SITE STATUS
Jumlah Member :
499.861 member
user online :
711 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Balita

Balita Si Pemilih Makanan, Berikut Tips untuk Bunda

New Topic :  
20-10-2010 18:37:23 ke: 1
Jumlah Posts : 149
Jumlah di-Like : belum ada like
Waspadai jika Balita tergolong picky eater, atau si tukang pilah-pilih makanan. Alasannya terkait dengan asupan gizi untuk pertumbuhannya.

Berikut tips untuk Bunda yang menghadapi problema seperti ini:
(Sumber: www.keluarganobel.com  TEMPAT BERBAGI TIPS ANAK, RESEP, CERITA INSPIRATIF SUKSES)
* Lebih sabar lagi ya, Ayah-Bunda
Jangan terlalu memaksa si kecil jika ia menolak untuk menghabiskan makanannya. Lakukan evaluasi apakah porsi yang diberikan terlalu banyak ataukah si kecil tidak menyukai jenis makanan yang disajikan di piringnya. Namun, jangan menyerah sampai di titik ini, tawarkan secara persisten variasi makanan baru yang disajikan bersama makanan kesukaannya. Sejalan dengan waktu, si kecil akan terbiasa mencoba jenis makanan baru.

* Ingatlah bahwa waktu yang tepat itu penting
Lakukan persuasi mengapa si kecil harus menyantap jenis makanan tertentu, sayuran misalnya. Namun jangan memaksakan diri untuk membombardirnya di meja makan. Lakukan ini di saat santai, misalnya ketika sedang menonton telivisi, memperhatikan tayangan iklan, pada waktu bercerita sebelum tidur. Tanamkan bahwa ada zat gizi tertentu yang dibutuhkan tubuh kecilnya untuk bertumbuh.

* Ayah-Bunda harus menjadi contoh bagi si kecil
Bagi si kecil, ia akan lebih mudah meniru perilaku yang dicontohkan daripada sekedar mempraktekkan nasihat Ayah-Bunda. Saat makan bersama si kecil, tekankan bahwa Ayah-Bunda pun menyantap dan menikmati hidangan yang sama dengan yang ada di piring si kecil.

* Berburu makanan 'lucu'.
Saat pergi ke swalayan bersama si kecil, tawarkan untuk membeli bahan makanan yang berbentuk lucu. Misalnya, di swalayan saat ini banyak ditemukan bakso ikan dengan berbagai bentuk lucu, mulai dari bentuk kepala panda, ikan, bundar. Namun, pastikan makanan ini tidak mengandung zat aditif yang berbahaya bagi tubuh dan terbuat dari bahan yang bermutu.

Sumber: www.keluarganobel.com  TEMPAT BERBAGI TIPS ANAK, RESEP, CERITA INSPIRATIF SUKSES.
   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda