SITE STATUS
Jumlah Member :
506.394 member
user online :
328 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - susah BAB dan pilek hidung tersumbat


susah BAB dan pilek hidung tersumbat
dok ank saya usia 1bln 14hr sdh 6hr susah BAB hr ke7 sdh bisa BAB byk kotoran yg dikeluarin,hr ini susah lg BAB q pikir sdh enakkan perutnya sdh bisa BAB ternyata blm msh sering ngeden2. gimana cara atasinya,supaya BAB lancar trs, anku jg sering pilek kalo sore malam hidung tersumbat tiap hr sudah diksh minyak telon msh ttp tersumbat,solusinya gimana dok,makasi
22 Feb 2017, 13:07
Dari : Ziffa Faifa II

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Mencegah dan Menangani Batuk Pilek " :Tak terasa waktu berjalan, kini si kecil tumbuh menjadi anak yang aktif dan cerdas. Tahun ini ia mulai masuk sekolah dan mulai bersosialisasi dengan teman-temannya. Tetapi, kok sekarang ia jadi sering batuk pilek ya?

Hal ini sering dirasakan oleh orangtua yang anaknya baru masuk sekolah. Karena di sekolah anak-anak berinteraksi satu sama lain, tidak menutup kemungkinan ia tertular dengan anak yang kurang sehat saat itu. Maka dari itu, tak heran si kecil lebih sering sakit dibanding sebelum sekolah. Tetapi bukan berarti Bunda harus menghentikan si kecil bermain dengan teman-temannya, lho ya.

Dari sekian banyak penyakit, batuk pilek adalah penyakit yang paling sering menyerang anak. Bagaimana caranya supaya ia tidak mudah terserang batuk pilek dan bagaimana cara mengobatinya? Simak artikel berikut!

Perubahan Cuaca
Batuk pilek biasanya muncul saat perubahan cuaca, terutama dari kering ke musim hujan. saat perubahan cuaca imunitas atau daya tubuh anak menurun, sebaliknya, perkembangan virus dan bakteri meningkat.

Selain virus, batuk pilek juga bisa disebabkan karena alergi. Biasanya batuk pilek karena alergi bisa berlangsung hingga 2 minggu.

Sebagai upaya pencegahan, berikan makanan yang bergizi, ajari ia untuk cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Kegiatan mencuci tangan memperkecil kemungkinan si kecil terserang virus yang menempel di tangan. Bila perlu berikan masker dan minta ia untuk mengenakan masker saat ada teman yang sakit di kelas.

Apa yang harus dilakukan?
Bunda tak perlu kuatir berlebihan. Memang sedih melihat hidung anak tersumbat dan batuk terus menerus. Tetapi batuk pilek akan sembuh dengan sendirinya dalam 2-3 hari atau maksimal 10 hari. Berikut hal-hal yang harus Bunda lakukan saat si kecil terserang batuk pilek:

1. Cukup Tidur dan Minum
Pastikan si kecil cukup tidur. Tidur membantu imunitas tubuh menjadi lebih baik. Imunitas diperlukan untuk melawan virus penyebab batuk pilek. Jangan lupa untuk memberinya minum yang banyak supaya terhindar dari dehidrasi.

2. Udara bersih
Bila Bunda sedang merenovasi rumah, jauhkan si kecil dari debu-debu yang mengganggu pernapasannya. Bila memungkinkan, ungsikan si kecil dan bawa ke tempat dengan udara yang bersih yang sejuk.

3. Makan Bergizi
Cukupi kebutuhan gizi anak supaya imunitas tubuh meningkat. Kurangnya makanan bergizi membuat sistem kekebalan tubuhnya melemah. Hentikan makanan cepat saji, cokelat dan permen.

4. Obat Sirup
Bila diperlukan (panas mencapai 38,5 derajat celcius) berikan obat penurun panas.

5. Lebih dari 10 hari
Bila batuk pileknya tak kunjung sembuh lebih dari 10 hari, segera ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Bunda sudah tahu apa yang harus Bunda lakukan saat anak batuk pilek dan tahu bagaimana cara mencegahnya. Jadi, Bunda tak perlu melarangnya untuk bermain dengan teman sekolahnya.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Apri Omar Maci " dengan judul pertanyaan "Cara penanganan pertama batuk pilek " pada Tanya Bidan: ibu bidan, anak saya 3m skrg lagi batuk dan pilek, untuk penanganan pertama bagaimana yah sebelum tindakan ke dokter? padahal batuk pilek itu kan bisa sembuh sendirinya dan bila diberi antibiotik kekebalan bakterinya semakin kuat..
terima kasih ibu bidan

Bidan menjawab
Dear bunda Apri Omar Maci,
Penanganan awal untuk keluhan batuk dan pilek ringan mudah kok bunda, beri anak vitamin c yang banyak didapat dari buah, banyak konsumsi air putih hangat, dan istirahat yang cukup. Bila keluhan disertai demam tinggi beri obat penurun panas. Bila keluhan berlanjut dan semakin mengganggu sebaiknya periksakan langsung pada dokter untuk terapi yang sesuai.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Youzhie Andriani " dengan judul pertanyaan " Batuk pilek dan mencret " pada Tanya Dokter: Dok anak saya pilek saya belikan obat hufagrip anak setelah minum sirup paginya amak saya mencret.... usia anak saya 13 bulan, saya ngasih sirupnya setengah sendok takar... Apa yang harus saya lakukan dengan kondisi anak saya mencret dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Saat anak menderita batuk pilek terutama disertai demam, maka tidak jarang juga BAB anak menjadi lembek bahkan diare. Bila terjadi beberapa gejala dan mengkhawatirkan misalnya anak lemas, demam tinggi, tidak mau makan dan minum maka bawalah anak untuk diperiksa oleh dokter. Bila keadaan anak baik, mau makan dan minum dengan baik maka Bunda bisa merawatnya dirumah. Selalu tawarkan dan berikan minuman bisa berupa air putih atau jus buah agar anak tidak dehidrasi. Batuk, pilek dan diare paling sering disebabkan oleh infeksi virus dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun bila keadaan anak lemah maka memerlukan pertolongan dan perawatan yang lebih agar dapat segera sembuh.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Wiwikk Murtiana " dengan judul pertanyaan "anak susah pup" pada Tanya Apoteker:dok sy mo tny anak saya akhir2 in susah pup malah kadang kl udah terasa perutnya mules dia gkmau pup karena setiap kali pup dia susah keluarinny pertanyaan sy obat apa yg cocok buat si kecil (usianya 2, 5 th) apa solusinya

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda wiwik,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Pastikan anak bunda cukup minum air putih dan serat. Makanan tinggi serat didapatkan dari buah-buahan, sayuran dan agar-agar.

Untuk pencahar, sebaiknya berikan yang berbentuk tube berisi gel dan bekerja melunakkan massa feses dan melumasi saluran rectum sehingga memudahkan buang air besar tanpa mempengaruhi otot usus sehingga tidak menyebabkan melilit. Bekerja lokal langsung pada massa feses sehingga bekerja cepat dan aman digunakan.

Harus menjadi perhatian, penggunaan pencahar hanya jika diperlukan dan tidak boleh digunakan secara terus menerus.
Demikian jawaban dari saya, Semoga membantu.
Terima Kasih



Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :