SITE STATUS
Jumlah Member :
494.974 member
user online :
3883 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - sakit Di bawa perut


sakit Di bawa perut
Dok Saya mau tanya. saya sekarang hamil 18 minggu. kenapa ya dok di bawa perut saya itu sakit kadang suka kencing2. Dulu pernah waktu blum nikah perna ngalamin hal yg sama terus sama Ibu sya di bawa ke tukang pijit. dan katax saya itu BESER istilah orang jawa. pas sdh di pijit di arahkan naik ini perut sya. langsung sembuh. dan skrng sya Ngalamin lagi dok. apa boleh dok orang hamil itu di pijit perutnya?? Makasih
13 Mar 2017, 7:03
Dari : Rhiena Puthune Kartopawiro

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Nyeri Perut Bawah saat Hamil " :Pada masa kehamilan, Bunda akan merasakan nyeri pada perut bagian bawah, hal ini normal dirasakan, karena peregangan ligamen untuk menahan perkembangan rahim yang semakin membesar. Namun, nyeri perut bawah pada masa kehamilan dapat menjadi masalah yang serius, walaupun hal tersebut sangat jarang terjadi. Yuk, kita ketahui apa saja masalah serius yang menjadi penyebabnya.

Apa Saja sih Masalah Serius tersebut?

1.Kehamilan Ektopik
Kehamilan Ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim. Segera periksa ke dokter, jika Bunda merasakan gejalanya, semisal: nyeri perut bawah yang berlebihan, pendarahan atau spotting (bercak darah), rasa nyeri hebat ketika melakukan aktifitas sehari-hari dan nyeri di pundak.

2.Abortus Spontan
Biasanya terjadi pada 20 minggu pertama kehamilan. Spotting disertai perdarahan, merupakan gejala awalnya, diikuti dengan nyeri perut bagian bawah selama beberapa jam atau berhari-hari.

3.Persalinan Prematur
Salah satu gejala Persalinan Prematur adalah ketika Bunda mengalami kontraksi yang lebih sering dan menyakitkan sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu, dan merasakan nyeri punggung yang terus-menerus. Kontraksi tersebut tidak selalu disertai dengan pecah ketuban atau pendarahan, bahkan banyak yang tidak dapat membedakannya dengan Braxton Hicks (Kontraksi Palsu).

4.Abrupsi Plasenta
Abrupsi Plasenta dapat menyebabkan pendarahan hebat secara tiba-tiba, namun gejala tersebut tidak selalu sama pada tiap orang, beberapa ada yang mengalami pendarahan ringan, spotting, sakit punggung, kontraksi cepat dan sakit kepala.

5.Preeklamsia
Preeklamsia merupakan kondisi dimana Bunda akan mengalami tekanan darah tinggi yang disertai dengan meningkatnya kadar protein dalam urin. Gejala dari preeklamsia adalah nyeri perut bawah, sakit kepala, bengkak pada bagian tubuh dan gangguan visual.

6.Infeksi Saluran Kemih
Gejalanya adalah nyeri di bawah perut dan kesulitan untuk berkemih. ISK yang tidak ditangani akan menimbulkan masalah serius pada kehamilan.

Apa Saja Penyebab Nyeri Perut yang Tidak Berbahaya?
Ketika Bunda memasuki masa pertengahan kehamilan, kadangkala Bunda akan merasakan rahim mengencang dan kembali normal seperti semula, jenis kontraksi ini disebut dengan Braxton Hicks atau Kontraksi Palsu. Kembung dan Konstipasi juga merupakan penyebab nyeri perut yang tidak berbahaya.

Tidak setiap nyeri perut bawah pada kehamilan adalah berbahaya, selama nyeri tersebut berlangsung sebentar, maka aman. Rasa nyeri tersebut dapat Bunda minimalisir dengan melakukan olah tubuh ringan, berendam air hangat, perbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup. Tapi, tetaplah waspada! Jika Bunda tidak yakin mengenai aman tidaknya nyeri yang dirasakan, segera periksa ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Silvia Icshan" dengan judul pertanyaan "hamil 19 w, setiap BAK selalu ada yang turun dan nyeri " pada Tanya Bidan:assalamualaikum... bu,saya sedang hamil 19w,tapi setiap BAK kok selalu ada yang turun ya? trus nyeri.. apakah berbahaya?

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Silvia Icshan,
Pada saat hamil, terjadi penekanan pada kantung kencing oleh buah kehamilan, sehingga menimbulkan keluhan sering buang air keci, hal ini adalah normal. Tetapi apabila bunda sering menahan untuk berkemih, maka dapat timbul keluhan rasa tidak tuntas saat berkemih, rasa terbakar atau perih/panas pada lubang kecing, nyeri perut bawah, nyeri pinggang, dan meriang. Keluhan yang bunda rasakan kemungkinan diakibatkan dari adanya infeksi saluran kemih. Disarankan untuk banyak minum dan jangan menahan pipis, dan memeriksakan keadaan bunda pada dokter, apabila keluhan dirasakan semakin mengganggu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dermawan Nyo Miznah(0) " dengan judul pertanyaan "Urut bagian perut saat hamil " pada Tanya Dokter: selamat malam semuanya , saya mu tanya , kemarin saat kehamilan istri saya 2,5 bulan , istri saya diurut , ternyata tukang urutnya tidak tau klu istri saya hamil , padahal sudah kami beritahu , bahwa istri saya hamil , nah yg saya mau tanya , apakah janin dalam rahim istri saya aman , saya takut ntar ada apa apa . terima kasih ,mohon pencerahannya ,

dr. Tanti menjawab
Dear Dermawan, Melakukan pijat atau urut ketika hamil aman dilakukan bila tidak dilakukan pada daerah sekitar perut , pijatan lembut dapat di lakukan untuk relaksasi otot lengan atau kaki. Bila telah terjadi pijatan pada daerah perut, perhatikan bila istri anda mengalami tanda-tanda seperti nyeri di daerah perut ataupun keluar cairan per vaginam, segera hubungi dokter anda bila hal tersebut terjadi. Saran saya , anda dapat memeriksakan keadaan istri anda sekarang kepada doker untuk memastikan kehamilan istri anda baik-baik saja, dapat dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan di dalam Rahim. Demikian jawaban saya.





Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter