SITE STATUS
Jumlah Member :
506.378 member
user online :
424 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - pasca kuret


pasca kuret
selamat pagi dok..nsaya mau tanya, bulan juli kemarin, saya kuret di uk 5w dikarenakan janin sudah turun k jalur lahir.. yang mau saya tanyakan, pasca kuret siklus haid saya berantakan, dua kali siklus sudah normal sebulan sekali, tapi kemarin haid terakhir 31 desember, saya konsultasi k dokter kandungan, katanya bagus, blm ada tanda" hamil, tp sudah kelihatan mau menstruasi, maret tgl 9 saya baru menstruasi, saya tanya mengenai PCO, katany g PCO, hanya gangguan hormon, tp saya tidak di berikan obat apapun. apa kalau USG biasa bisa mengetahui seseotang PCO atw tidak?? mohon jawabannya dok, terimakasih..
18 Mar 2017, 9:59
Dari : Oktavia Nur Fitasari

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Cchy.lopve.achy" dengan judul pertanyaan "Belum Haid pasca kuret" pada Tanya Bidan:Dok bulan desember saya keguguran tgl 22 dsember d kuret.
Lalu pada januari saya normal haid lagi..
Tapi pada tgl 26 februari setelah berhubungan dengan suami ada darah sedikit dan sampai sekarang belum haid lagi. Kenapa yaa fok?
Apa saya hamil..
Tapi saya coba testpack hasilnya negatif..

Bidan menjawab
Dear bunda Cchy Lopve Achy,
Sebaiknya pastikan keadaan bunda dengan pemeriksaan menggunakan alat USG. Karena tidak datangnya haid selain disebabkan adanya kehamilan, stres, perubahan berat badan yang drastis, dapat pula menjadi penyebabnya. Sebaiknya hindari stress dan perbaiki asupan gizi bunda, pikiran yang tenang serta tercukupi kebutuhan gizi, akan membuat kondisi tubuh menjadi seimbang dan memicu hormon pengatur siklus haid, sehingga siklus haid dapat normal kembali.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Dita Puspita Sari" dengan judul pertanyaan "berhubungan intim paska kuret " pada Tanya Dokter:dok.saya baru menjalankan kuret tgl 29 desember 2013.. yg ingin saya tanyakan apakah blh melakukan hubungan intim selesai kuret?atau ada jarak dulu baru blh berhubungan intim?soalnya saya takut klo mau brhungan intim selesai kuret..takut bermasalah lagi..mksh dok..mhon jawabannya ya dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Setelah perdarahan berhenti dan Bunda sudah memiliki kesiapan secara psikologis maka Bunda dapat kembali berhubungan intim dengan suami. Pada umumnya rasa nyeri dan kram ringan serta perdarahan dapat terjadi antara 2 hari sampai 2 minggu setelah kuretase. Pada masa tersebut sebaiknya tidak melakukan hubungan intim ataupun memasukkan benda ke dalam liang vagina. Kecemasan dapat mempengaruhi libido dan juga berkurangnya pelumas pada vagina saat berhubungan intim. Bila hal ini terjadi maka dapat terjadi ketidaknyamanan bahkan kemungkinan terjadinya luka lecet karena kurangnya pelumas pada saluran vagina. Semoga jawaban saya dapat membantu Bunda.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "admin " dengan judul pertanyaan " Siklus Menstruasi Tidak TeraturKonsultasi ini datang dari pertanyaan " pada Tanya Apoteker:"aslm,,, saya manu tanya dok... saya belum punya anak tapi haid saya tidak teratur,, mohon infonya bagaimana cara mengatasi haid yang tidak teraturnya??? terimaksaih.."

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Silvi,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Siklus menstruasi wanita biasanya dengan jarak 21 hari hingga 35 hari dan berlangsung sekitar 3 sampai 7 hari. Siklus ini berbeda untuk masing-masing wanita.
Hal yang bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur adalah :
-Stress
-Berat Badan ( naik drastis atau turun drastis )
-Gangguan pola makan atau olah raga yang berlebihan
-Penyakit : Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), Endometriosis, Radang Panggul, Uterine fibroids

Mohon ambil waktu dan catat :
-Berapa lama periode menstruasi berlangsung?
-Bagaimana aliran darah yang keluar?
-Bagaimana rasa sakit atau kram yang dialami?

Segera konsultasi ke dokter jika :
-Menstruasi lebih dari 7 hari
-Kram yang sangat sakit saat mentruasi, bahkan saat tidak menstruasi
-Ada flek ditengah-tengah siklus menstruasi
-Darah yang keluar lebih banyak dari biasanya

Hal yang dapat membantu agar siklus menstruasi lebih teratur :
-Olah raga yang teratur
-Tidur yang cukup
-Pola makan yang sehat
-Kurangi stress, Alkohol dan Kafein
Semoga informasi dari saya bisa membantu.
Terima Kasih


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker