SITE STATUS
Jumlah Member :
309.765 member
user online :
1688 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Normal Usia Anak Mulai Bisa Bicara

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Normal Usia Anak Mulai Bisa Bicara 18-February-2014
Oleh :


salam kenal dokter tanti.. saya mau tanya kira2 usia anak memasuki usia berapa mulai bisa bicara lancar.. soal nya anak saya sekarang dah umur 1 tahun 7 bulan tapi masih lom bisa ngomong..?? padahal saya udah ajarin ngomong misal nya makan atau minum..tapi tetap aja anak saya gak bisa ikut kata2 saya.. terus kalo panggil mama anak saya udah bisa dikit2 tapi tetap aja kadang anak saya gak bisa lancar panggil nya.. apakah anak saya telat ngomong nya dok..??
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear bunda enny jenova (bundanya winston), Pada umumnya, bayi mulai berbicara pada usia 18 bulan, dengan menyebutkan 10 kata sederhana dan menunjuk objek atau bagian tubuh yang kita sebutkan namanya. Anak akan menyebutkan suara atau kata-kata setelah anda menyebutkannya. Misalnya akhir atau awal pada sebuah kalimat, seperti ketika kita menyebut “makan” si kecil akan menyebut “maam”. Jangan terlalu khawatir dengan keadaaan anak anda saat ini, yang terpenting adalah teruslah bicara pelan-pelan dan lembut kata demi kata yang mudah untuk diikuti oleh anak anda. Bacakanlah cerita kepada anak anda untuk melatih pengertian dan perkembangan kata-kata. Nyanyikanlah lagu anak kepada putra anda. Berikan cinta kasih dan pujian atas setiap perkembangannya. Perhatikan pada saat anda memanggil namanya apakah ia akan menoleh atau tidak menghiraukan panggilan anda. Dampingilah anak anda ketika menonton TV. Bila anda menemukan kecurigaan bahwa anak anda tidak fokus dan mendengar panggilan anda, segeralah konsultasikan dengan dokter anda. Kemungkinan akan dilakukan tes pendengaran atau terapi bicara. Tapi tidak luput dari kemungkinan lainnya seperti kelainan autism atau kelainan konsentrasi, untuk hal ini diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman