SITE STATUS
Jumlah Member :
499.970 member
user online :
963 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kehamilan

Hormon yang mempengaruhi kehamilan dan persalinan

New Topic :  
06-03-2014 16:31:25 ke: 1
Jumlah Posts : 75
Jumlah di-Like : 1

Untuk bunda yang sedang menunggu kehamilan penting nih untuk memahami mengenai hormon estrogen, pengaruhnya besar pada kehamilan. Hormon ini juga biasanya disebut hormon seks. Hormon ini ada di pria dan wanita, tapi hormon ini lebih sering dihubungkan dengan wanita. Estrogen memunculkan berbagai ciri khas kematangan seksual perempuan. Hormon ini pun juga berpengaruh pada kehamilan, terutama di trimester kedua.

Pada triwulan kedua bunda mulai merasakan perubahan yang signifikan, dan pada masa triwulan kedua ini merupakan masa yang paling menyenagkan buat bunda karena rasa mual atau morning sickness yang menjadi ciri-ciri kehamilan dan sering timbul di triwulan pertama sudah hilang. 

Hormon estrogen mulai diproduksi plasenta di minggu ke-14. Hormon ini berperan penting bagi kehamilan sehat. Lihat yuk bun fungsi nya :

  1. Meningkatkan aliran darah sehingga menjamin nutrisi bagi janin akibat pembuluh darah melebar. Kondisi ini akan berlangsung sampai akhir kehamilan.
  2. Mempertebal dinding rahim untuk mempersiapkan implantasi. Selain itu juga dapat meningkatkan ukuran rahim. Perubahan ukuran rahim memungkinkan pembesaran janin maksimal.
  3. Meningkatkan sel darah putih, penningkatan jumlah ini berfungsi untuk sistem imunitas, sehingga bunda dan bayi terjaga kesehatannya, karena bagaimanapun saat hamil tubuh bunda membawa kehidupan lain.
  4. Bukan hanya untuk kehamilan aja loh fungsi estrogen, tapi juga berfungsi saat proses persalinan. Hormon inilah yang mengurangi resiko pendarahan, tapi perlu diingat fungsi ini dapat bersifat negatif karena estrogen dapat membentuk gumpalan darah di tubuh. Ada bagian tubuh seperti tungkai kaki yang tinggi resiko gumpalannya. Untuk mengurangi resiko sebaiknya bunda konsultasikan dengan dokter yah.

sumber

   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda