SITE STATUS
Jumlah Member :
508.342 member
user online :
1178 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Untuk Bunda Yang Ingin Suaminya Berhenti Merokok



Blog posted by

Cara Menghitung Masa Kehamilan


Blog posted on 18-03-2020

menghitung masa kehamilan



“Kira-kira sudah berapa minggu, ya?” Tidak jarang pertanyaan ini terucap oleh wanita yang tengah mengandung. Khususnya mereka yang baru pertama kali menjalani kehamilan. Singkat kata, masih ada sebagian bumil yang belum tahu cara menghitung masa kehamilan.



Memang sulit memastikan secara tepat waktu pembuahan terjadi. Namun, usia kehamilan bisa diperkirakan lewat beberapa cara. Mulai dari hitung-hitungan matematika hingga teknologi canggih seperti USG. Nah, berikut ini cara menghitung masa kehamilan yang bisa bumil coba.



Gunakan Rumus Naegele



Masih asing dengan rumus Naegele untuk menghitung masa kehamilan? Rumus ini berfokus pada hari pertama haid terakhir (HPHT). Cara menghitung masa kehamilan dengan rumus ini dianggap baik bagi wanita yang punya siklus menstruasi teratur 28 hari. Lalu, bagaimana caranya?



Lewat Gerakan pada Janin



Cara menghitung usia kehamilan secara manual selanjutnya dengan mendeteksi gerakan janin. Namun, hal yang perlu ditegaskan cara ini tidak 100 persen akurat. Lalu, bagaimana caranya?



Ibu hanya perlu merasakan gerakan janin. Jika bumil merasa bahwa janin sudah mulai bergerak, diperkirakan usia kehamilan adalah 18-20 minggu. Perlu diingat juga, hal ini hanya berlaku bagi wanita yang baru pertama kali hamil. Bagi wanita yang sebelumnya sudah pernah hamil, jika sudah bisa merasakan gerakan janin, usia kehamilan diperkirakan 16-18 minggu.



Sistem Fundus Uteri

Selain dua hal di atas, ada cara manual lainnya untuk menentukan usia kehamilan. Namanya fundus uteri atau puncak rahim. Pada dasarnya, puncak rahim ini akan meninggi seiring perkembangan janin. Lalu, bagaimana cara menghitungnya?



Caranya dengan meraba puncak rahim yang terasa menonjol pada bagian perut. Hitung jaraknya dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Jika jaraknya adalah 17 sentimeter, berarti usia kehamilan sudah menginjak 17 minggu. Sama seperti gerakan pada janin, menurut ahli di American Pregnancy Association, cara menghitung usia kehamilan dengan sistem ini tidak akurat 100 persen.



Manfaatkan Kalkulator Kehamilan Online



Cara menghitung usia kehamilan dengan kalkulator online boleh dibilang paling simpel. Tidak ada salahnya mencoba kalkulator kehamilan untuk menentukan usia kehamilan.



Cara menghitung kehamilan secara online sangat mudah. Bumil hanya perlu memasukkan tanggal, bulan, tahun hari pertama dan terakhir haid (HPHT), dan juga siklus haid. Kalkulator kehamilan online tersebut kemudian menghitung dan memberitahukan usia kehamilan bumil.



Source : Menghitung Masa Kehamilan





Ditampilkan sebanyak : 392
Blog posted by

10 Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Menyusui


Blog posted on 21-02-2020

Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Menyusui – Segala makanan yang masuk ke dalam tubuh seorang ibu yang sedang menyusui memang akan menjadi perhatian dibandingkan sebelumnya. Mengapa?



Karena bunda sebagai ibu ingin memberikan nutrisi terbaik bagi bayi bunda yang belum mendapatkan nutrisi lain selain dari ASI. Karena banyaknya makanan sehat yang tersedia, tentu saja bunda tidak akan merasa bingung dalam menentukan makanan apa yang sebaiknya bunda konsumsi hari ini.



Salah satu makanan yang tidak boleh bunda lewatkan adalah sayuran. Sayuran untuk ibu menyusui memang sangat penting.





Karena menjadi salah satu sumber nutrisi yang paling mudah untuk ditemukan.



Lalu, apa saja Sayuran untuk ibu menyusui yang sebaiknya bunda konsumsi setiap harinya?



Sebenarnya, hampir seluruh jenis sayuran baik untuk bunda konsumsi ketika menyusui.



Supaya lebih jelas, berikut beberapa sayuran untuk ibu menyusui yang sebaiknya sering-sering bunda konsumsi :




  1. Daun Katuk, Tentu saja sayuran untuk ibu menyusui yang pertama adalah daun katuk. Mengapa?Karena daun katuk ini sudah terbukti dari jaman dahulu dapat meningkatkan produksi ASI anda.Rasa dari daun katuk juga sangat khas, namun tidak jarang orang yang tidak menyukainya. Tetapi demi kelancaran dari ASI anda, diharapkan anda bisa sering-sering memakan daun katuk.

  2. Sayur Bayam, Sayur berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah sayur bayam. Tidak hanya memiliki beberapa vitamin, namun sayur bayam juga mengandung kalsium yang secara tidak langsung dapat menggantikan peran dari susu.Sayuran untuk ibu menyusui ini tentu saja harus sering anda konsumsi, namun jangan sekali-kali memanaskan sayur bayam karena tidak baik.

  3. Sayur Kangkung, Kandungan dari sayur kangkung sebenarnya tidak berbeda jauh dari sayur bayam.Sayuran untuk ibu menyusui kali ini juga tidak akan sulit untuk anda dapatkan. Bahkan jika anda sedikit kreatif, anda bisa menanamnya sendiri di rumah anda dengan menggunakan teknik menanam hidroponik.

  4. Sayur Brokoli, Pada dasarnya, semua sayuran yang berwarna hijau menjadi Sayuran untuk ibu menyusui yang sangat baik.Brokoli juga mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk tubuh dan juga bayi anda.selain itu, beberapa kandungan lainnya juga akan membantu menajamkan daya ingat anda.

  5. Wortel, Siapa yang meragukan kandungan dari wortel?Wortel menjadi bagian dari Sayuran untuk ibu menyusui yang wajib anda konsumsi.Wortel sangat baik untuk menjaga ketajaman dari mata anda, dan tentu saja juga akan berpengaruh pada bayi anda. Karena rasanya juga lezat, wortel bisa anda jadikan sebagai berbagai macam olahan.

  6. Selada, Selada merupakan sayuran yang rendah kalori dan air. Oleh karena itu, selada termasuk sayuran yang sangat direkomondasikan oleh para ahli dan dokter untuk bunda konsumsi serta dapat menyeimbangkan diet selama ibu menyusui. Sayuran ini juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, zinc, natrium, dan zat besi. Ada juga vitamin didalamnya berupa vitamin A, B6, C, E dan K.

  7. Tomat, Selain termasuk golongan dari sayuran, Jenis sayauran ini bisa juga dikategorikan buah-buahan. Selain enak untuk di jus, jenis sayuran ini sangat familiar di lidah orang-orang pada umumnya. Tomat untuk ibu hamil sangat bermanfaat di karenakan tomat memiliki kadar air 95% dan mengandung vitamin A,C, dan Asam Folat. Selain itu tomat mengandung Antioksidan yang sangat bermanfaat untuk ibu menyusui.

  8. Paprika, Jenis sayuran ini juga banyak mengandung air, sangat bagus untuk ibu menyusui. Menurut penelitian paprika hijau mengandung 93,9% air dan rendah akan kalori di sertai juga sumber dari vitamin A dan C , ada juga Asam folat, kalium dan serat untuk memperlancar pencernaan.

  9. Okra, Nah untuk sayur ini mungkin jarang untuk bunda masak. Akan tetapi sayauran ini sangat bermanfaat untuk ibu menyusui, terdapat kandungan vitamin di dalamnya seperti vitamin A, B, C, E, tiamin, niasin dan folat. Sayauran ini juga memiliki kandungan minreal yang sangat baik untuk kesehatan ibu menyusui seperti kalium, fosfor, magnesium, zinc dan besi. Oia bun, untuk memasak jangan lupa untuk membersihkan lendirnya, dengan cara merendam sayur okra kedalam cuka selama 30 menit lalu di bilas dan di tepuk tepukkan sampai kering lalu di masak.

  10. Biji Labu, Sayuran ini sering kita jumpai dipasar. Biji labu bisa juga di jadikan favorit untuk ibu menyusui di karenakan biji labu ini banyak mengandung protein yang baik untuk kesehatan ibu menyusui.



Siapa yang meragukan kandungan dari wortel?Wortel menjadi bagian dari Sayuran untuk ibu menyusui yang wajib anda konsumsi.Wortel sangat baik untuk menjaga ketajaman dari mata anda, dan tentu saja juga akan berpengaruh pada bayi anda. Karena rasanya juga lezat, wortel bisa anda jadikan sebagai berbagai macam olahan.



Itulah beberapa sayuran untuk ibu menyusui yang sebaiknya anda konsumsi. Yang tidak kalah penting adalah anda harus mengolahnya dengan benar, mulai dari lamanya memasak dan kebersihannya. Jika anda mengolahnya dengan tepat, maka nutrisi yang bisa anda rasakan juga akan lebih optimal. Semoga bermanfaat.



Sumber : ibundahamil.com





Ditampilkan sebanyak : 91
Blog posted by

Car menghitung Masa Subur Kehamilan


Blog posted on 20-02-2020

hallomoms.com - Mengetahui kapan masa subur wanita adalah sebuah cara cepat hamil yang sebenarnya bisa ditingkatkan agar pembuahan dapat terjadi. Masa subur wanita terjadi ketika sel telur dilepaskan dari indung telur, sehingga siap dibuahi oleh sperma agar pembuahan berhasil. Sementara itu, di masa tidak subur, peluang kehamilan lebih kecil.



Masa subur wanita ini terjadi di setiap bulan. Jika sel telur yang dilepaskan saat masa subur wanita ini berhasil dibuahi oleh sperma, maka wanita akan berpotensi hamil. Tetapi jika tidak dibuahi oleh sperma, sel telur akan mati dan menstruasi pun terjadi.



Sel telur Anda akan dilepaskan setiap bulan dan dalam jangka waktu yang dapat dideteksi jika Anda punya siklus menstruasi yang teratur.



Namun, bagi Anda yang mempunyai siklus menstruasi yang kurang teratur, mungkin sulit untuk bisa mendeteksi kapan tubuh Anda akan melepaskan sel telur setiap bulan. Artinya, Anda juga kesulitan mendeteksi kapan masa subur Anda sebagai wanita. 



Siklus menstruasi mempengaruhi masa subur wanita



Masa subur wanita bergantung pada siklus menstruasi yang Anda miliki. Tiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Siklus menstruasi merupakan rentang dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama pada menstruasi berikutnya.



Normalnya, siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari. Namun, rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari.



Nah, di antara siklus menstruasi ini terdapat masa paling subur wanita. Jika terjadi pembuahan (saat sel telur bertemu sperma) di masa subur wanita ini, maka kehamilan pun terjadi.



Namun, jika pembuahan tidak terjadi pada masa paling subur wanita ini, sel telur wanita pun akan meluruh dan keluar dari vagina dalam bentuk darah. Inilah mengapa wanita setiap bulan pasti mengalami menstruasi. Setiap bulan setidaknya wanita pada masa subur akan melepaskan satu sel telur.



Kapan masa subur wanita terjadi?



Secara umum, cara menghitung masa subur wanita adalah mengetahui masa ovulasi Anda. Kapan ovulasi terjadi? Ovulasi terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum periode menstruasi dimulai.



Rata-rata masa subur wanita mulai terjadi pada hari ke 10 sampai ke 17 setelah hari pertama menstruasi, jika siklus menstruasi Anda berlangsung selama 28 hari.



Lima hari sebelum ovulasi dan satu hari di mana ovulasi terjadi, merupakan masa paling subur wanita. Ingat, sperma hanya bisa bertahan hidup selama 5 hari dan sel telur bisa bertahan hidup hanya satu hari.



Kemungkinan Anda untuk hamil meningkat, jika Anda berhubungan seksual 2 atau 3 hari sebelum sel telur dilepaskan, dan kemudian 12 sampai 24 jam setelah itu. Berhubungan seksual pada saat wanita berada dalam masa subur merupakan peluang besar bagi seorang wanita untuk cepat hamil.



Siklus menstruasi dan masa subur wanita berbeda-beda tiap individu, maka Anda tahu cara harus menghitung masa subur Anda sendiri sebagai seorang wanita. Anda bisa menggunakan rumus yang akan dijelaskan di bawah ini, atau mencari tahu lewat Kalkulator Masa Subur Hello Sehat dengan mengeklik gambar berikut ini:



Cara menghitung masa subur wanita



Satu cara yang Anda perlukan untuk menghitung masa subur wanita adalah kalender. Anda perlu menandai setiap tanggal di mana Anda mengalami menstruasi sebagai cara menghitung masa subur wanita. Untuk menghitung masa subur wanita, berikut ini adalah cara dan langkah-langkah yang harus dilakukan:



1. Ketahui panjang siklus menstruasi Anda



Sebagai cara menghitung masa subur wanita, Anda harus menandai siklus menstruasi tiap bulan dan menghitung berapa lama hal tersebut berlangsung. Panjang siklus menstruasi dihitung dari hari 1, yaitu hari pertama Anda menstruasi, sampai hari terakhir, yaitu hari sebelum periode menstruasi selanjutnya dimulai.



Karena panjang siklus Anda dapat sedikit berbeda dari bulan ke bulan, sebaiknya Anda mencatatnya selama beberapa bulan untuk mengetahui rata-ratanya. Setidaknya Anda tahu cara menghitung masa subur Anda selama delapan bulan jika memungkinkan.



2. Hitung perkiraan masa subur wanita



Tahap selanjutnya dalam menghitung masa subur wanita, yaitu dengan cara mencari siklus terpanjang dan siklus terpendek dari siklus menstruasi Anda setiap bulannya. Setelah itu:




  • Kurangi 18 hari dari siklus terpendek Anda. Ini adalah hari pertama Anda memasuki masa subur. Misal, siklus terpendek Anda adalah 25 hari, maka hari pertama masa subur Anda adalah hari ke 7 setelah hari pertama menstruasi.

  • Kurangi 11 hari dari siklus terpanjang Anda sebagai hari terakhir masa subur. Sebagai contoh, siklus terpanjang Anda adalah 29 hari, maka hari terakhir masa subur wanita adalah hari ke 18 setelah hari pertama menstruasi.



Berhubungan seks di antara waktu tersebut (antara hari ke 7-18 setelah menstruasi) merupakan kesempatan terbaik Anda untuk cepat hamil. Waktu ini mungkin akan berbeda-beda tiap individu. Lalu, tunggu apalagi? Silakan coba menghitung masa subur Anda dengan cara yang Anda rasa tepat.



Tanda-tanda wanita memasuki masa subur



Jangan khawatir, jika Anda kesulitan memperkirakan masa subur dengan cara menghitung siklus menstruasi. Ada cara lain untuk menghitung masa subur wanita, yaitu dengan mengetahui tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh.



Tanda-tanda Anda sedang mengalami ovulasi, yaitu:



1. Suhu tubuh basal sedikit naik



Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung masa subur adalah memerhatikan perubahan suhu basal tubuh Anda sendiri.



Suhu tubuh basal merupakan suhu tubuh pertama di pagi hari, sebelum Anda beranjak dari tempat tidur. Sehingga, Anda disarankan untuk mengukur suhu tubuh basal ini sebelum Anda bangun dari tempat tidur. Jika Anda beranjak dari tempat tidur dan mengukur suhu tubuh setelah itu, mungkin suhu tubuh berubah dan ini bukan merupakan suhu tubuh basal. Rata-rata suhu tubuh basal berkisar antara 35,5 – 36,6°C.



Suhu tubuh basal bisa berubah mengikuti kadar hormon dalam tubuh. Saat tubuh melepaskan sel telur, hormon tubuh bisa berubah dan ini memengaruhi suhu tubuh basal. Suhu tubuh akan naik sedikit, biasanya kurang dari satu derajat, dan akan tetap tinggi sampai periode menstruasi dimulai.



Jika suhu tubuh Anda naik sedikit, sekitar 0,4-0,8°C dari suhu biasanya, mungkin tubuh sudah melakukan ovulasi dalam 12 sampai 24 jam terakhir. Jika Anda mencatat suhu tubuh basal Anda setiap hari, Anda mungkin bisa melihat perubahan suhu tubuh basal setiap hari. Ini bisa membantu Anda dalam memperkirakan kapan tubuh ovulasi.



Sebaiknya gunakan termometer basal tubuh. Termometer ini lebih sensitif daripada yang standar dan akan menunjukkan perubahan suhu yang lebih rendah beberapa derajat.



2. Perubahan pada lendir serviks (cairan dari vagina)



Cara lain untuk menghitung masa subur wanita adalah dengan melihat perubahan lendir pada serviks (mulut rahim). Hormon-hormon yang mengontrol siklus menstruasi dapat memengaruhi lendir serviks. Tepat sebelum dan selama ovulasi, terjadi perubahan jumlah, warna, dan tekstur lendir. Hal ini membuat tubuh lebih mudah dan lebih siap hamil.



Selama masa ovulasi, lendir pada mulut rahim Anda akan memiliki tekstur yang lebih elastis, transparan, dan licin, seperti putih telur. Tekstur yang seperti ini dapat membantu sperma berenang untuk mencapai sel telur Anda. Saat tekstur lendir pada mulut rahim seperti ini, artinya Anda berada pada masa subur.



Berikut ini merupakan pola tekstur lendir pada mulut rahim yang umum terjadi pada banyak wanita:




  • Mendekati masa ovulasi: lendir lebih lengket, lebih banyak dikeluarkan, berwarna keruh, seperti keputihan

  • Selama masa ovulasi: lendir basah, licin, elastis, dan transparan, seperti putih telur. Ini biasanya berlangsung 3 atau 4 hari, yaitu saat Anda memiliki kemungkinan besar untuk hamil.

  • Setelah ovulasi: lendir lebih kering dan lebih sedikit dikeluarkan



Namun, terdapat beberapa hal lain yang dapat memengaruhi tekstur lendir pada mulut rahim Anda, seperti infeksi vagina atau penyakit menular seksual, gairah seks, dan penggunaan pelumas selama berhubungan seksual.



3. Perubahan ketegangan mulut rahim



Selain menghitung masa subur bagi wanita dengan cara tertentu, Anda mungkin bisa memprediksinya dengan cara ini. Perlu Anda ketahui, selama ovulasi mulut rahim akan terasa lebih lembut, lebih tinggi, dan lebih terbuka. Ini membuat kesempatan sperma untuk masuk ke dalam leher rahim dan membuahi sel telur lebih besar.



Perubahan pada kondisi mulut rahim yang biasanya dan yang sedang mengalami masa ovulasi mungkin sulit untuk dibedakan. Sebagian besar wanita membutuhkan beberapa waktu untuk dapat membedakan antara kondisi mulut rahim yang normal dan kondisi mulut rahim yang sedang mengalami perubahan selama ovulasi.



Anda mungkin harus memeriksa mulut rahim Anda setiap hari dengan menggunakan satu atau dua jari untuk menemukan perbedaan tersebut.



4. Tanda-tanda lain



Selain tanda-tanda di atas, terdapat tanda-tanda lainnya yang bisa menunjukkan bahwa tubuh Anda berada pada masa subur sebagai seorang wanita, yaitu:




  • Kram atau nyeri ringan pada salah satu sisi panggul

  • Nyeri pada payudara atau payudara terasa lebih lembut

  • Perut terasa kembung

  • Keputihan semakin banyak dikeluarkan

  • Gairah seks meningkat

  • Merasa lebih seksi

  • Aroma tubuh lebih baik



Kapan masa tidak subur wanita?



Masa paling subur wanita adalah lima hari setelah ovulasi dan satu hari sesudahnya. Hal ini karena sel telur hanya bertahan selama kurang lebih 24 jam setelah dilepaskan. Setelah itu, sel telur tidak bisa dibuahi, sehingga Anda memasuki masa tidak subur pada saat ini. Masalahnya, tidak ada yang tahu kapan pastinya ovulasi terjadi.



Umumnya pada wanita dengan siklus menstruasi 28 hari, ovulasi terjadi sekitar hari ke 14 pada siklus menstruasi, seperti kata Michele Hakakha, M.D., seorang dokter obstetri dan ginekolog, dilansir dari Parents.com.



Jika pembuahan tidak terjadi setelah telur dilepaskan, maka dinding rahim akan meluruh dan hal ini disebut dengan menstruasi. Biasanya, dinding rahim akan meluruh sekitar 14 hari kemudian setelah telur dilepaskan. Jadi, telur yang tidak dibuahi akan membutuhkan sekitar beberapa hari untuk menyebabkan menstruasi. Pada saat ini (antara telur sudah dilepaskan sampai menstruasi), Anda mengalami masa tidak subur.



Sederhananya, masa tidak subur adalah hari yang tidak termasuk masa subur. Jika menurut perhitungan kalender (seperti contoh di atas), masa subur berlangsung pada hari ke 7-18 setelah hari pertama menstruasi, maka masa tidak subur adalah hari selain hari tersebut pada siklus menstruasi (mulai dari hari ke 19 dan seterusnya sampai Anda menstruasi lagi).



Kemungkinan Anda hamil pada saat hari pertama menstruasi adalah hampir nol persen. Beberapa hari setelahnya, mungkin masih merupakan masa tidak subur bagi wanita. Namun jangan salah, kemungkinan Anda untuk hamil masih terbuka, walaupun kemungkinannya rendah. Kembali lagi, tidak ada yang tahu kapan ovulasi terjadi.



Setelah sel telur tidak dibuahi dan meluruh atau terjadi menstruasi, tubuh Anda kemudian akan mempersiapkan diri untuk melepaskan sel telur lagi. Sehingga, masa subur wanita kemudian akan kembali lagi dan peluang wanita untuk hamil meningkat lagi.





Sumber: New Health Advisor.



Berhubungan seks saat menstruasi, apakah bisa hamil?



Menstruasi terjadi ketika sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Menstruasi merupakan peluruhan dinding rahim (membran dalam rahim) yang terjadi hampir setiap bulan. Umumnya, menstruasi berlangsung antara tiga sampai tujuh hari.



Pada hari ketiga menstruasi, kadar hormon progesteron dan estrogen akan meningkat. Hormon-hormon ini berfungsi untuk membantu membangun dinding rahim kembali. Sekitar hari keempat menstruasi, folikel hampir matang, artinya indung telur sudah siap melepaskan sel telur kembali untuk menstruasi berikutnya. Ketika sel telur dilepaskan, artinya Anda sudah memasuki masa subur bagi wanita lagi dan berpeluang untuk hamil.



Tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari dan mengalaminya secara teratur. Anda mungkin pernah mengalami saat di mana siklus menstruasi Anda tidak teratur. Hal ini membuat peluang Anda untuk hamil setelah menstruasi menjadi sulit untuk ditebak. Pasalnya, saat siklus tidak teratur, Anda pun sulit menghitung masa subur walau sudah melakukan perhitungan dengan cara yang tepat. 



Jika Anda mengalami menstruasi selama tujuh hari dan melakukan hubungan seksual pada hari ketujuh tersebut, dan kemudian sel telur Anda dilepaskan (ovulasi) tiga hari kemudian, Anda bisa saja mengalami pembuahan dan hamil. Ingat, sperma bisa bertahan hidup “menunggu bertemu dengan sel telur” selama lima hari dalam tubuh Anda. Jadi, peluang Anda untuk hamil masih ada jika Anda berhubungan seksual saat menstruasi.



Jika Anda ingin tahu apakah Anda hamil setelah melakukan hubungan seksual, sebaiknya periksakan ke dokter. Atau, Anda juga bisa periksa kehamilan sendiri di rumah menggunakan test pack beberapa minggu setelah Anda berhubungan seksual atau saat Anda merasa telat menstruasi. Gejala-gejala kehamilan, seperti mual dan muntah, mungkin sudah muncul beberapa minggu di awal kehamilan Anda.



Tips cara cepat hamil



Mengetahui kapan kira-kira tubuh wanita mengeluarkan sel telur merupakan cara yang tepat untuk cepat hamil. Namun sayangnya, meski Anda sudah melakukan berbagai cara untuk menghitung masa subur bagi wanita, tidak ada yang tahu kapan tepatnya ovulasi terjadi. Untuk itu, selain menghitung masa subur, Anda perlu berusaha melakukan banyak cara agar cepat hamil.



Beberapa cara cepat hamil yang bisa Anda lakukan adalah:



1. Konsultasi dengan dokter kandungan bersama pasangan Anda



Di samping menghitung masa subur bagi wanita dengan berbagai cara, Anda mungkin perlu melakukan konsultasi dengan dokter kandungan bersama pasangan Anda.



Calon ibu hamil bisa berkonsultasi dan berkunjung ke dokter bersama pasangan untuk merencanakan kehamilan. Nantinya, dokter kandungan mungkin akan memeriksa kondisi tubuh Anda dan membantu melacak kapan masa subur dan masa tidak subur. 



Hal ini akan mempermudah Anda mengetahui kapan dapat melakukan hubungan seksual untuk memperoleh hamil. Selain itu, dokter bisa menyarankan apa saja yang perlu Anda lakukan agar cepat hamil.



Dokter atau bidan juga dapat membantu Anda mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan yang sehat, misalnya saja dengan menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat atau suplemen tertentu (seperti asam folat).



2. Mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat



Tidak hanya menghitung masa subur bagi wanita dengan cara tertentu, Anda juga butuh menyiapkan tubuh Anda dalam kondisi terbaik. Untuk itu, perubahan gaya hidup mungkin perlu Anda lakukan.



Seperti menjauhi asap rokok, berhenti minum alkohol, melakukan olahraga teratur, mencapai berat badan normal, dan yang paling penting adalah cukupi kebutuhan nutrisi penting sebelum hamil (seperti asam folat).



Hal ini tidak hanya disarankan untuk calon ibu hamil, tapi juga calon ayah. Pola hidup sehat penting diterapkan untuk menjaga kualitas dan kuantitas sperma, sehingga mudah untuk membuahi sel telur.



3. Cari tahu kira-kira kapan ovulasi (pelepasan sel telur) terjadi



Selain menghitung masa subur, Anda mungkin perlu mencari tahu kapan waktu Anda mengalami pelepasan sel telur. Seperti yang sudah dijelaskan, masa sekitar ovulasi merupakan masa subur wanita.



Saat itu, peluang Anda untuk hamil sangat besar pada masa ini. Untuk itu, Anda perlu tahu siklus menstruasi Anda untuk memperkirakan kapan masa subur wanita dan ovulasi terjadi.



4. Melakukan hubungan seksual secara teratur



Dengan mengetahui kapan kira-kira masa subur atau ovulasi terjadi, maka lebih mudah bagi Anda untuk merencanakan kapan harus berhubungan seksual agar sel telur tepat bertemu dengan sperma dan terjadi pembuahan.



Lakukan hubungan seksual secara teratur (setiap dua sampai tiga hari sekali) saat Anda sedang berada pada masa subur. Jika Anda tidak yakin kapan masa subur wanita terjadi, Anda mungkin bisa melakukan hubungan seks lebih sering, setiap hari selama minggu kedua dan ketiga setelah menstruasi terakhir. 



5. Melakukan beberapa tips ini setelah berhubungan seks



Jika Anda telah mengetahui masa subur pada wanita, Anda juga harus menerapkan beberapa tips di bawah ini setelah berhubungan seksual dengan pasangan.




  • Berbaring setelah melakukan hubungan intim dengan mengangkat kaki sedikit ke atas mungkin dapat membantu sperma berenang menuju sel telur. Meski beberapa orang menganggap ini hanyalah mitos, cara ini tetap bisa Anda coba.

  • Lakukan hubungan seksual sebelum tidur, karena beberapa sumber mengatakan bahwa produksi sperma tertinggi berada pada pagi hari. Namun sebenarnya tidak ada waktu yang paling baik dalam sehari untuk berhubungan seksual. Anda bisa melakukannya kapan saja.

  • Temukan posisi berhubungan seksual yang nyaman bagi Anda dan pasangan. Mungkin Anda pernah mendengar beberapa posisi berhubungan seksual adalah posisi terbaik untuk cepat hamil. Namun, semua ini hanyalah mitos. Tidak ada posisi yang terbaik agar Anda cepat hamil. 



6. Hindari stres, lakukan dengan santai dan tenang



Beberapa pasangan mungkin ada yang sampai stres untuk bisa mencapai kehamilan. Hal ini tentu tidak baik. Stres hanya akan membuat kehamilan lebih sulit untuk dicapai. Sebaiknya, jangan terlalu memikirkan berhubungan seks untuk cepat hamil, ini mungkin akan membuat beban tersendiri untuk Anda dan pasangan.



Tanda-tanda lain kehamilan yang harus diperhatikan



memberitahukan kehamilan berita kehamilan



Tidak jarang para ibu hamil tak mengira jika dirinya hamil karena terpaku dengan hanya menghitung masa subur wanita saja dengan berbagai cara. Sebenarnya ada beberapa ciri kehamilan yang dapat Anda kenali, seperti:




  • Payudara nyeri dan membengkak. Perubahan hormon pada awal kehamilan bisa membuat payudara Anda melunak, sensitif, atau sakit. Payudara Anda juga bisa terasa lebih penuh dan berat.

  • Mual, dengan atau tanpa muntahMorning sickness, yang bisa menyerang setiap saat, baik siang atau pun malam, kadang-kadang dimulai paling awal tiga minggu setelah pembuahan. Penyebab mual selama kehamilan masih belum jelas, tapi hormon kehamilan mungkin menjadi penyebabnya. Wanita hamil juga mungkin mendapati bahwa aroma yang sebelumnya tidak pernah mengganggu akan menyebabkan mual.

  • Sering buang air kecil. Anda bisa saja mendapati diri Anda buang air kecil lebih sering daripada sebelumnya.

  • Merasa lebih lelah. Rasa lelah juga menduduki peringkat tertinggi dari gejala awal kehamilan. Selama awal kehamilan, tingkat hormon progesteron melambung. Hal inilah yang dapat membuat Anda mengantuk.

  • Hilang nafsu makan atau malah mengidam. Saat Anda hamil, Anda mungkin mendadak malah tidak menyukai beberapa makanan. Mengidam juga merupakan hal yang umum. Seperti kebanyakan gejala kehamilan yang lain, keinginan makan makanan tertentu ini mungkin berhubungan dengan perubahan hormon.



Untuk mengetahui cara cepat hamil lain dan yang tepat selain menghitung masa subur bagi wanita dengan berbagai cara, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda akan mengetahui kondisi kesehatan reproduksi Anda dan pasangan secara lengkap, sehingga dapat mengetahui seberapa besar peluang kehamilan yang bisa terjadi.





Ditampilkan sebanyak : 48
Blog posted by

Untuk Bunda Yang Ingin Suaminya Berhenti Merokok


Blog posted on 12-12-2019

Teruntuk para Ayah, memang ada baiknya tidak menggunakanproduk rokok apapun. Baik itu tembakau maupun elektrik, Bagi anda para ayah

yang tidak merokok dan berhasil berhenti dari kegiatan merokok apapun. SELAMAT

ya!




Banyak sekali loh hal positif yang bisa mendorong para ayahuntuk berhenti dari kegiatan merokok apapun, selain memperkecil pengeluaran

juga faktor kesehatan orang-orang disekitar termasuk keluarga juga bisa jadi



faktor yang mendorong kita untuk berhenti.

Namun masih ada saja yang meskipun sudah tau efek negatif merokok,masih saja melakukannya karena memang sudah kecanduan. Tau gak sih yah?



Salah satu cara yang dilakukan untuk mengalihkan konsumsi akan rokok tembakau yang direkomendasikan adalah menggunakan produk rokok elektrik sebelum benar – benar berhenti.



Tapi, jangan sampe pilih produk rokok elektrik sembarangan loh yah,

karena kalau sampai salah pilih, bukannya berhenti merokok, malah jadi tambah candu. Hehehe

 

Berikut rekomendasi bagaimana cara memilih produk rokokelektrik

 

1.      Pilih Pod Vape, jangan Mod Vape





Kenapa pilih pod vape ?jawabannya karena lebih sederhana dalam penggunaannya, ayah gak perlu tuh

lilit-lilit koil, gonta-ganti kapas seperti halnya mod vape. Cukup mengganti catridge yang tinggal copot pasang.



2.      Pilih pod vape yang uapnya sedikit



Loh bukannya lebih bagus yang uapnyabanyak ya ? hmmm… kalau bertanya ke anak-anak penggemar pod memang pasti

jawabannya begitu. Namun kenapa kita harus pilih yang uapnya sedikit ? Ya karena agar tidak mengganggu orang lain di sekitar kita.



3.      Pilih yang Closed System



Bedanya closed system dan opensystem adalah, kalau closed system tidak bisa gonta ganti liquid, alias liquid

adalah bawaan dari catridge yang disediakan oleh produknya langsung. Memang sih tidak bisa coba varian rasa, namun banyak sekali liquid yang didesain untuk membuat pengguna nya kecanduan, jika ayah ingin berhenti merokok, ayah harus gunakan yang closed system



4.      Pilih yang ternama



Sekarang sedang menjamur sekaliproduk pod vape loh yah. Nah kalau bingung mau pilih merk apa, sebaiknya pilih yang sudah ternama seperti JUUL atau Smoke, contohnya seperti JUUL, selain

sudah ada lab nya tersendiri, Produk juul memang didesain sebagai alternatif rokok, tidak bikin candu .



Walaupun harga nya lebih mahal, namun dijamin

kualitasnya . Namun hati-hati, produk ternama juga banyak sekali produk

palsunya. Seperti JUUL saja terdapat 30 Perusahaan yang memalsukannya. Untuk mendapatkan produk pods yang asli, silahkan cek di rumah pods yah

 

NB: Untuk para ayah,sebaik-baiknya rokok elektrik, lebih baik tidak merokok sama sekali. Karena walaupun merokok elektrik lebih rendah resiko daripada merokok tembakau,  namun tetap saja ada resikonya. Oh iya, Rokok elektrik itu tidak direkomendasikan untuk yang bukan perokok dan mantan perokok, hanya untuk mereka yang ingin

berhenti merokok tapi kesulitan karena kecanduan.





Mudah-mudahan informasi inibermanfaat ya 

 

Baca Juga: Rokok Elektrik Bahaya? Baca Dulu Faktanya:



 

Ahli Toksikologi: "Rokok Elektrik Rendah Resiko":





Ditampilkan sebanyak : 198
Blog posted by

Bunda Harus Tahu! Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi


Blog posted on 25-04-2019

Pola makan anak penting pada masa pertumbuhan. Karena itu, penting bagi bunda untuknya memenuhi asupan nutrisi dengan jumlah yang cukup serta sehat dan higienis untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak-anak membutuhkan makanan bergizi dan juga seimbang. Namun, sebagian orang tua masih ada yang tidak mengetahuinya. Terlebih sang anak pun kurang memiliki keinginan untuk menikmati makanan yang anda siapkan baginya, dan lebih memilih untuk memakan makanan yang kurang baik dalam segi kesehatan. Dampaknya pun bisa menyebabkan pertumbuhan otak yang lambat dan juga gampang sakit. Jika ini terjadi, jangan  langsung memberinya suplemen penambah nafsu makan, Anda bisa memberikan makanan sehat untuk bayi yang sudah dimodifikasi bentuknya supaya si anak akhirnya mau memakan sajian yang bunda siapkan bagi dirinya.



Ada beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk sang anak agar memudahkannya untuk belajar sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya.




  1. Minyak ikan



Beberapa jenis asam lemak tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh sehingga perlu diperoleh melalui makanan. Lemak adalah kompenen utama otak dan sebagian besar otak terdiri dari asam lemak yang dapat memainkan peran penting dalam fungsi otak.



Aneka jenis ikan seperti salmon, tuna dan sarden kaya akan minyak ikan. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak bisa meningkatkan kinerja anak-anak dengan disleksia, dyspraxia dan gangguan perhatian defisit.




  1. Susu dan produk olahannya



Susu mengandung tinggi kalsium, protein dan beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk anak dan juga kaya akan protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil. Karena kandungan gizinya, Anda bisa memberikan susu ataupun keju setiap hari.




  1. Wortel



Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk penglihatan. Wortel juga mengandung betakaroten yang dapat melindungi selaput lendir dan mencegah infeksi bakteri. Wortel bisa dimasukkan ke dalam jus, cake atauun sup. Mata yang sehat tentu bisa mendukung proses pembelajaran anak.




  1. Whole grain



Anak-anak diusia sekolah sedang aktif berolahraga dan bermain. Mereka perlu mengonsumsi karbohidrat untuk menjaga kebutuhan energinya. Roti gandum dan biji-bijian bisa diberikan secara rutin pada anak. Memiliki kandungan serat yang tinggi, tentu pencernaan si kecil akan lebih optimal.




  1. Kacang kacangan



Kacang mengandung vitamin, karbohidrat, lemak dan juga antioksidan yang diperlukan untuk pertumbuhan mental dan fisik. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, mete dan pistachio yang kaya akan fitonutrien dan zat besi bisa mencegah penyakit kritis.



Bahan makanan ini bermanfaat untuk pembangunan kesehatan mental, pertumbuhan fisik lengkap dan melindungi tubuh dari polusi dan racun.




  1. Buah buahan



Setiap buah memiliki warna, rasa, tekstur dan kandungan nutrisi yang berbeda. Buah-buahan memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan energi dan sistem imunitas.



Pisang dan kiwi bisa jadi pilihan. Pisang mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Pisang bisa dijadikan sebagai makanan camilan yang membantu mempertahankan energi dan konsentrasi si kecil sepanjang hari. 



Sedangkan kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan sehingga si kecil bisa lebih fokus berkonsentrasi dan tidak mudah lelah.





Ditampilkan sebanyak : 412

Comment by:
Jangan Sakit lagi ya sayang...
Dikirim : 2008-10-15

Comment by:
ihhh Dede Niswa yang cantikk udah sembuh ya sayang... tante doain yah biar sehat2 selalu n jadi anak yg pinter,solehah berbakti sm mami n papinya. n salam untuk mami n papinya ya..
Dikirim : 2008-10-14
 page  1  2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
degulwocke's blog :