SITE STATUS
Jumlah Member :
506.417 member
user online :
420 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - ingin segera hamil


ingin segera hamil
siang dokter..saya mau tanya saya sudah menikah 2 tahun lbh tp sampai saat ini saya blm hamil,saya sudah periksa ke dokter kata dokter nya rahim saya agak ke belakang jd untuk sperma masuk jln nya agk panjang..apa yg saya hrs lakukan dokter supaya saya bs cpt hamil? terima kasih sebelumnya
18 Mar 2017, 9:54
Dari : Arumi Ming

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Macam-Macam Posisi Rahim " :Posisi rahim wanita ternyata ada bermacam-macam. Infobunda akan membahas beberapa diantaranya yaitu anteversi, retroflexi, anteflexi dan retroversi. Posisi apakah yang pada umumnya dianggap berhubungan dengan kesuburan Bunda dan apa penyebabnya? Berikut ini beberapa point yang bisa Bunda ketahui:

1.Sumbu vagina dan sumbu uterus (rahim) akan membentuk suatu sudut, jika sudut membuka ke depan disebut anteversio dan jika sudut membuka ke belakang disebut retroversio.

2.Sumbu serviks dan sumbu korpus uteri (rahim) akan membentuk sudut, jika membuka ke depan disebut anteflexio dan jika membuka ke belakang disebut retroflexio.

3.Posisi yang paling sering ditemui dan di anggap normal adalah posisi anteversi anteflexio.

4.Penyebab utama yang sering terjadi adalah karena bawaan sejak lahir. Sejak lahir kondisi rahim sudah seperti itu, tetapi ada juga yang berubah saat dewasa.

5.Penyebab lain posisi rahim yang tidak normal bisa karena endometriosis. Gejala rahim terbalik perlu diwaspadai, seperti nyeri di sekitar perut saat menstruasi, sakit saat bercinta. Periksa ke dokter bila gejala ini muncul.

6.Penyakit radang panggul atau pernah operasi radang panggul juga bisa membuat posisi rahim terbalik (retroflexio).

7.Solusinya bisa dilakukan operasi untuk mengoreksi posisi rahim. Namun, hal ini tidak umum dilakukan karena posisi rahim bisa berubah dengan sendirinya.

8.Disarankan untuk mengganjal bokong Bunda dengan bantal supaya dapat membantu sperma meluncur ke dalam dan menemukan sel telur. Tidak ada salahnya mengangkat kaki ke atas dalam posisi tidur.

9.Jangan patah semangat bila posisi rahim Bunda tidak berada pada posisi normal. Bila kualitas sperma bagus dan kuat, bukan tidak mungkin Bunda hamil. Ada beberapa wanita yang berhasil hamil meski memiliki posisi rahim terbalik.

10.Hindari pemijatan atau urut pada daerah perut bawah karena dapat melukai rahim atau malah akan menyebabkan perubahan posisi rahim yang tidak diinginkan.

Tips: Bila Bunda memiliki masalah kesuburan, periksakan dengan seksama kepada dokter karena posisi uterus belum tentu mempengaruhi kesuburan Bunda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "dhiny.adja " dengan judul pertanyaan "Masa Subur " pada Tanya Bidan:Ass. Bu bidan aku mau tanya,kenapa ya setelah menikah haid aku sering telat waktu itu baru baru nikah telat 10 hari aku kira hamil,eh malah M sedih , padahal pengen sekali cepat cepat hamil,cara menghitung masa subur yang haid nya tidak teratur gimana ya bu bidan? Saya haid tgl 11 april 2014 saat ini,masa subur paling baik buat aku kapan ya dok?
Makasih.

Bidan menjawab
Dear Bunda Dhiny,
Masa subur adalah hari ke 11 sampai dengan hari ke 14, dihitung dari hari pertama haid. Disarankan untuk melakukan hubungan pada hari ke 11 & 13, atau hari ke 12 & 14. Untuk mendapatkan keturunan diperlukan kerjasama yang baik antara ayah dan bunda, karena kesuburan bukan semata - mata milik istri, suami pun berandil besar dalam proses terjadinya kehamilan. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi serta banyak mengandung vitamin C, E dan B complek ( terutama B6 ), hindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol, serta tidak melakukan hubungan yang terlalu sering, frekwensi yang disarankan adalah 2 hari sekali atau 3x dalam seminggu, terutama pada saat masa subur.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " sarli " dengan judul pertanyaan " vitamin untuk perencanaan kehamilan " pada Tanya Apoteker:Selamat siang..saya mau bertanya
sekarang saya sedang percenaan kehamilan, vitamin/obat apa saja yang perlu dikonsumsi agar cepat hamil.
terimkasih sebelumnya..

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Sarli,
Berikut adalah beberapa vitamin yang dapat meningkatkan fertilitas :
Zink:
- Zink berkontribusi dalam ovulasi dan kesuburan pada wanita dan juga pembentukan sperma dan testosteron pada laki-laki.

Coenzyme Q10:
- CoQ10 dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur dan juga meningkatkan jumlah sperma.

Zat Besi:
- Zat besi dibutuhkam untuk memproduksi hemoglobin yang merupakan komponen pada sel darah merah yang membawa oksigen. Jika organ dan jaringan kekurangan oksigen, maka tidak dapat berfungsi dengan baik, termasuk jaringan reproduksi dan pendukungnya.

Vitamin E :
- Menurut penelitian, vitamin E dapat meningkatkan kesehatan dan motilitas dari sperma. Dalam salah satu penelitian,dengan mengkonsumsi suplemen vitamin E dan selenium dapat meningkatkan motilitas, presentasi sperma yang hidup dan presentase spermatozoa normal . Selain itu, Vitamin E dapat meningkatkan mukus pada cervix yang dapat membantu supaya sperma tetap hidup selama beberapa hari. vitamin E dapat mencegah kerusakan pada sel telur dan meningkatkan kesehatan sel telur.
Semoga informasi dari saya dapat membantu.
Terima Kasih




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter