SITE STATUS
Jumlah Member :
506.516 member
user online :
688 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - sakit perut bagian bawah


sakit perut bagian bawah
dok kmrn saya udh smpet tanya mslh keram perut pdhal udh telat haid 7 hari,,hari ini sya ngerjain pkerjaan rumah bnyk bgt smpe akhirnya keram pda perut sya berubah menjadi sakit yg tak tertahankan dibarengi dgn bercak darah...pdhal sya sangat berharap hamil,,kira2 sya ini haid atau gejala mau hamil dok?
22 Feb 2017, 10:30
Dari : Soeryanie Sigit

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Kurangi Nyeri Saat Haid" :Premenstrual syndrome atau yang lebih dikenal dengan istilah PMS, biasa dialami setiap perempuan. Kondisi ini sangat mempengaruhi perempuan sebelum siklus rutin haid setiap bulan.

Gejala yang dirasakan bisa menyangkut mood atau suasana hati yang tidak nyaman, kelelahan, insomnia, nyeri perut, dan pegal pada otot dan tulang, serta banyak lagi keluhan yang biasa dialami perempuan menjelang haid.

Diana Kohnle dari The US Department of Health Services memberikan sejumlah saran untuk mengurangi gejala PMS, yaitu:
1.Konsumsi vitamin dengan asam folic dan suplemen kalsium dengan vitamin D
2.Olah raga teratur
3.Tetaplah melakukan diet yang sehat, termasuk mengkonsumsi banyak biji-bijian, buah, dan sayuran, sebelum dan selama masa haid.
4.Hindari terlalu banyak garam, gula, kafein, alkohol dan rokok, terutama jika mengalami gejala nyeri saat haid.
5.Usahakan tidur delapan jam dalam semalam
6.Kurangi tingkat stres, bisa dengan berbicara dengan teman Anda, olah raga atau membuat tulisan harian.
Gejala nyeri pada saat haid bukanlah satu kondisi yang harus ditakuti oleh para perempuan. Anda bisa mengatasinya sedini mungkin sebelum jadwal haid Anda tiba.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "wy ant" dengan judul pertanyaan "Kram Perut tanda hamil? " pada Tanya Bidan: Dok.. sblm ny kan sy nunda hamil sekitar 2th'an, nunda kehamilan ny dgn kondom aja.selama nunda hamil sy kram perut biasany di hari ke 1haid dan seminggu sblm haid sy paling merasakan pegal2, payudara nyeri *itu wajar kan y dok
nah br 3bln ini kami lepas kondom dok krn br mau ad anak, tp selama 3bln ini sy sk kram setelah bbrp hari berhubungan, padahal jadwal haid ny masi jauh dok.. dan rasa kram ny bs berlanjut sampai akhirny sy haid :( . apakah sperma perlu adaptasi di rahim dok? jd menimbulkan kram
selama 3bln ini pun sy ky dapet tanda2 hamil sprti kembung, nafsu makan, mual tp di TP negatif dok
itu knp y dok.. ap sy perlu usg?

Bidan menjawab
Dear bunda Wy Ant,
Dua minggu sampai sehari menjelang masa menstruasi pada beberapa individu, umumnya timbul keluhan ketidaknyamanan fisik maupun emosional, keadaan ini dinamakan premenstruasi syndrome ( PMS ). Ketidaknyamanan tersebut dapat berupa jerawat, perut kembung, sakit kepala, nyeri punggung, kram perut, payudara mengeras, diare, mudah marah, dan stres. Kram perut ringan yang dirasakan setelah berhubungan intim masih dianggap normal, selama tidak ada perdarahan. Saat berhubungan penis masuk kedalam dasar uterus dan disana otot kewanitaan akan bergerak seiring dengan aktivitas seks yang dilakukan. Otot akan mengalami tegang dan regang, inilah yang menyebabkan timbulnya keluhan kram. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialist kebidanan, USG diperlukan untuk menilai keadaan alat reproduksi, dan juga melakukan program kehamilan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Felsan " dengan judul pertanyaan " Tanda-tanda kehamilan " pada Tanya Dokter:Siang Dr.Tanti Sy mau tanya nih, agustus kmrn sy haid tgl 3, nah sept ini sy belum juga haid, krna baru telat bbrpa hari kan belum bisa ditestpeck karna sy dah coba 2x test msh negatif.. Tp ya Dr. kenapa yah badan sy rasa nya pegel bngt, perut rasanya pegel, beda sekali sewaktu mau haid, biasanya sy mau haid gak pernah seperti ini, cuma tanda nyeri diperut 2hari atau 1 hari sebelum haid.. klo ini sy alami, seperti pegal, badan sakid, pinggang sakid, linu, gusi tiba2 bengkak, badan kayanya agak gak enak, udah 2x bangun pagi agak gmna gituh suara berubah bindeng, tp siangnya sudah gak lagi.apa kah sy hamil Dr??Puji Tuhan klo sy bener2 hamil.. Apa memang seperti ituh ciri2nya? trims atas jawabannya Dr. Tanti

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda Felly Herawati, Tanda-tanda kehamilan yang pada umumnya ditemui adalah: Berhentinya menstruasi, bertambahnya nafsu makan, terasa cepat lelah, bertambahnya frekuensi berkemih, mual dan muntah dan perubahan pada payudara. Anda dapat memeriksa kadar HCG urine anda dengan menggunakan test pack 2 minggu setelah hari pertama menstruasi terakhir sesuai jadwal siklus menstruasi anda. Apabila ternyata anda tidak hamil, tetapi tidak mengalami menstruasi, kemungkinan anda mengalami ketidak seimbangan hormonal. Anda dapat memeriksakan diri anda kepada dokter anda.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "yunimaniez8852@yahoo.co.id(0)" dengan judul pertanyaan " Supaya Cepet Hamil " pada Tanya Apoteker:Pertanyaan diskusi ini dari Bunda yunimaniez8852@yahoo.co.id(0)
"bun gimana y spy saya bisa cepat hamil.mksih "

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Yuni,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Hal yang harus diketahui oleh pasangan adalah saat yang tepat untuk berhubungan.

Pertama bunda harus mengetahui siklus menstruasi bunda. Infobunda.com memiliki kalender kesuburan yang bunda dapat gunakan. Warna hijau menunjukan bunda sedang dalam masa subur. Sekitar tanggal tersebut, bunda akan berovulasi. maka berhubungan pada sekitar saat itu akan meningkatkan kemungkinan kehamilan.

Selain menggunakan penanggalan, saat ini sudah banyak alat tes untuk mengetahui saat ovulasi. Baca cara penggunaan. Tes ini menggunakan urin untuk mengetahui saat ovulasi melalui hormon LH. Hormon ini akan meningkat 12 jam hingga 36 jam sebelum ovulasi. Saat mendapatkan hasil positif, bisa berhubungan keesokan harinya dan lusa.

Makanan dan suplemen yang bisa membantu kehamilan adalah yang mengandung the amino acid L-arginine, antioxidants (seperti green tea and vitamin E), selenium dan mineral lainnya, dan vitamin B.

Jika merasa sulit hamil, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter.
Sekarang ada banyak fertility clinic yang dapat membantu pasangan dalam mendapatkan momongan.
Semoga informasi dari saya dapat membantu.
Terima kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :