SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
919 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


dokter
dok. say fuzi dr panimbang pandeglang.. mau nanya hamil 13 minggu, usia janin nya brp yaa? terimakasih
23 Feb 2017, 17:07
Dari : Dede Kampak

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "USG di Awal Kehamilan" :Saat mengetahui Bunda hamil pasti Bunda tak sabar ingin melihatnya melalui Ultra Sonografi (USG). Tapi apakah USG sudah perlu di awal kehamilan? Berikut informasi yang perlu Bunda ketahui mengenai USG di awal kehamilan:

1.USG bertujuan untuk mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan resiko keguguran sejak dini. Sehingga bila kandungan terjadi masalah dapat dicarikan solusi secepatnya.

2.Melalui USG dokter akan melihat ukuran berat dan besar janin sehingga dokter dapat memperkirakan usia janin dan tanggal kelahiran bayi (Due Date).

3.Usia kehamilan 6-7 minggu, Bunda sudah bisa melihat detak jantungnya. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, kepala baru akan terlihat pada usia kehamilan 12 minggu.

4.Resiko janin down syndrome dapat diketahui pada usia kehamilan 12-14 minggu dengan mengetahui tulang hidung dan ketebalan tengkuk janin.

5.Melalui USG dokter juga bisa mengetahui apakah kehamilan Bunda termasuk kehamilan normal atau kehamilan kosong (Blighted Ovum). Jika terbukti kehamilan kosong mungkin Bunda memerlukan pemeriksaan tambahan dan tindakan untuk mengakhiri kehamilan kosong.

6.Meski tidak berbahaya, tetapi apabila janin Bunda tidak bermasalah, Bunda tidak perlu sering-sering melakukan USG.

7.Bila tidak ada kelainan janin, Bunda cukup melakukan USG 2 Dimensi. Pemeriksaan USG 4 Dimensi bisa saja dilakukan, namun biayanya lebih besar dan USG ini sebenarnya diperuntukkan untuk pemeriksaan yang lebih khusus.

Nah, Bunda! Bila Bunda melakukan USG di bawah usia 6 minggu Bunda jangan kaget bila belum terlihat apa-apa. Tanyakan selalu bagaimana kondisi janin Bunda setiap kali berkunjung ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Putri Pelangi" dengan judul pertanyaan " Berat Badan Janin 22 minggu " pada Tanya Bidan:
trmksh bu ..

Bidan menjawab
Dear bunda Putri Pelangi
Usia kehamilan 22 minggu umumnya berat badan janin sekitar 500 - 600 gram, tapi bunda tidak perlu khawatir karena berat janin masih dapat terkejar, yg terpenting tidak ada kelainan aliran darah dari bunda kejanin. Disarankan tidur dengan posisi miring kesebelah kiri untuk membantu kelancaran aliran darah yg membawa makanan dan oksigen dari bunda untuk janin.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "fitri-ferry " dengan judul pertanyaan " Berat badan ideal ibu hamil " pada Tanya Dokter: dok,kini usia kehamilan saya 30minggu,berat badan saya sebelum hamil 41kg,tinggi badan 150kg,sekarang hamil 30minggu berat saya cuma 50kg,apkah berat sya skrng termasuk normal n kira2 brp berat badan bayi saya skrng dok,???

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada umumnya pada kehamilan usia 29-30 minggu, berat badan janin mencapai 1300 gram, panjang 35 cm dan sang ibu mengalami kenaikan berat badan sebanyak 7,7 kg dari berat awal sebelum kehamilan. Angka tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari karakteristik masing-masing individu. Untuk selanjutnya bunda dapat melihat table perkembangan berat badan ibu dan janin pada halaman home website infobunda. http://www.infobunda.com/pages/badan/index.php


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter