SITE STATUS
Jumlah Member :
506.507 member
user online :
956 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - usia kandungan 47 minggu


usia kandungan 47 minggu
dok,, sy mau tanya,, pas sy usg kmarin,, hasil usg smua y bagus dan posisi bayi kepala udh mapan di bawah...
37minggu apa bayi masih bisa ganti posisi lagi ya..??
soalnya bayi sy dlam perut aktif terus,,dari usia 3bln sampai udh msuk 9bln bayi lincah and aktif terus dok di dlem perut...
03 Mar 2017, 21:05
Dari : zelestary.chayank

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Tertipu si Kontraksi Palsu " :Menjelang kelahiran buah hati tentu Bunda dan suami sudah mempersiapkan berbagai keperluan si kecil. Selain keperluan seperti pakaian, tempat tidur bayi, bantal, dll, Bunda juga harus mempersiapkan mental dan fisik. Persiapan lain yang tak kalah penting adalah pengetahuan bagaimana ciri-ciri Bunda siap melahirkan.

Salah satu cirinya adalah munculnya kontraksi. Kontraksi timbul akibat adanya peregangan dinding rahim karena gerakan atau tendangan bayi. Bisa juga karena kelelahan. Kebanyakan Bunda hamil yang akan melahirkan anak pertama ‘tertipu’ dengan kontraksi palsu. Lho, kok ada kontraksi palsu?

Ya Bunda, kontraksi palsu atau dikenal dengan Braxton Hicks memang seringkali mengecoh Bunda hamil menjelang kelahiran. Pasalnya tandanya hampir sama yakni terasa peregangan di sekitar perut. Tetapi kontraksi palsu berlangsung tidak lama (kurang lebih 20 detik) dan lama kelamaan akan hilang. Berbeda dengan kontraksi asli yang bisa berlangsung 30 hingga 75 detik.

Berikut tanda-tanda kontraksi palsu lainnya supaya Bunda tidak keliru:
1.Mulas di bagian atas rahim lalu turun ke bawah. Berbeda dengan kontraksi asli yang terasa mulas disertai nyeri di bagian pinggang sampai ke perut bawah.

2.Bisa muncul di trimester kedua sekitar 20 minggu usia kehamilan. sedangkan kontraksi asli hanya akan muncul bila kehamilan cukup bulan, yaitu sekitar 27-40 minggu.

3.Terjadi satu atau dua kali dalam sehari tetapi frekuensinya tidak sering. Bila Bunda merasakan kontraksi asli, frekuensi akan semakin sering dan terasa seperti ada sesuatu yang keluar dari vagina.

4.Kontraksi akan hilang bila Bunda mengubah posisi. Tetapi kontraksi asli tidak akan hilang meski Bunda mengubah posisi.

Bila Bunda masih ragu apakah Bunda merasakan kontraksi asli atau palsu, kenali ciri-ciri siap melahirkan. seperti:
* Frekuensi berkemih lebih sering. Hal ini bisa terjadi beberapa minggu atau beberapa jam sebelum melahirkan.
* Keluar lendir bercampur darah.
* Ketuban pecah.
* Perut terasa kencang dalam posisi apapun; berdiri, duduk, tiduran dan juga posisi lainnya.

Tips:
* Siapkan tas berisi pakaian Bunda, pakaian si kecil, peralatan mandi, buku Rumah Sakit, kartu identitas dan uang.
* Santai saja menghadapi persalinan. Tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa Bunda bisa melalui semua ini. Katakan berulang-ulang dalam hati sampai rasa takut berkurang.
Selamat menyambut buah hati!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Elly Kusuma Itoetsamoesoek " dengan judul pertanyaan " Posisi Kepala Janin " pada Tanya Bidan:Bu Bidan saya mau tanya, kalo misalnya di USG kepala janin sudah masuk panggul dan mapan pada usia 35w apakah masih bisa berubah posisi lagi ya?

Bidan menjawab
Dear bunda Elly Kusuma Itoetsamoesoek,
Posisi janin biasanya masuk dalam posisi tetap pada usia kehamilan 34 -36 minggu, yaitu kepala berada dibawah dan siap masuk panggul. Disarankan untuk memantau gerak janin dan tetap rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, agar tetap terpantau posisi janin, perkembangan serta petumbuhan janin dan kesehatan bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " shafitrie(19) " dengan judul pertanyaan " Kontraksi pada kehamilan " pada Tanya Dokter:Dok..... bahaya atau tidak jka umur 36minggu sya sering mengalami kontraksi??apakah sibaby sedang mencari jalan lahir?? BB saya sblumnya juga 44kg srkarang 60 kg...hampir 16 kg naiknya...kira2 normal g dok???tinggi fundus 32cm...kira2...dengan TB 153 apa saya bisa melahirkan secara normal??? terima kasih dok,

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Kontraksi pada kehamilan dapat berupa kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks ) biasanya terjadi jauh sebelum tanggal perkiraan lahir, kontraksi ini normal terjadi, timbulnya kontraksi tidak berturut-turut hanya sesekali waktu dan tidak disertai pembukaan servix. Pada kontraksi yang sesungguhnya akan terjadi secara teratur disertai pembukaan rahim atau jalan lahir. Untuk mengetahui apakah Anda dapat lahir secara normal, diperlukan pemeriksaan dalam untuk mengukur lebar rongga panggul Anda, memang pada umumnya wanita dengan tinggi badan kurang dari 150 cm memiliki rongga panggul yang sempit, namun untuk lebih pastinya sebaiknya melalui pemeriksaan lebih lanjut.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :