SITE STATUS
Jumlah Member :
507.978 member
user online :
227 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Menyusui



Blog posted by

Menyusui


Blog posted on 23-07-2013
  Menyusui ?????
Ga pernah terlintas dalam benak saya kalau menyusui itu ternyata tidak segampang yang aku pikirkan.

Sejak hamil aku tidak terlalu fokus mencari tau tentang menyusui, pokoknya gampang lah itu, orangtua aku aja ga pernah mengeluh tuh, itu yang ada dibenak saya.

Perjuangan pun dimulai sejak melahirkan, sejak awal aku pengen Inisiasi Menyusui Dini (IMD), tapi ga jadi dengan alasan anak saya divakum jadi harus masuk inkubator dulu.Aku nurut aja yang penting anakku selamat.

Hari kedua pulang kerumah anak saya tetap saya susuin dan ngenyotnya kuat cuma asi belum keluar.

Karena pelekatan yang kurang bagus ahirnya PD pun lecet.

Hari ketiga asi pun belum keluar juga, anak saya pun udah mulai malas ngenyot, pipis pun udah berkurang dan maunya tidur mulu, saya kasih sufor dia menolak.

Aku mulai panik takut anakku dehidrasi, ahirnya hari ke empat anakku aku bawa ke DSA dan langsung di suruh rawat inap.

Aku nangis - nangis ngebayangin harus pisah dari anakku, baru 2 malam tidur bareng sudah harus pisah, mana ga boleh ditungguin lagi karena ruangannya khusus bayi.

Pulang dari RS saya langsung  beli breast pump, dan puji Tuhan asi saya pun keluar yang kolostrum, saya seneng banget meskipun 2 jam mompa cuma dapat 20-40 ml tapi saya bersyukur banget.

Coba dari awal asi saya keluar pasti anak saya ga masuk RS. Setiap hari saya ke RS bawa Asi Perah (ASIP). Di RS anak saya sempat dikasih selang kelambung buat minum susu karena dia malas minum dari dot.

2 malam nginep di RS ahirnya anak saya pun boleh pulang. Betapa bahagianya hati saya.

Saya langsung kasih anak saya nyusu tapi dia menolak, kebetulan put*ng saya yang kiri kecil dan yang kanan datar. Saya cari-cari info di google ternyata anak saya bingung put*ng. Ahirnya saya mompa asi tiap 2 jam buat dikasih ke anak saya, tapi sebelum saya kasih dot, saya coba kasih asi langsung, kalo udah nangis baru saya kasih dot. Saya sampai ga bisa tidur karena waktunya habis buat merah asi.

Saya sudah mulai pasrah dan mulai berpikir memberi anak saya sufor karena saya sudah mulai bosan nawarin anak saya minum asi langsung karena selalu nolak, tp Tuhan itu Maha Baik, suatu malam suami saya nyuruh saya ngasih asi langsung dan ternyata anak saya mau, dan rasanya bahagia banget meskipun put*ng makin lecet dan sakitnya luar biasa, suami saya kasian sama saya dan minta untuk sementara dipompa lagi. Saya ikutin saran suami saya sambil nyari info obat lecet dan ternyata obatnya adalah sering2 diolesi asi.

Saya kembali menyusui anak saya meskipun sakitnya luar biasa, sebelum dan sesudah menyusui saya perah asi sedikit kemudian diolesi. Lama kelamaan ahirnya sembuh  juga :D .

Ahirnya persoalan menyusui selesai juga tapi yang jadi masalah bagaimana nanti jika saya bekerja, anak saya ga mau minum sufor, ahirny mulai lah bikin stock ASIP, diawal-awal masih males2an nyetok tp lama-lama karena produksi asi semakin banyak ahirnya merah minimal 2 kali sehari karena jika ga diperah pasti merembes dibaju.

Selama saya cuti 3 bulan saya nyetok 60an botol asip meskipun isinya bervariasi 20-150ml, tapi tetap saya simpan di freezer.

Saat ini dikantor pun saya tetap merah karena saya mau anak saya asi eksklusif. Saya semakin semangat memberi asi sama bayi saya sejak ikut grup TATC (Tambah Asi Tambah Cinta ) dan AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). Pokoknya anak saya, saya beri asi minimal 2 tahun.

Hal yang saya dapat setelah gabung di group adalah :

- menyusui itu harus keras kepala, pokoknya saya bisa dan bisa

- produksi asi itu sesuai dengan permintaan, semakin sering disusui asi akan semakin banyak

- tidak ada yang namanya pelancar asi (obat2an (padahal aku sempat beli pelancar asi sebulan 200ribuan hahahaha), daun katuk dan yang lainnya yang disebut-sebut bisa memperbanyak asi), produksi asi ada karena hormon prolaktin dan oksitosin kl yang lainnya hanya membantu, dan intinya tetap menyusui harus dengan keras kepala

- komposisi asi selalu berubah sesuai dengan kebutuhan bayi, kalo yang lainnya paling berubah 3-4 bln kemudian.

- apapun yang kita makan asi tetap bergizi karena mengambil sari2 makanan dari tubuh ibu kecuali kita kurang gizi heheheheh.

- setiap ibu bisa menyusui meskipun put*ng datar atau tenggelam, yang penting rajin cari info atau kunjungi klinik laktasi

 

Pokoknya asi is the best karena IMUN IS ASI

 

Hidup asiiii



Ditampilkan sebanyak : 1574

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
agriani's blog :