SITE STATUS
Jumlah Member :
485.568 member
user online :
1995 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

KB untuk tunda kehamilan

   

KB untuk tunda kehamilan
Oleh :


siang dok sy menikah br 2 bln, sy dan suami memutuskan utk menunda mempunyai momongan sy menggunakan alat kontrasepsi pil dok yg mau sy tnyakan, apa saja efek jangka panjang pil kb dok?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear bunda,


Pil KB yang umumnya dapat ditemui di apotik adalah pil KB yang mengandung kombinasi antara hormon progestin dan hormon estrogen maupun hanya hormon progestin tunggal saja. Pil KB hormonal kombinasi pada umumnya tidak mempengaruhi siklus menstruasi, karena pada 7 hari tidak meminum pil KB tersebut maka akan terjadi perdarahan atau dianggap sebagai menstruasi. Sedangkan penggunaan pil KB hormonal tunggal, dapat terjadi gangguan atau ketidateraturan siklus menstruasi, pada umumnya pil ini digunakan oleh ibu menyusui (Pil KB laktasi).
Pada pil KB kombinasi, pada umumnya kesuburan dapat segera kembali terjadi bila sudah tidak lagi meminum pil tersebut.
Cara meminum pil Kb kombinasi, apabila dalam kemasan disertai 21 pil KB berisi hormon dan 7 pil tablet salut gula tanpa hormon, maka jika Anda meminum setelah haid selesai, mulailah dengan salah satu dari 21 pil KB yang mengandung hormon. Gunakan petunjuk nama hari pada kemasan  untuk disesuaikan dengan hari saat Anda meminum pil tersebut. Apabila anda memulai minum pil KB sejak hari pertama menstruasi, maka gunakan pil salut gula (salah satu dari 7 pil tanpa hormon) pada kemasan pil KB tersebut. Pada saat meminum 7 tablet salut gula, akan timbul perdarahan atau menstruasi. Lanjutkan meminum pil hormonal kemasan baru setelah tablet salut gula ke-7 meskipun perdarahan masih terjadi. Untuk Bunda yang baru pertama kali meminum pil KB, sebaiknya menggunakan pengaman kondom dalam berhubungan intim selama 7 hari pertama untuk memberikan kesempatan efek kontrasepsi bekerja dengan baik.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman