tetap bisa diberikan pada sang buah hati namun tak mengganggu aktivitas. Nah, berikut ini penjelasan bagaimana menyimpan ASI agar nilai gizinya tidak hilang.

 

Kesibukan harus membuat ibu menyusui yang bekerja memutar otak agar Air Susu Ibu (ASI) eksklusif tetap bisa diberikan pada sang buah hati namun tak mengganggu aktivitas. Nah, berikut ini penjelasan bagaimana menyimpan ASI agar nilai gizinya tidak hilang.

Cara menyimpan ASI yang baik merupakan langkah selanjutnya yang dilakukan oleh bunda setelah melakukan kegiatan memerah ASI, sehingga ASI dapat bertahan dengan maksimal dan dalam waktu yang lama atau ideal untuk digunakan kepada buah hati. Jika cara menyimpan asinya salah, maka kadar dan zat ASI yang terkandung akan rusak. Namun masih banyak bunda yang belum mengerti dengan cara menyimpan ASI yang benar sehingga terkadang ASI yang sudah diperah menjadi terbuang karena melebihi batas masa penyimpanan ditempatnya. ASI yang telah diperah bisa disimpan di lemari es bawah atau di bagian freezer. Penting untuk diingat, sekali dihangatkan, semua ASI yang tersisa harus dibuang. Jadi sebaiknya simpan ASI dalam jumlah sekali minum (± 60 s/d 125 ml). Perhatikan juga wadah yang digunakan untuk menampung ASI, sebaiknya terbuat dari bahan yang mudah disterilkan, seperti botol bertutup rapat yang terbuat dari kaca yang tahan panas, karena tidak merubah unsur yang terdapat didalam ASInya, mudah untuk dibersihkan setelah pemakaian, dapat digunakan kembali berulang-ulang, dan dapat disterilkan berkali-kali sebelum digunakan. Beri tanggal dan jam pada masing-masing wadah. Dinginkan dalam refrigerator (kulkas) atau freezer. Jangan lupa untuk mengecek tanggal dan jam yang tertera agar tahu dengan pasti sudah berapa lama ASI disimpan dan mencegah ASI rusak atau basi.

Kisaran waktu yang dibutuhkan untuk menyimpan ASI  tanpa merusak atau basi menurut Organisasi Laktasi Internasional, yaitu :

                     a.      Suhu ruang (suhu 19 – 22 °C ) : Lama penyimpanan 4 sampai 10 jam.

b.      Kulkas bawah ( suhu 0 – 4 °C) : Lama penyimpanan 2 sampai 3 hari.

c.    Freezer kulkas berpintu satu (suhu variatif < 4°C ) : Lama penyimpanan bisa sampai 2 minggu.

d.    Freezer pd kulkas berpintu dua (suhu variatif < 4 °C ): Lama penyimpanan 3 sampai 4 bulan.

e.      Freezer khusus ( suhu -19 °C) : 6 bulan atau lebih

 Cara memberikan ASI perah yang telah disimpan:

  1. Berikan ASI yang disimpan berdasarkan waktu pemerahan ASI, ASI perahan pertama harus diberikan dulu.
  2. Hangatkan ASI yang disimpan di kulkas dengan meletakkan botol di wadah berisi air hangat selama 15 menit, sambil dikocok perlahan.
  3. ASI yang dibekukan dalam freezer harus dipindahkan ke kulkas semalam sebelumnya, setengah jam sebelum waktu menyusui, hangatkan di dalam wadah berisi air hangat. Periksa suhu ASI sebelum diminumkan kepada bayi Ibu dengan cara meneteskannya ke punggung tangan. Setelah dicairkan, berikan ASI sesegera mungkin.

 Perlu diingat, jangan melelehkan atau menghangatkan ASI di microwave karena banyak zat-zat penting dalam ASI akan hancur. Selain itu, panas yang ditimbulkan dari microwave tidak rata, sehingga dikhawatirkan akan berbahaya bagi bayi karena terlalu panas.



Infobunda : http://www.infobunda.com/brt/384-Cara-menyimpan-ASI-untuk-Bunda-Yang-Bekerja.html#ixzz2hwqq724y