SITE STATUS
Jumlah Member :
481.915 member
user online :
2631 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

KAPAN BISA HAMIL SETELAH TERKENA VIRUS RUBELLA

   

KAPAN BISA HAMIL SETELAH TERKENA VIRUS RUBELLA
Oleh :


DOK', SY MAU TANYA 2BLN KEHAMILAN KU WKTU BLN DESEMBER TGL 27 SY HABIS KURET TERKENA VIRUS IGG RUBELLA,IGG CMV,IGG TOXOPLASMA.. DOKTER SY SARAN KAN PROGRAM HAMIL 6BULAN SETELAH DI KURET.. MENURUT DOKTER BISA GAK SY PROGRAM HAMIL SETELAH 3 LN KURET? APA AMAN GAK DOK'? APA HARUS SY KE LAB LAGI PERIKSA TORCH? THANKS
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
   Pemeriksaan Immunoglobulin baik G ataupun M pada pemeriksaan Toxoplasmosis dan Rubella dapat membantu untuk mengetahui waktu terjadinya infeksi. Pada infeksi Rubella, IgM yang dapat terdeteksi sampai pada masa puncaknya 7-10 hari setelah terjadinya infeksi dan akan mulai menurun kemudian tidak terdeteksi. Sedangkan IgG pada rubella mengindikasikan bahwa infeksi tersebut terjadi di masa lampau, dan nilainya mungkin akan menetap dalam jumlah yang tidak tinggi sepanjang hidup.
   Pada infeksi toxoplasmosis, IgM juga mengindikasikan adanya infeksi yang baru terjadi, IgM terdeteksi 1-2 minggu setelah infeksi kemudian bertahan sampai beberapa bulan (3-4 bulan) lalu menurun dan menghilang. Sedangkan IgG akan mengindikasikan infeksi di masa lampau, kadar IgG akan meningkat 6-8 minggu setelah terjadinya infeksi, akan menetap tinggi bahkan sampai bertahun-tahun kemudian turun sampai nilai yang rendah namun tidak menghilang sepanjang hidup.      Bila ibu hamil terkena infeksi (infeksi masa kini yang aktif terjadi) rubella dan toxoplasmosis, maka dapat menganggu kehamilan seperti terjadi keguguran ataupun terjadi cacat pada janin saat lahir. 
    Sebaiknya Bunda mengikuti nasihat dokter yang memeriksa Bunda bersangkutan dengan pemeriksaan ulangan maupun perencanaan kehamilan berikutnya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman