SITE STATUS
Jumlah Member :
504.381 member
user online :
1023 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
dok mau tanya sy mens terakir menstruasi tgl 17 oktber,dibulan November cm keluar flek aja slam 4 hari dan bulan Desember sm flek cm 1 hari dan sekarang dari bulan Januari smapi Maret ini blm menstruasi apakah kemungkinan sy bs hamil.tp sayangnya sy tespek blm positif
09 Mar 2017, 8:51
Dari : Ayu Hana Andewi

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Tidak Haid Tapi Tidak Hamil " :Selamat bagi Bunda yang memang mengharapkan kehamilan dan ternyata positif. Tetapi bila hasil tes kehamilan menunjukkan negatif dan Bunda terlambat menstruasi hingga 14 hari, periksalah segera ke dokter. Sebenarnya apa sih menstruasi itu dan apa penyebabnya hingga Bunda terlambat menstruasi?
Menstruasi atau haid adalah proses peluruhan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. Jika dinding rahim dan sel telur tidak luruh kemungkinan kehamilan telah terjadi. Lalu bagaimana bila Bunda tidak hamil tetapi tidak mengalami menstruasi? Apa penyebabnya hingga menstruasi tak kunjung datang?

Penyebab tidak menstruasi:
-Terlalu Lelah
Rutinitas sehari-hari yang berlebihan membuat Bunda kelelahan secara fisik. Kelelahan ini seringkali menjadi pemicu menstruasi tidak kunjung datang. Kelelahan fisik juga mengakibatkan masa mentruasi pendek.

-Stress
Bekerja berlebihan tetapi istirahat tidak cukup dapat menyebabkan stress. keadaan ini mempengaruhi produksi hormon yang dapat mengganggu siklus menstruasi.

-Penggunaan Kontrasepsi
Menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti pil memberikan efek samping tidak teraturnya siklus menstruasi. Konsultasikan pada dokter alat kontrasepsi apa yang cocok untuk Bunda.

Bila Bunda mengalami menstruasi tidak teratur, hindari kemungkinan penyebab di atas. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu menstruasi lebih lancar. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan, olahraga cukup dan rutin, hindari stress dan beristirahat yang cukup.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Koplak Kaltim" dengan judul pertanyaan "Telat Haid 2 bulan tapi negatif " pada Tanya Bidan:siang bu saya riska hidayati saya mau bertanya saya sudah telat haid dua bulan lebih terakhir haid tanggal 18 juni 2013 saya sudah testpeck berkali kali tapi selalu hasilnya negatif. bagai mana solusinya bu?

Bidan menjawab
Dear bunda Riska Hidayati,
Sebaiknya periksakan keadaan bunda langsung dengan dokter specialis kandungan untuk penanganan masalah keterlambatan haid yang bunda alami, usg mungkin akan dilakukan untuk mengetahui keadaan alat reproduksi serta penyebab terjadinya keterlambatan haid.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Nadiaputridewi5" dengan judul pertanyaan "Telat haid 2 minggu" pada Tanya Dokter:Assalamu'alaikum dok, dok saya mau nanya, tanggal 8 Juni sampai 15 juni saya haid, dan tanggal 22 juni saya berhubungan badan dengan suami saya, dan sekitar akhir bulan juni muncul bercak /flek coklat tapi hanya 1 harii, dan di bulan Juli ini saya belum haid juga sudah telat sekitar 13 hari dok dan kondisi badan pun terganggu (meriang) saya sudah testpack 4 kali hasil nya negatif , apakah saya hamil dok ?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Saya menyarankan untuk memeriksakan keadaan bunda pada dokter. Bila Bunda tidak mengalami kehamilan mungkin ada sebab lain hingga Bunda tidak mendapatkan menstruasi sesuai jadwal siklus. Tidak adanya menstruasi (Amenorrhoea) dapat berhubungan dengan beberapa keadaan misalnya salah satunya adalah hormon yang dilepaskan saat keadaan stress dan menekan fungsi-fungsi tubuh lainnya sehingga tidak bekerja seperti biasanya. Selain stress, penurunan berat badan yang drastis, "over exercise" maupun keadaan lain seperti adanya penyakit juga bisa ditemui pada keadaan amenorhoea.
Untuk mengatasi hal ini, dokter dapat memberikan terapi hormonal untuk mengatur siklus menstruasi atau sesuai dengan penyebab yang ditemukan.
Bunda sebaiknya dapat mengatur pola makan yang sehat juga olahraga dan istirahat yang seimbang. Dengan keseimbangan gaya hidup yang baik maka ritme tubuh dan stress yang di hadapi tubuh dapat teratasi dengan baik sehingga diharapkan fungsi-fungsi hormonal dapat terjadi dengan baik.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "cupphys" dengan judul pertanyaan " haid tidak teratur " pada Tanya Apoteker:Sore ,,saya inikan udah menikah lebih setahun tapi belum hamil-hamil juga, terus haidku pun kadang tdk ad dalam jangka 3 bulan bahkan lebih ,,apa ya solusinya ?...mohon jawabannya..

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Jika haid tidak teratur ada kemungkinan ada gangguan hormonal. Saya sarankan anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar dapat diperiksa dan mendapatkan diagnosa dan tindakan yang tepat.
Terima kasih



Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter