SITE STATUS
Jumlah Member :
496.231 member
user online :
1568 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kematian Mudigah pada janin

   

Kematian Mudigah pada janin
Oleh :


Selamat pagi Dokter.. maaf ada hal yang ingin saya tanyakan pada dokter. Dok, 3 bulan lalu saya mengalami keguguran karena janin saya yang berusia 8 Minggu mengalami Kematian mudigah. Sebenarnya apa penyebab dok? dan apa yang harus saya lakukan pasca kurtase tersebut, terkait pemeriksaan kesehatan (apa saja yang harus saya cek?) atau tips agar saya dapat segera hamil kembali. Terima kasih banyak dokter sebelumnya, salam kenal dari saya, Sifa.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda
Penyebab tidak berkembangnya janin juga kematian mudigah pada umumnya sulit diketahui penyebab pastinya. Hal yang diduga dapat menjadi penyebab kejadian ini adalah seperti adanya kelainan pada ovum (sel telur) ibu, adanya kelainan pertumbuhan hasil konsepsi seperti kelainan kromosom, pengaruh dari luar (obat-obatan, radiasi, infeksi dan lain-lain), pengaruh usia lanjut, mal nutrisi, adanya penyakit lain dan lain-lain. 

Untuk langkah selanjutnya, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Bunda mengenai perencanaan kehamilan yang berhubungan dengan kondisi Bunda dan riwayat kehamilan Bunda. Bila diperlukan, kemungkinan dokter dapat merujuk Bunda pada bagian fetomaternal. Fetomaternal merupakan cabang atau subspesialis dari ilmu Kebidanan dan Kandungan yang dapat membantu memeriksa ataupun menangani kasus yang berhubungan dengan janin dan ibu hamil ketika dalam kehamilan, persalinan dan nifas. Bagian fetomaternal akan memeriksa dan membahas lebih dalam mengenai kelainan-kelainan yang dialami oleh janin dan ibu hamil.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman