SITE STATUS
Jumlah Member :
506.420 member
user online :
506 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - menstruasi setelah melahirkan


menstruasi setelah melahirkan
siang dok. saya seorang ibu. usia anak saya saat ini 9 bulan. saat hamil diketahui saya memiliki kista dg ukuran 10 cm. setelah dilakukan pemeriksaan lbh lanjut , ternyata kista sdh mmbentuk sekat2 & ukuran mencapai 22 cm. sampai sekarang kista blm diangkat. & sampai sekarang saya blm mendapatkan menstruasi. apakah ini pengaruh dr kista dok?
18 Mar 2017, 13:02
Dari : Mu"arrafah Saifullah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Jenis Kista pada Ovarium " :Bila minggu lalu Infobunda membahas tentang Miom, minggu ini Kita akan membahas tentang Kista. Banyak yang belum tahu dan menganggap bahwa Kista dan Miom adalah sama. Meskipun memiliki gejala yang hampir serupa, tetapi kista dan miom berbeda. Berikut poin-poin penjelasan tentang kista;

1.kista adalah tumor jinak yang terbungkus jaringan di organ reproduksi. Kista ada yang berisi cairan kental, berisi udara, nanah, rambut dan berbentuk seperti anggur.

2.Kumpulan sel-sel tumor kista terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Untuk itu kista sangat mudah diangkat dan umumnya tidak membahayakan penderitanya.

3.Kista yang umum ditemui pada ovarium ada dua, yaitu:

a.Kista Cokelat
Kista cokelat dikenal dengan sebutan kista endometriosis. Kista ini tumbuhnya di permukaan ovarium dan menyerang bagian dalam ovarium. Dikatakan kista cokelat karena kista ini berisi penumpukan darah yang berwarna kecokelatan. Besarnya kista cokelat bisa seperti kacang hingga buah anggur.

-Hingga saat ini penyebab pastinya kista cokelat belum diketahui secara pasti. Tetapi banyak ahli mengatakan penyebab kista cokelat karena proses inflamasi atau radang dan ketidakseimbangan hormon.
-Gejala yang muncul seperti perut terasa kembung dan berat. Selain itu keluhan susah buang air kecil juga muncul. Siklus haid penderita juga menjadi tidak normal. Sering merasa mual, muntah, dan juga mengalami masalah kesuburan.
-Untuk kasus yang ringan, kista cokelat bisa hilang dengan sendirinya. Namun, untuk kista cokelat yang berat perlu dilakukan pengobatan dengan pemberian obat dan juga operasi.

b.Kista Ovarium
Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terdapat di dalam ovarium. Sama seperti kista cokelat, kista ovarium ada yang bisa hilang sendiri tetapi ada juga yang perlu pengobatan khusus.
-gejala kista ovarium yang muncul seperti menstruasi tidak teratur, nyeri pada tulang panggul, sering buang air kecil, pencernaan tidak lancar, kembung dan juga sulit buang air besar.
-kista ovarium bisa menjadi berbahaya bila berukuran besar atau hingga pecah. Bila kasus seperti ini tentunya harus dilakukan pengangkatan kista melalui operasi.

4.Penderita kista berkisar antara usia 20-30 tahun. Wanita yang telah memasuki masa menopause memiliki resiko yang tinggi untuk menderita kanker ovarium bila sebelum menopause mengalami kista.

5.Penderita kista yang telah menopause sebaiknya menjalani tes darah dan USG secara teratur untuk memastikan kista benar-benar hilang.

Nah Bunda, bila Bunda menderita kista, belum tentu itu berbahaya, periksakan terlebih dahulu ke dokter dan konsultasikan bila Bunda ingin menjalani program hamil.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Senny Melissa" dengan judul pertanyaan "Belum haid setelah melahirkan " pada Tanya Bidan:selamat mlm ibu bidan,
saya seorang ibu berusia 29 thn.saat ini anak sy berusi 9bln.saya mau menanyakan berapa lama wanita mendapatkan mensturasi kembali setelah melahirkan?krn sy sudah 9bln setelah melahirkan blm dpt mensturasi kembali.terimakasih

Bidan menjawab
Dear bunda Senny Melissa,
Kembalinya menstruasi pasca melahirkan waktunya relatif, cepat atau lambatnya untuk haid dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan progesteron. Hormon prolaktin berfungsi untuk merangsang produksi ASI, jika bunda menyusui secara efektif maka produksi hormon prolaktin pun akan meningkat, tingginya hormon prolaktin akan menekan hormon progesteron dan estrogen yang terlibat dalam terjadinya haid, sehingga kembalinya haid menjadi lebih lama, bisa sampai 1 hingga 2 tahun, ini disebut juga kontrasepsi alami. Bila ternyata bunda tidak memberikan ASI secara efektif dan selama 9 bulan ini belum juga mendapatkan haid, disarankan bunda untuk memeriksakan diri langsung dengan dokter spesialist, USG mungkin akan dilakukan untuk mencari penyebab terjadinya keterlambatan haid.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "ida m " dengan judul pertanyaan " kista " pada Tanya Apoteker:siang mba.langsung saja
saya ibu ida berusia 24th saya kemarin saya d usg ktanya ada kista sekitar 4cm,dengan rasa cemas,takut,sedih semuanya campur aduk jd satu,saya slalu cri tau tentang kista itu apa dan bgaimana pengobatanya,saya tertarik pada ace max,jenis jus manggis dan sirsak,apa itu bagus?? dan bagaimana bisa mendapatkanya? saya cari apotek d kota saya tinggal tidak ada.terima kasih

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Ida,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Apakah bunda sudah kontrol dengan dokter?
biasanya setelah USG dan pemeriksaan lab lainnya, dokter akan memberi rekomendari mengenai pengobatannya. Bisa dengan operasi atau dengan penggunaan pil KB.

Mengingat ukuran kista bunda yang sudah cukup besar, saya sarankan untuk mengikuti saran dari dokter bunda.

Ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa sirsak memiliki kandungan antitumor dan anti kanker, akan tetapi belum ada uji klinis yang dapat mendasari hal ini.
Demikian jawaban dari saya, semoga membantu
Terima Kasih

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :