SITE STATUS
Jumlah Member :
493.594 member
user online :
1556 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Diskusi Bersama Dokter

BB bayi

New Topic :  
17-04-2014 14:09:27 ke: 1
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
Siang dok,sy bru melahirkan bln meret kmrin dan bayi sy berat nya pas lahir 3kg dan pnjang 47cm. dan skrng bayi sy berumur 1bln dan bb cuma 3,5kg kmrin di timbang pas imunisasi pertama nya. yg mau sy tanyakan dok,apakah di umur segitu bb bayi sy gak apa2 atau malah sangat kurang ya dok untuk kenaikan bb nya dlm sebulan..!? dan berapa sih seharusnya bb bayi itu naik di setiap bln nya dok...!? bayi sy kecil dan tdk gemuk jg dok sprti bayi lain kebanyakan. mohon info nya dok...
   
18-04-2014 23:39:48 ke: 2
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
klo bayi aq malah lahirx prematur 8 bln 1 mnggu. bb nya wkt lahir cm 2.2 kg. sempat seminggu kemudian bb nya turun jd 2 kg tp stelah 1 bln naik tp hanya 2.6 kg. normal ga yah dok diusiax skrg? minimal sebulan naik brp yah dok bb nya? mksh...
   
21-04-2014 15:46:02 ke: 3
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Setiap bayi mengetahui kebutuhan tubuhnya masing-masing. Bila anda memberi lebih dari yang dibutuhkannya, maka ia akan menolaknya. Jika ia merasa anda memberinya terlampau sedikit, ia menunjukkan rasa laparnya dengan bangun sebelum jadwalnya dan mulai mengigiti benda disekitarnya.

Pertumbuhan berat badan bayi tidak lah sama pada setiap bayi. Ada bayi-bayi yang sangat cepat bertambah berat badannya, namun ada pula yang sedang-sedang saja, dan ada pula yang lambat pertumbuhan badannya. Rata-rata berat badan bayi waktu lahir adalah 3 kg, pada usia 5 bulan berat rata-ratanya 6 kg, kurang lebih 2 kali berat badan saat lahir.

Dalam prakteknya, bayi-bayi yang lahir dengan berat badan rendah, akan lebih cepat bertambah berat badannya, seakan-akan mengejar ketinggalannya, dan pada saat usianya mencapai 5 bulan maka beratnya mencapai 6 kg. 

Bayi-bayi yang besar pada waktu lahir sering tumbuh lambat, selama 3 bulan pertama berat badan bayi rata-rata 70 gram/bulan. Kemudian pertambahan akan makin lambat, pada usia 4-6 bulan berat badannya bertambah 600 gram/bulan. Pada usia 7-9 bulan pertambahan berat badannya hanya 400 gram saja perbulan. Pada usia 10-12 bulan pertambahan berat badannya rata-rata 300 gram perbulan atau 3 kali berat badan saat lahir. 

Pertambahan berat badan pada tahun kedua hanya 200-250 gram/bulan saja. Pertambahan ini akan sangat dipengaruhi oleh banyaknya makanan dan keaktifan pencernaan, jenis makanan, dan lain-lain. Bila anda menemukan pertambahan berat badan bayi anda hanya 125 gram saja, padahal biasanya ia naik 200 gram maka anda tidak perlu cemas. Apalagi, kalau ia tampak sehat. Tunggulah sampai minggu berikutnya, mungkin beratnya naik sampai 300 gram untuk mengejar ketinggalannya di minggu lalu. 

Selain itu, perlu dipertimbangkan pula bahwa semakin besar bayi, makin lambat kenaikan berat badannya. Bagaimana halnya dengan bayi yang memiliki berat badan berlebih/kegemukan? 

Menurut beberapa peneliti, seorang bayi yang waktu kecilnya sangat gemuk cenderung tetap gemuk seumur hidup mereka. Jika seorang menjadi gemuk, bukan berarti sel-sel tubuhnya penuh lemak, tetapi karena sel-sel lemaknya yang bertambah dan berlipat ganda. Sekali sel-sel lemak ini dibentuk, ia akan tetap tinggal dalam tubuh seumur hidup. 

Sebagian masyarakat berpendapat, bahwa bayi yang gemuk sangat lucu, menarik, dan menggemaskan, sehingga mereka senang sekali jika memiliki bayi yang gemuk, yang menandakan bahwa orang tuanya pandai merawat anak. Padahal anggapan seperti ini keliru. Anak yang terlalu gemuk tidak selalu anak yang sehat. Segera setelah bayi menunjukkan tanda-tanda ia terlalu gemuk, dokter mungkin akan membatasi diet lemak dan karbohidratnya serta menggantinya dengan buah dan sayuran. Lemak dalam susu bisa dikurangi dengan mengganti susu yang dikonsumsi dengan susu rendah lemak. Mentega, margarine, cr�me jangan diberikan. Kurangi pemberian roti, biskuit, dan kue-kue, terutama yang manis-manis. Puding boleh diberikan seperti biasa, terutama yang terbuat dari agar-agar. Tetapi walaupan sedikit makanan bayi yang harus mengandung lemak juga, karena dari segi nutrisi tidak terlalu baik kalau menghapus lemak sama sekali dari diet bayi.

Untuk memonitor perkembangan bayi Bunda, gunakan KMS (kartu Menuju Sehat) yang dapat Bunda dapatkan di posyandu atau rumah sakit.

   
22-04-2014 09:36:20 ke: 4
Jumlah Posts : 91
Jumlah di-Like : belum ada like
dok,, bb bayi saya waktu lahir 2,9 kilo..skrg usianya udah 2bulan 5hari dan BB nya udah 6,2 kilo,, apakah normal dok atau kegemukan ?

tolong jawaban nya,,makasih dok
   
23-04-2014 02:12:50 ke: 5
Jumlah Posts : 146
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda karlin.. msh normal koq bund..

bayi bunda perempuan or laki-laki.. yg aku prnah baca brdasarkan kurva WHO 2005...
usia 2 bln bayi laki2 : 4.3 - 7.2 kg..
bayi perempuan : 4.0 - 6.6 kg

btw.. anak bunda minum ASI or sufor.. koq cepat bgt naik BB nya.. anak ku kmren lahir BB 2,9 kg jg.. pas 2 bln BB nya 4,7 kg...
   
23-04-2014 04:05:07 ke: 6
Jumlah Posts : 91
Jumlah di-Like : belum ada like
laki-laki bun...minum asi aja...soalnya asi ku melimpah banget sampe netes2.....masih normal ya....makasih bun jawaban nya...jdi lega deh... :-D
   
23-04-2014 04:35:50 ke: 7
Jumlah Posts : 91
Jumlah di-Like : belum ada like
oya bunda,, biasanya kan beby usia 2blan udah miring2 trus nanti dia tengkurep..kok beby ku blum ya ? apa karna gemuk kali ya...kalo ngangkat kepala udah bisa dia...apa itu gx apa2 bun ?
   
23-04-2014 11:27:58 ke: 8
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

KarLynha ZahratulLshiva agar tidak bingung lagi, gunakan KMS ya Bunda, jadi Bunda bisa melihat grafik perkembangan anak Bunda. Saat ini masih dalam batas normal.

Usia berapa normalnya bayi bisa membalikkan badan?

Berdasarkan grafik pertumbuhan dan perkembangan bayi, usia 4 bulan adalah usia di mana pertumbuhan otot dan tulang panggul, lengan serta punggungnya berada pada titik optimal. Pada usia ini bayi sudah mulai tengkurap dan melakukan tumpuan badan pada kaki, lalu terlentang dengan mengangkat dada dan bertumpu pada lengannya.

Variasi gerakan akan bertambah pada saat usianya memasuki 5 bulan. Karena otot leher dan tangannya semakin kuat. Ia mampu membalikkan badannya saat posisi terlentang dengan menggunakan tangannya untuk mendorong dan berguling.

Jika tahap ini bisa dilakukan maka untuk ke depannya ia tidak kesulitan ketika harus mengatur keseimbangan tubuhnya saat belajar duduk dan berdiri.

Bagaimana kalau belum bisa?

Memang ada juga bayi yang dalam usia 4-5 bulan belum bisa membalikkan badannya. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi pemicunya. Bisa saja si kecil mengalami kelainan seperti kelainan organis, kelainan otak atau kelainan tulang. Atau bisa juga karena ia kurang diberikan stimulasi.

Perhatikan, apakah secara fisik bayi Bunda tampak normal? Kalau ya, kemungkinan besar dia hanya kurang distimulasi.

Pemberian stimulasi dapat dilakukan dengan cara membantunya saat ia terlihat mulai memiring-miringkan badannya ke satu arah sampai berhasil pada posisi telungkup. Tentu saja membantunya dengan perlahan ya, Bun. Karena salah-salah bayi malah merasa kesakitan.

Atau bisa juga Bunda memberikan mainan untuk menarik perhatiannya supaya dia mau membalikkan badannya.
 

   
23-04-2014 11:52:51 ke: 9
Jumlah Posts : 91
Jumlah di-Like : belum ada like
terimaksih atas jawaban nya dok.... :-)
   
23-04-2014 11:59:49 ke: 10
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
dok,bayi saya umur nya 1bln 9hr.dedek sdh mulai miring2 sblm msuk 1bln. pernah jg dedek miring2 dan hampir mau tengkurep dok saking aktifnya dia bergerak kesana kemari. apa itu gak apa2 dok..!?
   
 page  1  2 Next
atau login dengan Facebook Anda