SITE STATUS
Jumlah Member :
508.453 member
user online :
1189 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Arti nama Muhammad Rafif Sava Adyvka



Blog posted by

Arti nama Muhammad Rafif Sava Adyvka


Blog posted on 07-11-2007
Assallamualikum Wr. WB

Anda kenal sahekspeare?? ....ah saya tulis rupanya seharusnya adalah shakespeare….toh bagi dia mungkin ini tak berarti...karena ”toh apalah arti sebuah nama”

Tetapi penamaan, di dalam Islam mendapat perhatian yang cukup besar. Karena nama merupakan identitas diri dan sarana untuk saling memahami dalam berkomunikasi dengan orang lain. Nama, bagi seorang bayi yang dilahirkan merupakan hiasan, tumpuan dan sekaligus syi'ar yang dengannya ia dipangggil ketika di dunia maupun di akhirat. Sehingga Rasulullah saw sering mengganti nama seseorang yang baru masuk Islam, jika sebelumnya nama orang tersebut tidak baik di dalam pandangan Islam.

Bahkan sebenarnya secara logika dan perasaan saja, pendapat shakespeare diatas akan terbantahkan, bahwa nama adalah sesuatu yang penting. Contoh sederhana, apakah anda sebagai manusia yang diciptakan oleh Allah SWT secara sempurna mau dipanggil dengan sebutan yang buruk????

”Hai Kambing...ke sini doong !!!”

Pasti perasaan orang tersebut akan tersinggung, bahkan marah. Dan terlebih lagi mustinya kalaupun dia mau datang tentu saja akan disahut

”Mbeekkk...bentar ye....”

Kemudian nama juga adalah sebagai dan ciri / identitas lain dan merupakan pembeda dengan benda / sesuatu yang lain. Contoh sederhana.....kita memakan sebuah jeruk....bukan jeruk makan jeruk loh.... kemudian ada teman kita yang bertanya

”lagi makan apa mas??”

Apakah akan kita jawab......

”makan ini nih...benda bulat yang warnanya kuning dan rasanya manis”....

Tentu akan menyulitkan dan bisa membawa perbedaan persepsi oleh teman kita...toh benda bulat yang warnanya kuning dan rasanya manis, bukan hanya jeruk....

Beberapa masalah Seputar Nama (http://www.usahamulia.net)

Nama, yang dalam bahasa Arabnya adalah ism, menurut sebagian orang merupakan bentukan dari kata wasm yang berarti tanda ('alamah). Maka dengan nama seseorang dapat diketahui dan dia menjadi tanda bagi yang bersangkutan. Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman :

“Hai Zakariya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.” (QS. 19:7)

Sebagian yang lain mengatakan bahwa ia berasal dari kata as sumuw yang berarti tinggi. Maka nama adalah merupakan tanda yang menggambarkan ketinggian atau kaluhuran seseorang yang memiliki nama tersebut.

Nama adalah sesuatu yang pertama didapat oleh seorang bayi yang terlahir, merupakan ciri spesifik yang membedakan dia dengan orang lain. Nama adalah yang pertama dilakukan seorang ayah terhadap bayi sebagai tanda pewaris dan penerus regenerasi. Nama juga merupakan sarana pertama bagi manusia untuk terjun di kancah masyarakat.

Nama meskipun hanya sesuatu yang bersifat maknawi tetapi memiliki nilai yang amat tinggi melebihi materi. Sehingga orang akan lebih menjaga nama daripada hartanya, jangan sampai namanya direndahkan, ditentang atau dimusuhi.

Waktu Pemberian Nama

Ada tiga waktu yang disunnahkan dalam memberikan nama anak, yaitu:

* Memberi nama bayi pada saat dia dilahirkan.
* Memberinya nama dalam masa tiga hari setelah kelahirannya.
* Memberi nama pada hari ke tujuh dari kelahirannya.

Perbedaan ini masuk dalam kategori tanawwu' (variasi), sehingga kita dapat memilih mana saja yang kita kehendaki, alhamdulillah.

Memilih Nama Yang Baik

Seorang ayah wajib memilihkan nama yang baik untuk anaknya, dari segi lafal maupun maknanya, serta masih dalam koridor syara'. Diantara ciri nama yang baik adalah: Indah, sejuk di lisan, enak didengar, mengandung makna yang mulia dan sifat yang benar dan jujur, jauh dari segala makna dan sifat yang diharamkan atau dibenci agama seperti nama asing yang tak jelas, tasyabbuh dengan orang kafir serta segala yang memiliki arti buruk.

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan, "Merupakan hak seorang anak terhadap ayahnya adalah memilihkan untuknya ibu yang baik, memberinya nama yang baik dan mewariskan kepadanya adab (pendidikan) yang baik."

Tips memberi nama (http://www.infoibu.com)

Dibawah ini beberapa tips yang sebaiknya anda pertimbangkan sewaktu memilih dan menentukan nama bayi anda:

* Indah di dengar dan serasi. Pilihlah nama yang terdengar indah sewaktu diucapkan dan serasi dengan nama keluarga anda, bila anda menggunakan nama keluarga dibelakang nama yang akan anda pilih.
* Unik , Memilih nama yang unik tetap ok asalkan tetap indah didengar, serasi dan mudah diucapkan. Unik tidak berarti menjadi nama yang terdengar aneh atau sulit diucapkan.
* Makna Positif , dalam kehidupan. Memilih nama yang mengandung makna dan arti yang positif untuk kehidupan, ini salah satu yang penting, jangan memberi nama yang mengandung arti dan makna buruk. Ingat nama ini akan dibawa selamanya oleh anak anda
* Nama panggilan yang mudah, pilihlah nama yang mudah untuk mengambil nama singkat atau panggilan sehari-hari.
* Pengucapan Yang Mudah. Pilihlah nama yang mudah untuk diucapkan.
* Memilih nama bagi anak laki dan perempuan, Pertimbangkn untuk memilih nama yang menunjukkan jenis kelamin yang jelas.


Tampunglah semua ide-ide nama yang ada dengan suatu daftar list, bisa dari majalah, tv, atau keluarga dan teman anda. Sebaiknya JANGAN memberitahu dahulu keputusan nama yang akan anda berikan kepada siapapun sampai kelahiran si kecil anda. Dan JANGAN membiarkan siapapun memaksa anda untuk memberikan nama yang anda tidak suka.

Yang terpenting sewaktu anda berdua memilih dan memutuskan nama bayi anda adalah bahwa anda berdua menyukainya.!


Kisah Pemberian Nama M. Rafif S.A

Awalnya memang sempat diniatkan mau mencari 2 nama untuk laki-laki dan perempuan sebagai persiapan. Karena meski saya mengingkan anak pertama adalah laki-laki sedangkan bunda sebaliknya. Apalagi jika hal ini ditanyakan kepada si kecil selalu dijawab dengan gerakan-gerakan kecilnya dalam perut bunda.

”Nak, kalau...kamu jawab iya..gerak ya.....” Begitu canda saya kepada buah hati kami kala itu.

”Ini anak wowok atau anak wewe’........”

“anak wowok kan?”

“Duk…” Gerakan menonjol di perut pun keluar dengan gesitnya

Namun begitu ditanakan kembali....

”apa anak wewe’.....?”

”duk...” Lagi-lagi bayi ini merespon pertanyaan kami dengan gesitnya..

He2...he2...kami pun tertawa melihat bagaimana aktifnya si Rafif di kala itu.

Namun meranjak usia kandungan yang semakin besar di usia kehamilan ke 28 atau sekitar 7 bulanan pemeriksaan USG pun dilakukan. Bahkan sebelum USG kami pun sempat berpesan kepada Rafif

”Nak, kalau nanti wowok...tunjukkan ya nak...”

Dan memang hasil USG menampakkan bahwa anak kami adalah laki-laki....

(Tampak jelas di jasil scan alat kelamin pria / penis si Rafif saat dokter menunjukkannya......sampai-sampai bunda jadi ga enak sama dokter Isrin.....)


Setelah mengetahui hal ini maka searching nama pun kami lakukan.
Dari beberapa penemuan di Internet saya menemukan 2 kata bagus yaitu
Rafif dan Sava , dan dari perundingan nama dengan bunda muncullah nama adyvka.

Dari segi tips dan kajian diatas maka :

* Indah di dengar dan serasi. Akhirnya terangkailah sebuah nama untuk anak lelaki kami yaitu Muhammad Rafif Sava Adyvka. Serasi dan enak juga kan?
* Unik , Nama rafif memang jarang dipakai di lingkungan kami, sementara kata adyvka dengan huruf V adalah unik. Kata yang sebenarnya melambangkan a = anak, dy = dedy, v= love, dan ka = ika atau diartikan menjadi buah cinta kedua orangtuanya. Sedangkan sava dipilih karena unik dan juga hampir mirip dengan julukan pemain bola terkenal dari ukraina Anri Shevchenko yang dipanggil Sheeva
* Makna Positif , muhammad yang berarti adalah pengikut nabi / rasul serta Kata Rafif (bahasa arab) yang berarti anak sholeh dan Sava (bahasa ibrani) yang berarti ketenangan
* Nama panggilan yang mudah,Nama Rafif adalah panggilannya. Meski dalam canda dan guyon saya senang dengan sebutan mas Pipip. ^ - ^
* Pengucapan Yang Mudah. Meski banyak huruf R-nya, InsyaAllah tidak akan keseleo lidahnya mengucap kata Rafif .
* Memilih nama bagi anak laki dan perempuan, Jelas kata Muhammad melambangkan jenis laki2 meski nama Rafif juga kuat melambangkan nama lelaki. Meski demikian kalau dilihat fotonya saat memakai kudung wajahnya masih agak mirip wanita tetapi saat rambutnya dibuka. Subhanallah…jelas Aura lelaki nampak terasa……Alhamdulillah……

Akhirnya, Nama ini memang sesuai untukmu anakku….

Allah telah memberikan yang terbaik untukmu dan bagi keluarga kita

Allah telah menjadikan kamu sebagai pengikut nabi Muhammad junjungan kita

Allah pula telah menjadikanmu anak yang sholeh (Rafif) yang insyaAllah menjemput kami di taman surga

Dan Allah pula telah menjadikan engkau sebagai penenang (Sava) bagi keluarga dan tenang pula di tidur panjangmu, anakku

Tapi engkau memanglah buah cinta kami (Adyvka)yang indah

Robbana hablana min audzwajina wadjurri yyatina kurrata a’yun. Waaja’alna lil muttaqiina imamaan.

"Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (Kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Aamiin

Wassallam

dedy

Blog belongs to group

IBU MUDA

2759 Member(s)


Ditampilkan sebanyak : 5067

Comment by:
Nama yang indah....lam kenal ya om dari Farsya (Arinda Farsya Arasy)...banyak r nya juga lho om....
Dikirim : 2007-11-07

Comment by:
Nama anak itu kan doa orang tua, jd emang ga boleh asal-asalan ya...
Dikirim : 2007-11-07

Comment by:
sungguh nama yang Indah, dan sangat kreatif. Nama anak saya : Pandu Putra Pradana ? unik gak? biasa saja ya pak..? hhehe
Dikirim : 2007-11-07

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
ir_dedysubandi's blog :