SITE STATUS
Jumlah Member :
506.329 member
user online :
295 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - seeing buang angin


seeing buang angin
hallo saya Sintha 23th baru hamil 8 minggu. dr awal saya tau hamil kok sering buang angin yg lebih dr biasanya ya? seperti masuk angin tp tdk berbau. wajar kah atau ada kelainan? terima kasih😊
03 Mar 2017, 7:22
Dari : Sintha Novia Herwanto

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Masalah-Masalah Kehamilan" :Masa-masa kehamilan merupakan saat istimewa bagi seorang perempuan. Hari demi hari Bunda menantikan kehadiran si jabang bayi. Namun, kehamilan umumnya diikuti beberapa masalah yang membuat Bunda tidak nyaman dan cukup menganggu. Supaya Bunda tetap bisa menikmati kehamilan, Bunda perlu tau apa saja yang mengganggu dan bagaimana mengatasinya. Yuk baca artikel berikut:

Morning sickness
Hampir setiap Bunda hamil akan mengalaminya. Morning sickness adalah rasa mual yang muncul saat hamil. Biasanya akan mulai terasa pada trimester pertama. Meski namanya morning sickness tetapi mual bisa datang kapan saja.
Cara mengatasi:
Makanlah dalam porsi kecil namun sering sehingga Bunda tidak merasa terlalu kenyang yang bisa mengakibatkan mual bahkan muntah.

Sering buang air kecil
Hal ini terjadi karena rahim Bunda mulai membesar sehingga menekan kantung kemih. Biasanya muncul di awal kehamilan hingga trimester kedua. Beberapa informasi menyebutkan frekuensi akan meningkat pada malam hari.
Cara mengatasi:
- Jangan terlalu banyak minum air sebelum tidur.
- Berbaring miring saat tidur.

Konstipasi
Konstipasi atau sulit buang air besar banyak dialami Bunda hamil. Akibatnya perut terasa kembung dan tidak nyaman , terlebih lagi dengan kondisi perut yang besar. Jangan minum obat pencahar sembarangan. Selalu konsultasi ke dokter sebelum meminum obat.
Cara mengatasinya:
- Minum air putih yang cukup, 8-10 gelas sehari.
- Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi.
- Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

Sakit Punggung
Dengan bertambahnya usia kehamilan, tubuh Bunda akan berubah. Pertambahan berat badan dan perut yang semakin membesar akan menambah beban tulang belakang untuk menopang tubuh Bunda, sehingga akan muncul ketegangan pada otot punggung.
Cara mengatasi:
- Usahakan posisi tetap tegak dan tidak membungkuk. Ingatkanlah diri untuk selalu mendorong dada ke depan.
- Gunakan sepatu rata yang nyaman dan tidak licin. Memakai high heels saat hamil berisiko tinggi terkena sakit punggung.

Heartburn
Heartburn adalah sensasi panas yang terasa di dada hingga tenggorokan. Rasa panas ini muncul karena naiknya asam lambung akibat perubahan hormon saat hamil.
Cara mengatasi:
- Jangan makan terlalu kenyang dan jaga kondisi jangan sampai terlalu lapar. Makanlah dalam porsi kecil namun sering.
- Hindari makanan berminyak, pedas dan makanan yang mengandung gas. Hindari pula kopi dan minuman bersoda.
- Minum susu dapat mengurangi heartburn.

Kaki bengkak
Tidak semua Bunda hamil mengalaminya. Tetapi masalah ini cukup mengganggu baik dari sisi penampilan dan juga rasa nyeri. Terkadang bukan hanya kaki yang mengalami pembengkakan tetapi juga tangan atau wajah. Segera konsultasi ke dokter bila hal ini terjadi.
Cara mengatasi:
- Berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi. Bunda bisa mengganjalnya dengan bantal.
- Jangan diurut.

Itulah beberapa masalah yang seringkali membuat Bunda hamil tidak nyaman. Meski begitu Bunda harus tetap dapat menikmati kehamilan Bunda. Bila Bunda bahagia, janin pun akan merasa bahagia. Percayalah, Bunda akan merindukan saat-saat hamil ini.
Tips: Jangan mudah mengonsumsi obat sembarangan karena sedikit banyak akan berpengaruh pada janin.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mrs.Rachman " dengan judul pertanyaan "Sering masuk angin saat hamil " pada Tanya Bidan:Permisi bu bidan ,saya mau nanya,saya sebelum hamil gampang masuk angin ,kena kipas angin sedikit saja lgsg bersendawa dan merasa perut berangin.. Kini saya sdgn hamil uk 37 week dan dr awal hamil setiap mlm selalu merasa masuk angin dan perut tidak enak ,apa yah yg aman saya konsumsi untuk bikin perut saya mendingan atw tidak masuk angin lagi ? Trims..

Bidan menjawab
Dear bunda Rachman,
Saat hamil karena meningkatnya hormon progesteron, yang berakibat membuat jaringan otot menjadi rileks, demikian pula dengan saluran pencernaan bunda. Akibat dari rileksasi adalah melambatnya proses pencernaan sehingga gas bertambah, diperparah dengan adanya perkembangan rahim yang semakin membesar menimbulkan banyak rongga yang menyebabkan proses pencernaan melambat. Untuk mengatasi perut kembung, disarankan untuk mengunyah makanan dengan baik dan tidak berbicara saat makan karena dapat menyebabkan udara masuk kedalam perut, konsumsi makanan sebaiknya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hindari makanan yang banyak mengandung gas, gunakan pakaian yang longgar, dan lakukan olah raga ringan seperti jalan pagi. Apabila keluhan dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung dengan bidan atau dokter yang menangani kehamilan bunda, agar terapi dan tindakan yang tepat dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "triee(35)" dengan judul pertanyaan " Perut kembung saat hamil " pada Tanya Dokter: Salam kenal dok, Dok,sejak awal kehamilan smp sekarang 20week. saya ada keluhan perut atas saya kembung. Semakin besar usia kehamilan rasa kembung tambah semakin, shg membuat saya sulit utk makan. smp2 diusia 20week ini saya belum naik BB. Saya sudah diresepan obat maag P*ly*s*ane dan O*m*p**zole malah rasa kembung makin menjadi. dan saya pun (maaf) sulit utk buang gas. menurut dokter saya harus bgmn, karena saya ingin asupan gizi utk saya dan janin agar terpenuhi dan rasa kembung ini bisa menghilang. terima kasih dok,atas jawabannya.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Efek dari perubahan hormonal pada keadaan hamil mengakibatkan terjadinya gas pada saluran pencernaan bertambah banyak. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini, perhatikan menu makanan anda, bahan makanan yang biasanya menyebabkan gas pada saluran pencernaan yaitu brokoli, kol, kembang kol, soda, pemanis buatan, bawang Bombay,bahan makanan yang mengandung susu. Dengan memperhatikan bahan makanan yang anda makan sehari-hari bukan berarti anda harus menghindarinya, namun anda dapat mengatur pola makan anda agar tidak terlalu banyak bahan makanan yang mengandung gas yang anda makan dalam satu waktu. Makanlah dalam porsi kecil namun sering, dan kunyahlah makanan anda perlahan-lahan jangan terburu-buru menelan makanan. Bila anda merasakan rasa kembung, lakukan aktifitas fisik, seperti berjalan-jalan, mencuci piring setelah makan, dan lain-lain. Naikkan kaki anda ke posisi yang lebih tinggi, dan gunakan pakaian yang longgar. Demikian saran saya.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "chaa.uud " dengan judul pertanyaan "Jamu masuk angin " pada Tanya Apoteker:Hi sist Rachel..Sy nisa..Mengalami banyak kembung & angin dlm perut saat kehamilan 4 minggu..Apa disarankan utk boleh minum jamu penghilang masuk angin?? Atau adakah alternatif lain.. Tks

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Terima kasih atas pertanyaannya
Saya tidak tahu kandungan dari jamu penghilang masuk angin tersebut, sehingga saya tidak bisa menilai keamanannya.

Jika merasa kembung atau masuk angin, bunda dapat minum teh jahe. Jahe akan menghangatkan perut dan juga mengurangi rasa kembung dan masuk angin.
Demikian jawaban dari saya, semoga membantu bunda
Terima kasih

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel