SITE STATUS
Jumlah Member :
497.543 member
user online :
1194 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Hamil kah saya?


Hamil kah saya?
Saya mau tanya Haid pertama saya tgl 7 januari 2017 dan sampai hari ini 3 maret 2017;blm haid lagi... Saya testpack tp negatif, lalu saya ke dokter katanya blm jelas janinnya dan dikasi obat progeston Untuk penguat rahim saya. Dokter blg kalau slama 2 minggu minum obat itu tdk haid disuruh ke dokterlagi.. Pertanyaan saya apa mungkin saat ini saya hamil? Karena saya minum obat itu dan blm dtg bln jg.. Dan saya merasa ciri2 spt orang hamil. Terima kasih
02 Mar 2017, 9:27
Dari : Helga Leonita Yulianda

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Tidak Haid Tapi Tidak Hamil " :Selamat bagi Bunda yang memang mengharapkan kehamilan dan ternyata positif. Tetapi bila hasil tes kehamilan menunjukkan negatif dan Bunda terlambat menstruasi hingga 14 hari, periksalah segera ke dokter. Sebenarnya apa sih menstruasi itu dan apa penyebabnya hingga Bunda terlambat menstruasi?
Menstruasi atau haid adalah proses peluruhan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. Jika dinding rahim dan sel telur tidak luruh kemungkinan kehamilan telah terjadi. Lalu bagaimana bila Bunda tidak hamil tetapi tidak mengalami menstruasi? Apa penyebabnya hingga menstruasi tak kunjung datang?

Penyebab tidak menstruasi:

- Terlalu Lelah
Rutinitas sehari-hari yang berlebihan membuat Bunda kelelahan secara fisik. Kelelahan ini seringkali menjadi pemicu menstruasi tidak kunjung datang. Kelelahan fisik juga mengakibatkan masa mentruasi pendek.

- Stress
Bekerja berlebihan tetapi istirahat tidak cukup dapat menyebabkan stress. keadaan ini mempengaruhi produksi hormon yang dapat mengganggu siklus menstruasi.

- Penggunaan Kontrasepsi
Menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti pil memberikan efek samping tidak teraturnya siklus menstruasi. Konsultasikan pada dokter alat kontrasepsi apa yang cocok untuk Bunda.

Bila Bunda mengalami menstruasi tidak teratur, hindari kemungkinan penyebab di atas. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu menstruasi lebih lancar. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan, olahraga cukup dan rutin, hindari stress dan beristirahat yang cukup.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dewi.Babah " dengan judul pertanyaan " Telat Haid tanda kehamilan, TP negatif " pada Tanya Bidan:Assalamualaikum.. siang bu bidan saya mau bertanya, bulan januari lalu saya haid tgl 5, siklus haid saya 27-28hari..saya menggunakan aplikasi perhitungan masa subur, menurut kalender di aplikasi tsb saya bulan ini sudah telat 3hari, tapi saya TP hasilnya negatif, tanda tanda pms udah saya rasakan, apa itu hanya telat biasa atau saya hamil?? terimakasih

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Dewi.Babah,
Terjadinya keterlambatan haid tidak selalu berarti hamil. Namun bisa jadi karena adanya suatu kondisi tertentu. Keluhan yang bunda rasakan seperti mengarah pada telat haid. Namun begitu apabila haid belum kunjung datang setelah 2 minggu dari tanggal seharusnya, disarankan untuk melakukan tes kehamilan ulang dan berkonsultasi secara langsung dengan dokter, tindakan USG diperlukan untuk menilai kondisi alat reproduksi dan mencari penyebab terjadinya keterlambatan haid.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Felsan(2) " dengan judul pertanyaan " Tanda-tanda kehamilan " pada Tanya Dokter: Siang Dr.Tanti Sy mau tanya nih, agustus kmrn sy haid tgl 3, nah sept ini sy belum juga haid, krna baru telat bbrpa hari kan belum bisa ditestpeck karna sy dah coba 2x test msh negatif.. Tp ya Dr. kenapa yah badan sy rasa nya pegel bngt, perut rasanya pegel, beda sekali sewaktu mau haid, biasanya sy mau haid gak pernah seperti ini, cuma tanda nyeri diperut 2hari atau 1 hari sebelum haid.. klo ini sy alami, seperti pegal, badan sakid, pinggang sakid, linu, gusi tiba2 bengkak, badan kayanya agak gak enak, udah 2x bangun pagi agak gmna gituh suara berubah bindeng, tp siangnya sudah gak lagi.apa kah sy hamil Dr??Puji Tuhan klo sy bener2 hamil.. Apa memang seperti ituh ciri2nya? trims atas jawabannya Dr. Tanti

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda Felly Herawati, Tanda-tanda kehamilan yang pada umumnya ditemui adalah: Berhentinya menstruasi, bertambahnya nafsu makan, terasa cepat lelah, bertambahnya frekuensi berkemih, mual dan muntah dan perubahan pada payudara. Anda dapat memeriksa kadar HCG urine anda dengan menggunakan test pack 2 minggu setelah hari pertama menstruasi terakhir sesuai jadwal siklus menstruasi anda. Apabila ternyata anda tidak hamil, tetapi tidak mengalami menstruasi, kemungkinan anda mengalami ketidak seimbangan hormonal. Anda dapat memeriksakan diri anda kepada dokter anda.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " maiya(0) " dengan judul pertanyaan " telat haid 12 hari " pada Tanya Apoteker: dok..saya telat haid.12 hari.
terakhir haid tanggal 1 bln 2 215.
selesai haid 8 buln 2 215.
selma bulan 2 itu saya tidak pernah ber hubungan.baru ber hubungan tanggl 2 bkn 3 215.sampai sekrang saya blm haid dok.
saya sudah minum obat pelancar haid(regumen).tp tetp saja dok blm haid.tolong dok infonya saya g mau hamil dok.
saya punya ank satu umur 5 buln.

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Untuk memastikan hamil atau tidak, bunda bisa memeriksakan dengan test pack atau dengan pemeriksaan dokter. Jika bunda tidak menginginkan untuk hamil dulu, silahkan berkonsultasi dengan dokter/bidan untuk metode KB yang cocok.
Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu bunda
Terima kasih.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker