SITE STATUS
Jumlah Member :
484.373 member
user online :
2256 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bayi

Faktor apa Saja yang Jadi Penyebab Tersedak?

New Topic :  
15-09-2014 12:02:08 ke: 1
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Jika si bayi tersedak, biasanya dia akan batuk untuk mengeluarkan sesuatu yang menghalangi pernafasannya dan muntah secara refleks. Sebenarnya apa sih faktor penyebab bayi bisa tersedak?

  • Salah menyusui

Harusnya saat menyusui, posisi kepala bayi lebih tinggi dari badan atau perutnya. Ini maksudnya agar cairan yang masuk gak keluar lagi dan jadi ganggu jalannya pernafasan. Nah jika bayi disusui dalam posisi miring, kemungkinan bisa tersedak dan muntah. Tapi muntahannya itu bukan dari mulut atau hidung, melainkan telinga dan ini bisa mengakibatkan radang telinga. Akan lebih baik jika saat memberikan ASI atau susu, tegakkan sedikit tubuh bayi.

  • Dipaksa minum susu pas tidur

Bunda, saat bayi dalam keadaan tidur, refleks menelannya gak bagus. Jadi kalau bunda tetap memaksakan dia minum susu saat dia masih tidur, bayi bisa tersedak. Tenang saja, jika dia lapar atau haus, dia akan menangis dengan sendirinya. Jadi, jangan paksa bayi minum susu saat dia masih terlelap.

  • Air liur sendiri

Bisa jadi si bayi tersedak karena air liurnya sendiri saat dia tidur. Sebabnya air liur bayi yang kental karena kurangnya cairan. Nah jika air liurnya agak cair, kemungkinan tersedaknya juga kecil.

  • Tidak sendawa dengan baik

Kalau si bayi terus menerus diberi makan atau minum tanpa disendawakan dengan baik, si bayi bisa tersedak. Karena pemberian makan dan minum dengan cara seperti itu ganggu jalan pernafasan si bayi. Jadi, untuk mencegah tersedaknya bayi, sebaiknya beri makan sedikit demi sedikit saja dan sendawakan si bayi untuk membantu melancarkan jalannya makanan.

  • Faktor kelainan bawaan

Ada juga selain ke-4 faktor tadi, bayi bisa tersedak karena faktor kelainan bawaan, terutama jika berkaitan dengan refleks menelannya. Jika ini jadi penyebabnya, kemungkinan si bayi akan tetap sering tersedak sampai dia dewasa. Untuk yang satu ini coba periksakan ke dokter kira-kira ada pengobatan khusus atau gak. Dan apakah benar karena kelainan.

Note : bayi yang tersedak bisa kena radang paru atau pneumonia loh. Gejalanya yaitu panas tubuh pada bayi, napasnya berbunyi seperti penderita asma dan batuk-batuk. Jadi, usahakan jangan sampai bayi tersedak yah bun. Kalau misalnya bayi tersedak dan masuk angin, gunakan minyak telon konicare bun biar dia merasa hangat.

sumber : ciricara.com

   
17-09-2014 02:47:52 ke: 2
Jumlah Posts : 49
Jumlah di-Like : belum ada like
trims kasih utk infonya, sngt brmanfaat... :)
   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda