SITE STATUS
Jumlah Member :
493.601 member
user online :
678 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: buah 2 an yang baik untuk ibu hamil

New Topic :  
20-12-2013 12:14:44 Jus buat ibu hamil
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Halo, bu. Apa kabar? Baik saja yah. Aku mau berbagi info soal jus nih. Selama hamil, kita perlu asupan bergizi selain untuk ibu, juga untuk si kecil yang masih dalam kandungan. Berikut ini aku kasih tau jus apa saja yang baik untuk ibu hamil

1. Jus Apel
Kandungan dalam apel membantu menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu fungsi jantung.Bisa campurkan dengan seledri atau bayam. Kandungan dalam seledri mampu mengatasi gangguan tidur selama hamil. Kandungan dalam bayam mampu mambantu kerja usus.

2. Jus Wortel
Wortel mampu meningkatkan energi jika ibu hamil letih lesu, mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil dan mencegah darah tinggi.

3. Jus Alpukat
Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya bukan hanya menjadi sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

4. Jus Blewah
Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada blewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung blewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, dan rasa mual.

5. Jus Delima
Membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Delima juga mengurangi resiko luka otak pada janin

   


Jumlah Posts : 235
Jumlah di-Like : 2
Bunda Annie

iihh bund,, itu hasil USG 10 week ya.... Subahanallah
bund,,, aq mpe saat ini enggak minum obat magg apapun...
yang aq lakukan adalah kasih makan si dedek nie bund...

siank ni juga bund,,, baru aja aq maem siank...
eih.. belum ada 30 menit,, ulu haati q uda sakit lagi...

semoga aja aq dan janin Q sehat,,




Bunda Khekhe...

salam kenal bund....
bunda coba searching asupan makanan yang baik untuk ibu hamil....

kalo masalah BB naek drastis,, itu juga tumum terjadi pada bumilll
tapi tetep di kontrol ya bund,,,
agar asupan gizi tidak lari ke ibu saja   tapi ke janin juga

aq baru mau jalan 2 bulan,,, udah naek 2 KG...

Happy Pregnant




   
10-09-2015 07:44:37 makan seafood saat hamil
Jumlah Posts : 29
Jumlah di-Like : belum ada like
sekedar saran ya bun aindhy...
Seafood tidak dilarang karena merupakan sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti protein dan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Meski demikian, seafood juga adalah sumber merkuri yang tidak baik untuk bayi. Semakin panjang usia dan besar bentuk makanan laut, semakin banyak pula merkuri yang terkandung. Selain itu, tiram-tiraman seperti kerang juga mengandung kadar merkuri yang tinggi. Beberapa jenis seafood yang masih dapat dikonsumsi oleh ibu hamil adalah udang, cumi-cumi, kepiting, ikan salmon, ikan kod, seluruhnya dalam porsi yang tdaik berlebihan.
   


17-04-2015 15:46:35 posisi tidur yg baik gimana??
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi bunda saya coba sharing ya dikutip dari artikel infobunda mengenai " posisi tidur ibu hamil " http://www.infobunda.com/dokter/7-POSISI-TIDUR-IBU-HAMIL.html

" Oleh Yaty : 

Aku mau tanya ini kan khamilan pertama aku, sebaiknya posisi tidur yang seperti apa yang baik untuk ibu hamil seperti aku, karena sering kali aku merasa tidak nyaman dengan posisi tidur aku soalnya takut kenapa-napa dengan baby nya. lalu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi untuk aku?

dr. Tanti menjawab : 

Dear Bunda yaty, Posisi tidur yang terbaik bagi ibu hamil adalah SOS (Sleep On Side) yaitu tidur dengan posisi miring. Lebih baik apabila miring dengan sisi kiri bertumpu pada tempat tidur. Tidur dengan posisi tersebut akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi anda. selipkan bantal di antara kedua lutut anda dan rapatkan kedua tungkai kaki anda dengan posisi lutut menekuk. Bila anda mengalami sakit pada punggung anda dapat mengganjal punggung anda dengan bantal senyaman mungkin sambil melakukan posisi SOS. Posisi tidur yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil adalah posisi telentang karena dapat mengakibatkan sakit punggung, sulit bernafas, masalah pada sistem pencernaan, hemmorhoids (ambeien), tekanan darah rendah dan menurunnya sirkulasi darah ke jantung anda dan bayi. Posisi lainnya yang harus dihindari adalah tidur dengan perut anda sebagai tumpuan (telungkup), apabila kehamilan anda semakin besar perut anda akan mengalami perubahan fisik dan akan menimbulkan ketidaknyamanan tidur dengan posisi ini. Adapun makanan yang sebaiknya dihindari pada masa kehamilan adalah: Sayur-sayuran mentah (lalapan, salad mentah, jus yang tidak dipasteurisasikan), hati, dan daging-dagingan yang tidak masak benar ( daging sapi, daging unggas, dan telur). Hal ini dikaitkan dengan bakteri salmonella species dan Escherichia coli. Berhati-hatilah pada bahaya keracunan makanan. Dengan cara memasak yang benar akan membunuh berbagai bakteri. Maka itu pastikan masakan anda benar-benar matang. Jangan mengkonsumsi telur yang mentah (makanan dan minuman yang mengandung telur mentah). Jangan lupa mencuci tangan setelah anda memasak dan sebelum anda makan. Ada beberapa ahli yang berpendapat untuk menghindari konsumsi ikan yang berasal dari sumber yang dicurigai tercemar polutan terutama merkuri."

Semoga bermanfaat ya bunda...

   
Jumlah Posts : 235
Jumlah di-Like : 2
Bunda ira

iya bund.,, emang kita yang harus lebih ngalah,,, itu semua demi janin kita bund,,,
semoga bunda dan janin sehat y bund




Bunda Tuti

bener yang dikatakan bunda melmut dan bunda annie
gak ada patokan usia kehamilan brp minggu boleh puasa...

lebih baik,, untuk lebih yakin dan amannya,, bunda periksa aja ke dokter bunda / bidan bunda




Bunda Rina

kalo Mual biasanya emang disarankan untuk tidak minum susu hamil dulu.... 
ganti aja dengan nutrisi lain bund,,,

Susu itu untuk pelengkap nutrisi koq...
coba bunda Rina Searching...

makanan yang mengandung Gizi dan Nutrisi yang baik untuk Ibu Hamil

   


Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Jadiii..
makanan yang baik untuk ibu hamil tu apa ajj..
   
Jumlah Posts : 651
Jumlah di-Like : 3
betul kata bunda april, jalan adalah olah raga yang baik untuk ibu hamil. dulu waktu kandungan saya 8 mingguan saya kepengen banget berenang, ternyata gapapa katanya bund. apalagi kalo kehamilannya sudah rada gede, bawaannya gerah jadi pengennya berendem terus...
   
13-07-2010 23:00:00 posisi tidur ibu hamil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Aku mau tanya ini kan khamilan pertama aku, sebaiknya posisi tidur yang seperti apa yang baik untuk ibu hamil seperti aku, karena sering kali aku merasa tidak nyaman dengan posisi tidur aku soalnya takut kenapa-napa dengan baby nya. lalu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi untuk aku?

Dari : yati anggrayani

Jawaban:

Dear Bunda yaty,

Posisi tidur yang terbaik bagi ibu hamil adalah SOS (Sleep On Side) yaitu tidur dengan posisi miring. Lebih baik apabila miring dengan sisi kiri bertumpu pada tempat tidur. Tidur dengan posisi tersebut akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi anda. selipkan bantal di antara kedua lutut anda dan rapatkan kedua tungkai kaki anda dengan posisi lutut menekuk. Bila anda mengalami sakit pada punggung anda dapat mengganjal punggung anda dengan bantal senyaman mungkin sambil melakukan posisi SOS.

Posisi tidur yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil adalah posisi telentang karena dapat mengakibatkan sakit punggung, sulit bernafas, masalah pada sistem pencernaan, hemmorhoids (ambeien), tekanan darah rendah dan menurunnya sirkulasi darah ke jantung anda dan bayi. Posisi lainnya yang harus dihindari adalah tidur dengan perut anda sebagai tumpuan (telungkup), apabila kehamilan anda semakin besar perut anda akan mengalami perubahan fisik dan akan menimbulkan ketidaknyamanan tidur dengan posisi ini.

Adapun makanan yang sebaiknya dihindari pada masa kehamilan adalah:
Sayur-sayuran mentah (lalapan, salad mentah, jus yang tidak dipasteurisasikan), hati, dan daging-dagingan yang tidak masak benar ( daging sapi, daging unggas, dan telur). Hal ini dikaitkan dengan bakteri salmonella species dan Escherichia coli. Berhati-hatilah pada bahaya keracunan makanan. Dengan cara memasak yang benar akan membunuh berbagai bakteri. Maka itu pastikan masakan anda benar-benar matang. Jangan mengkonsumsi telur yang mentah (makanan dan minuman yang mengandung telur mentah). Jangan lupa mencuci tangan setelah anda memasak dan sebelum anda makan. Ada beberapa ahli yang berpendapat untuk menghindari konsumsi ikan yang berasal dari sumber yang dicurigai tercemar polutan terutama merkuri.
   
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Air Kelapa Menyebabkan Keguguran?

Seorang ibu yang sedang hamil akan menjaga buah hati yang dikandungnya dengan sangat hati-hati. Makanan yang dimakan dan kegiatan yang dilakukannya pun akan dijaga dan diperhatikan. Mitos-mitos dan pernyataan-pernyataan masyarakat pun akan diperhatikannya. Seperti ada pernyataan air kelapa muda sangat baik untuk ibu hamil, namun ada pernyataan air kelapa muda justru menjadi penyebab keguguran. Hal ini ibu lakukan supaya anak yang dikandungnya dapat lahir dengan selamat.

Lalu benarkah air kelapa muda bisa menyebabkan keguguran kandungan ibu hamil? Sebelumnya mari kita lihat
penyebab keguguran:

1. Kelainan yang terjadi pada janin
Kelainan pada janin ini misalnya ada sel-sel yang tidak dapat membelah atau ada kelainan genetik. Sehingga menyebabkan janin tidak dapat berkembang dalam lahir dan akibatnya janin gugur.
2. Kelainan yang terjadi pada rahim ibu
Rahim merupakan tempat berkembangnya janin, jika rahim mengalami kelainan seperti adanya kanker maka kemungkinan besar janin tidak dapat berkembang. Dan pada akhirnya janin itu akan gugur.
3. Infeksi pada kehamilan
Saat ini di lingkungan sekitar tempat tinggal banyak polusi udara dari asap kendaraan dan pabrik. Virus-virus lain pun banyak yang bertebaran. Virus dari polusi udara yang kotor inilah salah satu penyebab keguguran selain dari virus HIV dan hepatitis.
4. Kelelahan
Selain kedua kelainan itu, pola hidup ibu hamil pun dapat menjadi penyebab keguguran. Ibu yang memiliki aktivitas padat dapat menyebabkan kelelahan dan stres. Ketika berkembang pun janin butuh ketenangan dari seorang ibu. Apabila ibu tidak tenang maka janin pun tidak dapat berkembang dengan baik. Karena hal inilah janin yang sedang dikandungnya pun dapat gugur.

Dari keempat penyebab keguguran itu, tidak ada yang disebabkan karena air kelapa muda. Justru air kelapa muda baik untuk wanita yang sedang hamil. Bahkan dokter menganjurkan ibu hamil untuk minum air kelapa muda saat usia kandungan menginjak 6 bulan sampai waktu melahirkan. Karena air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Bukan hanya untuk wanita hamil saja kedua zat itu berguna untuk tubuh, tapi juga baik untuk tubuh semua manusia. Elektrolit memberikan tenaga untuk ibu yang sedang hamil, mengganti ion-ion tubuh yang hilang saat ibu beraktivitas. Sedangkan antioksidan untuk membantu menetralkan racun yang terhirup ke dalam tubuh dari lingkungan sekitar. Selain itu, air kelapa dapat membuat air ketuban menjadi bersih dan jernih. Antioksidan dalam air kelapa dapat menyerap kotoran yang ada dalam air ketuban seperti lendir.

Jadi, jangan takut untuk minum air kelapa saat hamil. Karena air kelapa aman untuk dikonsumsi.

   
22-09-2011 15:41:21 Tips menjaga kehamilan
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like

1. Ibu hamil, perhatikan makanan anda, pastikan anda mengkonsumsi makanan yg sehat dan bernutrisi.
2. Ibu, semasa hamil tidak diperbolehkan merokok, karena menurut hasil penelitian, bayi akan lahir dengan ukuran lebih kecil.
3. Semasa kehamilan, khususna trisemester pertama kurangi konsumsi obat-obatan.
4. Ibu, pastikan makanan,air dan udara yg berhubungan dengan ibu hamil tetap bersih ya.
5. Pastikan ibu hamil tetap menjaga sirkulasi darah dan nafsu makan serta istirahat yg cukup
6. Ibu hamil dapat tetap bekerja, asalkan ibu tetap istirahat yg cukup, makan yg teratur dan melakukan pemeriksaan rutin
7. Ibu hamil dapat juga berpergian hanya saja jangan sampai terlalu melelahkan dan terlalu lama ya bu
8. Ibu, jangan terlalu banyak duduk selama kehamilan, karena akan menyebabkan kaki bengkak dan tromboflebitis.
9. Ibu, selama kehamilan ibu harus menggunakan pakaian longgar dan tidak memberikan ikatan yg ketat pada bagian perut.
10. Ibu, selama kehamilan dapat juga menggunakan kutang yg menyokong payudara ibu ya, dan pastikan pakaian selalu bersih.
11. Bu, hindari menggunaan sepatu ber-hak tinggi selama kehamilan ya bu.
Perbanyak istirahat ya bunda, tidur siang dan perbanyak istirahat sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.
12. Ibu hamil, hindari tempat hiburan yang ramai, sesak dan panas karena dapat menyebabkan ibu mudah pingsan,
13. Ibu hamil, tetap jaga keseharatan ya bu, selama mandi gunakan sabun yang lembut dan bilas hingga bersih. Jangan berendam saat mandi ya bu
14. Ibu, berhubungan dengan suami anda saat sedang hamil tidak dilarang, asalkan ibu tidak memiliki riwayat abortus, pendarahan, kehamilan tidak di minggu terakhir kehamilan.
15. Ibu, selama kehamilan harus melakukan pemeriksaan secara teratur kepada dokter anda ya.
16. Ibu, jika kehamilan memasuki bulan akhir, lebih sering lah memeriksakan kehamilan anda ya bu.
17. Bu, jangan tunda pemeriksaan jika anda mengalami keluhan terhadap kehamilan anda. Meskipun ini belun saatnya anda melakukan pemeriksaan.
18. Bu, hindari zat-zat kimia yang menimbulkan keracunan seperti insektisida, cat, bahan-bahan yg mengandung merkuri dan lain-lain.
19. Bu, selain anda harus berhenti merokok, anda juga harus berhenti menjadi perokok pasif.karena sangat berbahaya bagi kesehatan janin anda.
20. Bu, selama kehamilan, perbanyak konsumsi air putih karena cairan yang masuk b’guna untuk meningkatkan volume darah bagi ibu hamil
21. Bu, minumlah 6-8gelas sehari, dapat berupa jus buah, susu atau air putih biasa.periksakan kecukupan cairan anda dari air seni anda. Bila berwarna bening, anda sudah mengkonsumsi cairan dengan cukup.
22. Konsumsi makanan yang bergizi untuk memebuhi kecukupan gizi untuk ibu dan janin anda ya bu.
23. Usahakan makanan yang anda konsumsi memebuhi 5kelompok makanan yaitu nasi, daging, protein, sayuran dan sumber karbohidrat.
24. Ibu, selama kehamilan kurangi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak konsumsi makanan berserat ya bu.
25. Bu, konsumsi vitamin Asam Folat 400mikrogram perhari mulai dari sebelum kehamilan hingga beberapa bulan pertama kehamilan ya bu.
27. Mengkonsumsi asam folat selama masa kehamilan sangat baik untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada buah hati anda.
28. Untuk mendapatkan asam folat yg cukup, ibu hamil dapat mengkonsumsi sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli dan lainnya.
29. Bu, selama masa kehamilan ibu di anjurkan unruk mengkonsumsi tablet penambah darah guna mencegah anemia
30. Tablet penambah darah adalah tablet yg mengandung zat besi. Konsumsi sebanyak 30miligram setiap harinya bu, karena dapat mengurangi resiko anemia pada ibu hamil
31. Bu, anemia saat kehamilan dapat menyebabkan terjadinya resiko pendarahan saat persalinan. Jadi konsumsilah makanan yang mengandung zat besi yang cukup.
32. Bu, cuci tangan sesering mungkin terutama setelah memegang daging mentah saat memesak atau setelah menggunakan kamar kecil. Untuk mencegah penyebaran kuman yang beresiko besar saat kehamilan
33. Ibu, kenali kondisi diri anda sendiri ya. Bila tubuh menunjukan gejala aneh seperti nyeri, pendarahan vagina, merembesnya air ketuban, pusing, pingsan, dan lain-lainnya segerankonsultasikan ke dokter anda.
34. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat-obatan termasuk obat tradisional, kafein,
alcohol selama kehamilan.
35. Ibu, semasa kehamilan sebaiknya mengurangi konsumsi coklat, kafein yang ada pada teh, kopi, alcohol, minuman ringan karena tidak baik untuk kehamilan anda.
36. Bagi ibu hamil yang sebelum masa kehamilan mengkonsumsi obat-obatan seperti untuk hipertensi, epilepsi, asma atau kencing manis, konsuiltasikan kembali ke dokter anda
apa anda boleh melanjutkan obat tersebut atau tidak
37. Jika ibu hamil ingin mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, konsultasikan dulu dengan dokter anda.
38. Sering-sering berkonsultasi kepada dokter anda mengenai kehamilan anda. Semakin banyak anda tahu, semakin baik bu.
39. Bergabunglah dengan kelas untuk ibu hamil seperti kelas senam hamil dan lain-lain.
40. Selain mendapat manfaat dari kelas-kelas ibu hamil, calon bunda jg dapat berbagi pengalaman dan menambah pengalaman.
41. Ibu, tetaplah beraktifitas selama kehamilan, karena baik untuk ibu dan calon bayi anda.
42. Olah raga yang aman untuk ibu hamil seperti berjalan, sepeda statis, dan senam ibu hamil sangat di anjurkan.
43. Ibu hamil, tetap konsultasikan olahraga yang tepat untuk anda selam kehamilan dengan dokter anda, jadi janin juga tetap sehat.
44. Bu, makanlah dalam porsi kecil tapi sering, sekitar 5-6 kali perhari selama kehamilan. Ini lebih baik daripada makan 3x dalam porsi lebih besar.
45. Untuk ibu hamil, porsi makan yg kecil dan lebih sering dapat mengurangi mual-muntah di pagi hari dan nyeri lambung.
46. Ganti makanan yang dapat menyebabkan nyeri lambung meskipun anda menyukai nya dengan makanan yang lebih bergizi.
47. Ibu hamil, hindari mandi atau berendam dengan air panas karena membahayakan kehamilan
48. Bu, rencanakan dan buatlah lingkungan rumah yangh aman untuk sikecil nantinya. Hal

ini untuk mecegah bahaya-bahaya yg tidak diinginkan.

Info

   
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
telat 7-14 hari... waktu aku hamil yang kedua gt bun... 1 bln telat test pack masih negatif... konsultasi dg dr kandungan katanya udah terbentuk kantung janin.. kalo yang ke empat ga telat .. jadi tgl 20 nov haid terakhir tgl 10 udah 2 garis,,tadinya ga mau test pack... cz ibu dokternya blg wajah ibu kaya ibu hamil,,pas kena flu berat.. dokternya kasih saran buat testpack sebelum konsumsi obat flu.. karena obat flu nya tidak baik untuk ibu hamil..
   
09-02-2016 08:41:51 Tekanan darah tinggi
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
Kalau saya boleh beri saran, lebih baik coba datang ke tenaga kesehatan jika keadaan tekanan darah (TD) bunda masih dalam keadaan tinggi.
Tapi sebelum itu, coba cek TD bunda untuk yang kedua kalinya, 15 menit setelah bunda melakukan cek TD yang pertama tadi. Usahakan selama 15 menit tersebut bunda beristirahat sejenak, barang kali TD yang naik tersebut di akibatkan karena aktivitas bunda yang melelahkan.
Jika kondisi TD bunda masih tetap tinggi, bunda boleh berkonsultasi dengan pihak tenaga medis.
Untuk obat-obatan penurunan TD yang aman untuk janin biasanya akan diberikan oleh dokter sp. Kandungan tersendiri.
Jika dari pihak kebidanan, biasanya memberikan asuhan berupa saran dalam konsumsi makanan (misalnya sayur, buah, daging tanpa lemak, dan susu rendah lemak. Hindari makanan yang mengandung garam tinggi), hindari pula merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, terapkan selalu gaya hidup sehat saat hamil, dan rutin berolahraga yang aman untuk ibu hamil.
   
10-08-2015 10:03:58 skin care bu hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Memiliki kulit yang sehat dan cerah adalah dambaan setiap wanita, tak terkecuali Bunda yang sedang hamil. Kulit lebih berminyak, menghitam dan kurang cerah adalah beberapa efek kehamilan karena adanya perubahan hormon tubuh. Hal ini seringkali membuat Bunda hamil kurang percaya diri dan cenderung tidak menikmati kehamilannya.

Sebaiknya Bunda tidak melewati indahnya masa kehamilan yang singkat itu. Jangan biarkan moments indah kehamilan Bunda ternoda karena masalah kulit. Bila Bunda bisa menjaga kesehatan kulit, Bunda tetap bisa menikmati kehamilan tanpa harus merasa rendah diri. Berikut beberapa langkah yang dapat Bunda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat selama hamil dan pasca melahirkan.
1.    Membersihkan wajah
Bunda bisa menggunakan pembersih wajah untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih. Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung residu atau gliserin. Bila kulit Bunda cenderung kering, hindari penggunaan sabun. Lebih baik gunakan pembersih yang melembabkan kulit. untuk menghindari kulit menjadi kering, jangan membasuh wajah lebih dari dua kali sehari.
2.    Gunakan tabir surya
Gunakan pelembab yang mengandung paling tidak SPF 15 (tabir surya) setiap hari, setidaknya 20 menit sebelum terpapar sinar matahari langsung. Hal ini sebagai upaya untuk menghindari munculnya jerawat dan kehitaman di wajah. Pilih tabir surya yang aman untuk ibu hamil.
3.    Jangan pegang
Sebisa mungkin hindari atau kurangi kebiasaan memegang wajah. Apalagi meremas dan memencet jerawat. Kebiasaan ini dapat menyebabkan infeksi dan akan terjadi jaringan parut.
4.    Kosmetik aman
Bila Bunda cukup sering menggunakan kosmetik, pilih kosmetik yang berbahan dasar air, yang cenderung aman untuk Bunda hamil. Utamakan masker alami seperti masker telur, masker apel atau madu daripada obat-obatan yang mengandung bahan kimia.
5.    Minyak zaitun
Rajin-rajinlah mengoleskan minyak zaitun atau olive oil, terutama di area perut. Minyak zaitun kaya akan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan zat besi yang membantu menjaga kulit tetap elastis meski terjadi peregangan. Pasca melahirkan Bunda masih bisa terus mengoleskannya untuk menjaga kelembaban kulit.
6.    Nutrisi untuk kulit
Penuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit Bunda. Gandum, apel, jeruk dan kiwi mengandung vitamin C yang berfungsi untuk membentuk kolagen yang dapat menjaga kekencangan kulit.

Tips:
-    Gunakan make-up tipis-tipis saja. Kecantikan alami wanita biasanya akan terpancar saat hamil.
-    Jika wajah terlalu berminyak, gunakan bedak tabur. Sebaliknya, jika kering, gunakan bedak padat.
-    Hindari segala produk pemutih baik lotion, cream wajah atau pun pasta gigi.

   
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

ASI Lancar, Puasa Tak Lewat

(Sumber dari: AIMI *dengan perubahan seperlunya*)

Bulan Ramadhan hampir tiba. Bulan penuh ibadah bagi umat muslim di dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang telah baligh (cukup umur) adalah berpuasa. Nah, bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui?

Puasa Ramadhan hukumnya tetap wajib bagi ibu hamil dan menyusui. Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu atau membayar fidyah.

Yang pertama, dikembalikan kepada motivasi atau niat. Jika ibu hamil dan menyusui tidak melakukan ibadah puasa karena mengkhawatirkan kesehatan dirinya, maka dia menganggap dirinya seperti orang sakit. Sehingga cara mengganti puasa sama dengan mengganti puasa dikala orang sakit, yaitu dengan berpuasa di hari lain. Namun, jika mengkhawatirkan bayinya, dianggap seperti orang tua yang tak punya kemampuan sehingga cara menggantinya selain membayar puasa-seperti cara orang tua-yaitu dengan membayar fidyah.

Yang kedua, ibu hamil atau menyusui cukup membayar fidyah saja tanpa harus berpuasa. Karena keduanya tidak berpuasa bukan karena sakit, melainkan karena keadaan yang membuatnya tidak mampu puasa. Kasusnya lebih dekat dengan orang tua yang tidak mampu berpuasa.

Apa dan bagaimana cara membayar Fidyah? Fidyah adalah memberi makan orang fakir miskin. Satu hari puasa diganti dengan satu kali fidyah. Ukuran memberi makan adalah sebesar porsi kita makan 3 kali sehari, yakni sekitar 1 mud atau 600 gram. Jika dirupakan uang, sebesar biaya kita makan 3 kali sehari.

Ketika memberikan fidyah, ada tata caranya juga. Salah satu yang harus diingat adalah jangan lupa mengucapkan berita serah terima/ijab kabul. Misalnya “Saya membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Jika meminta orang lain yang menyerahkan maka, “Ibu A membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Untuk detailnya, silakan konsultasi dengan pemuka agama di lingkungan Anda. 

Nah, bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa bagaimana? Selama kondisi ibu dan bayi sehat, maka diperbolehkan berpuasa. Namun, jika dikuatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kekurangan gizi, produksi ASI berkurang, sakit, dan lain sebagainya, maka Islam menyarankan untuk tidak berpuasa.

Manajemen Laktasi Ibu Menyusui Yang Sedang Berpuasa

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Yang penting, ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari dan secara disiplin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Kemudian, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produksi ASI selama ibu berpuasa tetap lancar dan berkualitas:

Asupan menu dengan gizi seimbang

Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak. Jangan terlambat berbuka dan jangan makan secara asal yang penting makan ya :)

Ada beberapa tips mengenai asupan ibu menyusui selama berpuasa:

Pertama,boleh mencoba konsumsi sumber karbohidrat kompleks agar bisa membantu membuat ibu menyusui tidak lemas di tengah hari. Karbo kompleks seperti beras merah lebih lama diproses tubuh sehingga pelepasan gula menjadi energi berlangsung bertahap. Kondisi ini dapat lebih menjamin kebutuhan energi ibu sampai berbuka. 

Kedua, konsumsi sayur dan buah lebih banyak saat berbuka atau malam hari dan konsumsi protein lebih banyak saat makan sahur. Protein menjadi sumber energi, yang diolah terakhir setelah karbohidrat dan lemak. Asupan protein ini sesuai bagi busui yang membutuhkan banyak cadangan energi. Sementara serat pada buah dan sayur membantu menjaga asupan vitamin dan menjaga kesehatan pencernaan ibu selama menyusui. Usahakan stop makanan instant selama puasa ini ya, karena makanan seperti mie instant biasanya hanya mengandung kalori yg membuat kenyang tetapi minim nilai gizinya. 

Ketiga, silakan konsumsi suplemen vitamin dan mineral jika diperlukan. Tanyakan kepada dokter suplemen apa yang baik untuk ibu menyusui saat berpuasa karena saat ibu menyusui berpuasa, yang terpengaruh biasanya adalah kadar micro nutrients (elemen-elemen nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang kecil seperti zinc, magnesium, dan potassium), namun itu bukanlah masalah.  

Perbanyak konsumsi cairan, mulaidari berbuka hingga sahur

Jika bisa minum air putih sebanyak dua liter (sekitar 10-12 gelas sehari), ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, teh manis hangat dan susu. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui. Jika bisa, hindari teh dan kopi saat sahur karena bersifat diuretik, yang menyebabkan ibu sering buang air kecil. Akibatnya ibu berisiko kekurangan cairan akibat seringnya cairan dibuang. 

Istirahat yang cukup

Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin

sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Ibu Bekerja

Ibu bekerja yang memerah ASI di tempat kerjanya disarankan untuk tetap melakukan kegiatan memerah ASI seperti biasa dengan tetap memperhatikan tips-tips seperti yang sudah disebutkan diatas ini. Kembali berpegang pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Apabila ibu menyusui yang biasa memerah menghentikan kegiatan memerahnya selama bulan puasa, maka ASI yang diproduksi dapat berkurang, yang bukan disebabkan oleh kegiatan berpuasa tetapi karena mengurangi kegiatan memerah tadi.

Bagaimanapun, mendapatkan ASI adalah hak bayi. Jadi, dahulukan kepentingan bayi. Untuk ibu yang memiliki bayi di bawah 6 bulan, memang dianjurkan untuk tidak berpuasa karena bayi sedang dalam tahap ASI Eksklusif dan belum memperoleh makanan tambahan apapun kecuali ASI. Ada dua alasan kenapa ibu dalam fase ASIX tidak dianjurkan berpuasa dulu: pertama, pada masa ASIX, terutama di dua bulan pertama adalah fase pemantapan menyusui. Jika proses menyusui ibu sudah mantap dan ingin mencoba puasa silakan. Tetapi jika ibu masih berjuang untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan produksi, sebaiknya tunda dulu puasanya. Kedua, bayi di bawah 6 bulan sering mengalami fase percapatan pertumbuhan (growth spurts) yang membuatnya tiiba-tiba jadi sangat sering menyusu. Jika Anda mulai kewalahan di saat fase GS ini, pertimbangkan untuk stop puasa dulu.

Kondisi yang Harus Diperhatikan

Jika si kecil masih dalam fase ASIX (atau bahkan setelahnya) dan ibu ingin berpuasa, ada hal penting yang tidak boleh diabaikan: perhatikan sinyal sinyal yang dikirimkan tubuh Anda dan tubuh bayi. 

Apa yang harus diperhatikan dari kondisi ibu?

-Merasa sangat haus (terutama pasca menyusui/memerah).

- Urine/ air seni berwarna pekat (kuning tua/cokelat) serta bau yangtajam.

- Merasa sangat pusing dan berkunang-kunang, apalagi jika pusing tidak hilang setelah ibu beristirahat

Adalah wajar jika ibu merasa lemas.  Oleh karena itu usahakanlah untuk beristirahat paling tidak satu kali di siang hari. Atau bila tidak memungkinkan untuk tidur siang, upayakan untuk sekadar duduk,

berbaring dengan rileks. Istirahat akan sangat membantu agar hormon Oksitosin yang berfungsi untuk mengeluarkan ASI bekerja secara optimal. Jika Anda mulai pusing atau air seni Anda mulai pekat, sebaiknya hentikan dulu puasanya. Apa yang harus diperhatikan dari kondisi bayi?- Frekuensi BAK bayi sudah kurang dari 6 kali per 24 jam, warna urine bayi juga mulai pekat- Ada gejala2 dehidrasi lain pada bayi, seperti mulut yag kering, bayi terlihat sangat lemas, kulit tidak lentur, dsb.- Bayi kelihatan gelisah seharian, rewel atau berperilaku di luar kebiasaan normalnya. - Bayi mengalami diare atau demam yang mana membutuhkan extra asupan ASI agar tidak dehidrasi, terutama di masa ASIX.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan salam ASI :)