SITE STATUS
Jumlah Member :
506.407 member
user online :
755 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Sabun pembersih


Sabun pembersih
Dok mau tanya. Apakah untuk seperti tisu basah atau untuk pembersih vagina menggunakan merk sperti resik v atau lactacyd bagus atau tdk? Mohon penjelasan dan informasinya. Trimaksh
23 Feb 2017, 9:58
Dari : Angelica Faustica

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Senny Momongan" dengan judul pertanyaan " efek betadine feminine " pada Tanya Bidan:Slmt pgi dok,saya mau tanya soal pmkaian betadine feminine hygiene,apa ada cara pakai buat ibu menyusui atau mmg tidak di anjurkan? Soalny skrg keputihan saya tidak berhenti2. Thks.

Bidan menjawab
Dear bunda Senny Momongan,
Penggunaan produk pembersih kewanitaan sebaiknya jangan terlalu sering, cukup dilakukan 2-3x dalam seminggu, karena dapat membunuh flora normal vagina. Sebaiknya jaga daerah vagina agar tetap bersih dan kering, dengan mengganti pakaian dalam 3-4x dalam satu hari atau bila terasa lembab, dan membasuh daerah vagina dari arah depan kebelakang. Apabila keputihan sangat mengganggu, disarankan untuk memeriksakan keluhan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan, agar terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan.


Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Berikut ini Evi Indah Sari " dengan judul pertanyaan " Pemakaian sabun sirih " pada Tanya Dokter:Dok, saya mau tanya dong boleh tidak kalau perawan memakai sabun sirih,?? apa dampak negative nya,??

dr. Tanti menjawab
Dear Evi,
Ketika membersihkan daerah kelamin dapat menggunakan air yang bersih. Basuhlah dengan dengan arah dari depan ke belakang bukan sebaliknya agar bakteri dari daerah anus tidak berpindah ke bagian vagina. Penggunaan sabun, cairan antiseptik ataupun air rebusan daun sirih sampai saat ini masih menjadi perdebatan dalam hal manfaat dan kerugian. Daerah vagina memiliki flora normal yaitu bakteri yang memang tumbuh secara normal bahkan ada yang bermanfaat bagi kesehatan daerah tersebut. Apabila membasuh dengan zat pembersih atau antiseptik secara berlebihan maka flora normal dapat terganggu. Bakteri yang baik dapat ikut mati atau hilang sedangkan bakteri yang tadinya tidak berbahaya sebagai flora normal dapat menjadi merugikan dan menyebabkan infeksi karena tidak terkontrol jumlahnya akibat matinya bakteri yang baik.


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :