SITE STATUS
Jumlah Member :
506.407 member
user online :
499 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - keputihan abnormal


keputihan abnormal
siang bu.. sy mw tnya mslh keputihan.sy sdg hamil dan keputihan berwarna hijau muda..kadang gatel kadang enggak. sy sdh d beri obat dokter slma 5hr tp stlh obat habis selang bbrp hr kambuh lagi..mhon solusinya
15 Mar 2017, 9:46
Dari : Nchoezz Jugha IMa

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Rasa Tidak Nyaman pada Bunda Hamil" :
6. Napas pendek
Pada saat hamil, kerja jantung dan paru-paru Bunda semakin berat. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan dan berenang. Tidur dalam posisi miring juga dapat mengatasi napas pendek.

7. Bengkak
Beberapa Bunda hamil mengalami pembengkakan di wajah, tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya. Kurangi makanan yang mengandung garam dan istirahat kaki lebih tinggi dari posisi tubuh. Bisa juga mengganjalnya dengan bantal saat Bunda tidur.

8. Keputihan
Karena perubahan hormon, cairan vagina biasanya akan bertambah banyak. Bila cairan berwarna kuning kehijauan, berbau, dan terasa gatal, konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda untuk mendapat pengobatan segera.

9. Nyeri punggung dan pinggang
Rahim yang membesar dan berat badan yang bertambah dapat melemahkan otot-otot tubuh di sekitar perut yang mengakibatkan tekanan pada punggung dan pinggang Bunda. Usahakan untuk tetap dalam posisi tegak saat berdiri dan duduk.

10. Wasir
Berawal dari masalah konstipasi Bunda bisa mengalami wasir. Faktor hormonal dan juga suplemen zat besi yang mempengaruhi saluran pencernaan. Besarnya ukuran janin juga dapat menyebabkan sembelit. Minumlah air putih minimal 2 liter sehari.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "KatsumiAmira" dengan judul pertanyaan "Keputihan warna hijau" pada Tanya Bidan:
1. apakah keputihan warna kehijauan itu dapat terinfeksi ke suami apabila bersenggama ?
2. apakah hasilnya ini saat membahayakan bagi seviks saya, kok sampai sekarang masih keluar ya ?
sebelumnya saya diberikan abhotyl ovula dan tidak boleh berhubungan selama proses pemulihan. namun setelah itu saya kok sampai sekarang masih keluar dan akhir-akhir ini keluarnya cuman sedikit.
apakah ada obat yang dapat menyembuhkan keputihan saya ini ?
sebelumnya terima kasih atas bantuannya

Bidan menjawab
Dear bunda KatsumiAmira,
1. Adanya keputihan yang abnormal dan parah yang dapat menularkan kepada pasangan melalui hubungan intim.
2. Keputihan yang abnormal dan terus berulang dapat menimbulkan kemandulan , sebaiknya bunda bekonsultasi kembali dengan dokter yang menangani bunda, cultur cairan vagina mungkin akan dilakukan untuk mengetahui kuman yang ada sehingga pengobatan dapat tepat guna.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "indah puspita irawan" dengan judul pertanyaan "Masalah keputihan" pada Tanya Dokter: Dear dr.Tanti Retnowati. dokter saya ingin menanyakan di luar masalah kehamilan, soalnya saya blm menikah, saya ingin bertanya, belakangan ini saya keputihan, tp kenapa keluarnya wrn hijau ya dok? biasanya wrn putih yg keluar.. apa penyebabnya y dok..? mohon pengarahannya untuk masalah yg saya alami.. terima kasih y dr.tanti retnowati

dr. Tanti menjawab
Dear Indah, Keputihan pada daerah kewanitaan adalah normal terjadi. Keputihan yang bersifat fisiologis (normal) berfungsi untuk menjaga daerah vagina dari bahaya infeksi dan juga menjaga suasana vagina agar tetap pada keadaan normal. Keputihan fisiologis tidak akan berbau dan tidak berwarna (bening). Apabila keputihan berubah warna (hijau, kuning atau putih seperti susu) dan berbau, maka menandakan adanya infeksi yang dapat disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun virus. Sebaiknya anda memeriksakan diri pada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Berhati-hatilah dalam menggunakan cairan pembersih vagina, karena dengan pemakaian yang berlebihan akan merubah pH pada daerah vagina dan menyebabkan rusaknya flora normal dan berkembangnya bakteri atau jamur yang dapat menimbulkan infeksi. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.


Berikut ini jawaban apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "ny.junaedi" dengan judul pertanyaan "obat keputihan" pada Tanya Apoteker: pagi mb,,,saya mau tnya dong,,,saya lg hamil 28 minggu,,,saya keputihan kadang bau tp gk gatal,,,apa ya mb obt yg bgus buat ngilangin kpthan buat ibu hamil,,,info ya mb,,,,

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Vitha,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Keputihan saat kehamilan, jika cairan yang keluar tidak berwarna atau jernih serta tidak gatal dan bau maka bisa dikatakan normal. Keputihan yang tidak normal, berbau, gatal dan berwarna kekuningan disebabkan karena ada infeksi dari Trichomonas vaginalis atau yang peling sering karena candida sp.

Infeksi dari bakteri atau jamur, harus segera diatasi. Pengobatan dapat dilakukan dengan obat secara oral atau dengan ovula (seperti kapsul yang dimasukan ke dalam vagina).

Oleh karena obat ini adalah antibiotik, maka silahkan berkonsultasi dengan dokter kandungan bunda.

Hindari celana yang terlalu ketat. Gunakan celana dalam berbahan katun.

Hindari suasana lembab pada daerah vagina, segera ganti celana dalam jika terasa basah atau lembab.

Demikian informasi dari saya, semoga dapat membantu
Terima Kasih

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :