SITE STATUS
Jumlah Member :
506.525 member
user online :
1392 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - assalamualaikum dok mau nanya nihh dok


assalamualaikum dok mau nanya nihh dok
usia kandungan saya 34 minggu dan panjang fndusnya baru 27 berat badan saya 59 kirakira berat janin saya berapa ya dok apakah di usia 34 minggu wajar tinggi fndusnya 27 ataukah kurang? cara menaikan berat badan janin dan tinggi fndusnya gimana dok hpl saya 21 april
terimakasih dok dari saya, wiwit sawitri
14 Mar 2017, 16:16
Dari : Wiwit Sawitri

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Kiat Menaikkan Berat Badan Janin " :Perlu Bunda ketahui bahwa cukup atau tidaknya berat badan janin tidak bisa diukur dari berapa banyak pertambahan berat badan Bunda. Bila kenaikan berat badan Bunda sedikit, bukan berarti janin memiliki berat badan yang rendah. Begitu juga dengan besar kecilnya perut Bunda, itu bukanlah suatu patokan berat badan janin.

Faktor Penentu
Bunda harus tahu faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi berat badan janin. Berat badan janin ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu
-Nutrisi Bunda
-Hormon pertumbuhan janin
-Penyakit metabolik Bunda
-Genetik
-Sistem transfer nutrisi Bunda ke janin

Selain itu gaya hidup yang tidak sehat juga berpengaruh terhadap pertumbuhan janin. Hindari merokok dan minum alkohol. Sebisa mungkin hindari area yang dipenuhi asap rokok. Asap rokok yang terhirup juga berpengaruh terhadap pertumbuhan janin, bukan hanya perokok aktif saja.

Hindari stress karena stress dapat mempengaruhi selera makan Bunda yang juga akan berpengaruhi terhadap asupan nutrisi ke janin. Lakukan rileksasi misalnya pijat khusus ibu hamil, atau lakukan Yoga hamil dengan instruktur dapat membuat Bunda lebih rileks.

Makan Cukup
Bila dokter menyatakan berat badan janin Bunda rendah, bukan berarti Bunda harus makan sebanyak-banyaknya. Ketahui berapa kalori yang dibutuhkan Bunda yang sedang hamil.
-Trimester 1 dan trimester 2, diperlukan tambahan 150 kkal dari kebutuhan harian Bunda.
-Trimester tiga, diperlukan tambahan 300 kkal dari kebutuhan Bunda sehari-hari.

Konsumsilah makanan yang mengandung cukup karbohidrat, protein (hewani maupun nabati), lemak, vitamin, mineral, serat dan air.

Makanan yang dapat menambah berat badan janin salah satunya adalah makanan yang berprotein tinggi, kalsium dan mengandung vitamin C seperti; daging sapi, ayam, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, ikan laut, oatmeal, minyak ikan, sayuran dan buah. Untuk camilan Bunda bisa mengonsumsi biskuit, yoghurt, dan es krim.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "whanti " dengan judul pertanyaan "Tinggu Fundus hamil 35w" pada Tanya Bidan:slmt mlm bu bidan,usia saya 23 thn saat ini saya sdang hamil 35w tetapi untuk tinggi fundus janin saya hanya 28cm apakah itu normal/tidak?jika ukuran nya tdk sesuai untuk janin 35w boleh minta tips nya?terimakasih

Bidan menjawab
Dear bunda Whanti,
Pengukuran tinggi fundus uteri memberikan manfaat jika pengukuran dilakukan dengan cara yang benar, yaitu dengan mengukur jarak antara fundus dengan simfisis pubis. Pada usia kehamilan 35 minggu tinggi fundus uteri adalah sekitar 31 cm, hasil pengukuran yang beda 1-2 cm tidak menjadi masalah. Tetap melakukan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, melakukan olah raga ringan, dan memeriksakan kehamilan bunda pada dokter atau bidan, agar pertumbuhan serta perkembangan janin dan kesehatan bunda dapat terpantau.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "fitri-ferry" dengan judul pertanyaan "Berat badan ideal ibu hamil " pada Tanya Dokter: dok,kini usia kehamilan saya 30minggu,berat badan saya sebelum hamil 41kg,tinggi badan 150kg,sekarang hamil 30minggu berat saya cuma 50kg,apkah berat sya skrng termasuk normal n kira2 brp berat badan bayi saya skrng dok,???

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada umumnya pada kehamilan usia 29-30 minggu, berat badan janin mencapai 1300 gram, panjang 35 cm dan sang ibu mengalami kenaikan berat badan sebanyak 7,7 kg dari berat awal sebelum kehamilan. Angka tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari karakteristik masing-masing individu. Untuk selanjutnya bunda dapat melihat table perkembangan berat badan ibu dan janin pada halaman home website infobunda. http://www.infobunda.com/pages/badan/index.php



Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter