SITE STATUS
Jumlah Member :
499.993 member
user online :
936 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Diskusi Bersama Dokter

ASI Mampet setelah di pompa

New Topic :  
14-10-2015 17:57:27 ke: 1
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Dok, saya mau tanya ..
Saya punya teman yang melahirkan prematur, karna babynya di inkubator, maka dia terpaksa harus memompa ASI-nya untuk di berikan ke babynya,. Tapi setelah 3 bulan, ASI-nya mampet karna sering di pompa.
Pertanyaan saya :
1. Apa penyebab ASI mampet tersebut? Bukankah semakin banyak di hisap baby dan di pompa ketika ASI penuh, produksi ASI akan meningkat?
2. Faktor apa saja yang mempengaruhi lancarnya ASI dan mampetnya ASI?

Terima Kasih :)
   
19-10-2015 14:05:36 ke: 2
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Mungkin dapatditanyakan kembali kepada dokter yang memberikan keterangan tersebut karena beliau yang memeriksa teman Bunda mengenai ASI dan keadaan Bunda tersebut. Namun pada umumnya yang terjadi adalah, jika ASI dikeluarkan baik di susukan maupun diperah maka rangsangan untuk produksi ASI akan tetap terjadi meskipun gerakan mulut bayi dalam menghisap ASI merupakan rangsangan yang terbaik untuk memberikan sinyal dalam memproduksi ASI.

ASI akan keluar apabila ada rangsangan secara fisikal dan psikologi pada ibu. Untuk merangsang secara fisikal, tetap berikan puting susu ibu kepada bayi agar gerakan menghisap dapat merangsang syaraf pada daerah payudara untuk memproduksi hormon yang nantinya juga merangsang produksi ASI, dan tanamkan pada pikiran ibu bahwa secara rileks susu akan keluar demi terpenuhi nya nutrisi bayi anda. Berikan suasana nyaman dan tenang kepada ibu ketika sedang menyusui, sehingga ibu dapat berkonsentrasi dalam pemberian ASI. Pijat payudara ibu dengan gerakan memutar dan lembut.

Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: • Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda. • Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda.  Ada pendapat yang menyarankan menghentikan menyusui sebelum bayi benar-benar kenyang karena salah satu faktor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI (namun hal ini tergantung dari pola menyusui bayi anda, masing2 bayi memiliki kebiasaan yang berbeda). • Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI. • Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilan anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.

Pada kasus teman Bunda. apakah memeras ASI nya dilakukan secara rutin? agar ASI di produksi terus menerus maka memerasnya harus rutin.

   
22-10-2015 10:07:42 ke: 3
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
suplemen/vitamin yg dpt mmperbnyak asi contohnya apa dok.???
   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda